Profith83 wrote:Ada yang pernah pakai Catpiva VCDI mengalami mogok karena solarnya dapet yang jelek?
Tolong sebutkan :
1. pakai solar apa ? dex atau shell atau bio solar
2. sudah berapa KM sekarang
3. pernah mogok karena terkena solar jelek kira kira di KM berapa ?
4. perawatan berkala tiap berapa KM ? dan sekitar berapa biaya perawatannya
Saya rencananya ambil Captiva VCDI dan mau pakai Bio Solar, BTW saya suka kecepatan tinggi dan luar kota

tetapi tetap safety drive kok

Hi Bos, saya pengguna AWD dari Sept 2010, sampai sekarang mobil selalu ngemix antara Bio Solar ato Pertadex, malah lebih sering diisi Bio Solar murni, malahan di Kota saya di Purwakarta ga ada pertadex, adanya cuma Bio Solar. Di milis Captiva juga ada user VCDi yang mencampur Bio Solar biasa dengan To*al Cetane Booster. Walaupun ada beberapa user menggunakan merk Cetane Booster yang lain.
AWD saya sudah service ke II, ato setara dengan 15,000km dan masih berjalan. Menurut buku panduan dari GMAWI, Captiva VCDi mesti dilakukan perawatan berkala setiap 7,500km atau kelipatannya.
Pengalaman buruk saya ada di gangguan saluran pembuangan (kalo tidak salah km nya 8,500km an), waktu itu pas di jalan tol Bandung mau masuk ke Gerbang Tol Pasteur tiba2 ada lampu indikator dari saluran pembuangan yang menyala, tiba2 aja AWD saya tidak bertenaga, dan dalam kecepatan tinggi saya tiba2 menepi ke tepi jalan tol sampai akhirnya berhenti total di jalan tol sebelum ke pasteur, langsung saya telpon mekanik Chevy Andalan Soekarno Hatta Bandung, katanya dicoba dengan memutar kunci kontak 3 kali tanpa menghidupkan mobilnya (sama seperti kalo mau menyalakan mesin diesel yg masuk angin), akhirnya AWD saya sempat bertenaga lagi. Langsung juga AWD saya diluncurin ke Chevy, meskipun hati deg2an juga kalo mati tiba2, akhirnya sebelum sampe Chevy Soekarno Hatta, indikator saluran pembuangan nya mati lagi, saya lakuin lagi 3 kali puter kunci kontak, akhirnya berhasil lagi sampe ke Bengkel Chevy. Setelah di cek sama mekanik dan curhat, akhirnya mekanik mengatakan kalo hanya kabel dari bagian kap mesin nya yang longgar (setelah full check up menggunakan komputer) karena tidak ada dari hasil test yg failure, lalu kemudian saya tanya, apakah karena hanya menggunakan Bio Solar biasa jadi berakibat ke mesin yang tiba2 saluran pembuangan nya ngadat. Mekanik nya bilang tidaklah masalah utk menggunakan Bio Solar biasa, dan ada program kuras tangki untuk Captiva bermesin VCDi untuk pengguna diesel yg masih menggunakan Solar busuk. Kuras tangki boleh dilakukan dalam waktu maximal 30.000km ato 24 bulan semenjak pembelian.
Semenjak 2 bulan kebelakang, AWD saya belum pernah menggunakan Pertamina Dex kembali, namun alhamdulillah meskipun tanpa menggunakan embel2 Cetane Booster, AWD saya tidak kehilangan tenaga apapun. Mau dipakai touring ke luar kota, maupun jalan2 santai di Mall tidak ada rasa malas buat mesin VCDi nya untuk sigap mengejar kecepatan tinggi. Dan sampai saat ini saya selalu menjaga batas solar agar tidak habis sampai benar2 habis, minimal setengah tangki saya isi kembali sampai full, selain mencegah masuk angin juga mengejar keiritan konsumsi mobil karena sedikitnya udara di tangki bahan bakar.
Bulan depan saya akan mendandani AWD saya di bengkel bodi, karena banyak nya mobil+motor yg terlalu dekat dengan AWD saya sehingga banyak jejak2 lecet di bodi..
Salam - EKO - PURWAKARTA - T 1516 C