Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
aku mo tanya soal fuse diagram untuk mobil Suzuki Carry RealVan 1500cc (keluaran tahun 2010) dong...
di buku yg dikasih saat beli nga ada keterangan apa2.
Soalnya tempo hari sempat mati sikring untuk lampu rem. Nyari2 sikringnya, dengan asumsi rem = break, ternyata tulisannya "STOP". Jadi sekarang aku mo nyatetin dl nih biar klo kejadian lagi, ada yg mati, jd bisa nyari sikring mana yg mati, lbh cepet nemunya... hehehe..
Kalau dilihat di penutup box sikring, cuma ada tulisan berikut ;
- H/L, R (15A) --> Lampu depan kanan
- H/L, L (15A) --> Lampu depan kiri
- HORN, HAZ (15A)--> Klakson & lampu hazard
- DOME (15A)
- F1 (15A)
- STOP (10A) --> Lampu rem
- TAIL (10A) --> Lampu belakang / malam
- A/C (20A) --> Air conditioner
- BLW (25A)
- ST SIG (10A)
- METER (10A)
- IG COIL (15A)
- WIP (15A)
- TURN BACK (15A)
- WIP TURN(20A)
- ACC (15A)
- ST (30A)
- D/L (15A)
Yg aku kasih tulisan merah, itu yg aku bisa nebak2. yg lainnya aku tak tau itu yg mana.
Oh ya, selain itu, menurut buku, "kalau sikring utama mati, harus dibawa ke bengkel suzuki". Pertanyaan... sikring utama itu yg mana ya?
Mohon dengan sangat bantuan pencerahan dr senior2 disini yg dah ngerti suzuki carry... aku dah nanya2 sm mbah google tp blm dapet
Ini ane cuman nambahin dikit, secara ane juga udah agak lupa untk sekring Futura. Yang warna biru adalah jwbn saya. CMIIW ya...
ikkavertika wrote:-cut-
Kalau dilihat di penutup box sikring, cuma ada tulisan berikut ;
- H/L, R (15A) --> Lampu depan kanan
- H/L, L (15A) --> Lampu depan kiri
- HORN, HAZ (15A)--> Klakson & lampu hazard
- DOME (15A)
- F1 (15A)
- STOP (10A) --> Lampu rem
- TAIL (10A) --> Lampu belakang / malam
- A/C (20A) --> Air conditioner
- BLW (25A)
- ST SIG (10A)
- METER (10A)
- IG COIL (15A) -> Untk koil stater mobil
- WIP (15A)-> u/ wiper kaca
- TURN BACK (15A)-> lampu sign belakang
- WIP TURN(20A)-> wiper n lampu sein (mgk depan)
- ACC (15A)-> u/ aksesoris, macam radio tape, atau yang lain, yang diaktifkan dengan memutar kunci kontak ke posisi "ACC" atau antara off dengan on
- ST (30A)
- D/L (15A)
Yg aku kasih tulisan merah, itu yg aku bisa nebak2. yg lainnya aku tak tau itu yg mana.
Oh ya, selain itu, menurut buku, "kalau sikring utama mati, harus dibawa ke bengkel suzuki". Pertanyaan... sikring utama itu yg mana ya?
Mohon dengan sangat bantuan pencerahan dr senior2 disini yg dah ngerti suzuki carry... aku dah nanya2 sm mbah google tp blm dapet
Thx sebelumnya...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
klo lampu mundur apa ya ?
apalagi ya yg semustinya dipakein fuse, tp blm tercantum disitu
Tinggal F1, ST, ST SIG.
Kenapa ya suzuki tuh bikin buku manual kagak yg lengkap sekalian... Masa sih mo ganti sikring aja musti ke bengkel, hanya karna nga tau sikring yg mana...
Lampu mundur biasanya ikut lampu stop om. Bukan cuman carry, rata2 manual book mmg gak mencantumkan arti pengkodean tsb. CMIIW.
Apalagi yg pake sekring? Hampir semua kelistrikan dlm mbl ada sekringnya. Tape, radio, ac double blower, cigarrete, etc.
Wah, masak ganti sekring aja pake ke bengkel om? kan bisa diliat satu persatu sekring mana yg putus.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Pak, saya bukan "Oom"... waduh, kok jd ganti kelamin ya? heheheh
Saya cewek, cuma saya suka yg tehnical. Ini kebetulan mobil aku & suamiku yg pertama. Dan saya ingin sekali pelajari sistem wiringnya. Soalnya dl waktu ayah saya ada mobil (chevrolet pickup), dia bisa tuh ngutak ngatik mobilnya sendiri. Pasang asesoris sendiri. Cuma suami aku kayaknya tidak terlalu suka berpusing ria dengan kabel2 di mobil . jadi ya aku harus belajar sendiri d.
Aku sempat dapat buku sistem wiring nya suzuki carry 1.3. Cuma pas dibaca2 kok lumayan beda banyak.
Makanya jd ingin nyari lagi, sapa tau ada yg punya. Klo nga ya paling pas service rutin aku mo nanya2 sm org bengkel indomobil.
Mengenai sikring, emang sih bisa diliatin satu2 yg mana yg putus. tetapi aku pikir, klo aku punya skemanya, kan akan lbh cepat prosesnya. Ada 18 sikring klo musti dicabutin semua kan repot. apalagi klo mati nya dah malam. Pengalaman pribadi sih.
BADAK wrote:Lampu mundur biasanya ikut lampu stop om. Bukan cuman carry, rata2 manual book mmg gak mencantumkan arti pengkodean tsb. CMIIW.
Klo lampu mundur ikut lampu stop (rem) untuk sikringnya, kenapa pas lampu rem mobilku mati (karena sikringnya putus), lampu mundurnya kagak mati ?
Om dak kudu ngjelasin nih.... lampu stop yg dimaksud itu lampu untuk malam, atau lampu rem?
Situasi tempo hari itu gini.
Lampu rem (lampu yg semustinya nyala saat rem diinjak) tidak nyala.
Lampu malam (lampu yg harus dinyalain klo malam, yg satu kotak lampu sama lampu rem) tetep nyala.
Lampu mundur (yang putih) nyala.
waktu tanya ke org bengkel via telp, disuruh cek sikring lampu rem.
Liat di box sikring, yg ada tulisannya "STOP" sikringnya emang putus. setelah diganti, lampu rem nyala lagi saat rem diinjak.
Artinya, lampu rem beda sikring dong sm lampu mundur dan lampu malam ?
Sekarang, lampu mundur, sikringnya yg mana? masa musti dicabutin satu2, sampe ketemu yg mana yg saat sikringnya dicabut lampu mundurnya mati ?
Lampu rem (lampu yg semustinya nyala saat rem diinjak) tidak nyala.
Lampu malam (lampu yg harus dinyalain klo malam, yg satu kotak lampu sama lampu rem) tetep nyala.
Lampu mundur (yang putih) nyala.
waktu tanya ke org bengkel via telp, disuruh cek sikring lampu rem.
Liat di box sikring, yg ada tulisannya "STOP" sikringnya emang putus. setelah diganti, lampu rem nyala lagi saat rem diinjak.
Artinya, lampu rem beda sikring dong sm lampu mundur dan lampu malam ?
Sekarang, lampu mundur, sikringnya yg mana? masa musti dicabutin satu2, sampe ketemu yg mana yg saat sikringnya dicabut lampu mundurnya mati ?
Berarti kan
Tinggal F1, ST, ST SIG.
Nah coba cabut 3 sekring itu. Cara ngeceknya, hadapkan mobil ke posisi dimana posisi lampu belakang bisa keliatan bias cahayanya ke dinding atau jendela, trus masukkan persneling ke posisi R kontak diputar ke posisi on (lampu2 dasbor nyala semua, diiringi bunyi pompa bensin yang tek tek tek itu). Cabut dan kembalikan lagi satu persatu diantara posisi tersebut. Inget, jangan sekaligus ketiganya, takutnya ibu malah lupa tempat aslinya (walaupun itu bisa dilihat di kotak penutupnya, yang biasanya ada panduan ampere sekring di tempat yang seharusnya).
Trus liat bias lampu mundurnya, ada progres mati ngga? Gitu..
Note, kalau bisa, saat mencabut satu sekring dan mengembalikan lagi, matikan kontak. Tunggu bbrp detik, putar lagi ke posisi on.
CMIIW ya...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Lampu rem (lampu yg semustinya nyala saat rem diinjak) tidak nyala.
Lampu malam (lampu yg harus dinyalain klo malam, yg satu kotak lampu sama lampu rem) tetep nyala.
Lampu mundur (yang putih) nyala.
waktu tanya ke org bengkel via telp, disuruh cek sikring lampu rem.
Liat di box sikring, yg ada tulisannya "STOP" sikringnya emang putus. setelah diganti, lampu rem nyala lagi saat rem diinjak.
Artinya, lampu rem beda sikring dong sm lampu mundur dan lampu malam ?
Sekarang, lampu mundur, sikringnya yg mana? masa musti dicabutin satu2, sampe ketemu yg mana yg saat sikringnya dicabut lampu mundurnya mati ?
Berarti kan
Tinggal F1, ST, ST SIG.
Nah coba cabut 3 sekring itu. Cara ngeceknya, hadapkan mobil ke posisi dimana posisi lampu belakang bisa keliatan bias cahayanya ke dinding atau jendela, trus masukkan persneling ke posisi R kontak diputar ke posisi on (lampu2 dasbor nyala semua, diiringi bunyi pompa bensin yang tek tek tek itu). Cabut dan kembalikan lagi satu persatu diantara posisi tersebut. Inget, jangan sekaligus ketiganya, takutnya ibu malah lupa tempat aslinya (walaupun itu bisa dilihat di kotak penutupnya, yang biasanya ada panduan ampere sekring di tempat yang seharusnya).
Trus liat bias lampu mundurnya, ada progres mati ngga? Gitu..
Note, kalau bisa, saat mencabut satu sekring dan mengembalikan lagi, matikan kontak. Tunggu bbrp detik, putar lagi ke posisi on.
CMIIW ya...
Wah maap Bu Ikka, saya kira cowok
Saya mlh blm tau kl ada sekring atret. Mungkin Bu Ikka bisa tanyakan pd beres lg, n tlg direport disini biar saya jg nambah pengetahuan
Atau bisa jg Bu Ikka melakukan test n trial seperti saran om NG.
Oiya mo tny, ini box sekring pd carry satu tempat atau 2 tempat? Kalo di panther ada 2 tempat, didlm dashboard & diengine bay.
Last edited by BADAK on Fri Aug 19, 2011 4:29, edited 1 time in total.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:
Wah maap Bu Ikka, saya kira cowok
Saya mlh blm tau kl ada sekring atret. Mungkin Bu Ikka bisa tanyakan pd beres lg, n tlg direport disini biar saya jg nambah pengetahuan
Atau bisa jg Bu Ikka melakukan test n trial seperti saran om NG.
Oiya mo tny, ini box sekring pd carry satu tempat atau 2 tempat? Kalo di panther ada 2 tempat, didlm dashboard & diengine bay.
Om NG....?????
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
BADAK wrote:
Wah maap Bu Ikka, saya kira cowok
Saya mlh blm tau kl ada sekring atret. Mungkin Bu Ikka bisa tanyakan pd beres lg, n tlg direport disini biar saya jg nambah pengetahuan
Atau bisa jg Bu Ikka melakukan test n trial seperti saran om NG.
Oiya mo tny, ini box sekring pd carry satu tempat atau 2 tempat? Kalo di panther ada 2 tempat, didlm dashboard & diengine bay.
Sikirng "ATRET" apaan ?
Box sikring yang aku maksud sih yg ada di dashboard deket stir.
