Kalo mbl nya masih baru sih gpp, tp kl udah berumur & sensornya byk bgt mlh bisa bikin kepala cenut2 tuh

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
y_anjasrana wrote:mobil terlalu canggih saat rusak justru merepotkan....
Saya liat reservoir minyak di jazz saya kok g turun2,iseng nanya sopir,iya Boss kalau kurang saya tambahin di semua mobilm4rio wrote:gini, untuk gampangnya tau kalo kampas rem minta diganti :Kaleng wrote:Ane beli mobil jazz idsi A/T 2nd. Semenjak beli sampai sekarang sudah menempuh +-15.000km. Rute perjalanan jarang kena macet.
Karena beli 2nd jadi tidak tahu kapan kampas rem terakhir kali diganti. Yang ingin ane tanyakan apa tanda/ciri kampas rem sudah saatnya diganti baik yang tromol maupun disc.
![]()
1. pada saat rem timbul bunyi gesekan cit cit cit seperti besi ketemu besi, nah ini tandanya kampas rem depan udah mulai habis. ada beberapa mobil di kampas rem depanya dipasangin besi indikator, jadi kalo kampas rem udah tipis pada saat rem bakalan bunyi. nah kadang ada juga yang tidak ada, tapi indikatornya sama bakalan bunyi juga, nah kalo udah bunyi gini lebih baik langsung di periksa saja remnya.
2. lihat lah reservoir minyak rem, kalao turun ada 2 kemungkinan, kalo gk bacor di sistem rem ya kampas rem udah tipis. kalo untuk kasus rem depan tipis in dikarenakan semakin tipis kampas rem maka piston rem akan semakin keluar mengikuti ketebalan kampas rem, nah hal ini akan menyebabkan minyak rem di reservoir juga akan berkurang.
3. untuk kampas rem belakang biasanya pada saat tuas rem tangan di angkat itu akan tinggi sekali baru rem akan ngunci. tapi ini gk sepenuhnya benar kampas rem belkang habis. sebab bisa juga setelannya udah menjauh. ( kyk rem belakang tromol motor, kalao injeknya dalem, ya biasa di setel lagi juga masih bisa ) untuk tau pastinya tetep harus di bongkar di check kondisinya..