Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
AD74YA wrote:Kalau ane pribadi nyetir saat hujan lebat kurang lebih sama dengan nyetir kondisi biasa saja hanya di tambah dengan menyalakan lampu hazzard..
Jangan lupa sesuaikan kondisi suhu didalam mobil dan diluar mobil agar kaca mobil tidak berembun.. jangan mengarahkan AC ke jendela samping.
Ane berpikir tindakan terbaik adalah langkah preventif sebelum kena hujan lebat yaitu dimulai dari kaca film windshield yang tidak lebih dari 30% kegelapannya, lalu kondisi wiper dalam keadaan prima, kaca depan juga minim jamur dan sudah diberi cairan hidrofob sebelumnya.. Kaki-kaki juga dipastikan prima...
Keadaan terparah yang pernah ane alami saat hujan lebat adalah ketika perjalanan ke Pameungpeuk via Cimandiri. Jalanan aspal hanya cukup untuk 1 mobil dengan tanah di kiri kanannya, jalanan meliuk naik dan turun gunung, di kiri mobil saya jurang, dan disertai hujan deras dengan kabut tebal.
Kondisi saat itu jarak pandang ane taksir nggak sampai 2 meter di depan kita sehingga pertanda akan ada mobil lewat adalah dengan berkas cahaya lampu mobil pada kabut.. dan kondisi dingin menusuk membuat susah konsentrasi menyetir.. Pada saat itu saya secara konstan menyalakan lampu jauh dan foglamp, lalu ac pada moda paling dingin, dan wiper kecepatan tinggi yang ane sertai semprotan sabun secara berkala. Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh sekitar 30 km/jam.
anyway, posting ketiga di tret ini dari oom imsus sudah hampir mencakup semua yang perlu dilakukan saat hujan
CMIIW.
hm... sebenernya gak boleh pake lampu hazard si om stigdjaya...
kalo masalah pake lampu jauh (high beam), ane ngerasa kalo pake lampu jauh, malah lebih gak kelihatan jalan di depan. karena cahaya putih dari lampu akan membentuk seperti dinding putih, pandangan malah lebih pendek. makanya fog lamp cahanya tidak untuk jarak jauh. tapi lebih menyebar dan jarak dekat..
cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:
kalo masalah pake lampu jauh (high beam), ane ngerasa kalo pake lampu jauh, malah lebih gak kelihatan jalan di depan. karena cahaya putih dari lampu akan membentuk seperti dinding putih, pandangan malah lebih pendek. makanya fog lamp cahanya tidak untuk jarak jauh. tapi lebih menyebar dan jarak dekat..
cmiiw..
IMO, menyalakn ac pada temperatur paling duinginn malh akan bikin ane sakit, atau minimal jadi BAK mlulu..Untuk foglamp, ana kepikiran untuk menambah sepasang lagi foglamp, tapi yang warna kuning, untuk menembus pekatnya kabut.Warna kuning, memiliki panjang gelombang paling panjang, jadi, diyakini bisa menebus kabut.Bgm om om lain..?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
kenapa gak coba pake filter gel lampu aja? jd foglamp dilapisi film kuning?
hehehe.
ane sih ngerasa fog lamp emang perlu yg putih & kuning. klw putih cukup membantu utk penerangan jarak dekat. klw kuning sangat membantu di waktu kabut & hujan deras.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
yang saya lakukan kalau mengemudi saat hujan lebat:
menyalakan lampu senja + foglamp, kalau perlu lampu utama..
menjaga jarak dengan kendaraan yang di depan maupun di belakang, karena selain kemampuan grip ban berkurang, pada saat melakukan pengereman juga terasa kurang fit karena keadaan yang basah
Kayaknya, lampu kabut bawaan pabrik tuh jarak terangnya dekat dan melebar ya...? Kalau diganti bohlam kuning atau dikasih filter gel kuning, apa bukannya tetep jatuhnya sinar melebar dan jarak dekat? Makanya ane kepikiran untuk nambahin lampu kabut yang warnanya kuning...
Btw berapa harga lampu kabut kuning yang awet + ongkos pasangnya yaa...?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Cmiiw pak metik, lampu kabut memang hrs melebar, peruntukannya utk melihat marka jalan sbg parameter ruang kita, tapi tau lah marka jalan disini gmn:)
Kalo warna kuning, seperti yg oom sebutin td, panjang gelombang nya plg panjang, jd bisa nembus kabut.
Mengenai kenapa dr manufaktur ga pre-fitted bohlam warna kuning ane kaga tau alasanya:)
Oiya, ngmg2 ane kalau nyetir mobil dgn GC rendah di tengah hujan deras slalu deg2an....ntah karena banjir atau ga keliatan lobang slalu membuat ane ketar ketir:)
@badak: hitam gelap bang..sama sekali gelap....apapun ga nampak....even lampu sorot md juga kaga keliatan...‎​​メίίî—メίίî—メίίî—‎​​メίίî—メίίî—メίίî—
Kalo bohlam utk foglamp yg warna kuning... Murah tp ga murahan itu mrek dan type apa yahh.... Ane pengen ganti bohlam foglamp ipah ane nehh... Ud redup bgt kayanya...
