
Minggu lalu saya mendapatkan kehormatan untuk masuk kedalam salah satu markas M-Benz di Jakarta.. Adapun kedatangan ini setelah janjian dengan salah satu CS M-Benz untuk mampir kesana.. Cuma mampir doang nggak beli apa2.. wkwkwk




Saat itu kondisi markasnya dalam keadaan tutup, karena memang sudah lewat jam kerja, tapi dengan beralasan janji saya dipersilahkan masuk oleh seorang penjaga. Berhubung saya datang terlalu cepat, maka saya harus menunggu beberapa saat untuk bertemu sang CS.. Maka saya sedikit-sedikit melobi penjaga disana supaya diberi tour keliling.. Dan sang penjaga dengan baik hati memperbolehkan saya dengan dibawah pengawasan dia.

Reaksi pertama saya ketika dibawa ke tempat penyimpanannya adalah: menganga. Dan ini berhasil saya lakukan pada 15 menit pertama…… Masuk kesini bagaikan perasaan balita perempuan yang dihadiahi mainan Barbie lengkap dengan rumah, perabotan, dan aksesorisnya…

Beberapa masterpiece yang saya nikmati adalah Mercedes S350L (the latest S-class family… Benz most sophisticated car), Seri E dengan berbagai macam bentuk (4door, coupe, cabriolet), seri C juga, GL, R, dan SLS. Berikut beberapa gambar yang berhasil saya dapatkan… Mohon maaf masih banyak yang tidak saya foto karena saya kebanyakan melongo disana..
S350L Seperti namanya, mobil varian termewah Benz ini memiliki mesin V6 3500cc, 7speed automatic gearbox.. Kelebihan mobil ini ada banyak, antara lain:
Kualitas material kulit, plastik, dan bagian lain mobil yang sangat mewah, bahkan bisa dikatakan S class terbaru ini lebih mewah 2x lipat dibanding pendahulunya. Semua bagian mobil mendapatkan kesan dibuat dengan sangat presisi.. membuat mobil ini sangat terasa ekslusif..
Tapi bagian terbaik mobil ini bukan kemewahan yang ditawarkan... Tapi fitur yang diusungnya.
Saya sebutkan saja beberapa yang saya rasakan.. Pintu bisa merapatkan diri secara otomatis.. kita tidak perlu membanting mobil dengan tenaga, hanya sentuhan ringan saja, maka pintu mobil akan tervacuum sendiri..
Penumpang belakang ada TV pribadi dengan remote pribadi. Led di sekeliling interior, wooden panel kualitas terbaik, kursi elektrik semuanya, bagasi terbuka tutup secara otomatis, ada telepon didalam mobil secara wireless, dll dsb...
Biasa?
-Shock sudah mengadopsi magnetic system, sehingga tiap roda secara mandiri bisa menyesuaikan diri dengan keadan permukaan jalan dan menyisakan getaran ke chassis sangat sangat minim
-Infrared Night View Assist feature + Mercedes-Benz pre-collision system, tapi entah ini ada atau tidak di versi yang saya coba
-Settingan semua fitur terintegrasi pada layar ditengah.. macem i-Drive BMW
dll dsb... ga akan selesai saya sebutin satu persatu....

Kesimpulannya, salah satu mobil dengan kenyamanan dan kemewahan paling atas yang pernah saya rasakan, meskipun harus saya akui untuk sektor kemewahan dan kualitas interior saya masih lebih terkesan pada Jaguar new XJ, tapi S-class jauh.. jauh lebih canggih..

Harga kisaran 2,2 M.
E250 Cabriolet 2010 Mirip seperti coupe hanya atap bisa terlipat... Sepertinya karena sudah jamak, saya ga perlu jelasin lagi bagaimana dalamannya...
Fot bawah: Salah satu sisi tempat penyimpanan yang penuh C-class versi sebelum facelift Mobil ini yang paling merangsang... Sayang sudah ada yang punya..





Megang mobil ini aja udah buat bergetar.... Harga 4,4M
Setelah selesai lihat-lihat... Bertepatan dengan kedatangan sang CS.. Ngobrol-ngobrol.. eh diajakin liat R-class yang baru datang..
R300 R-class adalah MPV 8 seater paling kecil yang dimiliki Benz... Versi lain adalah Viano dan Vito yang lebih diperuntukkan untuk pengangkut barang, maka R-class adalah van mewah milik Benz.
Seperti namanya, yang saya lihat adalah R-class dengan mesin 3000cc V6.
Beberapa review dari saya:
Kelebihan:
-Kualitas interior top notch, bahkan lebih baik daripada E-class
-Desain sangat pintar dan ciamik
-Space untuk penumpang cukup mumpuni
-Fitur pemanja penumpang tengah segudang, ada TV, sound system, kontrol AC, dll Kekurangan
>Kurang ergonomis, antara lain :
-Mobil ini didesain untuk 8 orang, tetapi bagian tengah kursi baris kedua tidak reclining... jadi konfigurasinya hanya bisa dimaksimalkan untuk 7 seater... bener2 mobil yang aneh..
-Pintu bagasi tidak terbuka otomatis
-Kursi belakang tidak lipat otomatis
-Untuk melipat kursi belakang sangat susah, harus dilakukan dari belakang dan tengah
>Gearbox berada di setir pada tuas bagian kanan (seperti tuas lampu sein pada mobil merk Jepang; sebut saja AVANZA.). Settingan gearbox sangat membingungkan; pencet bagian ujung untuk pindah dari mode P ke N, lalu naikkan atau turunkan untuk pindah dari R-N-D. Masalahnya adalah tidak ada gate. Sehingga bisa saja kita mau pindah dari R ke N, tetapi malah D yang terpilih... Zzzzz...

>Wheelbase panjang, susah manuver, pandangan terbatas.
Sisanya saya kira terpentok dengan harga sekitar 1,4 M untuk mobil yang terlalu melebihkan aksesoris dibanding ergonomis. Untuk kelebihan lainnya lebih baik lihat foto saja, karena hampir sama persis seperti yang dimiliki E-class.
Sekian, review kacangan dari kunjungan newbie... Mohon dikoreksi apabila ada salah2 kata...
Newbie mohon pamit balik ke genteng...


