VanzMatic wrote:surya wrote:Yang geblek adalah orang-orang yg masih napsu aja beli mobil, biarpun udah tahu harga mobil di Indonesia sudah agak diluar akal sehat

Oh gitu...bagaimana kalau saya balik logikanya:
Lebih geblek lagi, adalah, orang-orang yang napsong beli en pamer merk baru, yang katanya merk dunia, harga 'katanya' lebih rasional, tapi pas keluar kota atau di perjalanan, ada trobel.. masih untung nemu dealernya tapi sparepartsnya nunggu bbrp minggu... Lha kalo ternyata nyari dimana dealer atau bengkelnya, ternyata dijawab "meneketehe..."???
Apa sudah siap...?
Apa di setiap perjalanan Anda, harus membawa mobil cadangan...?
Dan lagi, tiap penawaran penjualan mobil ke pelanggan, pasti ada iming2 diskon.
Misalnya dari 180jt, - 6jutaan untuk disc, dikurangi lagi komisi dan ingsentip sales, juga akomodasi sales. Terus, biaya perawatan dan pemeliharaan dealer, pemeliharaan bengkel, peralatan, ngasih makan dari tukang bebersih kebun bengkel ampe pimpinan dealer, darimana??? Yaa dari margin laba lah! Trus, kalo dealer itu bisa maju, pelanggan tambah banyak, tambah banyak yang beli mobil di dealer itu, berarti perlu pengembangan kan? DArimana mau pengembangan dealer dan penambahan karyawan, kalo nggada
tabungan hasil laba? Apa menurut Anda, tabungan laba itu cukup 20 juta per mobil saja? Kantor kecil spt saya saja, listrik, pln, telkom dan fax aja bulanan bisa 3,5 - 4 juta.
Luar kepala aja, satu mekanik THP, taruh kata aja, 2 juta. Ada 15 mekanik aja, udah berapa? Trus lemburan? gaji SA? Gaji staf kantor? Gaji Spv? Gaji sales counter? Gaji Dealer Head? Bagian Legal? Bagian Keu? Akunting? Bagian Pajak? Bagian Security?
Anda pernah hidup di dealer atau belum?
