Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Hi all...
saya pendatang baru nih,mau ikut nimbrung dan mau nanya2 ama suhu2 disini yg udah berpengalaman.
Saya pemilik livina xr (pembelian 0ktober 2010,km 6ribuan).mulai awal februari sampai sekarang saya ganti premium dengan pertamax tanpa melakukan penyetelan ulang pada mesin.Pada saat awal pemakaian konsumsi bbm nya dpt 1:14 (oh ya,saya tinggal di kota padang jadi belum terlalu macet) dan tarikan terasa enteng terutama pada saat rpm rendah/ndut2an nya jadi berkurang.belakangan ini tarikan mesin terasa berat dan bunyi mesin terdengar kasar dan terakhir konsumsi bbm nya saya ukur dapat nya jadi 1:9 (dalam kota).pada saat keluar kota di tanjakan tinggi dan sedikit macet (mobil merayap) saya gunakan persneling 1 tanpa menginjak kopling (rpm +/- 1500) tiba2 terdengar bunyi "gluduk2" pada mesin dan hilang begitu saya sedikit menggantung kopling.setelah sampai di kota tujuan pada saat melewati polisi tidur terdengar bunyi "dug" yang keras seolah2 gear/mesin langsung terkunci dan mesin mati.setelah mesin dihidupkan kembali bisa nanjak lagi tampa masalah tapi mobil terasa tidak enak lagi dikendarai.saya sudah lapor ke beres dan kata mekanik ada masalah di transmisi dan akan diganti komplit tapi tunggu komfirmasi dari jakarta ( semoga disetujui ).
yang akan saya tanyakan adalah:1.apakah ada rekan2 disini yang mengalami masalah yg sama trus apakah ada hubungannya dengan penggantian premium ke pertamax tanpa penyetelan. 2.apakah ada masalah lain yang timbul setelah penggantian unit transmisi.
1. mustinya ga ada masalah.. malah jadi lebi bagus... yg pasti lebi berasa waktu stop and go, apalagi di kick down.. yg biasanya glitik parah, ini malah ilang suaranya... walaupun itu "katanya" settingan buat premium...
2. kalo dari cerita nya sehh ane curiga dari sistem kopling nya... kalo dari milis, forum2, dan beberapa sumber lain nya sehh... utk transmisi manual livina (terutama yg 1500cc, walaupun ada jg sebagian kecil yg 1800cc) mengalami masalah, entah itu sulit masuk gigi, ga bisa masuk gigi, ampe ada suara besi beradu yg kuat... dan rata2 ini bermasalah di sistem kopling nya (concentric slave cylinder)... ide nya sehh bikin pedal kopling lebi enteng dan parts2 yg digunakan lebi dikit (efficiency reason) tapi lagi2 jg ini kayanya malah jadi bumerang...
ga guna jg bang jemb... ntar malah disangka sales toyota...
mending lgs aja kirim email ke si teddy nya nissan itu... trus ditunggu aja gmana perkembangan nya... kalo ga ada respon bagus yahh lgs aja masukin suara pembaca...
Wah sama om ane lupa belom cerita dulu waktu sebelom girbox diganti sempet ada suara besi beradu keras bgt (bikin was2) untung sejak diganti segelondong udah ga kenapa2 sampe skrg (note:livi ane sering dipake "perang" )..
DOHC wrote:ga guna jg bang jemb... ntar malah disangka sales toyota...
mending lgs aja kirim email ke si teddy nya nissan itu... trus ditunggu aja gmana perkembangan nya... kalo ga ada respon bagus yahh lgs aja masukin suara pembaca...
kaga ngepek sekarang, kan dia udah jadi VP marketing, kelihatannya keluhan sudah tidak lagi ditanggapi/diurus oleh beliau. apa ada penggantinya ya?
aldy wrote:Wah sama om ane lupa belom cerita dulu waktu sebelom girbox diganti sempet ada suara besi beradu keras bgt (bikin was2) untung sejak diganti segelondong udah ga kenapa2 sampe skrg (note:livi ane sering dipake "perang" )..
Diganti segelondong maksudnya apa bos aldy?sekalian ama housing gearbox nya atau cuma gear part nya aja?saya lagi harap2 cemas juga nih sapa tau pengajuan penggantian komplit seperti yg dikatakan sama mekanik beres ditolak tuh sama nissan.Semoga aja solusi dari nissannya beneran diganti gak cuma di repair aja..