bunuh diri ala Mesin Diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

ZombiEE wrote:Mantep mantep.....jd salah nya dimana dak?
Masalahnya aku sendiri gak ngerti om :big_slap:
Masih menunggu pencerahan om Turboman sbg pakar diesel :frm_salut:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Knalpot »

SUMPAH INI TOPIK TERBAIK DI SM YANG PERNAH ADA.
Pendapat ane,apapun kalau masih minyak, maka dia akan terbakar jika suhu pembakarannya tercapai. Jadi kejadian seperti ini sangat mungkin terjadi.
Mungkin bisa ditarik keimpulan bagi calon pembeli mobil diesel yg sudah berumur. Apa saja yg harus diperhatikan.
Masalahnya,jika kejadian di mobil kita,langkah emergency apakah yg harus di ambil ????
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by esh »

IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.

Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.

Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.

CMIIW
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

Knalpot wrote:SUMPAH INI TOPIK TERBAIK DI SM YANG PERNAH ADA.
Pendapat ane,apapun kalau masih minyak, maka dia akan terbakar jika suhu pembakarannya tercapai. Jadi kejadian seperti ini sangat mungkin terjadi.
Mungkin bisa ditarik keimpulan bagi calon pembeli mobil diesel yg sudah berumur. Apa saja yg harus diperhatikan.
Masalahnya,jika kejadian di mobil kita,langkah emergency apakah yg harus di ambil ????
Om knalpot, sebenernya di SM banyak lho tret berbobot :D Seperti ulasan mengenai oli oleh om penyuturbo (sayang udah gak pernah aktif), saya rasa bagus bgt. Ulasan om turboman jg bagus2, master2 yg lain jg msh banyak. Mereka selain berpengalaman jg suka melakukan experiment. Hanya akhir2 ini SM terlalu didominasi oleh tret Tom & Jerry, akhirnya jd tertutupi. Makanya saya mengusulkan tret Tom & Jerry jgn trll banyak, cukup dikumpulin di satu tret saja. Just ny opinion .
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

esh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.

Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.

Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.

CMIIW
Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apa :e-think:
Tapi yg jelas ini berbeda dgn "dieseling" yg disebut bang jalu.
Nice info neh, soalnya aku jg baru tau :D
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by ZombiEE »

@dak: ini juga ane baru pertama denger...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by jalu »

BADAK wrote:
jalu wrote:hehe debat mantap ala SM....

kalo saya inga2...mesin diesel yang proses shutdown nya bukan dng cara menutup saluran bahan bakar tapi dengan cara menutup aliran udara masuk yaitu detroit diesel 2tak

cmiiw
Bukankah itu gunanya forum bang? Buat sharing pengetahuan n saling mengoreksi kalo ada yg salah, jd dicapai suatu kesimpulan yg tepat :D
Untung Tom & Jerry gak masuk tret ini :upss:
Nubie mo tny neh jal, detroit diesel tuh apa ya? Kalo dlm istilah bengkel disebutnya apa?
Detroit Diesel itu merek mesin disel, info ada disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Detroit_Diesel
www.detroitdiesel.com

produknya yang terkenal & legendaris adalah mesin disel 2 tak (2 stroke), simpel, handal, maintenance mudah, kekurangannya adalah boros & bising. Terinsipirasi dr mesin disel yang proses shutdownnya dengan cara menutup saluran udara yang masuk ke mesin...kira2 apakah metode tsb cukup efektif untuk sebagai "emergency shutdown" untuk mesin disel lain jika mengalami problem yang dijelaskan oleh TS ?

gmn komentar temen2 ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by jalu »

BADAK wrote:
esh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.

Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.

Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.

