Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
He2 Land cruiser yang 4700cc lama aja ga bisa lewat2 apa lagi innova qiqiqiqi..
Transmisi cenderung pendek rationya sering gigi 4 tau2 udah 100km/h..
1.5xv m/t..
Oiya satu lagi kayaknya mobil ini setelah melewati 10000km tambah irit FC nya..
Transmisi cenderung pendek rationya sering gigi 4 tau2 udah 100km/h..
1.5xv m/t..
Oiya satu lagi kayaknya mobil ini setelah melewati 10000km tambah irit FC nya..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 21, 2009 7:21
- Location: UKOR Maranatha
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
GL 1.5 xv M/T 2007
pengalaman punya GL---
-tahun pertama ganti kampas rem...
-tahun pertama lebih setengah, masalah speedometer... dan kaca kanan depan yg ga auto (soal kaca - semua livina tuh sama aja.........ada caranya toh.... supaya bisa auto lagi....)
-tahun kedua ganti suspensi depan 1 set...
pokonya tuh ban ga bisa gerak, setir kosong pas dilihat pelindung bawah lepas...
(nabrak trotoar - ban dunlop sp 300 tuh licin abis, ngga ujan ngga gledek, di rem kecepatan 60-an, slonong boy...)
solusi: achilles platinum 195/65 91 V - grip pisan, ga akan nyesel deh apalagi kalo diganti 4 ban...^^
aku baru pake 2 ban...sekarang kalo rem dadakan, depan diam di tempat (platinum), belakang liar ke kiri dan ke kanan ----kaya mao slalom... (sp300)
-air filter nya yg ori dealer tuh hampos mobil sering tersendat-sendat
, aku ganti pake JFC--- lebih mantap,
keluar dari CM langsung tes drive di pasupati nyalip cr-v yg ga mau minggir...
-kualitas suara audionya mantab
, ga pake power aj, bassnya berdentum-dentum, ga kaya dulu pake greco, bass standarnya ky kaleng krupuk...
sejauh ini GL saya uda lari kira2 68000 km... 
pengalaman punya GL---

-tahun pertama ganti kampas rem...

-tahun pertama lebih setengah, masalah speedometer... dan kaca kanan depan yg ga auto (soal kaca - semua livina tuh sama aja.........ada caranya toh.... supaya bisa auto lagi....)

-tahun kedua ganti suspensi depan 1 set...

(nabrak trotoar - ban dunlop sp 300 tuh licin abis, ngga ujan ngga gledek, di rem kecepatan 60-an, slonong boy...)
solusi: achilles platinum 195/65 91 V - grip pisan, ga akan nyesel deh apalagi kalo diganti 4 ban...^^
aku baru pake 2 ban...sekarang kalo rem dadakan, depan diam di tempat (platinum), belakang liar ke kiri dan ke kanan ----kaya mao slalom... (sp300)
-air filter nya yg ori dealer tuh hampos mobil sering tersendat-sendat

keluar dari CM langsung tes drive di pasupati nyalip cr-v yg ga mau minggir...
-kualitas suara audionya mantab



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Busyeettt om nyetirnya kayak apa tuh kok tahun pertama ganti kampas rem..Dibuat balapan ya om GLnya
..Kalo dunlop SP300 ga usah ditanya om kalo hujan mending "alon2 asal kelakon" soalnya ini ban emang kurang grip..Ane buka 3000an rpm aja lepas kopling sering selip tuh bannya..


RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Mon Jun 18, 2007 2:42
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
nimbrung bantu jawab permasalahan TS..
waktu itu pernah baca di mana gt di internet..
emang livina family itu (yg 1500cc) engine brake nya ga terlalu berasa karena bore n stroke ny mesin hampir sama (bore 78 mm) (stroke 78,4 mm)
waktu itu pernah baca di mana gt di internet..
emang livina family itu (yg 1500cc) engine brake nya ga terlalu berasa karena bore n stroke ny mesin hampir sama (bore 78 mm) (stroke 78,4 mm)
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed May 18, 2011 4:00
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
xboy wrote:Hi all, salam kenal .....
Sudah 2 minggu ini si GL ada di garasi, rasa2nya kok ada beberapa hal yg cukup "mengganggu" yah .... mungkin ada RR sekalian yg mengalami juga ?
- Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.
- Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......
- Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !
- Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.
- Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
======================================================
wah apa yang dialami bung xboy hampir semuanya mirip dengan apa yg saya alami
(GL 2011 facelift ).baru 1 bulan pakai..( baru mau komplain di service 1000 km nanti.
1. saat jalan berhelmbong atau saat di jalan beton suara Ban terdengar bergemuruh seperti tidak ada soundproof nya( kurang kedap)
2. kabin bagian depan ( kanan-kiri) dirasa kurang kedap.
3. suspensi ampun deh..keras ( nggak tau soknya atauper nya) pokoknya dirasa keras ( padahal saya beli GL berharap lebih baik suspensinya dibanding kompetitor ( mobil sejuta umat itu

4. mesin agak endut- endutan pada saat gigi 1 ( atau rpm rendah).
5. suara aneh ( bunyi grek) di kompresor AC pada saat pertama kali menyalakan AC, sesdah itu normal..
selebihnya mesin halus, normal, irit memang dalkot 1-11 luar kota 1-15
adakah yg mengalami hal yg sama seperti saya dan rekan xboy?
..padahal bung xboy posting tahun 2007, - sekarang tahun 2011, ternyata mereka ngak belajar dari kesalahan, itu cacat pabrik atau memang di tutupi oleh pihak nissan?
seharusnya nissan belajar dari pengalaman komplain pelanggannya, agar bisa lebih baik dimasa yang akan datang..semoga nanti pas service 1000 bisa hilang semua keluhannya dan kalo perlu ada part yg diganti yah musti di ganti ( wong baru sebulan pake) ...beli dari baru lagi..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
ada yg salah dengan ciri kerasnya suspensi......komplen aja bro ke beres....klo no 1 sih....semua mengalami..lha wong monokok tapi peredaman lantainya kurang....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Om semua normal aja..kalo kurang senyap emang harus tambah peredam..Kayak mobil ane senyap bgt udah ditambah peredam soalnya he2 kalo jadi penumpang cuma kedengeran suara ban aja..
Nah yang ga normal itu bantingan kerasnya coba dicek tekanan pompa bannya kalo perlu ganti nitrogen om..
Nah yang ga normal itu bantingan kerasnya coba dicek tekanan pompa bannya kalo perlu ganti nitrogen om..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Wah, kalo pake nitrogen, apa ngga repot tuh, kalo mau nambah angin sewaktu2...? Trus, apa ngga mahalll tuh....??? 

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
juragan sawit yg diatas ndak usah pura2 laah....lha wong ban truk2nya isi nitrogen semua kok....
kalo ban mbl saya....isi oksigen ajahh...



kalo ban mbl saya....isi oksigen ajahh...



"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
oh ya suara AC pertama kalo bunyi grek....ciri GL juga....kan cuman 1 detik....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
bukannya nitrogen bagus buat kesuburan kelapa sawit?jalu wrote:juragan sawit yg diatas ndak usah pura2 laah....lha wong ban truk2nya isi nitrogen semua kok....![]()
![]()
kalo ban mbl saya....isi oksigen ajahh...![]()
![]()


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
BTT plizzzz...Hansen wrote:bukannya nitrogen bagus buat kesuburan kelapa sawit?jalu wrote:juragan sawit yg diatas ndak usah pura2 laah....lha wong ban truk2nya isi nitrogen semua kok....![]()
![]()
kalo ban mbl saya....isi oksigen ajahh...![]()
![]()

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
wajar bgt om semua GL emang gitu acnya kalo pertama kali dinyalakan kayak ada suara "nembak"..soalnya kebetulan juga ane ngikutin forum GL sebelah..dan ane owner GLabrof wrote:oh ya suara AC pertama kalo bunyi grek....ciri GL juga....kan cuman 1 detik....

