Tolong saya,,masalah RAdiator (over heat) n Plug Engine

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

barathum
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Apr 11, 2011 13:22

Tolong saya,,masalah RAdiator (over heat) n Plug Engine

Post by barathum »

salam kenal mas/pak/mbak/ibu2:...,
saya pengguna hyundai atoz manual 2004...
ada masalah dengan over heat/ (baru sekali ini)
Kronologis kejadian : radiator selalu pake air sebelumnya(sy beli mobil 2nd),,selasa minggu lalu 5/4/11,,tiba2 mesin mobil yng saya parkir ada bunyi terus menerus (ternyata kipas) padahal mesin mati,,lalu saya longok ke kolong,ternyata di sebelah dekat roda kanan depan ngocor air,,mobil sya nyalakan,gauge temepratur langsung 3/4,,saya telpon mekanik hyundai,,katany dibawa saja sambil ditambah air,,mobil selamat sampai bengkel resmi,,walo dgn suhu yng 3/4 td,,setelah di cek,ternyata yng kena namanya: plug engine (bocor),,radiator ga ada masalah,,,ok,plug ny cukup ditambal,,,setelah itu saya minta kuras plus ganti coolant,,nah,,setelah itu dalam seminggu,,sy udah isi reservoirnya 2x,,padahal sewaktu masih pake air ga pernah kurang,,,saya inisiatif bawa ke bengkel khusus radiator,,coba di cek lagi,,kali ini bener ga ada masalah radiator,,tapi ternyata thermostatny sdh ga layak kata bengkelnya,,harus ganti dibengkel resmi ato saran dari bengkel radiator dicopot aj karna bahaya,,saya telpon bengkel resmi,kbetulan stok habis,,datang 2 minggu lagi,,saya tanyakan klo thermostat dicopot gmana,,ga pa pa kata mekanik resminya,,ya sudah sementara thermostat ga dipake (sambil nunggu yang baru)...eh,pas sya pake sehari,,tuh air coolant di radiator reservoir udah berkurang lagi 1/4 nya,,dan sejak ga ada ni thermostat,gauge penunjuk suhu naiknya lama banget dan cm sedikit mendekati normal,,(padahal sbelum dicopot thermo nya langsung naik n normal2 aja)....
Pertanyaan :
1. Apakah klo ganti coolant jadi sperti itu(coolant malah berkurang di reservoir) dan harus ditambah?
2.Apa efeknya ga pake thermostat? (terhadap mesin maupun terhadap berkurangnya ari di reservoir?
3. Selanjutnya apakah thermostat perlu dipasang lagi?(mengingat bahakn mekanik resmi pun bilang ga pa pa ga usah dipasang,,walo hati nurani bilang tetep mau saya pasang)

Mohon sekali pencerahannya,,trimakasiiiiih banyaak
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Tolong saya,,masalah RAdiator (over heat) n Plug Engine

Post by m4rio »

kalo thermostat gk dipasang ya efeknya seperti yang udah dirasakan sendiri, untuk mencapai suhu kerja mesin sangat lama, karena air tidak sempet untuk dipanasi tetapi langsung bersirkulasi terus menerus. Panther ane juga udah tidak ada thermostat sejak ane beli second, tapi ampe sekarang keluhan tidak ada.

kalo coolant berkurang di Reservoir, coba dulu di Check tutup radiatornya, ane juga pernah pengalaman begitu, air di reservoir gk pernah awet selalu habis bahkan kering, setelah ane check pake Radiator cap tester ternyata tutup radiatornya udah lemah.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Tolong saya,,masalah RAdiator (over heat) n Plug Engine

Post by jalu »

di tret ini ada pembahasan radiator dan permasalah di cooling system, mudah2an info bermanfaat untuk TS : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9843
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby