( ASK ) Motor jatuh
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
( ASK ) Motor jatuh
brooo all.. mau share dikit nih.
tadi pagi ane ngalamin insiden kecil, motor yang ane tumpangin ban depannya selip pas ane rada nikung dan kemudian mendadak rem depan, karena ada motor yang maen motong jalur ane ( Sepertinya ) jadilah GUBRAKKKK!!!!!!!!!!!! ampe keseret, mirip kyk ntn motor GP kalo pas jatoh dah.
alhasil motor yang baret cuman spion ama batok head lamp aja dan pijakan kaki bengkok ke belakang ( jadi gk bisa oper gigi mundur dah ).
nah dari kejadian ini ane mau tanya dikit donk.
1. sekarang setang ama ban agak miring jadi kalo jalan lurus stang agak ke kiri dikit, nah itu apanya yang kena ya?? apakah segitiganya atau hanya setelan di lehernya yang geser ya?????kestabilan sih gk da perubahan masih sama seperti sebelum jatoh.
rencana sabtu tuh motor mau dimasukin ke bengkel resmi, buat di check, kalo setelah diperiksa rusak parah ya langsung claim asuransi dah, kebetulan bengkel resminya rekanan asuransi......
trus pas pulang, pas ane lewatin perbedaan tinggi jalan gitu, kok ban belakang ane nyelip geser gitu ya, gk mau naek. apa ban bawaan standard pabrik gk bagus buat jalan basah ya??? kebetulan pulang dan pergi kondisi cuaca gerimis dan jalanan basah.
tadi pagi ane ngalamin insiden kecil, motor yang ane tumpangin ban depannya selip pas ane rada nikung dan kemudian mendadak rem depan, karena ada motor yang maen motong jalur ane ( Sepertinya ) jadilah GUBRAKKKK!!!!!!!!!!!! ampe keseret, mirip kyk ntn motor GP kalo pas jatoh dah.
alhasil motor yang baret cuman spion ama batok head lamp aja dan pijakan kaki bengkok ke belakang ( jadi gk bisa oper gigi mundur dah ).
nah dari kejadian ini ane mau tanya dikit donk.
1. sekarang setang ama ban agak miring jadi kalo jalan lurus stang agak ke kiri dikit, nah itu apanya yang kena ya?? apakah segitiganya atau hanya setelan di lehernya yang geser ya?????kestabilan sih gk da perubahan masih sama seperti sebelum jatoh.
rencana sabtu tuh motor mau dimasukin ke bengkel resmi, buat di check, kalo setelah diperiksa rusak parah ya langsung claim asuransi dah, kebetulan bengkel resminya rekanan asuransi......
trus pas pulang, pas ane lewatin perbedaan tinggi jalan gitu, kok ban belakang ane nyelip geser gitu ya, gk mau naek. apa ban bawaan standard pabrik gk bagus buat jalan basah ya??? kebetulan pulang dan pergi kondisi cuaca gerimis dan jalanan basah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ( ASK ) Motor jatuh
wiiihhh, oom mar sembalap juga nih, demen selap selip pake motor 
kalo setang yg ga lurus sama arah roda, emank umumnya cuma setelan di lehernya aja yg geser oom, udah biasa sih begitu. Sebenernya klo mo dibenerin 'ala darurat bisa juga, tinggal jepit ban depan pake kedua kaki, trus setang nya di tarik tangan ke arah lurus (model2 ky lurusin setang sepeda oom).
Btw, emank motor sekarang ada asuransi allrisk nya yah?? wah keren jg nih, kirain cuma TLO doank klo buat motor

