Bro2...
ane ada beberpa pertanyaan seputar manasin motor. apakah setiap manasin motor pada pagi [cencored] harus selalu dibuka, berapa lama rata2 waktu yang di perlukan utk manasin mesin, apa resikonya kalo kita tidak manasin mesin.
Ane punya tetangga, punya vega-R, dia kalo mau manasin mesin, sebelum kunci di On, dia slah dulu pake kaki tiga kali, trus kunci di On dan ngidupin mesin. cuma sewaktu manasin mesin, motor terus di geber beberapa menit dalam posisi gigi netral. apa emang harus begitu kalo manasin motor? kata temen, malah ga baik kalo manasin dengan cara di geber. mohon penjelasan dari bro2 yang lebih ahli...apa dampaknya bagi mesin dgn metode pemanasan spt itu?
regards
aziz
(ask)Tentang manasin motor...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Dec 12, 2005 14:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Gw ngejelasin sebisanya ya? Berdasarkan pemakaian harian. CMIIW.
Manasin mesin pake ngebuka choke itu biasanya kalo motor udah lama idle alias lama nggak dipake (di atas 12 jam-an). Rata-rata cukup 10 menit. Lewat dari itu, bisa-bisa pemborosan (apalagi buat 2-tak).
Kalo slah dulu sebelum di-on-kan biasanya setelah tangki kosong sampai kering, kemudian baru diisi BBM. Tujuannya untuk membuang udara pada selang bensin, supaya bensin dapat mengalir lancar. Kalo sebelumnya bensin sudah full, nggak perlu di-slah dulu dlm kondisi off.
Metoda pemanasannya pun nggak perlu digeber terus sampai bbrp menit. Cukup buka gas beberapa kali aja, itupun buka gasnya nggak perlu sampai full, hanya cukup untuk mengalirkan bensin ke karbu saja.
Kalo manasin dgn digeber terus selama bbrp menit, yang saya tahu, efeknya hanya pada pemborosan bensin saja. Efeknya ke mesin aku sendiri kurang tahu.
Manasin mesin pake ngebuka choke itu biasanya kalo motor udah lama idle alias lama nggak dipake (di atas 12 jam-an). Rata-rata cukup 10 menit. Lewat dari itu, bisa-bisa pemborosan (apalagi buat 2-tak).
Kalo slah dulu sebelum di-on-kan biasanya setelah tangki kosong sampai kering, kemudian baru diisi BBM. Tujuannya untuk membuang udara pada selang bensin, supaya bensin dapat mengalir lancar. Kalo sebelumnya bensin sudah full, nggak perlu di-slah dulu dlm kondisi off.
Metoda pemanasannya pun nggak perlu digeber terus sampai bbrp menit. Cukup buka gas beberapa kali aja, itupun buka gasnya nggak perlu sampai full, hanya cukup untuk mengalirkan bensin ke karbu saja.
Kalo manasin dgn digeber terus selama bbrp menit, yang saya tahu, efeknya hanya pada pemborosan bensin saja. Efeknya ke mesin aku sendiri kurang tahu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
Ini Menurut saya lho:
- Kalau saya pagi sebelum jalan biasanya menyela kick starter 3 kali baru distart...pada malam hari oli akan turun di oli carter, maka ketika kita sela dgn kick starter maka oli yang dibawah akan melumasi bagian2 yg biasa terkena oli. kasarnya bila langsung kita starter ada bagian2 mesin yang belum terlumasi baik bila terus menerus akan mengurangi usia bagian dalam mesin.. CMIIAW..
- Kalau saya pagi sebelum jalan biasanya menyela kick starter 3 kali baru distart...pada malam hari oli akan turun di oli carter, maka ketika kita sela dgn kick starter maka oli yang dibawah akan melumasi bagian2 yg biasa terkena oli. kasarnya bila langsung kita starter ada bagian2 mesin yang belum terlumasi baik bila terus menerus akan mengurangi usia bagian dalam mesin.. CMIIAW..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
- Location: Jakarta
Setuju bro Wahyu.....
Saya juga membiasakan memakai kick starter tanpa kunci kontak pada posisi on beberapa kali, tujuannya supaya oli di carter naik dulu ke komponen mesin. Setelah itu baru dihidupkan mesin motornya. Seteah mesin motor hidup, biarkan mesin menyala sampai idle jangan digeber-geber dulu. Biarkan kira2 selama 2-3 menit, setelah itu motor dijalankan dengan perlahan. Setelah seratusan meter boleh tancap gas sesuka anda.
Mengenai pemakaian [cencored], tergantung kondisi mesin. Jika sulit dihidupkan, boleh dibantu dengan [cencored]. Jadi tidak harus memakai [cencored].
Kalo ada acara pemanasan mesin, jangan lupa juga u/ cooling down mesinnya. Jadi sehabis jalan (apalagi jalan jauh), begitu sampai ke tempat tujuan jangan langsung mematikan mesin motor.
Biarkan mesin motor menyala secara idle (tanpa digeber-geber) selama 20detik sampai 30detik.
Jika bro sekalian membiasakan seperti ini, niscaya mesin motor anda sekalian akan awet.
Selamat mencoba.
Saya juga membiasakan memakai kick starter tanpa kunci kontak pada posisi on beberapa kali, tujuannya supaya oli di carter naik dulu ke komponen mesin. Setelah itu baru dihidupkan mesin motornya. Seteah mesin motor hidup, biarkan mesin menyala sampai idle jangan digeber-geber dulu. Biarkan kira2 selama 2-3 menit, setelah itu motor dijalankan dengan perlahan. Setelah seratusan meter boleh tancap gas sesuka anda.
Mengenai pemakaian [cencored], tergantung kondisi mesin. Jika sulit dihidupkan, boleh dibantu dengan [cencored]. Jadi tidak harus memakai [cencored].
Kalo ada acara pemanasan mesin, jangan lupa juga u/ cooling down mesinnya. Jadi sehabis jalan (apalagi jalan jauh), begitu sampai ke tempat tujuan jangan langsung mematikan mesin motor.
Biarkan mesin motor menyala secara idle (tanpa digeber-geber) selama 20detik sampai 30detik.
Jika bro sekalian membiasakan seperti ini, niscaya mesin motor anda sekalian akan awet.
Selamat mencoba.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
klo 4 tak gunakan kick stater sampai 5x buat naikin olinya ke piston tapi kunci kontak jangan diset on tapi off dulu..idealnya cukup sampe 5 menit
klo 2 tak sama kayak 4 tak tapi terkadang rada susah jadi harus pake [cencored]... tapi cuknya dimatiin klo suara mesin udah merata...
klo 2 tak sama kayak 4 tak tapi terkadang rada susah jadi harus pake [cencored]... tapi cuknya dimatiin klo suara mesin udah merata...
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat