


gimana coba kalo mau mengaplikasikan rumus hitung2an tsb hayooo?

karena banyak faktor eksternalnya seperti yg master lapchiong bilang di atas, dalam hal ini contoh faktornya adalah Turbo, settingan ECU, dll yg belum ane sebutkan

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Saya bukan insinyur teknik mesin, tapi AFAIK dalam merancang suatu mesin tidak seperti hitungan matematika sederhana, inilah alasan kenapa tidak ada tamatan SD bisa langsung jadi insinyur mesinak4ng wrote:kalo sy bandingin mesin fortie 2.7 dgn mesin ipah 2.0 yg basic nya sama hasilnya ttp sekitar 180an hp.. ni sy pake metode sederhana waktu SD kelas 6...
2,7 dibagi 2 lalu hasilnya dikali 136 menghasilkan 183.6 tepatnya.. tp fortie cm menghasilkan 160....
nah berarti emg mesin fortie 2.7 underpower kan.... dibandingin sm mesin daihatsu atau pun dgn toyota sendiri ttp aj gitu...cmiiw.....
mau yg sama2 mesin bensin N/A?ak4ng wrote:itu kan sama mesin bensin natural aspirated sen...... ga bisa laha bandingin antara 4d56 yg L300 and PS dakar........... sy mbandingkan nya karna sama2 produk imv.....
- Double cabin termasuk kategori 'mobil penumpang' gak y?abrof wrote:20 Model Terlaris di Kategori Penumpang pada Semester-1, 2011 (Januari-Juni)
No. Merek/Model Unit Segmen
1. Toyota Avanza 85.144 MPV bawah
2. Daihatsu Xenia 33.350 MPV bawah
3. Kijang Innova 24.466 MPV medium
4. Nissan Grand Livina 11.306 MPV bawah & medium
5. Toyota Rush 10.607 SUV medium
6. Daihatsu Terios 10.238 SUV medium
7. Honda Jazz 8.950 Non-sedan kompak medium
8. Toyota Yaris 8.777 Non-sedan kompak medium
9. Suzuki APV 8.721 MPV bawah
10. Nissan March 7.385 Non-sedan kompak bawah
11. Pajero Sport 6.619 SUV atas
12. Honda CR-V 6.386 SUV atas
13. Honda Freed 5.112 MPV medium
14. Toyota Fortuner 5.112 SUV medium
15. Ford Fiesta 3.300 Non-sedan kompak medium
16. Suzuki Splash 2.985 Non-sedan kompak bawah
17. Daihatsu Luxio 2.809 MPV bawah
18. Isuzu Panther MB 2.475 MPV medium
19.Suzuki SX-4 2.390 Non-sedan kompak medium
20.Mazda2 2.133 Non-sedan kompak medium
Ternyata Panther masih hebat ya....gak pake iklan...mahal lagi...lumayan tuh penjualannya...
Tergantung kita ukur hp tersebut dari mana, apakah hp dari mesin sendiri atau hp on wheel?VanzMatic wrote:Memangnya, itu mesin 42ner 2,7 waktu ngendon di Innova 2.7 berapa HP nya? Apakah beda, saat ada di bodi Innova dengan bila ada di bodi 42ner..?
Masuk akal juga sih, om Kopat, kususnya di Surabaya sini, Evie yang banyak yang gen I gril krom ama gen II yang gril kotak gede TDCI. Yang gen terbaru yang stylingnya ANEH (depan membulat belakang pantat lama) jarang saya liat di jalanan sini. Lalu kluar PS, habislah Evie hehe.. Salah 1 merk favorit saya, Ford.maskopat wrote:bingung ya? padahal kalo lihat di jalana, everest tuh banyak banget... tapi ternyata kalo di data penjualan, gak masuk 20 besar...
Wah si kucing garong masih existabrof wrote:20 Model Terlaris di Kategori Penumpang pada Semester-1, 2011 (Januari-Juni)
No. Merek/Model Unit Segmen
1. Toyota Avanza 85.144 MPV bawah
2. Daihatsu Xenia 33.350 MPV bawah
3. Kijang Innova 24.466 MPV medium
4. Nissan Grand Livina 11.306 MPV bawah & medium
5. Toyota Rush 10.607 SUV medium
6. Daihatsu Terios 10.238 SUV medium
7. Honda Jazz 8.950 Non-sedan kompak medium
8. Toyota Yaris 8.777 Non-sedan kompak medium
9. Suzuki APV 8.721 MPV bawah
10. Nissan March 7.385 Non-sedan kompak bawah
11. Pajero Sport 6.619 SUV atas
12. Honda CR-V 6.386 SUV atas
13. Honda Freed 5.112 MPV medium
14. Toyota Fortuner 5.112 SUV medium
15. Ford Fiesta 3.300 Non-sedan kompak medium
16. Suzuki Splash 2.985 Non-sedan kompak bawah
17. Daihatsu Luxio 2.809 MPV bawah
18. Isuzu Panther MB 2.475 MPV medium
19.Suzuki SX-4 2.390 Non-sedan kompak medium
20.Mazda2 2.133 Non-sedan kompak medium
Ternyata Panther masih hebat ya....gak pake iklan...mahal lagi...lumayan tuh penjualannya...
