
Kali ini saya mau coba review engine oil yang baru-baru ini saya gunakan, Cusco Engine Oil 5W-40. Pertama-tama perlu saya jelaskan bahwa tret ini pure review mandiri dari saya, bukan guerilla marketing seperti tret sebelah… Hanya mencoba untuk share.
Cusco, sebuah perusahaan motorsport equipment asal Jepang yang terkenal lewat kiprahnya memproduksi alat-alat suspensi aftermarket berkualitas, mulai mencoba melebarkan sayapnya dari produksi equipment yang mendukung motorsport saja menuju ke equipment yang bisa digunakan sehari-hari. Produk paling baru dari mereka adalah Engine Oil.
Seperti yang sering saya ceritakan pada beberapa tret oli lainnya, bahwa saya senang mencoba-coba oli berkualitas yang tentunya cocok dengan kondisi mobil saya, dalam hal ini mobil kesayangan saya yaitu new CRV 2009. Beberapa oli yang pernah saya coba sebelumnya di CRV adalah; Castrol Edge 5W-40 Full Synthetic, FK/Massimo Freshing 5W-30 Semi-Synthetic, Royal Purple 5W-40 Full Synthetic, dan Blitz S2 5W-40 Full Synthetic.. Motivasi awal saya dalam ganti-ganti oli adalah iseng, tanpa ada tujuan tertentu. Berikut spesifikasi dan kondisi kendaraan yang di gunakan:
Mobil : New CRV 2009 mesin K24A
5000 Km dicapai dalam 4-5 bulan
Odometer saat ini : 25.000 Km
BBM yg digunakan : Pertamax
Kondisi mesin : Standar + Pivot groundcable.
Kondisi transmisi : Standar AT 5-speed, ATF bawaan dealer (unknown)
Driving condition : Mostly Spirited, sesekali Eco, sesekali lari s/d 160 km/jam, 170 tops, kalau ke Jakarta dari Bandung

Castrol digunakan saat mobil selesai masa inreyen 1000 km; kondisi mesin saat pertama kali menggunakan Castrol tidak terlalu berbeda dengan masa pertama mobil datang dengan oli bawaan dealer. Castrol Edge ini saya gunakan hingga masa service pertama 5000 km, lalu saya coba oli FK Freshing.
Saat menggunakan FK, kondisi mesin menjadi berubah menjadi lebih rev-happy, akselerasi lebih ringan. Sayangnya pada saat digunakan lewat 1000 km, getaran mesin menjadi terasa dan suara mesin membesar, sedangkan akselerasi saya rasakan agak menurun, malah kesan mobil menjadi berat karena suara mesin agak membesar. Karena saya nggak mau ambil resiko (jujur saya pake FK karena review dari anak-anak ricer forum sebelah sangat “WUAHâ€Â), saya langsung pesan Royal Purple 5W-40 yang lumayan susah dicari. Begitu dapat, replace, dan mesin lagi-lagi berubah jadi jinak, akselerasi seperti kondisi baru mobil datang, getaran mesin berkurang drastis. Nah disinilah sebenarnya saya mulai tertarik dengan teknologi dan kualitas oli. Disini saya mulai belajar apa itu semi sintetik dan full sintetik dan hubungannya dengan mesin modern, karena dari pengalaman saya ganti oli beda merk dengan viskositas sama/mirip ternyata bisa beda sekali terasa. Pada 10.000 saya iseng coba merk Jepang lagi (karena RP dari USA), saya coba Blitz S2. Saya tertarik dengan Blitz karena baca di forum luar seperti zerotohundred, Blitz S2 ini “wrong-badged†viskositasnya di 5W-40 karena oli Blitz juga sebagai produsen engine oil Mugen untuk mobil Honda yang N/A dengan badge visko 0W-20. Tetapi kedua oli ini setelah diperhatikan oleh member forum tersebut yang S2 kondisi keencerannya lebih encer dibanding seharusnya dan oli Mugen N/A lebih kental dibanding seharusnya, dan diduga kedua oli ini merupakan oli yang sama. Blitz juga mengeluarkan Perfomance Oil untuk mesin turbo 0W-20 tetapi berbeda dengan Mugen N/A (saya pribadi belum pernah membandingkan secara real kondisi ini, hanya dapat dari “kata orangâ€Â). Long-story short, saya coba Blitz S2, hasilnya mesin menjadi rev-happy dan suara mesin sedikit membesar dan hebatnya, bertahan lama hingga lewat 5000 km. Kerena itu pada 15.000 km dan 20.000 km saya pakai lagi Blitz S2 karena performa nya yang mantap dan terpercaya IMO. Pada 25.000 ini sekarang, ada teman yang menawari saya untuk mencoba oli Cusco yang bener-bener baru rilis tampaknya. Bahkan di website pusatnya, http://www.cusco.co.jp belum ada di product catalogue.. But it is here now, and it is already in my car.. Preview yang saya dapat dari autoworld Malaysia bilang low-friction + low-epav formula menyebabkan oli ini bagus dari tarikan bawah hingga atas, kondisi mesin menjadi stabil, dan least evaporation. Review saya setelah beberapa saat mencoba oli ini (baru hari ini ) adalah, oli ini juga tipe rev-happy, dimana tarikan mesin jadi ringan. Hemat ane feeling tarikannya sama seperti Blitz S2. Tapi getaran mesin sedikit berkurang, dan suara mesin menjadi lebih halus, which I like it that way… Berikutya tinggal review setelah lewat 1000 km… Biasanya kualitas oli cukup terlihat setelah lewat 1000km hemat ane…
Sekedar info:
Castrol EDGE 5W-40 : 370.000 rupiah/gallon (4 ltr.) (saat saya beli)
FK/Massimo Freshing 5W-30 : 420.000 rupiah/gallon (4 ltr.) (saat saya beli)
Royal Purple 5W-40 : 220.000 rupiah/bottle (1 ltr.) (saat saya beli)
Blitz S2 5W-40 : 470.000/gallon (4 ltr.) (saat saya beli)
Cusco 5W-40 : 550.000 rupiah/gallon (4 ltr.) (saat saya beli)
RP masih paling mahal.. dan harganya memang pain in the ass karena CRV pakai 4,2 liter jadi saya mesti beli 5 botol.. untuk oli yang lain saya juga beli 5 liter dengan spek beli 1 galon + 1 botol jadi lebih ekonomis. And so far untuk tipikal driving saya paling suka Blitz dan Cusco.
Maaf kalau review nya nggak lengkap, dan saya juga ga review bagaimana kondisi oli ketika di ganti karena saya ganti selalu di BeRes dan dilarang liat orang kerja ganti oli dari dekat karena safety procedure BeRes Honda begitu di Bandung sini….

CMIIW