CMIIW
Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apa :e-think:
Tapi yg jelas ini berbeda dgn "dieseling" yg disebut bang jalu.
Nice info neh, soalnya aku jg baru tau :D
oli adalah flammable material alias bahan yang bisa terbakar alias bisa jadi bahan bakar juga :D
untuk mengetahui seluk beluk properties dr oli (dalam hal ini engine olil) dan bahan bakar (dalam hal ini solar) tentu kt bisa merujuk ke data tg vapour pressure, flash point dan nilai energi yang dihasilkan (kJ/Kg) dari masing2 liquid tsb, sayang sekali saya tidak punya tabelnya :shrug:

dengan demikian saya sependapat bahwa oli bisa sebagai bahan bakar dr mesin diesel. dalam logika saya..jika problem ini terjadi karena ada oli yg merembes ke ruang bakar, wajar kalo bs mengakibatkan mesin bs tetap hidup meski kunci kontak sudah posisi off...tapi hidupnya dalam kondisi sebatas idle atau mbrebet (hunting/jerking)...lha wong cuma rembesan oli kan

tapi dengan membaca info dr TS bahwa mesin diselnya juga bisa naik rpmnya pada kondisi tsb....IMHO apa iya hanya rembesan oli bisa memberikan supplai yg cukup sampe rpm bs naik ?? tentu harus ada suplai/debit yg lbh surplus untuk memicu rpm mesin bisa naik, dalam hal ini suspect saya ya suplai tsb dari solar itu sendiri..bukan dr oli

dr sini saya sependapat dng opini mario & meneer bahwa di mesin TS ada 2 problem yaitu Fuel cut solenoid dan Governornya. Fuel cut gagal menutup aliran solar ke mesin, dan governor juga gagal membatasi besaran debit solar

CMIIW.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

Saya sudah membaca dr link yg diberikan oleh TS, dan memang permasalahan bukan dr saluran ijeksi bahan bakar. Jadi dgn kata lain, runaway diesel engine bukan disebabkan oleh malfunction governor atopun fuel cut solenoid. Tapi lebih condong krn oli yg tercampur, kemudian masuk ke ruang bahan bakar karena bocornya ring piston atau seal turbocharger. CMIIW
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by esh »

BADAK wrote:
esh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.

Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.

Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.

CMIIW
Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apa :e-think:
Tapi yg jelas ini berbeda dgn "dieseling" yg disebut bang jalu.
Nice info neh, soalnya aku jg baru tau :D
Yang saya maksud adalah saya tahu bahwa oli memang flammable dan bisa ikut terbakar di ruang pembakaran, tapi yang saya tidak percaya adalah bahwa hanya oli saja yang memicu mesin diesel tetap menyala saat suplai solar dihentikan sama sekali, bahkan mampu untuk membuat rpm semakin tinggi. Bila memang hal itu yang terjadi berarti asap yang keluar warnanya hitam sekali dan bau oli terbakar.

Secara logikanya bila memang terjadi kebocoran oli ke ruang bakar hal itu pasti sudah terjadi saat solar disuplai oleh bosch pump sehingga yang terbakar adalah solar + oli, sedangkan saat governor menghentikan suplai solar maka yang terbakar hanya oli saja, berarti kuantitas bahan yang terbakar berkurang, kok rpm bisa tambah naik?

Menurut saya yang jelas mesin panther pick up punya TS sudah saatnya turun mesin dan saat dibongkar dapat diketahui secara jelas penyebabnya, apakah sesuai dengan diagnosa TS atau bukan.

:big_peace:
Last edited by esh on Thu Apr 07, 2011 7:06, edited 1 time in total.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by imsus2c »

Knalpot wrote:SUMPAH INI TOPIK TERBAIK DI SM YANG PERNAH ADA.
Pendapat ane,apapun kalau masih minyak, maka dia akan terbakar jika suhu pembakarannya tercapai. Jadi kejadian seperti ini sangat mungkin terjadi.
Mungkin bisa ditarik keimpulan bagi calon pembeli mobil diesel yg sudah berumur. Apa saja yg harus diperhatikan.
Masalahnya,jika kejadian di mobil kita,langkah emergency apakah yg harus di ambil ????
hm...kembali ke prinsip pembakaran mesin diesel tadi pak, ada supply udara dan supply bbm

