Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sy penggemar otomotif yg lagi milih2 mobil baru/2nd seharga 100-200jt. Ada keragu2 an u/ beli yg agak baru krn pertaminanya kita quality HEBAT parahnya. Sy lulusan Tehnik Mesin 87'an n menyadari sebetulnya mobil2 baru dr pabrik manapun ngga layak pake bensin kecintaan kita, premium dr Pertamina. Saran2 dr pakar2 disini kira2 mesin2 DESIGN th brapa yg masih layak minum premium kita? Honda kalo i-VTEC sih forget it, mintanya minim 91-92. VVTI jg sami mawon. Padahal itu mesin Design 2003-04 dr Honda n Toyota. Sy bingung liat kawan2 kita yg beli mobil 300-400jt an tp beli bensin sama dgn yg naik motor 10jt an. Mohon pencerahannya.
Oh ya, sekarang pake Accord Maestro 93 n istri naik Livina XR 08 (mobil NO tenaga krn premium kali ya?) Semua manual, ngga doyan matic krn hobinya main game Colin McRay DIRT2. Posisi di sby.
bro kl ga salah accord vtil yg 3000cc v6 kompresinya rendah jd bs pake premium yg ron nya kecil. paling rajin carbon clean aja krn mslhnya premium tuh bukan ronnya tp KOTORNYA
tau kan ? accord sesdh cielo itu loh biasanya kan 2300 cc
yg 3000cc kl ga salah cbu brgnya lumayan langka tp kl dpt enak banget mesinnya buat ukuran honda
lgan dr maestro kalo ganti macam jazz yaris gitu pasti ill feel rasanya ga enak
automaestro wrote:Sy penggemar otomotif yg lagi milih2 mobil baru/2nd seharga 100-200jt. Ada keragu2 an u/ beli yg agak baru krn pertaminanya kita quality HEBAT parahnya. Sy lulusan Tehnik Mesin 87'an n menyadari sebetulnya mobil2 baru dr pabrik manapun ngga layak pake bensin kecintaan kita, premium dr Pertamina. Saran2 dr pakar2 disini kira2 mesin2 DESIGN th brapa yg masih layak minum premium kita? Honda kalo i-VTEC sih forget it, mintanya minim 91-92. VVTI jg sami mawon. Padahal itu mesin Design 2003-04 dr Honda n Toyota. Sy bingung liat kawan2 kita yg beli mobil 300-400jt an tp beli bensin sama dgn yg naik motor 10jt an. Mohon pencerahannya.
Oh ya, sekarang pake Accord Maestro 93 n istri naik Livina XR 08 (mobil NO tenaga krn premium kali ya?) Semua manual, ngga doyan matic krn hobinya main game Colin McRay DIRT2. Posisi di sby.
klo maw main game main need for speed shift 2 oom.keren abiz.
tergantung se oom,klo ane liet se gmn pun game compie lbh mantep soalny bs di upgrade oom,asal VGA card ma memory memadai,klo GT di banding ma forza lbh bgs Forza motorsport kelueran XBOX yg microsoft compeny jg.yg ane g suak ma itu Sony PS jko keluarin consol baru pasti gameny beda n consol lama g bs baca,mulai dr PS x yg petak gede trus ke ps2 trus ps 3,klo xbox dr awal ampe sekarang semua bs baca oom.ini pendapat ane.
Compie bisa upgrade vga, mem, & proccessor. Tapi total upgrade nya ini bisa2 jg seharga console baru mcm PS3 & Xbox. Jadi sama aja donk henz, upgrade spec & beli console baru?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:Compie bisa upgrade vga, mem, & proccessor. Tapi total upgrade nya ini bisa2 jg seharga console baru mcm PS3 & Xbox. Jadi sama aja donk henz, upgrade spec & beli console baru?
bnr oom.mkny beli compie jgn nangung2 oom.ane dl beli ini compie 13jutaan cm wkt dolar 12ribuan,ampe sekarang main game g da mslh,msh ok2 z oom.pk gravicny yg very high lg. hheheh.
BADAK wrote:Compie bisa upgrade vga, mem, & proccessor. Tapi total upgrade nya ini bisa2 jg seharga console baru mcm PS3 & Xbox. Jadi sama aja donk henz, upgrade spec & beli console baru?
bnr oom.mkny beli compie jgn nangung2 oom.ane dl beli ini compie 13jutaan cm wkt dolar 12ribuan,ampe sekarang main game g da mslh,msh ok2 z oom.pk gravicny yg very high lg. hheheh.
Kalo semua berkantong tebal kyk ente ya santai aja henz, langsung beli yg top spec. Tapi kl pas2an kyk gw ya cmn bisa beli nintendo & atari
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:
Kalo semua berkantong tebal kyk ente ya santai aja henz, langsung beli yg top spec. Tapi kl pas2an kyk gw ya cmn bisa beli nintendo & atari
dak,, nintendo dan atari pake premium atau solar???? fwd or rwd???
gmx wrote:Pajero generasi 2 thn 95-98 comporession ratio 1:8.9 minumnya Ron 88, kalo ga salah jazz i-dsi minumnya Ron 88, rasio berapa ya?
Wah kalo jazz i-dsi mah hrsnya nenggak pretamax om, kalo dipaksa dicekokin premium ya bs sempoyongan jlnnya,
Jazz i-dsi CR nya 10.4 :1 kalo nggak salah....
Terrano bisa nenggak premium busuk juga kayaknya......
Oh gitu ya om, makasih koreksinya.. Ane pernah baca di mana gitu beberapa bulan lalu waktu nimbang2 ngambil city car, ane baca jazz i-dsi bisa premium, yg v-tec mesti pertamax.. Kalo getz SOHC 1.3 2004-2005 kompresi 1:9.5 tp ane pake premium aja, secara pemakaian harian belum masalah, ga tau jangka panjangnya gimana.. Kalo getz DOHC 1.4 kompresi 1:10.x (ga apal) katanya sih emang minimum mesti Ron 92
Saya rasa rasio kompresi bkn faktor tunggal penentu jenis bbm yg harus ditenggak, cmiiw, di manual jazz i-dsi tertulis rekomen minimal ron88 alias premium....sebab nya karena memakai dual ignition, di alfa romeo namanya dual sparks.....
Saya tidak tahu unsur pasti yang menentukan suatu mesin itu minimal tahan premium atau pertamax, tp rasanya cuman lihat rasio lompresi kok agak simple things up ya...
Apa catalyc converter ngaruh juga om? Pernah baca2 juga getz 1.3 bisa premium karena belum ada catalyc converter, sedangkan getz 1.4 mesti pertamax karena ada cataly converter, entah benar apa ngga, mungkin suhu2 di sini bisa kasih pencerahan..
sebenar ane ane perhatikan rata2 kendaraan di buet nenggak ron 90 ke atas,n ane perhatiin cm di indonesia yg da ron 88 di luer sono udah minimah 92 oom,jepang klo g salah ron 95 minimal.
rusak gara premium biasanya hasil akumulasi jangka panjang bro... ga cukup cuman 6 bulan doank... soalnya penggunaan premium bikin mesin glitik... dan biasanya gara2 glitik tsb, terjadi pembakaran dini atau tidak sempurna.. ujung2nya terjadi timbunan kerak karbon yg berlebihan di ruang bakar... blom lagi dari glitik/ detonasi tsb jg dikit demi dikit ngerusak dome nya piston... bahkan menurut salah satu bengkel tuner, glitik itu jg dikit banyak memperpendek umur ring2 piston.... tapi untung nya smua hal tsb makan waktu bertahun2 dan biasanya mobil uda keburu dijual...
kcuali yahh orang2 kaya ane... pake mobil lama banget.. dr mulus kinyis2 ampe rusak ga karuan baru dijual...