Kalo X-Trail gen I di Surabaya masih mayan y bro? Tapi yang gen II berheadlamp aneh itu jarang populasinya, dilibas abis jauuuuh ma ANCRV.. Keknya imbang deh X-Trail T31 ma Captiva.. Surabaya.campoeran wrote:yg aneh mmg xtrail. mmg udah ga brapa laku ya ? di surabaya masih sering liat sih cm beda jauh populasi ama PS.
Nah tuh, akhirnya nissan march nongol di list...abrof wrote:20 Model Terlaris di Kategori Penumpang pada Semester-1, 2011 (Januari-Juni)
No. Merek/Model Unit Segmen
1. Toyota Avanza 85.144 MPV bawah
2. Daihatsu Xenia 33.350 MPV bawah
3. Kijang Innova 24.466 MPV medium
4. Nissan Grand Livina 11.306 MPV bawah & medium
5. Toyota Rush 10.607 SUV medium
6. Daihatsu Terios 10.238 SUV medium
7. Honda Jazz 8.950 Non-sedan kompak medium
8. Toyota Yaris 8.777 Non-sedan kompak medium
9. Suzuki APV 8.721 MPV bawah
10. Nissan March 7.385 Non-sedan kompak bawah
11. Pajero Sport 6.619 SUV atas
12. Honda CR-V 6.386 SUV atas
13. Honda Freed 5.112 MPV medium
14. Toyota Fortuner 5.112 SUV medium
15. Ford Fiesta 3.300 Non-sedan kompak medium
16. Suzuki Splash 2.985 Non-sedan kompak bawah
17. Daihatsu Luxio 2.809 MPV bawah
18. Isuzu Panther MB 2.475 MPV medium
19.Suzuki SX-4 2.390 Non-sedan kompak medium
20.Mazda2 2.133 Non-sedan kompak medium
Ternyata Panther masih hebat ya....gak pake iklan...mahal lagi...lumayan tuh penjualannya...
si irit semakin kenchang....................abrof wrote:20 Model Terlaris di Kategori Penumpang pada Semester-1, 2011 (Januari-Juni)
No. Merek/Model Unit Segmen
1. Toyota Avanza 85.144 MPV bawah
2. Daihatsu Xenia 33.350 MPV bawah
3. Kijang Innova 24.466 MPV medium
4. Nissan Grand Livina 11.306 MPV bawah & medium
5. Toyota Rush 10.607 SUV medium
6. Daihatsu Terios 10.238 SUV medium
7. Honda Jazz 8.950 Non-sedan kompak medium
8. Toyota Yaris 8.777 Non-sedan kompak medium
9. Suzuki APV 8.721 MPV bawah
10. Nissan March 7.385 Non-sedan kompak bawah
11. Pajero Sport 6.619 SUV atas
12. Honda CR-V 6.386 SUV atas
13. Honda Freed 5.112 MPV medium
14. Toyota Fortuner 5.112 SUV medium
15. Ford Fiesta 3.300 Non-sedan kompak medium
16. Suzuki Splash 2.985 Non-sedan kompak bawah
17. Daihatsu Luxio 2.809 MPV bawah
18. Isuzu Panther MB 2.475 MPV medium
19.Suzuki SX-4 2.390 Non-sedan kompak medium
20.Mazda2 2.133 Non-sedan kompak medium
Ternyata Panther masih hebat ya....gak pake iklan...mahal lagi...lumayan tuh penjualannya...
Berarti, kita tinggal liat, tenaga maksimum dan berapa torsi maksimumnya di rpm berapa, untuk versi 2.0 dengan versi 2.7, ya om?Hansen wrote:Tergantung kita ukur hp tersebut dari mana, apakah hp dari mesin sendiri atau hp on wheel?VanzMatic wrote:Memangnya, itu mesin 42ner 2,7 waktu ngendon di Innova 2.7 berapa HP nya? Apakah beda, saat ada di bodi Innova dengan bila ada di bodi 42ner..?
Kalau dari spec hp di brosur keduanya sama2 160hp
IMHO produk2 IMV semuanya rasio giginya relatif kasar karena ditujukan untuk pemakaian heavy duty.VanzMatic wrote:Berarti, kita tinggal liat, tenaga maksimum dan berapa torsi maksimumnya di rpm berapa, untuk versi 2.0 dengan versi 2.7, ya om?Hansen wrote:Tergantung kita ukur hp tersebut dari mana, apakah hp dari mesin sendiri atau hp on wheel?VanzMatic wrote:Memangnya, itu mesin 42ner 2,7 waktu ngendon di Innova 2.7 berapa HP nya? Apakah beda, saat ada di bodi Innova dengan bila ada di bodi 42ner..?
Kalau dari spec hp di brosur keduanya sama2 160hp
nanti akan kebaca, karakter mesin itu lebih cocok untuk apa...
Kalau ngga salah, mesin dengan torsi melimpah di rpm bawah, apalagi diesel (<2700rpm), biasanya akan dikawinkan dengan girbok kasar untuk muatan sadis.
cmiiw ya,...
Oh iya, perbandingan gigi girbok antara Ipah 2.7 dengan 42ner 2.7, beda ngga ya? Ngga punya brosurnya ipah 2.7 sih..![]()
![]()
Mungkinkah underpower itu terjadi karena ada 'kesalahan' mengawinkan karakter mesin dengan girboknya..??
cmiiw
mohon pencerahan mastah2 SM..!
dari data2 diatas, ternyata luxio kalah jauh dr pesaing nya; APV...............nah yg jadi pertanyaan, kok grandmax ga masuk daftar ya? apa grandmax udh ga ngeluarin versi minibus nya?abrof wrote:20 Model Terlaris di Kategori Penumpang pada Semester-1, 2011 (Januari-Juni)
No. Merek/Model Unit Segmen
1. Toyota Avanza 85.144 MPV bawah
2. Daihatsu Xenia 33.350 MPV bawah
3. Kijang Innova 24.466 MPV medium
4. Nissan Grand Livina 11.306 MPV bawah & medium
5. Toyota Rush 10.607 SUV medium
6. Daihatsu Terios 10.238 SUV medium
7. Honda Jazz 8.950 Non-sedan kompak medium
8. Toyota Yaris 8.777 Non-sedan kompak medium
9. Suzuki APV 8.721 MPV bawah
10. Nissan March 7.385 Non-sedan kompak bawah
11. Pajero Sport 6.619 SUV atas
12. Honda CR-V 6.386 SUV atas
13. Honda Freed 5.112 MPV medium
14. Toyota Fortuner 5.112 SUV medium
15. Ford Fiesta 3.300 Non-sedan kompak medium
16. Suzuki Splash 2.985 Non-sedan kompak bawah
17. Daihatsu Luxio 2.809 MPV bawah
18. Isuzu Panther MB 2.475 MPV medium
19.Suzuki SX-4 2.390 Non-sedan kompak medium
20.Mazda2 2.133 Non-sedan kompak medium
Ternyata Panther masih hebat ya....gak pake iklan...mahal lagi...lumayan tuh penjualannya...
kalo yang bensin sih belum pernah denger sih ada yang ngeluh boyot...Hansen wrote:IMHO produk2 IMV semuanya rasio giginya relatif kasar karena ditujukan untuk pemakaian heavy duty.VanzMatic wrote: Berarti, kita tinggal liat, tenaga maksimum dan berapa torsi maksimumnya di rpm berapa, untuk versi 2.0 dengan versi 2.7, ya om?
nanti akan kebaca, karakter mesin itu lebih cocok untuk apa...
Kalau ngga salah, mesin dengan torsi melimpah di rpm bawah, apalagi diesel (<2700rpm), biasanya akan dikawinkan dengan girbok kasar untuk muatan sadis.
cmiiw ya,...
Oh iya, perbandingan gigi girbok antara Ipah 2.7 dengan 42ner 2.7, beda ngga ya? Ngga punya brosurnya ipah 2.7 sih..![]()
![]()
Mungkinkah underpower itu terjadi karena ada 'kesalahan' mengawinkan karakter mesin dengan girboknya..??
cmiiw
mohon pencerahan mastah2 SM..!
Pemakai ipah, fortie, hilux di sini nggak ada yg komplain underpowered kok, cuma si ak4ng dengan rumus hitung2an kelas 6 SD (ngakunya sih begitu) yg menyimpulkan kalo produk IMV boyot lah, underpowered lah, ini itu
Coba baca quote om VM, dalam hal ini kita memang sedang membahas versi bensin 2.0 dan 2.7 nyamaskopat wrote:kalo yang bensin sih belum pernah denger sih ada yang ngeluh boyot...Hansen wrote:IMHO produk2 IMV semuanya rasio giginya relatif kasar karena ditujukan untuk pemakaian heavy duty.VanzMatic wrote: Berarti, kita tinggal liat, tenaga maksimum dan berapa torsi maksimumnya di rpm berapa, untuk versi 2.0 dengan versi 2.7, ya om?
nanti akan kebaca, karakter mesin itu lebih cocok untuk apa...
Kalau ngga salah, mesin dengan torsi melimpah di rpm bawah, apalagi diesel (<2700rpm), biasanya akan dikawinkan dengan girbok kasar untuk muatan sadis.
cmiiw ya,...
Oh iya, perbandingan gigi girbok antara Ipah 2.7 dengan 42ner 2.7, beda ngga ya? Ngga punya brosurnya ipah 2.7 sih..![]()
![]()
Mungkinkah underpower itu terjadi karena ada 'kesalahan' mengawinkan karakter mesin dengan girboknya..??
cmiiw
mohon pencerahan mastah2 SM..!
Pemakai ipah, fortie, hilux di sini nggak ada yg komplain underpowered kok, cuma si ak4ng dengan rumus hitung2an kelas 6 SD (ngakunya sih begitu) yg menyimpulkan kalo produk IMV boyot lah, underpowered lah, ini itu