kalo ada kejadian seperti ini, ya musti di cut minimal salah satu unsur tadi (udara atau bbm), kalo bisa keduanya

seperti tulisan TS, ketika ini terjadi, saluran masuk udaranya dibuntu/ditutup darurat, misalnya disumpal pakai kain
Yusaku wrote: @ imsus2c: trima kasih bro penjelasan yang mantap, cuma untung aku nggak kejadian cuma di share aja ama supirku jadi kalauu ndadak itu mesin tiba tiba ngengas dan nggak mau dimattin sumpal aja lubang inteke hose ama kain lap gombal biar dia mati dan gak njerit njerit ampe minim oli dari dirinya sendiri he7x, iya bener bro katanya orang bule jangan sekali -kali macem macemin governor diesel kalau ndak mau kena penyakit satu ini.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

esh wrote:
BADAK wrote:
esh wrote:IMO secara yang saya tahu tentang mesin diesel, saya sependapat dengan meneer imsus tentang adanya malfunction pada governor. Saran saya sebaiknya bosch pump dilepas dan dibawa ke tempat servis bosch pump.

Mengenai oli yang bisa sampai habis terbakar kemungkinan besar akibat sil klep bocor sehingga oli ikut terbakar.

Saya tidak percaya bahwa oli bisa menjadi 'bahan bakar' buat mesin diesel.

CMIIW
Setelah saya baca dr link yg ada, kyk nya mmg dikatakan mesin tidak bisa berhenti krn mendapat supply bahan bakar dr "oli". Bahkan disitu dikatakan bahwa oli memiliki nilai energi yg setara dgn bahan bakar (tidak disebutkan bahan bakar yg dimaksud apa). Hanya saya krg jelas, hal yg jarang terjadi ini pemicunya apa :e-think:
Tapi yg jelas ini berbeda dgn "dieseling" yg disebut bang jalu.
Nice info neh, soalnya aku jg baru tau :D
Yang saya maksud adalah saya tahu bahwa oli memang flammable dan bisa ikut terbakar di ruang pembakaran, tapi yang saya tidak percaya adalah bahwa hanya oli saja yang memicu mesin diesel tetap menyala saat suplai solar dihentikan sama sekali, bahkan mampu untuk membuat rpm semakin tinggi. Bila memang hal itu yang terjadi berarti asap yang keluar warnanya hitam sekali dan bau oli terbakar.

Secara logikanya bila memang terjadi kebocoran oli ke ruang bakar hal itu pasti sudah terjadi saat solar disuplai oleh bosch pump sehingga yang terbakar adalah solar + oli, sedangkan saat governor menghentikan suplai solar maka yang terbakar hanya oli saja, berarti kuantitas bahan yang terbakar berkurang, kok rpm bisa tambah naik?

Menurut saya yang jelas mesin panther pick up punya TS sudah saatnya turun mesin dan saat dibongkar dapat diketahui secara jelas penyebabnya, apakah sesuai dengan diagnosa TS atau bukan.

:big_peace:
Karena penasaran akhirnya saya coba cari info dr link yg lain. Dan kyk nya memang hrs percaya kl yg menggantikan posisi bahan bakar adalah "pure oil", tanpa ada malfunction dr governor :D
Memang asap yg dikluarkan sangat pekat, bahkan ada yg mengatakan kepekatannya ratusan kali dr asap biasa. Mungkin rekan2 yg lain bisa memberikan masukan?
Mana neh pakar diesel koq belum nongol? :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by ZombiEE »

Jadi Dak...pemicu nya kira2 apa ya?apa ini termasuk anomali atau diasosiasikan dgn merk atau tipe diesel tertentu?
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by jalu »

hmmm...

muncul asap pekat----masuk akal krn yang terbakar adalah oli
mesin masih tetap bs hidup----masuk akal krn oli jg bs bersifat sbg bahan bakar

lantas apa yang memicu mesin milik TS tsb bisa naik rpm nya ? jika memang itu krn "pure oil/tanpa solar" kira2 berapa besar debit kebocoran oli tsb supaya bs memicu rpm naik ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz :e-doh:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Turboman »

Kalo opini ane pribadi thd kasus ini "Very Unlikely" walau memang bukan sama sekali gak ada.

Piara mobil Diesel dr th 94 sampe skg en temen2 byk yg punya mobil Diesel baik mobil Diesel buatan Pra 90 hingga Komenrel2 th 2010, juga truk2 gak pernah ada kasus spt ini.

Kalo dari pengalaman ane pribadi soal Self Throttling thd mesin Diesel :
Saat membersihkan ruang bakar mesin dgn obat pembersih ruang bakar, saat disemprot pendek sebanyak 4-5X memang putaran mesin ada naik sedikit, tetapi jika kita sembur lebih banyak lagi yg terjadi malah mesin bunyi kolotokan scr keras & bergetar hebat.

Mesin Diesel di throttling dgn bahan bakar, benar, tapi agar kinerjanya ideal hanya bahan bakar yg sesuai-lah yg akan membuat mesin Diesel berlari / Performa-nya keluar, yaitu yg angka CN di atas 45 (mesin Diesel modern malah minta above 50)

Nah skg jika ada zat zat hidrokarbon lain yg masuk ke ruang bakar spt oli or Gasoline or Kerosene, dari ke 3 tsb boleh dibilang kerosene yg paling mendekati Diesel Fuel scr sama2 keluar dr middle distillate, walau CN nya jauh lebih rendah dr HSD.

Gasoline CN nya rendah.

Oli, sangat sulit utk terbakar (walau memang bisa terbakar), juga oli mengandung zat2 additive dimana menjadikannya semakin sulit utk terbakar (Viscosity improver, dll.) kecuali oli 2T

Mesin Diesel akan bertambah tenaganya jika kita injeksikan zat zat lain yg sesuai dgn karakteristik pembakarannya, salah 1 nya adalah Propane (LPG) krn suhu autoignite Propane yg sgt tinggi (di ruang bakar propane akan ikut terbakar krn solar terbakar), juga gas HHO

Well, utk mesin Diesel standard yg kemungkinan masuk ke ruang bakar adalah uap oli yg masuk ke intake lewat breather.

So far sih biar intake penuh endapan uap oli, ane gak pernah liat ada mobil yg mendadak jadi self throttling yah

So, jika ada kasus Self Throttling pada mesin Diesel standard (gak ada Propane injection dll) maka sepengetahuan ane 1 1 nya terdakwa adalah sistem pompa injeksi / Governor-nya & periksakanlah pompa injeksi mobil Diesel anda ke bengkel kalibrasi :mrgreen:

Diskl : sekedar opini pribadi
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by jalu »

BADAK wrote:Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz :e-doh:
maksudnya pompa oli yang malfungsi ini gmn dak ? bukankah pompa oli yg fail itu justru tidak mampu memompa oli lagi/lemah ?
lantas ttg seal turbo...apakah panther pickup milik TS memang sudah dilengkapi turbo ? sebab ada beberapa varian panther yg tanpa turbo cmiiw

lbh baik dianalisa potensi2 kebocoran oli dimesin panther yang bs tembus ke ruang bakar itu apa saja selain kebocoran oil seal klep dan ring piston... ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by BADAK »

@jalu: cmn pemikiran aku pribadi aja jal, apakah mungkin dlm hal ini pompa oli yg seharusnya off, tp tetap on dan memompa oli. Nah karena adanya kebocoran pd seal turbo, menyebabkan oli yg terpompa masuk ke ruang bahan bakar & menggantikan posisi solar. Cmn pemikiran aku yg nubie aja :ungg:
Bang, ini TS "tidak" mengalaminya sendiri. Jd bukan masalah pd panther nya. Tp cmn wacana dr sopir si TS.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Yusaku »

BADAK wrote:Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz :e-doh:
hadir bro, bener ini bukan panther aku yang ngalami, cuma sopirku aja yang bagi pengalaman kalau sampai ngalami hal kaya gini jangan panik, tapi lakukan tindakan yang tepat

mmh iya sebaiknya saja kita jaga-jaga bukan tak pernah terjadi di satu orang bukan berarti tidak akan terjadi di orang lain, maklum cara orang bawa ama ngrawat mobil aja udah beda, apalagi beda daerah serata pengalaman, smoga hal ini bisa jadi pengetahuan tambahan bagi kita smua
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by Turboman »

Yusaku wrote: bro kalau ndak salah solar itu hampir seperti pelumas juga untuk mesin diesel, eeemh bisa jadi oli ama solar hampir sama (maaf kalau njelasinnya gak ilmiah) pernah ada kejadian kan kalau solar tumpah di jalan pengendara motor pasti kepleset, nah lo dia kan juga berfungsi sebagai pelumas, serta oli juga pelumas, jadi mungkin lhooo mesin ini mikir lah sama sama pelumas daya bakarnya juga sama yo wes aku tak rev ampe mampus ama ada kutipan di wikipedia adalah Diesel fuel is a form of light fuel oil, nah lo sama oilnya kan jadi ya podo nasinya lah kalo kita bilang
Memang ada pelumas2 mesin yang menggunakan bahan baku Paraffin yg mana Paraffin ini adalah salah 1 komponen pada Diesel Fuel

Tetapi setelah menjadi Diesel Fuel / Lubricant siap pakai maka sifat2 kimiawinya sudah sangat berbeda, krn lubricant ditambah additive2 yg khusus didisain utk lubricant sementara Diesel fuel ditambah additive2 yg didisain utk Diesel Fuel.

Diesel Fuel yg baik didisain agar lebih mudah terbakar, ditandai dengan angka Cetane Number, makin tinggi maka makin mudah terbakar, sedangkan pelumas mesin justru didisain agar tidak mudah breakdown / tetap Stabil dalam suhu tinggi.

Diesel fuel juga memang dituntut utk memiliki daya lumas yg baik agar dapat melumasi pompa injeksi, satuan daya lumas solar disebut HFRR.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by FMEAKD »

Yusaku wrote:
doq wrote:tapi rasanya jarang denger kasus "disel bunuh diri" ini ya? apa hanya tertentu aja dimana pemiliknya bener2 menyiksa lahir batin ky oom yusaku ini :mrgreen: :mrgreen: :upss:
sampe2 lbh pilih mengakhiri hidup nya sendiri
hehe amit amit jangan sampai kejadian bro ama saya,(saya berprikedieselan kok wkwkwk), itu supir saya yang ngalami waktu megang colt diesel yang kepala kuning, sering kejadian malah karena kebanyakan kepala kuning sering disiksaa ampai titik darah penghabisan

@ imsus2c: trima kasih bro penjelasan yang mantap, cuma untung aku nggak kejadian cuma di share aja ama supirku jadi kalauu ndadak itu mesin tiba tiba ngengas dan nggak mau dimattin sumpal aja lubang inteke hose ama kain lap gombal biar dia mati dan gak njerit njerit ampe minim oli dari dirinya sendiri he7x, iya bener bro katanya orang bule jangan sekali -kali macem macemin governor diesel kalau ndak mau kena penyakit satu ini.

@ Badak: bro kalau ndak salah solar itu hampir seperti pelumas juga untuk mesin diesel, eeemh bisa jadi oli ama solar hampir sama (maaf kalau njelasinnya gak ilmiah) pernah ada kejadian kan kalau solar tumpah di jalan pengendara motor pasti kepleset, nah lo dia kan juga berfungsi sebagai pelumas, serta oli juga pelumas, jadi mungkin lhooo mesin ini mikir lah sama sama pelumas daya bakarnya juga sama yo wes aku tak rev ampe mampus ama ada kutipan di wikipedia adalah Diesel fuel is a form of light fuel oil, nah lo sama oilnya kan jadi ya podo nasinya lah kalo kita bilang

ini ada beberapa video diesel yang runaway monggo diliat sebagai penjelas

http://www.youtube.com/watch?gl=CA&hl=en&v=M-pxsViKF88
http://www.youtube.com/watch?v=5zx3qKX_Pno

om dari segi pembakaran crude oil aja beda om untuk mendapatkan solar crude oil hari di bakar dan diuapkan dengan suhu yang lebih rendah dari bahan bakar diesel minyak kapal :big_peace:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by m4rio »