Tp kayaknya sih ada 2 box d, soalnya di buku disinggung2 sikring utama, tapi tak dijelaskan ada dimana. Klo googling, sikring utama itu buat batere aki.
Kecuali klo yg 30A (ST) itu bukan ke aki atau bukan sikring utama, artinya seharusnya ada box sikring lagi di tempat lain.
Aku belum survey ke daerah deket aki atau bagian mesin (di bawah tempat duduk depan) sih, soalnya musti buka2 sekrup/mur. males.
Ini ilmu nya jg baru sebatas hasil nyenterin bawah dashboard + tanya2 org BeRes Indomobil sunter saat servis rutin.
Soal testing sih kayaknya akan aku lakukan, ngajak suami juga, klo blm dpt pencerahan lain.
BTW, klo sikring "ST" itu ternyata buat ke aki, klo dia dicabut, mobil nga bisa distarter kan ya ? secara koneksi ke aki terputus ?
BADAK wrote:
Wah maap Bu Ikka, saya kira cowok
Saya mlh blm tau kl ada sekring atret. Mungkin Bu Ikka bisa tanyakan pd beres lg, n tlg direport disini biar saya jg nambah pengetahuan
Atau bisa jg Bu Ikka melakukan test n trial seperti saran om NG.
Oiya mo tny, ini box sekring pd carry satu tempat atau 2 tempat? Kalo di panther ada 2 tempat, didlm dashboard & diengine bay.
Sikirng "ATRET" apaan ?
Box sikring yang aku maksud sih yg ada di dashboard deket stir.
Tp kayaknya sih ada 2 box d, soalnya di buku disinggung2 sikring utama, tapi tak dijelaskan ada dimana. Klo googling, sikring utama itu buat batere aki.
Kecuali klo yg 30A (ST) itu bukan ke aki atau bukan sikring utama, artinya seharusnya ada box sikring lagi di tempat lain.
Aku belum survey ke daerah deket aki atau bagian mesin (di bawah tempat duduk depan) sih, soalnya musti buka2 sekrup/mur. males.
Ini ilmu nya jg baru sebatas hasil nyenterin bawah dashboard + tanya2 org BeRes Indomobil sunter saat servis rutin.
Soal testing sih kayaknya akan aku lakukan, ngajak suami juga, klo blm dpt pencerahan lain.
BTW, klo sikring "ST" itu ternyata buat ke aki, klo dia dicabut, mobil nga bisa distarter kan ya ? secara koneksi ke aki terputus ?
ST dicabut gak bisa distarter, brarti ST = sekring starter. Bentuknya plg gede, letaknya pst di box sekring utama.
Box sekring mustinya gak ditutup pake baut ato sekrup bu, krn pst bkl menyulitkan kl tiba2 sekring mati.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:
Wah maap Bu Ikka, saya kira cowok
Saya mlh blm tau kl ada sekring atret. Mungkin Bu Ikka bisa tanyakan pd beres lg, n tlg direport disini biar saya jg nambah pengetahuan
Atau bisa jg Bu Ikka melakukan test n trial seperti saran om NG.
Oiya mo tny, ini box sekring pd carry satu tempat atau 2 tempat? Kalo di panther ada 2 tempat, didlm dashboard & diengine bay.
Om NG....?????
Waduh maap om VM, abisnya gw keinget trz ama om Nighster Gay
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
hehehe gini tante, menurut saya, dalam proses pembelajaran itu udah jamak ada nya trial n error, dan jg peperlu sedikit pengorbanan (dalam hal ini mesti repot sedikit), soal nya bukan apa2 yg kita bisa bantu disini terus terang sifat nya sangat terbatas, tentu nya harus terjun langsung jg utk cek satu persatu apakah benar masukan dr rekan2 di sini?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
aku mo tanya soal fuse diagram untuk mobil Suzuki Carry RealVan 1500cc (keluaran tahun 2010) dong...
di buku yg dikasih saat beli nga ada keterangan apa2.
Soalnya tempo hari sempat mati sikring untuk lampu rem. Nyari2 sikringnya, dengan asumsi rem = break, ternyata tulisannya "STOP". Jadi sekarang aku mo nyatetin dl nih biar klo kejadian lagi, ada yg mati, jd bisa nyari sikring mana yg mati, lbh cepet nemunya... hehehe..
Kalau dilihat di penutup box sikring, cuma ada tulisan berikut ;
- H/L, R (15A) --> Lampu depan kanan
- H/L, L (15A) --> Lampu depan kiri
- HORN, HAZ (15A)--> Klakson & lampu hazard
- DOME (15A)
- F1 (15A)
- STOP (10A) --> Lampu rem
- TAIL (10A) --> Lampu belakang / malam
- A/C (20A) --> Air conditioner
- BLW (25A)
- ST SIG (10A)
- METER (10A)
- IG COIL (15A)
- WIP (15A)
- TURN BACK (15A)
- WIP TURN(20A)
- ACC (15A)
- ST (30A)
- D/L (15A)
Yg aku kasih tulisan merah, itu yg aku bisa nebak2. yg lainnya aku tak tau itu yg mana.
Oh ya, selain itu, menurut buku, "kalau sikring utama mati, harus dibawa ke bengkel suzuki". Pertanyaan... sikring utama itu yg mana ya?
Mohon dengan sangat bantuan pencerahan dr senior2 disini yg dah ngerti suzuki carry... aku dah nanya2 sm mbah google tp blm dapet
Thx sebelumnya...
coba bantu jawab ah
mungkin yang dimaksud sikring utama kalo putus harus dibawa ke bengkel resmi itu yang dimaksud adalah " FUSIBLE LINK " ini letaknya gk jasuh dari kabel terminal positif di aki, nah setau ane sikring inilah yang pertama kali dilalui arus sebelum masuk ke kotak sikring utama. CMIIW
kalo jawaban lainnya udah pada dijawab ma yg di atas ane semua nih.
aku mo tanya soal fuse diagram untuk mobil Suzuki Carry RealVan 1500cc (keluaran tahun 2010) dong...
di buku yg dikasih saat beli nga ada keterangan apa2.
Soalnya tempo hari sempat mati sikring untuk lampu rem. Nyari2 sikringnya, dengan asumsi rem = break, ternyata tulisannya "STOP". Jadi sekarang aku mo nyatetin dl nih biar klo kejadian lagi, ada yg mati, jd bisa nyari sikring mana yg mati, lbh cepet nemunya... hehehe..
Kalau dilihat di penutup box sikring, cuma ada tulisan berikut ;
- H/L, R (15A) --> Lampu depan kanan
- H/L, L (15A) --> Lampu depan kiri
- HORN, HAZ (15A)--> Klakson & lampu hazard
- DOME (15A)
- F1 (15A)
- STOP (10A) --> Lampu rem
- TAIL (10A) --> Lampu belakang / malam
- A/C (20A) --> Air conditioner
- BLW (25A)
- ST SIG (10A)
- METER (10A)
- IG COIL (15A)
- WIP (15A)
- TURN BACK (15A)
- WIP TURN(20A)
- ACC (15A)
- ST (30A)
- D/L (15A)
Yg aku kasih tulisan merah, itu yg aku bisa nebak2. yg lainnya aku tak tau itu yg mana.
Oh ya, selain itu, menurut buku, "kalau sikring utama mati, harus dibawa ke bengkel suzuki". Pertanyaan... sikring utama itu yg mana ya?
Mohon dengan sangat bantuan pencerahan dr senior2 disini yg dah ngerti suzuki carry... aku dah nanya2 sm mbah google tp blm dapet
Thx sebelumnya...
coba bantu jawab ah
mungkin yang dimaksud sikring utama kalo putus harus dibawa ke bengkel resmi itu yang dimaksud adalah " FUSIBLE LINK " ini letaknya gk jasuh dari kabel terminal positif di aki, nah setau ane sikring inilah yang pertama kali dilalui arus sebelum masuk ke kotak sikring utama. CMIIW
kalo jawaban lainnya udah pada dijawab ma yg di atas ane semua nih.
Bukan m4r, sekring utama itu box sekring yg kalo di panther posisinya di engine bay. Biasa diatasnya ada diagram susunan sekring. Sekring utama ini yg berisikan sekring2 untuk kelistrikan yg vital, isinya ada beberapa sekring & relay power. Kalo secondary fuse box panther ada di dashboard bagian bawah sebelah kanan. Isinya sekring2 untuk kelistrikan yg gak seberapa vital, macam lampu2 & accessories. Kalo fusible link itu semacam sekring, tp bisa dipake untuk arus yg lebih besar. Bentuknya kyk kabel n diujungnya ada socket untuk sbg rumah sekring.
Penampakan dr box sekring utama seperti ini lo. CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
aku mo tanya soal fuse diagram untuk mobil Suzuki Carry RealVan 1500cc (keluaran tahun 2010) dong...
di buku yg dikasih saat beli nga ada keterangan apa2.
Soalnya tempo hari sempat mati sikring untuk lampu rem. Nyari2 sikringnya, dengan asumsi rem = break, ternyata tulisannya "STOP". Jadi sekarang aku mo nyatetin dl nih biar klo kejadian lagi, ada yg mati, jd bisa nyari sikring mana yg mati, lbh cepet nemunya... hehehe..
Kalau dilihat di penutup box sikring, cuma ada tulisan berikut ;
- H/L, R (15A) --> Lampu depan kanan
- H/L, L (15A) --> Lampu depan kiri
- HORN, HAZ (15A)--> Klakson & lampu hazard
- DOME (15A)
- F1 (15A)
- STOP (10A) --> Lampu rem
- TAIL (10A) --> Lampu belakang / malam
- A/C (20A) --> Air conditioner
- BLW (25A)
- ST SIG (10A)
- METER (10A)
- IG COIL (15A)
- WIP (15A)
- TURN BACK (15A)
- WIP TURN(20A)
- ACC (15A)
- ST (30A)
- D/L (15A)
Yg aku kasih tulisan merah, itu yg aku bisa nebak2. yg lainnya aku tak tau itu yg mana.
Oh ya, selain itu, menurut buku, "kalau sikring utama mati, harus dibawa ke bengkel suzuki". Pertanyaan... sikring utama itu yg mana ya?
Mohon dengan sangat bantuan pencerahan dr senior2 disini yg dah ngerti suzuki carry... aku dah nanya2 sm mbah google tp blm dapet
Thx sebelumnya...
coba bantu jawab ah
mungkin yang dimaksud sikring utama kalo putus harus dibawa ke bengkel resmi itu yang dimaksud adalah " FUSIBLE LINK " ini letaknya gk jasuh dari kabel terminal positif di aki, nah setau ane sikring inilah yang pertama kali dilalui arus sebelum masuk ke kotak sikring utama. CMIIW
kalo jawaban lainnya udah pada dijawab ma yg di atas ane semua nih.
Bukan m4r, sekring utama itu box sekring yg kalo di panther posisinya di engine bay. Biasa diatasnya ada diagram susunan sekring. Sekring utama ini yg berisikan sekring2 untuk kelistrikan yg vital, isinya ada beberapa sekring & relay power. Kalo secondary fuse box panther ada di dashboard bagian bawah sebelah kanan. Isinya sekring2 untuk kelistrikan yg gak seberapa vital, macam lampu2 & accessories. Kalo fusible link itu semacam sekring, tp bisa dipake untuk arus yg lebih besar. Bentuknya kyk kabel n diujungnya ada socket untuk sbg rumah sekring.
Penampakan dr box sekring utama seperti ini lo. CMIIW
lah mank yg ane jawab ama yang ente jelasin beda ya dak?? kyknya sama deh. kan ane bilang fusible link itu sikring yang pertama dilalui arus biasanya gk jauh dari kabel positif aki, kemudian baru masuk ke fuse box utama. hmmm salah tulis kah ane?? atau ente yg gk nangkep mksd ane ya dak?