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Apr 08, 2010 20:32
- Location: Jakarta
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
mending isi nasi sama rendang wenakkkk....xixixixixi
yang penting itu mobil bisa jalan, gt aja repot
<a href="http://www.distributorkantor.com/" rel="bookmark" title="Peralatan Kantor">Peralatan Kantor</a>

<a href="http://www.distributorkantor.com/" rel="bookmark" title="Peralatan Kantor">Peralatan Kantor</a>
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Yaikssss.... AvG ku hanya isi Oksigen ala SPBU, oom....jalu wrote:juragan sawit yg diatas ndak usah pura2 laah....lha wong ban truk2nya isi nitrogen semua kok....![]()
![]()
kalo ban mbl saya....isi oksigen ajahh...![]()
![]()


hari2 juga cuman make Revo100..........

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 21, 2009 7:21
- Location: UKOR Maranatha
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
aldy wrote:Busyeettt om nyetirnya kayak apa tuh kok tahun pertama ganti kampas rem..Dibuat balapan ya om GLnya![]()
..Kalo dunlop SP300 ga usah ditanya om kalo hujan mending "alon2 asal kelakon" soalnya ini ban emang kurang grip..Ane buka 3000an rpm aja lepas kopling sering selip tuh bannya..
kayanya seh yg GL pionir (yg tahun 2007) tuh memang uda harusnya ganti kampas rem, bung...
ada temen saya yg pake GL sejenis pun mengalami hal yang sama.
Walau cara nyetir dia beda sama saya...
Kalo saya cara drag pun diterapkan, kalo dia 180 derajatnya saya, slow & steady, win the race... wkwkwkwk

tp setelah ganti tahun 2008, blom aus lagi kampasnya...berarti udah 3 tahun, tiap minggu pasti jakarta pulang pergi via puncak...

kayanya seh yg baru masalah2 GL udah diperbaiki, btw katanya nissan JUKE pake mesin LIVINA tetapi dengan Horse Poser yang lebih besar???
ada yang taw caranya supaya mesin GL ini HP-nya bisa kaya nissan JUKE??? wkwkwk

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
kabarnya mesin bang juki pake dual injector?0955015 wrote:aldy wrote:Busyeettt om nyetirnya kayak apa tuh kok tahun pertama ganti kampas rem..Dibuat balapan ya om GLnya![]()
..Kalo dunlop SP300 ga usah ditanya om kalo hujan mending "alon2 asal kelakon" soalnya ini ban emang kurang grip..Ane buka 3000an rpm aja lepas kopling sering selip tuh bannya..
kayanya seh yg GL pionir (yg tahun 2007) tuh memang uda harusnya ganti kampas rem, bung...
ada temen saya yg pake GL sejenis pun mengalami hal yang sama.
Walau cara nyetir dia beda sama saya...
Kalo saya cara drag pun diterapkan, kalo dia 180 derajatnya saya, slow & steady, win the race... wkwkwkwk![]()
tp setelah ganti tahun 2008, blom aus lagi kampasnya...berarti udah 3 tahun, tiap minggu pasti jakarta pulang pergi via puncak...![]()
kayanya seh yg baru masalah2 GL udah diperbaiki, btw katanya nissan JUKE pake mesin LIVINA tetapi dengan Horse Poser yang lebih besar???
ada yang taw caranya supaya mesin GL ini HP-nya bisa kaya nissan JUKE??? wkwkwk