Yusaku wrote:
BADAK wrote:Kyk nya TS tidak mengalami langsung bang, cmn wacana aja dr sang driver. IMHO, kejadian seperti ini termasuk langka alias sangat jarang terjadi. Kalo dr link disebutkan terjadinya bisa karena kebocoran seal pd turbo sehingga pompa oli mengalirkan oli ke ruang bhn bakar. Dalam kejadian ini pompa injeksi sudah dlm kondisi off (tidak menyemprotkan solar). Jadi bisa jd yg malfunction adalah pompa oli nya + kebocoran seal turbocharger. CMIIW.
Ini TS nya mana neh, koq jd aku yg ngejawab trz :e-doh:
hadir bro, bener ini bukan panther aku yang ngalami, cuma sopirku aja yang bagi pengalaman kalau sampai ngalami hal kaya gini jangan panik, tapi lakukan tindakan yang tepat

mmh iya sebaiknya saja kita jaga-jaga bukan tak pernah terjadi di satu orang bukan berarti tidak akan terjadi di orang lain, maklum cara orang bawa ama ngrawat mobil aja udah beda, apalagi beda daerah serata pengalaman, smoga hal ini bisa jadi pengetahuan tambahan bagi kita smua
tindakannya apaan bro???
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by m4rio »

tunggu2, kalau mau dianalisa lebih dalamlagi, yakin apakah permasalahannya berasal dari pompa injeksi dan sistem pelumasa dan bahan bakar????

bagaimana dengan hal pendukung yang mungkin dapat menyebabkan hal tersebut?? seperti kelancaran pedal gas, mekanisme tuas gas dll.
jujur, dulu di mobil bensin sodara ane juga pernah hal yang mirip2 dengan kejadian kyk gini, RPM mesin tau2 naik sampai redline padahal pedal gas gk di injak, untung masih bisa diatasin dengan matiin mesin. starter lagi normal lagi, tapi pas lagi gimana tiba2 RPM naik lagi sampai redline.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by DOHC »

baca ini tret... sempet bkin ane binggung ... tapi karena penasaran akhirnya ane coba experiment sendiri... ane coba menyulut api di oli yg biasa panther ane pake... dan ternyata kaga nyala api nya.... trus akhirnya ane coba dilute dgn solar... diaduk rata lalu disulut... dan stelah beberapa kali coba, ternyata api bisa menyala kalo campuran solar nya lebi banyak dari oli shg oli nya jadi agak encer...

nahhh kalo melihat cara kerja nya kaya gt... ane rasa kejadian "suicide diesel" gt mungkin terjadi kalo terjadi kbocoran ring2 piston shg bikin campuran solar yg merembes sdikit demi sdikit nyampur ke oli mesin di bagian oil pan bawah... nah stelah terakumulasi solar nya yahhh akhirnya jadi dehh campuran oli dan solar tsb.... CMIIW banget... hanya pendapat nubie doank.. :ungg: :ungg: :ungg: :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: bunuh diri ala Mesin Diesel

Post by m4rio »

@ DOHC : wuahdu kalo begitu sekitar 2 to 3 tahun yang lalu panther ane berpotensi besar untuk mengalami kejadian ini donk?? soalnya dulu pas baru beli ni panther second, Seal di injection pump bocor, jadi bahan bakar masuk ke ruang mesin dan bercampur dengan oli mesin, oli normalnya kan berkurang ( entah nguap atau bocor ) nah kalo ane dulu jumlah oli malah nambah di dipsticknya. nambahnya gk tanggung2 lumayan banyak.