Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ilhami wrote:Om, menurut artikel, arus pengisian aki itu biasanya 10% sampai 30% dari kapasitas nya.
Misal
aki 30AH = 3Ampere s/d 9Ampere
aki 200AH = 20Ampere s/d 60Ampere
Kalau upgrade aki ke 200A, berarti alternator nya harus bekerja lebih ya?
itu cuma kira2 ajah..... n ga dijelasin jenis chargernya apakah yg otomatis ato yg biasa.........klo mau bagus buat charge aki adalah charger yg otomatis..... jadi saat diawal charge misalkan dikasih 10 amper, mk secara otomatis makin lama dicharge, kapasitas pengisiannya akan menurun sejalan dg makin penuhnya stroom di aki..........ampe aki full charge.........jadi aki ga dipaksakan disetroom dg kapasitas yg besar.....
ga juga tuhhhh......dg catatan saat dipasang pertama kali, mk aki dlm keadaan full charge.........kecuali saat dipasang pertama kali, aki dlm keadaan 'pas2an' ajah buat starter, mk alternator akan bekerja keras buat charge aki ampe full...........begitu udah full charge, mk alternator akan bekerja santai ajah...........
scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja...
m4rio wrote:@ sjamsul : kalo ane detek aki mau soak, biasa berasa tuh kalo pas mau starter, ada jeda sedikit pas starter, kalo di denger sepintas mank gk ada beda dengan aki normal, tapi kalo diperhatikan dan peka, beda kok. awalnya agak gk kuat gitu, tapi setelahnya langsung kyk normal gitu.
terutama di pagi hari yah mar, jadi setelah didiamkan beberapa lama (misalkan dari sore ke pagi hari) mk akan timbul hal spt ini...........tp klo dipake siang hari normal2 ajah......tul ga ..... ...
Nah, klo ketemu hal semacam ini (yg ane pernah tangani), langkah pertama adalah membersihkan kepala aki (klo ga ada alat ukurnya).....ada kalanya hal semacam ini bisa disebabkan krn kepala aki yg kotor, jadi menghambat aliran stroom saat mbl distarter........
kyknya sih gitu prop.. tapi ane gk gitu perhatiin juga sih kalo yang setelah start pertama kali.
scorpio wrote:@prop
di badan akinya sih ada stiker doktor accu
dari situ keliatan belinya taun 2008. cuma kemaren sempet air akinya tinggal setengah baru diisi lagi
kirain baik2 saja, eh sebulan setelah itu akhirnya mati juga tuh aki
nah, proses air aki dari full ampe setengah itu khan ada jedah waktunya.......... artinya aki dipake dlm keadaan airnya yg cuma setengah itu nt ga tau berapa lamanya.......... hal inilah yg bikin aki jadi mati sebelon waktunya............. makanya diperlukan perawatan aki secara teratur, misalkan sebulan atau seminggu sekali diperiksa tinggi permukaan airnya, spy aki ga kekurangan air n umur pakenya bisa lbh lama.....
duh, ane udah lama gak periksa aki dengan detail. cuman lihat indikator warnanya aja...
klo nt ga sempet periksa akinye, dateng ajah ke tempat ane, nanti ane bantuin .....................
om, ane telat banget nih baca thread om.
baru aja kemaren ane ganti aki basah Yuasa Pafecta 55559 (55Ah) untuk Peugeot 406
ternyata sebelum dipasang dimobil harusnya dicharge dulu ya?
nah sekarang gimana dong om kalo belum dicharge dulu uda kepasang dimobil, ada cara2 lain supaya aki nya tetep bisa awet?
sebelum nya ane pake aki kering Delkor 60Ah, baru 1 thn uda koit ga kuat starter mobil sama sekali harus di jumper.
pas kemaren di toko aki diliat, ternyata aki delkornya uda kadaluarsa nih. produksi thn 2009, tapi masih dijual thn 2010.. makanya akinya cuman berumur 1 thn doang. kalo aki basah katanya ga ada kadaluarsa, karena air nya baru di isi pas baru mau dipake.
mohon dibantu om tips nya supaya aki nya bisa awet di mobil ane, jadi takut umur pendek nih soalnya ga dicharge dulu sebelum dipasang dimobil dan ga dipakein vitamin PowerBatt.
kalo dipakein PowerBatt sekarang masih bisa ga ya?
Nubie bantu jawab ya om..
Aki kering atau basah ada lifecycle nya om, hny untuk aki kering udah "idle" sejak dr pabrik sedangkan aki basah baru mulai "idle" ketika diisi air zuur dr toko. Hal ini tidak dominan berpengaruh thd umur aki, jd om gak perlu takut aki nya gak awet. Karena yg sebenarnya terjadi bukan umur nya yg berjalan, tp self discharge nya. Aki kering self discharge dr pabrik dihitung 4bln sejak kluar dr pabrik, jd kl udah 4bln bkl dilakukan stroom ulang oleh pabrik. Jadi menurut saya, aki berumur 1th tdk bisa dikategorikan udah "kadaluarsa".
Mengenai penggunaan additive & stroom pd aki baru itu hanya salah satu tips om, bukan merupakan suatu keharusan. Artinya, kl bisa dilakukan lbh baek, tp kl gak bisa ya gpp. Agar aki basah awet, perawatan sangat penting. Asal perawatan bagus, niscaya aki bakal awet..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today