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Engine swap om wkwkw..udah beda total konstruksi headnya..1 silinder dilayani 2 injektor (total 8 injektor)+ udah dual CVTC.. ECU pasti juga udah beda..kabar baiknya selain power sama torsi nambah..torsi maksimum didapat @4000rpm.. Jadi gejala rpm bawah boyo (yg terjadi di livina series) udah terkurangi.. Kalo menurut ane (IMO) tahun depan paling lambat livina series juga bakal pake ini mesin (dual injektor+dual CVTC) yg lebih powerfull biar lebih kuat nanjak




RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
livina series pake ntuh mesin baru sehh kayanya kecil kmungkinan bro.... ga mungkin kann mereka pake ntuh mesin baru tapi harga tetep pake harga skrg... mau ga mau naekin harga... lah wong pake harga skrg aja uda empot2an jualan... apalagi naekin harga... bisa2 balik bangkrut tuh nissan...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
mengenai kampas rem... kayanya sehhh ga ad yg brubah bro utk kampas rem... mau yg kluaran awal atau plg akhir jg tetep aja sama.... sama2 cepet abis... dulu ane di GL kluaran 2008, baru jalan 49 rebu aja, kampas rem uda tipis... skrg pake XR yg kluaran 2008 jg odo baru 54 rebu uda tipis banget... heran knapa cepet tipis ini kampas... perasaan dari dulu miara mobil2 laen, 50 rebu km mahhh masi tebel tuh kampas...0955015 wrote:aldy wrote:Busyeettt om nyetirnya kayak apa tuh kok tahun pertama ganti kampas rem..Dibuat balapan ya om GLnya![]()
..Kalo dunlop SP300 ga usah ditanya om kalo hujan mending "alon2 asal kelakon" soalnya ini ban emang kurang grip..Ane buka 3000an rpm aja lepas kopling sering selip tuh bannya..
kayanya seh yg GL pionir (yg tahun 2007) tuh memang uda harusnya ganti kampas rem, bung...
ada temen saya yg pake GL sejenis pun mengalami hal yang sama.
Walau cara nyetir dia beda sama saya...
Kalo saya cara drag pun diterapkan, kalo dia 180 derajatnya saya, slow & steady, win the race... wkwkwkwk![]()
tp setelah ganti tahun 2008, blom aus lagi kampasnya...berarti udah 3 tahun, tiap minggu pasti jakarta pulang pergi via puncak...![]()
kayanya seh yg baru masalah2 GL udah diperbaiki, btw katanya nissan JUKE pake mesin LIVINA tetapi dengan Horse Poser yang lebih besar???
ada yang taw caranya supaya mesin GL ini HP-nya bisa kaya nissan JUKE??? wkwkwk
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Wah bagus donk dohc, bisa bikin pedangang spare part cpt kaya 
Btw, kampas rem GL pake merk apa?

Btw, kampas rem GL pake merk apa?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
blom smpet diganti dak... dulu di GL kburu dijual tuh mobil... plg skrg yg xr nehh mau ane ganti...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
kemungkinan karena engine break di GL kurang bagus ya? makanya kampas rem jadi cepet habis.
apa lagi om dohc make GL dan XR di dalam kota, jarang luar kota. jadinya kebanyakan ngerem daripada kenceng....
apa lagi om dohc make GL dan XR di dalam kota, jarang luar kota. jadinya kebanyakan ngerem daripada kenceng....

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Oct 22, 2008 4:27
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
-
======================================================
Hi SM-ers
Baru 1 bulan pakai GL 1.5MT, versi 2011 (interior sudah yang black)
1. Peredaman buruk, masih ditemui, saya merasa suara mesin yang cukup terdengar, namun masih dalam batas wajar. Lebih baik dari Rush (yang sebelumnya pakai)
2. Shock absorber, menurut saya cukup keras, agak mengganggu kenyamanan, padahal waktu test drive berasa lebih lembut (mobil test drive GL tahun 2010)
3. Pintu depan kiri yang tidak menutup rapat tidak saya temui di mobil saya
4. Ndut ndutan di rpm rendah gigi 1, masih ditemui, memang ini problem tersebesar yang saya temui. Sedikit terkoreksi saat saya bawa ke service 1000km (walaupun odometer baru 400km). Yang dilakukan beres adalah membuang angin palsu pada sistem kopling hidroliknya- persis seperti buang angin palsu pada sistem rem. Hasilnya setelah service ndut ndutan masih terasa namun tidak separah waktu pertamakali terima unit.
5. Engine brake tidak begitu terasa, saya sangat setuju. Makanya saya himbau untuk selalu waspada terutama pada saat macet, selalu siap ngerem pakai kaki - jangan mengandalkan engine brake. Konsekuensi logis memang kalau kampas rem cepat aus.
6. Masalah khusus di unit saya , adalah adanya rembesan oli sampai ada tetesan di lantai garasi, ketahuan di km 400 an. Kalau dari baunya saya menduga itu oli transmisi. Makanya belum genap 1000km langsung saya bawa ke beres untuk dilakukan service. Ternyata baut oli transmisi yang tidak rapat - weleh weleh kok bisa ya NMI lalai dalam mengecek hal ini ??
7. Bunyi keras saat AC pertama kali dinyalakan masih ditemui, kelihatannya kompresor masih konvensional yang menggunakan magnet untuk mengunci as kompressor supaya ikut berputar. Tapi kok ya bisa sekeras itu bunyinya, seperti bunyi mau patah.
8. Blower AC diposisi 1 yang berbunyi keras, masih ditemui.
9. Hembusan celah AC baris kedua - sepoi sepoi sekali, seakan akan ada hambatan di ducting nya. Tapi untungnya walau posisi termostat di 1/4 ruangan sudah cukup dingin hingga baris kedua.
10. Akselerasi lemot 2000-3000 rpm , setuju sekali, masih ditemui. FYI, saya pakai bensin campur : Premium : Shell Super Extra = 50: 50
11. Nilai plus karena sudah ada roof monitor + DVD. Anak saya suka sekali , selalunya minta diputarkan film kartun kesayangannya. Walaupun akibatnya orangtua yang duduk di depan jadi gak ada hiburan ... hiks
Saya baru kali ini memakai brand NISSAN, overall tidak terlalu impressive buat saya, khususnya GL ini. Karena memang saya peruntukkan mobil buat isteri dan untuk antar anak-anak sekolah. Impiannya sih kelak bisa punya new XTRAIL ataupun SERENA yang pasti lebih mantab dari GL.
Semoga NMI selalu mendengar keluhan konsumen untuk melakukan perbaikan ke depannya. Masa sudah hampir 5 tahun GL keluar masalah yang terjadi masih tetap sama. Seperti menunjukkan sikap ketidakpedulian NMI terhadap keluhan konsumen.
FYI, saat service 1000km, saat saat konsultasikan issue ndut ndutan tersebut, dengan entengnya Service Advisor bilang bahwa itu sudah komplain umum yang selalu dilontarkan konsumen dan katanya sudah bawaan pabrik, seakan memang mengakui hal ini sebagai masalah utama namun tidak ada niat untuk mencari solusi. GAWAT kalau mentalitas Service Advisor seperti itu.
salam hangat
[/quote]xboy wrote:Hi all, salam kenal .....
Sudah 2 minggu ini si GL ada di garasi, rasa2nya kok ada beberapa hal yg cukup "mengganggu" yah .... mungkin ada RR sekalian yg mengalami juga ?
- Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.
- Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......
- Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !
- Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.
- Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
======================================================
Hi SM-ers
Baru 1 bulan pakai GL 1.5MT, versi 2011 (interior sudah yang black)
1. Peredaman buruk, masih ditemui, saya merasa suara mesin yang cukup terdengar, namun masih dalam batas wajar. Lebih baik dari Rush (yang sebelumnya pakai)
2. Shock absorber, menurut saya cukup keras, agak mengganggu kenyamanan, padahal waktu test drive berasa lebih lembut (mobil test drive GL tahun 2010)
3. Pintu depan kiri yang tidak menutup rapat tidak saya temui di mobil saya
4. Ndut ndutan di rpm rendah gigi 1, masih ditemui, memang ini problem tersebesar yang saya temui. Sedikit terkoreksi saat saya bawa ke service 1000km (walaupun odometer baru 400km). Yang dilakukan beres adalah membuang angin palsu pada sistem kopling hidroliknya- persis seperti buang angin palsu pada sistem rem. Hasilnya setelah service ndut ndutan masih terasa namun tidak separah waktu pertamakali terima unit.
5. Engine brake tidak begitu terasa, saya sangat setuju. Makanya saya himbau untuk selalu waspada terutama pada saat macet, selalu siap ngerem pakai kaki - jangan mengandalkan engine brake. Konsekuensi logis memang kalau kampas rem cepat aus.
6. Masalah khusus di unit saya , adalah adanya rembesan oli sampai ada tetesan di lantai garasi, ketahuan di km 400 an. Kalau dari baunya saya menduga itu oli transmisi. Makanya belum genap 1000km langsung saya bawa ke beres untuk dilakukan service. Ternyata baut oli transmisi yang tidak rapat - weleh weleh kok bisa ya NMI lalai dalam mengecek hal ini ??
7. Bunyi keras saat AC pertama kali dinyalakan masih ditemui, kelihatannya kompresor masih konvensional yang menggunakan magnet untuk mengunci as kompressor supaya ikut berputar. Tapi kok ya bisa sekeras itu bunyinya, seperti bunyi mau patah.
8. Blower AC diposisi 1 yang berbunyi keras, masih ditemui.
9. Hembusan celah AC baris kedua - sepoi sepoi sekali, seakan akan ada hambatan di ducting nya. Tapi untungnya walau posisi termostat di 1/4 ruangan sudah cukup dingin hingga baris kedua.
10. Akselerasi lemot 2000-3000 rpm , setuju sekali, masih ditemui. FYI, saya pakai bensin campur : Premium : Shell Super Extra = 50: 50
11. Nilai plus karena sudah ada roof monitor + DVD. Anak saya suka sekali , selalunya minta diputarkan film kartun kesayangannya. Walaupun akibatnya orangtua yang duduk di depan jadi gak ada hiburan ... hiks
Saya baru kali ini memakai brand NISSAN, overall tidak terlalu impressive buat saya, khususnya GL ini. Karena memang saya peruntukkan mobil buat isteri dan untuk antar anak-anak sekolah. Impiannya sih kelak bisa punya new XTRAIL ataupun SERENA yang pasti lebih mantab dari GL.
Semoga NMI selalu mendengar keluhan konsumen untuk melakukan perbaikan ke depannya. Masa sudah hampir 5 tahun GL keluar masalah yang terjadi masih tetap sama. Seperti menunjukkan sikap ketidakpedulian NMI terhadap keluhan konsumen.
FYI, saat service 1000km, saat saat konsultasikan issue ndut ndutan tersebut, dengan entengnya Service Advisor bilang bahwa itu sudah komplain umum yang selalu dilontarkan konsumen dan katanya sudah bawaan pabrik, seakan memang mengakui hal ini sebagai masalah utama namun tidak ada niat untuk mencari solusi. GAWAT kalau mentalitas Service Advisor seperti itu.
salam hangat
Gonta ganti mobil sah sah aja, asal jangan gonta ganti pasangan, tetap setia is the best
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
...bingung nih bukannya GL tu terkenal karena lembutnya suspensi.....saya pemakai GL 2007...suspensi OK (paling nyaman di kelasnya)....jangan2 yg model baru tipe suspensi beda sama yg lama?...atau tekanan angin ban terlalu tinggi?.. 
