Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kaos_oblong wrote:ipah bensin nubie tahun 2005, pake dari baru sdh di-isi coolant dr pabrikan warna merah, berarti pake Toyota Long Life Coolant. Sampe saat ini belum pernah dikuras ataupun diganti (km saat ini 101000 km). Check dengan memBuka tutup radiator, coolant masih keliatan bening dan tutup radiator tidak berkarat.
Cuman pernah nambah 2 x, itupun nambahnya gak banyak kurang lebih 200cc.
Hampir setiap tahun (libur lebaran) diajak jalan jauh Jakarta - Bali, saat perjalanan lancar maupun macet temperatur normal-normal saja, ac nyala terus.
Sekalian mo nanya, apakah coolant dari Toyota ini bila kita pake ke mobil merk lain, akan se-efektif seperti dipakai dimobil Toyota ?
belum perna dikuras bertahun2 yahh... kalo gt coba nt hapalin bener2 posisi jarum temperatur pas suhu kerja nya skrg... lalu nt beli 5 liter coolant toyota tsb... coba buka baut drain bawah... lalu tutup dan isi kembali coolant ampe posisi penuh... dan perhatikan lagi posisi jarum... kalo yg ane perhatikan di ipah ane dan di ipah saudara ane... posisi jarum akan berada sdikit lebi turun...
Sebaiknya mesin mobil dalam keadaan dingin, saat pagi hari sebelum mulai jalan/beraktifitas.
Tutup radiator dibuka, baut drain dibuka untuk membuang coolant bekas dalam radiator sambil di isi air PAM untuk sekalian membilas endapan kerak-kerak didasar radiator. Usahakan air PAM yang diisi ke radiator ber-volume besar (bukan tekanan/pressure besar)
Setelah air yang keluar dari drain kelihatan bersih, baut drain di pasang kembali, isi radiator dengan air PAM sampe penuh.
Lalu selang air dari mesin yg masuk ke radiator (bagian atas) dibuka, sumbat in-let radiator yang telah dibuka selangnya tadi, nyalakan mesin. Setelah mencapai temperatur ideal, thermostat akan membuka, air dari radiator akan masuk kedalam water channel di dalam mesin dan air akan mengalir keluar dari selang yang dibuka tadi. Air PAM diisi terus melalui mulut radiator. Ini untuk membilas endapan/ kerak-kerak yang terdapat dalam water channel mesin.
Setelah air yang keluar dari selang terlihat bersih, matikan air PAM (mesin mobil tetap hidup), biarkan sampai air yang mengalir dari selang berhenti (menandakan air yang terdapat dalam water channel mesin sudah habis), matikan mesin mobil, pasang kembali selang, isi radiator dengan coolant sampe radiator penuh, hidupkan mesin dengan putaran konstan sekitar 2000 RPM(coolant dalam radiator akan mengalir kedalam water channel mesin sehingga permukaan coolant di radiator akan berkurang) sambil mengisi coolant kedalam radiator sampai penuh.
Untuk yang menggunakan coolant concentrate, selang di pasang kembali, lalu concentrate dituang ke dalam radiator, isi dengan air bersih (ada yang menyarankan menggunakan air destilasi/suling) sampai penuh, caranya sama seperti prosedur menggunakan coolant ready for use.
Pasang tutup radiator.
Jangan lupa coolant di Reserve tank juga diganti.
mohon koreksi bila ada yang salah dan tambahan bila masih ada yang kurang
DOHC wrote:mengenai coolant toyota tsb... mnurut bang turboman sehh, bisa koq dipake di mobil laen... termasuk jenis long life coolant yg harganya murah...
DOHC wrote:mengenai coolant toyota tsb... mnurut bang turboman sehh, bisa koq dipake di mobil laen... termasuk jenis long life coolant yg harganya murah...
ipah ente skrg pake coolant apa chiong?
Aku koq gak ditanya jg sen?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC wrote:mengenai coolant toyota tsb... mnurut bang turboman sehh, bisa koq dipake di mobil laen... termasuk jenis long life coolant yg harganya murah...
ipah ente skrg pake coolant apa chiong?
Aku koq gak ditanya jg sen?
Abis tiap kali ditanyain jawabannya tofwan mulu...
kaos_oblong wrote:ipah bensin nubie tahun 2005, pake dari baru sdh di-isi coolant dr pabrikan warna merah, berarti pake Toyota Long Life Coolant. Sampe saat ini belum pernah dikuras ataupun diganti (km saat ini 101000 km). Check dengan memBuka tutup radiator, coolant masih keliatan bening dan tutup radiator tidak berkarat.
Cuman pernah nambah 2 x, itupun nambahnya gak banyak kurang lebih 200cc.
Hampir setiap tahun (libur lebaran) diajak jalan jauh Jakarta - Bali, saat perjalanan lancar maupun macet temperatur normal-normal saja, ac nyala terus.
Sekalian mo nanya, apakah coolant dari Toyota ini bila kita pake ke mobil merk lain, akan se-efektif seperti dipakai dimobil Toyota ?
belum perna dikuras bertahun2 yahh... kalo gt coba nt hapalin bener2 posisi jarum temperatur pas suhu kerja nya skrg... lalu nt beli 5 liter coolant toyota tsb... coba buka baut drain bawah... lalu tutup dan isi kembali coolant ampe posisi penuh... dan perhatikan lagi posisi jarum... kalo yg ane perhatikan di ipah ane dan di ipah saudara ane... posisi jarum akan berada sdikit lebi turun...
setuju ama klep.
hm.... koq bisa lebih turun ya? logikanya sih gak turun.. karena tempratur mesin dipengaruhi oleh termostat sebagai pengaruh terbesar. bukan dari coolantnya. jadi mau coolantnya merk apapun asal sesuai suatu standar, tempratur mesin akan segitu2 aja. karena kinerja mesin akan optimal pada suhu sekian.
kalau emang tempratur bisa turun, harusnya konsumsi bbm akan lebih boros daripada sebelum ganti coolant..
mohon pencerahan dan silahkan dikoreksi kalo ane salah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC wrote:
belum perna dikuras bertahun2 yahh... kalo gt coba nt hapalin bener2 posisi jarum temperatur pas suhu kerja nya skrg... lalu nt beli 5 liter coolant toyota tsb... coba buka baut drain bawah... lalu tutup dan isi kembali coolant ampe posisi penuh... dan perhatikan lagi posisi jarum... kalo yg ane perhatikan di ipah ane dan di ipah saudara ane... posisi jarum akan berada sdikit lebi turun...
setuju ama klep.
hm.... koq bisa lebih turun ya? logikanya sih gak turun.. karena tempratur mesin dipengaruhi oleh termostat sebagai pengaruh terbesar. bukan dari coolantnya. jadi mau coolantnya merk apapun asal sesuai suatu standar, tempratur mesin akan segitu2 aja. karena kinerja mesin akan optimal pada suhu sekian.
kalau emang tempratur bisa turun, harusnya konsumsi bbm akan lebih boros daripada sebelum ganti coolant..
mohon pencerahan dan silahkan dikoreksi kalo ane salah...
bisa jadi cairan coolant tsb memiliki kemampuan untuk membuang panas lebih cepat & bagus Pat...
nahh itu jg ane kurang ngerti om kopat... tp ane coba share lg nehh... dulu di lipina XR ane... sblom ane kuras coolant nya, pas pagi2 nyalain mesin, ntuh lampu yg warna biru rada cepet padam nya.... skrg setelah di kuras coolant nya trus diganti pake yg baru, ntuh lampu yg biru agak lama baru padam...
DOHC wrote:nahh itu jg ane kurang ngerti om kopat... tp ane coba share lg nehh... dulu di lipina XR ane... sblom ane kuras coolant nya, pas pagi2 nyalain mesin, ntuh lampu yg warna biru rada cepet padam nya.... skrg setelah di kuras coolant nya trus diganti pake yg baru, ntuh lampu yg biru agak lama baru padam...
kalo lebih lama padamnya, mungkin karena pake coolant baru air pendingin lebih dingin. jadi butuh waktu lebih lama untuk memanaskan.
kalo FC nya sendiri gimana om? harusnya jadi lebih boros karena lebih lama manasin mobilnya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
yahh kalo cuman beda di waktu pemanasan mesin sehh musti nya ga ngaruh ke FC nya om... karena ga signifikan sehh beda nya.... FC sehh tetep koq... dalkot masi 1:11....
btw mesin bensin rada beda ama mesin diesel om... justru kalo mesin bensin kelewat panas malah jadi boros dan ngeglitik... beda ama mesin diesel.. makin panas malah makin ngacir... CMIIW...