kalo setang yg ga lurus sama arah roda, emank umumnya cuma setelan di lehernya aja yg geser oom, udah biasa sih begitu. Sebenernya klo mo dibenerin 'ala darurat bisa juga, tinggal jepit ban depan pake kedua kaki, trus setang nya di tarik tangan ke arah lurus (model2 ky lurusin setang sepeda oom).
Btw, emank motor sekarang ada asuransi allrisk nya yah?? wah keren jg nih, kirain cuma TLO doank klo buat motor
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ( ASK ) Motor jatuh
btw, soal ban...........
mo mastiin dulu, motornya oom mar bebek khan?? trus velg nya yg model jari2 ato CW?
kalo sy biasanya ukuran lebar ban selalu dinaikin 1 step ke atas, misal: ban depan/blakang standar nya ukuran 250/275, dinaikin jadi 275/300.
buat yg sering manuver2, ini cukup ngebantu grip ke aspal.
nah, kalo velg standard nya udah CW sekalian ganti ban tubeless aja oom
mo mastiin dulu, motornya oom mar bebek khan?? trus velg nya yg model jari2 ato CW?
kalo sy biasanya ukuran lebar ban selalu dinaikin 1 step ke atas, misal: ban depan/blakang standar nya ukuran 250/275, dinaikin jadi 275/300.
buat yg sering manuver2, ini cukup ngebantu grip ke aspal.
nah, kalo velg standard nya udah CW sekalian ganti ban tubeless aja oom
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Sep 08, 2010 17:28
- Location: bandung
Re: ( ASK ) Motor jatuh
pijakan kaki-nya dah dilurusin lg blom om?
klo belom tinggal dilurusin pake bantuan pipa besi agak panjang.
klo ga punya bisa pinjem di tukang tambal ban hehehe
klo belom tinggal dilurusin pake bantuan pipa besi agak panjang.
klo ga punya bisa pinjem di tukang tambal ban hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: ( ASK ) Motor jatuh
dulu shogie ane sempat juga digituin mas doq. ban depan dan belakang dinaikin 1 tingkat keatas. emang enak u/handling. lebih stabil (perasaan ane lho..).kendalany pas ganti ban belakang. susah nyari ban 300/17. kata kang bengkel yang pake honda win.akhirny balik lg ke sutandard bawaan pabrik.doq wrote:btw, soal ban...........
mo mastiin dulu, motornya oom mar bebek khan?? trus velg nya yg model jari2 ato CW?
kalo sy biasanya ukuran lebar ban selalu dinaikin 1 step ke atas, misal: ban depan/blakang standar nya ukuran 250/275, dinaikin jadi 275/300.
buat yg sering manuver2, ini cukup ngebantu grip ke aspal.
nah, kalo velg standard nya udah CW sekalian ganti ban tubeless aja oom
@m4rio: sekarang kondisi motor gimana bro?

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: ( ASK ) Motor jatuh
om mario sendiri gimana keadaannya? gak ada yang parah kan?
sori om, ane kagak ngarti motor....
sori om, ane kagak ngarti motor....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ( ASK ) Motor jatuh
ukuran ban yg pake ukuran lama (225, 250, 275, 300 dst) emang udah jarang om sekarang, rata2 saat ini ukuran ban ngikutin penulisan ala ban mobil ( 80/90, 90/90, 100/90 dst) tinggal cari aja yg lebar nya sama dg ban ukuran 300, klo ga salah 90/90 or 90/80 itu ukuran nya mendekati 300 dehAndrian wrote:dulu shogie ane sempat juga digituin mas doq. ban depan dan belakang dinaikin 1 tingkat keatas. emang enak u/handling. lebih stabil (perasaan ane lho..).kendalany pas ganti ban belakang. susah nyari ban 300/17. kata kang bengkel yang pake honda win.akhirny balik lg ke sutandard bawaan pabrik.doq wrote:btw, soal ban...........
mo mastiin dulu, motornya oom mar bebek khan?? trus velg nya yg model jari2 ato CW?
kalo sy biasanya ukuran lebar ban selalu dinaikin 1 step ke atas, misal: ban depan/blakang standar nya ukuran 250/275, dinaikin jadi 275/300.
buat yg sering manuver2, ini cukup ngebantu grip ke aspal.
nah, kalo velg standard nya udah CW sekalian ganti ban tubeless aja oom
@m4rio: sekarang kondisi motor gimana bro?

