ak4ng wrote:Nightster Guy wrote:Hehehe....
2F jadulnya TLC cuman 135 PS loh kang, gak da yang pernah ngeluh si 4.200 CC ini under-powered. Salah 1 4x4 terhebat dalam sejarah.
M104 nya W460 280GE juga sering dikeluhkan under-powered, di JALAN RAYA. Coba taruh dia di habitat aslinya, merayap di kubangan, si 'under-powered' ini menjelma jadi sakti karena karakter semburan tenaganya yang tidak menyentak2 plus torsinya yang ngisi full di range RPM yang panjang, menjadikannya pas untuk 'merayap'. Gak overspin, yang malah bikin jip jadi stuck.
Kasus yang sama di Land-Rover yang sangat terkenal super lelet di jalan raya, tapi jangan lawan dia kalo udah di medan oprud.
Intinya, k4ng, scara eksak, itungan2an ente soal under-powered itu MUNGKIN benar, MUNGKIN kurang tepat. Tapi itu PARSIAL, semata dari faktor mesin aja. Yang lebih penting, gimana racikan keseluruhannya..

orang jadul sok tau ngibrit ah....
sy bandingin yg masih sekeluarga.... dudukan mesin mirip2... dan sama2 produk imv toyota......
dengan hari produksi yang sama... gitu..... sy pikir antara 1TR-FE dgn 2TR-FE teknologinya ga jauh beda......... cmiiw
oia kl g salah mesin 2F FJ40 masih OHV.... teknologinya jauh beda lha.....
Kan tadi sudah ane post, penciptaan sebongkah enjin, tidak semata2 didasarkan pada kepentingan power dan speed semata, tapi dari
utility nya atau peruntukannya.
See this..:
The Toyota TR engine is a family of gasoline engines that appeared in 2004. They are mainly used for Toyota's commercial vehicles, such as the Hiace, LandCruiser and Hilux.
Commercial vehicles itu kan lebih mengedepankan tarikan yang lebih enteng untuk menarik beban. Karena peruntukannya adalah commercial / bisnis dan bukan mengangkut penumpang murni, dibutuhkan enjin yang ekonomis / hemat. Hemat, berarti tidak memerlukan speed sebagai prioritas, tapi akselerasi ringan untuk 'angkatan pertama'nya, tapi tidak boros BBM sebagaimana DOHC murni.
Dan lagipula, 42ner ini badannya guede banget. Contoh aja, body Xenia, diisi mesin 1500cc, padahal bodi seringan itu, sudah cukup untuk dibopong oleh mesin berkekuatan 1000cc. Anda bisa bayangkan ya, larinya bisa seberapa? Apakah Toyota berani mencangkokkan mesin >1500cc? Saya rasa engga, karena dari sisi safety berbahaya!
Oia, mesin 2TR-FE ini memang jenis mesin DOHC versi hemat,..
Ini bisa dibaca dari seri mesinnya yang :
2TR-
FE
Ini bisa dibaca:
Mesin TR generasi kedua,
DOHC tipe narrow-angle agar ekonomis, dan
Electronic Fuel Injection.
Toyota Motor Corporation has produced a wide variety of automobile engines. The company follows a simple naming system for their modern engines:
The first numeric characters specify the engine block's generation
The next one or two letters specify the engine family
The suffix (separated by a dash) specifies the features of the engine:
Suffix Feature
A Valvematic variable lift intake head
B Twin SU-style side-draft carburetors
After 2000 indicates E85 Ethanol fuel.[citation needed]
C Carburated / California Emissions Controlled
D Twin Downdraft carburetors
E Electronic Fuel injection
F Economy narrow-angle valve DOHC
G Performance wide-angle valve DOHC
H High compression
High pressure charged (example: 2L-THE)
I Single-point fuel injection
J Autochoke (Early models) or unknown pollution control
L Transverse
M Philippines' market (meaning unknown)
N CNG fuel
P LPG fuel
R Low Compression (For 87 and below octane fuel)
S Swirl intake (1980s)
SE D-4 Gasoline Direct Injection (1990s)
T Turbocharged
U With Catalytic converter Japan-spec emissions
V Common Rail Diesel Injection (D-4D)
X Atkinson cycle (typically also indicates a Hybrid engine, as Toyota only uses the Atkinson cycle with hybrids)
Z Supercharged
Note: Other manufacturers may modify the engine after it has left the Toyota factory but the engine still keeps the original Toyota designation. For example, Lotus added a supercharger to the 2ZZ-GE in some versions of the Lotus Elise and Exige but it is still labelled 2ZZ-GE, not 2ZZ-GZE.
For Example
4A-GE
4 - 4th generation engine in the A engine family
A - The Engine Family it is in
G - Wide-angle dual camshaft
E - Electronically Fuel Injected
Maaf kalo kepanjangen... CMIIW loh ya