DOHC wrote:Kalo bohlam utk foglamp yg warna kuning... Murah tp ga murahan itu mrek dan type apa yahh.... Ane pengen ganti bohlam foglamp ipah ane nehh... Ud redup bgt kayanya...
DOHC wrote:Kalo bohlam utk foglamp yg warna kuning... Murah tp ga murahan itu mrek dan type apa yahh.... Ane pengen ganti bohlam foglamp ipah ane nehh... Ud redup bgt kayanya...
hampir semua merk ada sih om...
dulu di pasar kenari ada satu toko dealer osram. dia jual lampu yang kuning itu.. lengkap semua seri dia punya...
toko ini jual semua lampu osram. dari lampu pijar, lampu motor, mobil hingga lampu stadion...
gak tahu sekarang apakah masih ada atau gak tokonya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC wrote:Kalo bohlam utk foglamp yg warna kuning... Murah tp ga murahan itu mrek dan type apa yahh.... Ane pengen ganti bohlam foglamp ipah ane nehh... Ud redup bgt kayanya...
sebenernya Fog lamp itu kalo hujan lebat emang bener2 kita bisa liat jalan sesuai dengan arah sorotan lampu, atau hanya sebagai tanda saja, jadi mobil yang di depan dan depan samping kita tau kalo di sebelah belakang atau belakang ada mobil.
Bagi saya yang paling bermanfaat adalah penggunaan cairan seperti rain-x pada kaca depan karena sangat menambah visibilitas. Bahkan tidak terlalu perlu menyalakan wiper speed paling tinggi.
lesson to learn when driving in heavy rain :
- keberadaan lampu yg bisa menembus kabut / air sangat diperlukan
- lampu hazard sangat tidak perlu dinyalakan
- kebeningan windshield sangat membantu feasibility saat hujan lebat
- bagi mobil non-abs, jangan pernah melakukan hard / panic braking saat jalan basah
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
esh wrote:Bagi saya yang paling bermanfaat adalah penggunaan cairan seperti rain-x pada kaca depan karena sangat menambah visibilitas. Bahkan tidak terlalu perlu menyalakan wiper speed paling tinggi.
maksud keponakan apakah cairan yg dicampurkan ke air wiper ....... ....
klo bener, ane ga suka pake cairan ini, krn bisa meninggalkan bekas noda di kap mesin (klo dibiarkan mengering)..... jadi yg ane pake adalah auto glym yg buat kaca..... cara pakenya adalah cairan ini dioleskan pada kaca spt pake wax pada bodi mobil..... nah, klo ketemu ujan gede, mk air akan langsung turun dg cepat shg pandangan kedepan jadi lbh baik..........
m4rio wrote:sebenernya Fog lamp itu kalo hujan lebat emang bener2 kita bisa liat jalan sesuai dengan arah sorotan lampu, atau hanya sebagai tanda saja, jadi mobil yang di depan dan depan samping kita tau kalo di sebelah belakang atau belakang ada mobil.
Sepengalaman ane, fog lamp ini semacam 'mengisi' celah kekosongan jatuhnya cahaya antara batas bawah cahaya lampu utama, mundur sampai ke bumper depan. Tapi, sorot nya kalau dipakai saat tidak hujan, bikin silau.
Foglamp ini sangat berguna kalau dipakai malem di tol, samada hujan mahupun kering, karena juga berfungsi sebagai 'tanda' bagi kendaraan di depan kita akan keberadaan mobil dibelakangnya. (sorot yang terlihat dari spion di depan kita jadi terlihat ada 4 sorot lampu, dan jadi lebih 'cepat' direspon mata pengemudi depan.), karena di tol yang tendensinya orang pada pengin cepet, maka I need to be seen easily to be safe..
CMIIW...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
esh wrote:Bagi saya yang paling bermanfaat adalah penggunaan cairan seperti rain-x pada kaca depan karena sangat menambah visibilitas. Bahkan tidak terlalu perlu menyalakan wiper speed paling tinggi.
maksud keponakan apakah cairan yg dicampurkan ke air wiper ....... ....
klo bener, ane ga suka pake cairan ini, krn bisa meninggalkan bekas noda di kap mesin (klo dibiarkan mengering)..... jadi yg ane pake adalah auto glym yg buat kaca..... cara pakenya adalah cairan ini dioleskan pada kaca spt pake wax pada bodi mobil..... nah, klo ketemu ujan gede, mk air akan langsung turun dg cepat shg pandangan kedepan jadi lbh baik..........
kalo Rain-X setau ane juga modelnya yg kyk prop bilang deh, bukan yang dimasukin ke air wiper. kalo yang dicampurin di air wiper ini kan namanya Wiper Fluid yang kyk air sabun gitu kan.