Masalahnya aku sendiri gak ngerti omZombiEE wrote:Mantep mantep.....jd salah nya dimana dak?

Masih menunggu pencerahan om Turboman sbg pakar diesel

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Masalahnya aku sendiri gak ngerti omZombiEE wrote:Mantep mantep.....jd salah nya dimana dak?
Om knalpot, sebenernya di SM banyak lho tret berbobotKnalpot wrote:SUMPAH INI TOPIK TERBAIK DI SM YANG PERNAH ADA.
Pendapat ane,apapun kalau masih minyak, maka dia akan terbakar jika suhu pembakarannya tercapai. Jadi kejadian seperti ini sangat mungkin terjadi.
Mungkin bisa ditarik keimpulan bagi calon pembeli mobil diesel yg sudah berumur. Apa saja yg harus diperhatikan.
Masalahnya,jika kejadian di mobil kita,langkah emergency apakah yg harus di ambil ????
Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apaesh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.
Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.
Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.
CMIIW
Detroit Diesel itu merek mesin disel, info ada disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Detroit_DieselBADAK wrote:Bukankah itu gunanya forum bang? Buat sharing pengetahuan n saling mengoreksi kalo ada yg salah, jd dicapai suatu kesimpulan yg tepatjalu wrote:hehe debat mantap ala SM....
kalo saya inga2...mesin diesel yang proses shutdown nya bukan dng cara menutup saluran bahan bakar tapi dengan cara menutup aliran udara masuk yaitu detroit diesel 2tak
cmiiw
Untung Tom & Jerry gak masuk tret ini![]()
Nubie mo tny neh jal, detroit diesel tuh apa ya? Kalo dlm istilah bengkel disebutnya apa?
oli adalah flammable material alias bahan yang bisa terbakar alias bisa jadi bahan bakar jugaBADAK wrote:Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apaesh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.
Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.
Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.
CMIIW
Tapi yg jelas ini berbeda dgn "dieseling" yg disebut bang jalu.
Nice info neh, soalnya aku jg baru tau
Yang saya maksud adalah saya tahu bahwa oli memang flammable dan bisa ikut terbakar di ruang pembakaran, tapi yang saya tidak percaya adalah bahwa hanya oli saja yang memicu mesin diesel tetap menyala saat suplai solar dihentikan sama sekali, bahkan mampu untuk membuat rpm semakin tinggi. Bila memang hal itu yang terjadi berarti asap yang keluar warnanya hitam sekali dan bau oli terbakar.BADAK wrote:Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apaesh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.
Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.
Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.
CMIIW
Tapi yg jelas ini berbeda dgn "dieseling" yg disebut bang jalu.
Nice info neh, soalnya aku jg baru tau
hm...kembali ke prinsip pembakaran mesin diesel tadi pak, ada supply udara dan supply bbmKnalpot wrote:SUMPAH INI TOPIK TERBAIK DI SM YANG PERNAH ADA.
Pendapat ane,apapun kalau masih minyak, maka dia akan terbakar jika suhu pembakarannya tercapai. Jadi kejadian seperti ini sangat mungkin terjadi.
Mungkin bisa ditarik keimpulan bagi calon pembeli mobil diesel yg sudah berumur. Apa saja yg harus diperhatikan.
Masalahnya,jika kejadian di mobil kita,langkah emergency apakah yg harus di ambil ????
Yusaku wrote: @ imsus2c: trima kasih bro penjelasan yang mantap, cuma untung aku nggak kejadian cuma di share aja ama supirku jadi kalauu ndadak itu mesin tiba tiba ngengas dan nggak mau dimattin sumpal aja lubang inteke hose ama kain lap gombal biar dia mati dan gak njerit njerit ampe minim oli dari dirinya sendiri he7x, iya bener bro katanya orang bule jangan sekali -kali macem macemin governor diesel kalau ndak mau kena penyakit satu ini.
Karena penasaran akhirnya saya coba cari info dr link yg lain. Dan kyk nya memang hrs percaya kl yg menggantikan posisi bahan bakar adalah "pure oil", tanpa ada malfunction dr governoresh wrote:Yang saya maksud adalah saya tahu bahwa oli memang flammable dan bisa ikut terbakar di ruang pembakaran, tapi yang saya tidak percaya adalah bahwa hanya oli saja yang memicu mesin diesel tetap menyala saat suplai solar dihentikan sama sekali, bahkan mampu untuk membuat rpm semakin tinggi. Bila memang hal itu yang terjadi berarti asap yang keluar warnanya hitam sekali dan bau oli terbakar.BADAK wrote:Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apaesh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.
Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.
Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.
CMIIW
Tapi yg jelas ini berbeda dgn "dieseling" yg disebut bang jalu.
Nice info neh, soalnya aku jg baru tau
Secara logikanya bila memang terjadi kebocoran oli ke ruang bakar hal itu pasti sudah terjadi saat solar disuplai oleh bosch pump sehingga yang terbakar adalah solar + oli, sedangkan saat governor menghentikan suplai solar maka yang terbakar hanya oli saja, berarti kuantitas bahan yang terbakar berkurang, kok rpm bisa tambah naik?
Menurut saya yang jelas mesin panther pick up punya TS sudah saatnya turun mesin dan saat dibongkar dapat diketahui secara jelas penyebabnya, apakah sesuai dengan diagnosa TS atau bukan.
maksudnya pompa oli yang malfungsi ini gmn dak ? bukankah pompa oli yg fail itu justru tidak mampu memompa oli lagi/lemah ?BADAK wrote:Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz
hadir bro, bener ini bukan panther aku yang ngalami, cuma sopirku aja yang bagi pengalaman kalau sampai ngalami hal kaya gini jangan panik, tapi lakukan tindakan yang tepatBADAK wrote:Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz
Memang ada pelumas2 mesin yang menggunakan bahan baku Paraffin yg mana Paraffin ini adalah salah 1 komponen pada Diesel FuelYusaku wrote: bro kalau ndak salah solar itu hampir seperti pelumas juga untuk mesin diesel, eeemh bisa jadi oli ama solar hampir sama (maaf kalau njelasinnya gak ilmiah) pernah ada kejadian kan kalau solar tumpah di jalan pengendara motor pasti kepleset, nah lo dia kan juga berfungsi sebagai pelumas, serta oli juga pelumas, jadi mungkin lhooo mesin ini mikir lah sama sama pelumas daya bakarnya juga sama yo wes aku tak rev ampe mampus ama ada kutipan di wikipedia adalah Diesel fuel is a form of light fuel oil, nah lo sama oilnya kan jadi ya podo nasinya lah kalo kita bilang
Yusaku wrote:hehe amit amit jangan sampai kejadian bro ama saya,(saya berprikedieselan kok wkwkwk), itu supir saya yang ngalami waktu megang colt diesel yang kepala kuning, sering kejadian malah karena kebanyakan kepala kuning sering disiksaa ampai titik darah penghabisandoq wrote:tapi rasanya jarang denger kasus "disel bunuh diri" ini ya? apa hanya tertentu aja dimana pemiliknya bener2 menyiksa lahir batin ky oom yusaku ini![]()
![]()
sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri
@ imsus2c: trima kasih bro penjelasan yang mantap, cuma untung aku nggak kejadian cuma di share aja ama supirku jadi kalauu ndadak itu mesin tiba tiba ngengas dan nggak mau dimattin sumpal aja lubang inteke hose ama kain lap gombal biar dia mati dan gak njerit njerit ampe minim oli dari dirinya sendiri he7x, iya bener bro katanya orang bule jangan sekali -kali macem macemin governor diesel kalau ndak mau kena penyakit satu ini.
@ Badak: bro kalau ndak salah solar itu hampir seperti pelumas juga untuk mesin diesel, eeemh bisa jadi oli ama solar hampir sama (maaf kalau njelasinnya gak ilmiah) pernah ada kejadian kan kalau solar tumpah di jalan pengendara motor pasti kepleset, nah lo dia kan juga berfungsi sebagai pelumas, serta oli juga pelumas, jadi mungkin lhooo mesin ini mikir lah sama sama pelumas daya bakarnya juga sama yo wes aku tak rev ampe mampus ama ada kutipan di wikipedia adalah Diesel fuel is a form of light fuel oil, nah lo sama oilnya kan jadi ya podo nasinya lah kalo kita bilang
ini ada beberapa video diesel yang runaway monggo diliat sebagai penjelas
http://www.youtube.com/watch?gl=CA&hl=en&v=M-pxsViKF88
http://www.youtube.com/watch?v=5zx3qKX_Pno
tindakannya apaan bro???Yusaku wrote:hadir bro, bener ini bukan panther aku yang ngalami, cuma sopirku aja yang bagi pengalaman kalau sampai ngalami hal kaya gini jangan panik, tapi lakukan tindakan yang tepatBADAK wrote:Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz
mmh iya sebaiknya saja kita jaga-jaga bukan tak pernah terjadi di satu orang bukan berarti tidak akan terjadi di orang lain, maklum cara orang bawa ama ngrawat mobil aja udah beda, apalagi beda daerah serata pengalaman, smoga hal ini bisa jadi pengetahuan tambahan bagi kita smua