angkat dulu....nyaris tenggelam
barusan service lumayan banyak:
- flush oli
- ganti oli mesin+filter
- ganti oli transmisi
- ganti belt alternator
- ganti belt ac/power steering
- ganti bearing tensioner belt ac/power steering
- periksa timing belt
- periksa busi
- tune up
lumyan habisnya, 1jutaan
yang lumayan banyak habisnya di penggantian oli, sebelumnya pakai castrol, sekarang ganti motul 5w30 (4L), oli transmisi sebelumnya shell spirax, sekarang ganti motul juga (3L)
kesan pertama pakai motul...tarikan lebih enteng dan temperatur mesin lebih adem
bearing tensioner belt diganti karena mulai terdengar bunyi berderit, murah, cuma 40ribu
belt diganti karena sudah getas
timing belt dicek secara sudah jalan 45.000KM setelah penggantian, hasil cek, kondisi belt masih bagus, 10.000-15.000km lagi masih aman....tapi buat jaga2, direncanakan ganti 10.000km lagi aja
busi dilihat secara fisik masih ok...
rencana berikutnya saat nanti ganti oli (setelah 5000 km dari sekarang)
- ganti kampas rem (depan belakang), sudah nyicil beli kampas rem depan bendix metal king

, tinggal cari yg kampas belakang
- service ac total
- ganti wiper depan/belakang
- ganti coolant radiator, masih dipertimbangkan tetep pakai wuerth atau ganti foerch
- cek kopling
- cek (dan mungkin ganti) shock absorber belakang, sekarang lagi cari2 info dan review barangnya, pengen banget pake OME
- kalo ada sisa budget, rencana lapis ulang anti karat, masih bingung milih TKD atau ziebart

- kalo masih ada budget lagi, mikirin kaca film yg sudah mulai uzur