Sore Bro SM semuanya, nubi mo nanya.
Aku pake i20 dan punya masalah sama suspensinya. Untuk jalan yang halus, gak banyak lubang dan polisi tidur menjelang keluar gerbang vtol suspensi standarnya cukup enak dan mantap walaupun lebih keras dari standarnya honda. Tapi kalau sudah ketemu jalan yang berlubang walaupun gak terlalu dalam guncangannya terasa gak enak banget, apalagi kalau dalam macam pantura, bunyinya keras banget sampai kasihan ma mobil walaupun gak knapa knapa kalo diperiksa. Kalau ketemu polisi tidur yang rendah dan jaraknya dekat seperti polisi tidur waktu mau bayar keluar dari gerbang tol itu pantat mobil lari ke kiri ke kanan gak karuan. Mobil ini pakai ban 205/50 ring 16, standar. Yang mau aku tanyakan
1. Masalah itu timbul apakah dari ukuran ban yang terlalu tipis? apakah dengan mengganti ban yang berprofil lebih tebal dan ring lebih kecil masalah ini berkurang?
2. Apakah perlu mengganti suspensi dan per keongnya untuk mengatasi masalah ini? kalau diganti apakah kestabilan di kecepatan tinggi dan kemantapan waktu menikungnya masih bisa didapatkan? kalau perlu diganti tolong beri masukan pakai yang merk apa dan harganga berapa?
Mohon bantuan dari suhu-suhu penghuni SM di sini
Masalah suspensi i-20 yang keras
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Masalah suspensi i-20 yang keras
- faith humanity freedom -
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Masalah suspensi i-20 yang keras
1. Ban profil 50, kayaknya masih sedang, engga tipis dan engga tebal, logikanya kalo profilnya ditambah, tentunya secara teori bikin bantingan lebih lembut
2. Empuk dan stabil, untuk suspensi biasanya bertolak belakang, cmiiw...jadi musti dicari titik tengahnya
kalo kasusnya kebalikan (misalnya terlalu empuk dan bikin ga stabil), biasanya ada yg ditambah damper (per keong)
2. Empuk dan stabil, untuk suspensi biasanya bertolak belakang, cmiiw...jadi musti dicari titik tengahnya
kalo kasusnya kebalikan (misalnya terlalu empuk dan bikin ga stabil), biasanya ada yg ditambah damper (per keong)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Masalah suspensi i-20 yang keras
kerasnya keras gimana nih??? soalnya ada keras nyaman ama gk nyaman. kalo keras gk nyaman kyk mobil ane sekarang tuh. nah kalo mobil bokap lain lagi, keras tapi entah kenapa nyaman bgt dan bunyinya dep dep dep dep. kalo mobil ane, keras tapi kyk rigid gitu, kyk gk pake suspensi.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Masalah suspensi i-20 yang keras
to imsus2c :
bener, memang harus dicari tititk tengahnya. menurutku yang suspensinya nyaman rata2 produk nissan. tapi kalo misalnya dirubah bisa jadi seperti honda saja sudah lumayan (menurutku tipikal suspensi honda lebih keras dari nissan). makanya aku bilang tetep pengen ngedapetin kestabilan pada waktu kecepatan tinggi dan kemantapan waktu nikung dan patokanku tipikal suspensi honda masuk. kalo ganti ban profil lebih tinggi kek nya kudu ganti pelek karena jarak antara ban dan kolong tinggal dikit. karena model peleknya aku seneng makanya kepikirannya ganti suspensi saja cuman belum ngerti apakah harus ganti per keongnya juga..
to m4rio :
ini keras gak nyaman, duakkk. kalo nissan kan glek glek kalo honda kerasan dikit di atas nissan
suhu suhu mana niiii........................
tulungin ane....
bener, memang harus dicari tititk tengahnya. menurutku yang suspensinya nyaman rata2 produk nissan. tapi kalo misalnya dirubah bisa jadi seperti honda saja sudah lumayan (menurutku tipikal suspensi honda lebih keras dari nissan). makanya aku bilang tetep pengen ngedapetin kestabilan pada waktu kecepatan tinggi dan kemantapan waktu nikung dan patokanku tipikal suspensi honda masuk. kalo ganti ban profil lebih tinggi kek nya kudu ganti pelek karena jarak antara ban dan kolong tinggal dikit. karena model peleknya aku seneng makanya kepikirannya ganti suspensi saja cuman belum ngerti apakah harus ganti per keongnya juga..
to m4rio :
ini keras gak nyaman, duakkk. kalo nissan kan glek glek kalo honda kerasan dikit di atas nissan
suhu suhu mana niiii........................
tulungin ane....
- faith humanity freedom -
Re: Masalah suspensi i-20 yang keras
Mungkin mereka pake setingan pasar Eropa - orang sana gak doyan mobil lembut gemulai suspensinya. Semakin mahal mobilnya ya firm tapi deb deb (ala BMW). Semakin murah firm tapi sakit pinggang (Ford Focus ane rada begini) - mungkin i20 lebih parah lagi...pokoknya gak boleh lembut gemulai. Menurut ane sih yg paling pengaruh per-nya...secara Focus ane pakein shock standar mobil Jepang...keras2 juga.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Masalah suspensi i-20 yang keras
saran untuk TS :
1. cek tekanan bannya dan pastikan sesuai rekomendasi, krn tekanan ban yg terlalu keras bs menyebabkan mobil jadi mental2 gak karuan (balloon effect)
2. setelah tekanan ban dinyatakan ok dan masih mental2, coba cek kondisi kaki2nya....mobil yang sehat dan normal tentu handlingnya masih dalam batas wajar (gak jadi mental2 liar), krn produsen tidak sembarangan dalam merancang produknya
3. jika kaki2 sudah dinyatakan baik tapi masih penasaran pgn lbh agak lbh empuk tp stabilitasnya tidak terlalu turun drastis bisa dicoba ganti per nya dng tipe progresif, ini contoh nya untuk mbl lain :
terliat spring progresif punya kerenggangan ulir berbeda.
masalahnya saya sendiri tidak tau ttg hyundai i20, apakah ada yg jual spring aftermarketnya di pasaran sini ataukah perlu subtitusi..
1. cek tekanan bannya dan pastikan sesuai rekomendasi, krn tekanan ban yg terlalu keras bs menyebabkan mobil jadi mental2 gak karuan (balloon effect)
2. setelah tekanan ban dinyatakan ok dan masih mental2, coba cek kondisi kaki2nya....mobil yang sehat dan normal tentu handlingnya masih dalam batas wajar (gak jadi mental2 liar), krn produsen tidak sembarangan dalam merancang produknya
3. jika kaki2 sudah dinyatakan baik tapi masih penasaran pgn lbh agak lbh empuk tp stabilitasnya tidak terlalu turun drastis bisa dicoba ganti per nya dng tipe progresif, ini contoh nya untuk mbl lain :
terliat spring progresif punya kerenggangan ulir berbeda.
masalahnya saya sendiri tidak tau ttg hyundai i20, apakah ada yg jual spring aftermarketnya di pasaran sini ataukah perlu subtitusi..
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Feb 24, 2011 6:19
- Location: rain city
Re: Masalah suspensi i-20 yang keras
@bro dieselkiki
Bagaimana bro? sudah ketemu problemnya suspensinya? di share ya kalau udah solve ya bro...
Soalnya sampai sekarang saya masih suka lirak lirik juga sama si i20 ini....
Bagaimana bro? sudah ketemu problemnya suspensinya? di share ya kalau udah solve ya bro...
Soalnya sampai sekarang saya masih suka lirak lirik juga sama si i20 ini....