atau justru klo ban std udah pake penulisan baru ya lbh gampang utk cari ukuran yg lbh besar
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: ( ASK ) Motor jatuh
Share pengalaman pribadi
Jujur, si. Ane pake Supra X 125, ban bawaan pabrik yg merk Federal agak licin kalo jalan lagi basah. Ban belakang pake IRC mantep2 aja lewat jalan basah.
Iya, om. Kalo masi stabil cuma setelan di leher. Yg dibilang sama om doq bisa.doq wrote: kalo setang yg ga lurus sama arah roda, emank umumnya cuma setelan di lehernya aja yg geser oom, udah biasa sih begitu. Sebenernya klo mo dibenerin 'ala darurat bisa juga, tinggal jepit ban depan pake kedua kaki, trus setang nya di tarik tangan ke arah lurus (model2 ky lurusin setang sepeda oom).
Ini juga betul. hehehe...balakutax wrote:pijakan kaki-nya dah dilurusin lg blom om?
klo belom tinggal dilurusin pake bantuan pipa besi agak panjang.
klo ga punya bisa pinjem di tukang tambal ban hehehe
Ban-nya pake merk apa, om? Soalnya kalo bukan ban spek basah, emank licin. Gak harus naik ukuran juga, si.m4rio wrote: trus pas pulang, pas ane lewatin perbedaan tinggi jalan gitu, kok ban belakang ane nyelip geser gitu ya, gk mau naek. apa ban bawaan standard pabrik gk bagus buat jalan basah ya??? kebetulan pulang dan pergi kondisi cuaca gerimis dan jalanan basah.
Jujur, si. Ane pake Supra X 125, ban bawaan pabrik yg merk Federal agak licin kalo jalan lagi basah. Ban belakang pake IRC mantep2 aja lewat jalan basah.
no signature
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
wuihh... banyak juga nih yang peduli n coment... hik hik hik hikh ik....



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
doq wrote:wiiihhh, oom mar sembalap juga nih, demen selap selip pake motor
kalo setang yg ga lurus sama arah roda, emank umumnya cuma setelan di lehernya aja yg geser oom, udah biasa sih begitu. Sebenernya klo mo dibenerin 'ala darurat bisa juga, tinggal jepit ban depan pake kedua kaki, trus setang nya di tarik tangan ke arah lurus (model2 ky lurusin setang sepeda oom).
Btw, emank motor sekarang ada asuransi allrisk nya yah?? wah keren jg nih, kirain cuma TLO doank klo buat motor
bagus deh kalo mank bener cuman setelan di lehernya aja, jangan mpe kena segitiga to sejenisnya dah.
ada kok bro motor asuransi all risk, ane pernah hunting search di web, bnyk juga kok, tapi mank gk terlalu banyak orang tau kyk asuransi mobil all risk.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
velg standard alias jari2 chrome kinclonggg ( kalo bersih ) hehehehehehe.doq wrote:btw, soal ban...........
mo mastiin dulu, motornya oom mar bebek khan?? trus velg nya yg model jari2 ato CW?
kalo sy biasanya ukuran lebar ban selalu dinaikin 1 step ke atas, misal: ban depan/blakang standar nya ukuran 250/275, dinaikin jadi 275/300.
buat yg sering manuver2, ini cukup ngebantu grip ke aspal.
nah, kalo velg standard nya udah CW sekalian ganti ban tubeless aja oom
kepikiran sih mau ganti ban nih, yang naik 1 grade lebarnya. trus yang kalo bisa V shape.
berapaan ya kira2???? merek yang bagusan ya sedang2 lah apa ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
belom nih, mpe hari ni kalo mau ngoper gigi rendah musti stop trus ngulang dari gigi 1 lagi. hehehe rada ribet sih.balakutax wrote:pijakan kaki-nya dah dilurusin lg blom om?
klo belom tinggal dilurusin pake bantuan pipa besi agak panjang.
klo ga punya bisa pinjem di tukang tambal ban hehehe
belom sempet nih, kalo main ke tukang tambal ban ja takut maen asal aja, pengalaman soalnya bukan masalah lempengin pijakan kaki sih, tapi pas motor pinjeman sebelom motor baru ni gitu, ganti bohlam lampu depan jahh jadinya bongkar pasang bareng2. harga ga ngaruh, tetep pula...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
ban motor ane masih standard bawaan pabrik sih, merek apa kurang perhatiin dah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
Andrian wrote:dulu shogie ane sempat juga digituin mas doq. ban depan dan belakang dinaikin 1 tingkat keatas. emang enak u/handling. lebih stabil (perasaan ane lho..).kendalany pas ganti ban belakang. susah nyari ban 300/17. kata kang bengkel yang pake honda win.akhirny balik lg ke sutandard bawaan pabrik.doq wrote:btw, soal ban...........
mo mastiin dulu, motornya oom mar bebek khan?? trus velg nya yg model jari2 ato CW?
kalo sy biasanya ukuran lebar ban selalu dinaikin 1 step ke atas, misal: ban depan/blakang standar nya ukuran 250/275, dinaikin jadi 275/300.
buat yg sering manuver2, ini cukup ngebantu grip ke aspal.
nah, kalo velg standard nya udah CW sekalian ganti ban tubeless aja oom
@m4rio: sekarang kondisi motor gimana bro?
sekarang kondisi motor ya cuman baret di cover lampu atas bawah, spion kiri kanan ( nah bingung spion kanan bisa kena ) tapi yang lebih bingung lagi, body motor kiri total gk beret sedikit pun. padahal geseknya ke kiri.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
ane sih gpp bro. cuman ujung2nya badan pada sakit nih, padahal yang kena benturan sebelah kiri tapi badan yang kanan ikut2an juga.. hik hik hik hik.maskopat wrote:om mario sendiri gimana keadaannya? gak ada yang parah kan?
sori om, ane kagak ngarti motor....
diapain ya kira2???? ada yang punya saran? supaya cepet sembuh nih sakit2nya di badan.
di urut udah, olesin balsem juga udah.
skrg tulang jadi pada gampang pegel jadi gampang di kretekin. nahlo, wuahdu, knp ya???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
ud date dah sekalian. motor pas seminggu ane pake bearti 5 hari kerja udah 208Km. terhitung cepet gk tuh ya????
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ( ASK ) Motor jatuh
seminggu 208km sih masih normal oom, ane dulu malah seminggu doank udah lbh dr 500km.................sampe beres nya aja heran, motor baru keluar diler seminggu udh balik lg utk service pertama 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: ( ASK ) Motor jatuh
coba ke alexspeed oom, biar sendi2 yg kaku diberikan "pelumasan" sepantasnyam4rio wrote:ane sih gpp bro. cuman ujung2nya badan pada sakit nih, padahal yang kena benturan sebelah kiri tapi badan yang kanan ikut2an juga.. hik hik hik hik.maskopat wrote:om mario sendiri gimana keadaannya? gak ada yang parah kan?
sori om, ane kagak ngarti motor....
diapain ya kira2???? ada yang punya saran? supaya cepet sembuh nih sakit2nya di badan.
di urut udah, olesin balsem juga udah.
skrg tulang jadi pada gampang pegel jadi gampang di kretekin. nahlo, wuahdu, knp ya???


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: ( ASK ) Motor jatuh
sama ada yg sedikit "disetel2" juga....
.....
......
@mario: foot step depan di lurusin sendiri juga bisa kok bro. cuma modal pipa besi dg palu yang gede doang. sesuai dg apa yg om balakutax bilang. tu foot step depan dimasukin ke lobang pipa besi trus diketok2 deh (gak mau pake istilah dibengkek ah....
) pake palu yg gede (istilahnya apa ya?godam kali ya
).

.....

@mario: foot step depan di lurusin sendiri juga bisa kok bro. cuma modal pipa besi dg palu yang gede doang. sesuai dg apa yg om balakutax bilang. tu foot step depan dimasukin ke lobang pipa besi trus diketok2 deh (gak mau pake istilah dibengkek ah....



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ( ASK ) Motor jatuh
Sekedar urun share aja...
Kalo setang emang bener bisa dilurusin. Tapi kalo jatuh gedubrak gitu, 90% ane yakin segitiganya kena. Caranya ya di setel fork nya. Kalo di Jogja, banyak di jawa in jadi stel porok.....
Sekalian stel velg semuanya (jari2)..Insya Allah sembuh deh!
Kalo ban, Revo 100cc ane yang semula 250/17 depan en 275/17 belakang, ana kecilin, ganti orisinal size untuk mesin 97cc (Prima/Grand) 225/17 depan kembang lurus, sama 250/17 belakangnya, kembang tahu. Merk IRC. Pokoknya, ban orisinal Grand deh! Secara tuh Revo kan sama 97cc kayak Grand kapasitasnya.. jadi, tarikan enteng, bensin uiriit... Tapi jangan buat rebahan yaaa...! Kalo buat pemakaian tidak sampai rebah2an gitu sih, kering maupun basah, mantaf bro!! Awet pula ini jenis ban!! Yang depan udah ane pake 1 tahun aja ga abis2... Yang alurnya lurus kayak ban pesawat gitu.... atau yang inget ban orisinilnya grand, ya begitulah!
Yang jual juga udah langka. Ane nemu yang konsis jual ban jadul (tapi awet dan aman) begini di bilangan slipi..
Kalo setang emang bener bisa dilurusin. Tapi kalo jatuh gedubrak gitu, 90% ane yakin segitiganya kena. Caranya ya di setel fork nya. Kalo di Jogja, banyak di jawa in jadi stel porok.....

Kalo ban, Revo 100cc ane yang semula 250/17 depan en 275/17 belakang, ana kecilin, ganti orisinal size untuk mesin 97cc (Prima/Grand) 225/17 depan kembang lurus, sama 250/17 belakangnya, kembang tahu. Merk IRC. Pokoknya, ban orisinal Grand deh! Secara tuh Revo kan sama 97cc kayak Grand kapasitasnya.. jadi, tarikan enteng, bensin uiriit... Tapi jangan buat rebahan yaaa...! Kalo buat pemakaian tidak sampai rebah2an gitu sih, kering maupun basah, mantaf bro!! Awet pula ini jenis ban!! Yang depan udah ane pake 1 tahun aja ga abis2... Yang alurnya lurus kayak ban pesawat gitu.... atau yang inget ban orisinilnya grand, ya begitulah!
Yang jual juga udah langka. Ane nemu yang konsis jual ban jadul (tapi awet dan aman) begini di bilangan slipi..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
oooo tau tuh ban itu, yang kembangnya lurus2...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Sep 08, 2010 17:28
- Location: bandung
Re: ( ASK ) Motor jatuh
kalo ane inget alurnya lurus gitu bekjul
alias honda c-70 haha!
*nostalgia belajar naik motor
alias honda c-70 haha!
*nostalgia belajar naik motor
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
review dikit tadi ane ke bengkel buat claim motor ane.
setelah ampe bengkel gk taunya bnyak bgt efek kerusakan dari jatoh tuh motor, pertama yang an etemuin kerusakan di :
1. cover head lamp atas dan bawah,
2. pijakan kaki
3. spion
pas ampe bengkel nambah jadi :
1. sayap atas sebelah kiri patah di dudukan baut
2. spakbord depan baret
sebenernya sayap kanan bawah juga ada baret ama penyok dikit, tapi ane gk klaim deh.
sekarang lagi proses order part dulu.
setelah ampe bengkel gk taunya bnyak bgt efek kerusakan dari jatoh tuh motor, pertama yang an etemuin kerusakan di :
1. cover head lamp atas dan bawah,
2. pijakan kaki
3. spion
pas ampe bengkel nambah jadi :
1. sayap atas sebelah kiri patah di dudukan baut
2. spakbord depan baret
sebenernya sayap kanan bawah juga ada baret ama penyok dikit, tapi ane gk klaim deh.
sekarang lagi proses order part dulu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: ( ASK ) Motor jatuh
tadi juga di test ama bengkel untuk kondisi segitiga depan, menurut pihak bengkel segitiga agak bengkok sedikit.
tapi menurut pemeriksaan temen ane segitiga tidak kena, aman2 aja. nahlo bisa begini.
tapi menurut pemeriksaan temen ane segitiga tidak kena, aman2 aja. nahlo bisa begini.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: ( ASK ) Motor jatuh
mar2...kalo mau cepet "lurus" mungkin bisa dikasi tissue basah.... 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby