VanzMatic wrote:Ehm....bole juga donk share pengalaman pribadi....
Aku rasa, antara Kijang Grand Extra sama Habanza ini, ketebelan bodinya 11 12 lahh... Duluu waktu ada GE 1500, pernah kesenggol RGR, kesenggol balancer setang doank, motornya ngga jatuh, malah ngibrit. Si GE ini bodi yg kesenggol tadi, jadi 'dekok' gitu (ga tau bhs indonesia nya). Habanza ku juga gitu, kesenggol balancer stang motor bebek gw ndiri, jadi dekok juga..![]()
Kalo menurut tren struktur bodi mobil masa kini, mobil2 sekarang memang didesain lebih menyerap benturan dibanding mobil2 jaman dulu, tapi mengalami reinforced / penguatan di struktur 'tulang' body mobilnya supaya kabin penumpang tetap aman saat terjadi tabrakan. Makanya terkesan strukturnya kok kayak tipis dan ringkih banget gitu kan.? Itu adalah bukti bahwa mobil sekarang memang didesain tidak boleh gampang menimbulkan cedera bagi pedestrian maupun pengendara lain, baik dari segi desain (misalnya bumper yang engga menonjol jauh ke depan), maupun struktur plat baja body mobil itu.. Kasarnya, lebih baik yang penyok mobilnya daripada bikin patah tulang pedestrians.. Gitu oom....
Kokoh atau kerasnya plat baja body mobil juga tidak menjamin penumpangnya tetap aman lo om... Malah kalo bodynya tebel tapi engga menyerap benturan, justru merambatkan impact benturan ke kabin penumpang. Ibaratnya jadi seperti oom berdiri menghadap tembok, kedua tangan memegang tembok posisi lurus. Akan sangat menyakitkan lengan oom kalau tubuh oom didorong dari belakang (simulasi kelembaman suatu benda), dan siku tangan oom tetep keukeuh lurus kan? Akan tidak terasa sakit apabila lengan oom menekuk untuk meredam efek benturan dari belakang, tapi tubuh oom engga kebentur tembok karena tangan oom masih menahan, walaupun sudah menekuk habis, kan?
Seperti itulah kira2 ilustrasi meredam dampak rambatan benturan saat kecelakaan.
Mohon dikoreksi kalau ada salah yaa...
![]()
Terbukti kan, kap mobil itu menyerap energi benturan oom, tapi anggota badan oom engga sakit kan?
aaaaaaah gak la yauuuuu ooom....
klo realitasnya seperti IMO nya oom....
kok di camri, mercy, alphard, bmw, jaguar dll gak kayak om gambariiiinnnn.... pada hal standard out sider crash safety nya kan jauh lebih tinggi...
memang kualitas kalengnya apanjaaa ajhaaa yang jeeleeekkkk + murahan.....
ini gw ada cerita bener nihhhh om.
mungkin sekitar setaon yang lalu, gw pernah liat holden lama yang versi sedan tabrakan dengan great corolla di persimpangan n kedua mobil ga kenceng.... itu holden yang bisa di bilang seluruhnya dari besi bonyok telak mas bumper penyot ke dalem, lampu pecah, tutup mesinnya ampe bopeng naik keatas sedangkan corolla cm lecet2 di bumpernya ajhaa itu pun g banyak.....
coba apanja... baru di coel motor ajhaaa langsung bopeng....... coba dehhh ketuk bodynya alphaard ama apanjaaaa ... beda jauuuuuhhhhhh, eank ajhaaa bilangin mobil2 sekarang di samain ama body kaleng apanja, nihhh jangan2 si mas sama kayak si akang,,seumur-umur cm pernah naik apanja ajhaaa makanya jagoin apanja mulu





