Toh gengsi sebenernya tergantung kantong kita kan ? Kalau kantong tebal, pakai bajai tetap gengsi ! Tapi kalau belum kaya pakai mobil mahal, malah di ketawain kurang bijak, masa depan keluarga belum kuat (uang belum banyak), kok habiskan banyak uang untuk mobil ?
Kebutuhan saya jelas adalah in order of priority :
1. SAFETY. Rangka harus bagus. Karena nyawa tidak bisa di ganti meskipun ada asuransi. Anak kalau ada apa apa meskipun bisa bikin anak lagi, tapi ya Loss banget ! BEDA LAH !
2. COMFORT. Beli mobil kalau ngak enak, ya ngapain ? Naik bajai aja ! Murah gitu. Apalagi makin macet. Kalau ngak enak, ya udah keluar duit, tersiksa di jalan. Jadi faktor ergonomic kursi, suspension, ride and handling jelas harus puas.
3. NILAI JUAL KEMBALI harus BAIK ! Cari uang susah ! Ngapain beli mobil terus rugi banyak ! Tapi saya ngak murni lihat price list doang. Sebab saya sadar hal seperti ini :
Mobil A. Harga barunya 320 juta. Habis pakai +- 2 tahun rugi say 40-50 juta. Tapi A punya ABS, EBD, BA, 2 airbag, dan banyak fasilitas lain.
Mobil B. Harga barunya 250 juta. Habis pakai +- 2 tahun juga rugi sekitar +- 40 jutaan. Beda tipis ama A, tapi feature kosong, dan hasil uji tabrakan kurang bagus atau ngak jelas.
Saya akan ambil A, karena JAUH LEBIH MURAH ! Cuman memang harus sanggup cicilannya.
4. Kalau nilai jual kembali udah bagus, udah pasti mutunya ngak bakal jelek, karena di dunia, ngak ada barang jelek, sering rusak yang nilai jual kembalinya bagus !
Kalau 4 faktor ini sudah di penuhi, mobil apapun saya ambil. Ngak peduli China atau Iran !
Nah, mobil China ini saya terus terang bukan ngak berani ambil, tapi saya kalau mau beli mobil baru di segment range harga 100-200 juta, saya kalau bisa mau tau dulu :
1. Enak ngak. Kursi, ride and handlingnya. Ya jelas ngak expect terlalu banyak karena harga cuman 100-200 jutaan, tapi setidaknya yakin akan betah nanti.
2. Safety. Bisa di check di situs macam CNCAP. Kalau benar benar rendah, saya akan pikir ulang deh. Kecuali cuman mobil ini yang available, tapi toh banyak mobil di segment 100-200 juta. Tapi kalau bagus, boleh consider.
3. Nilai jual kembali. Nah, kalau rencana pakai sebentar, mungkin pemain baru mobcin saya ngak expect kuat nilai jual kembalinya, meskipun realistis saja, barunya aja cuman say 120 juta. MANA MUNGKIN habis pakai 5 tahun nilainya tinggal misalnya 50 juta doang ? Alias rugi 70 juta ?
Worse case aja seharusnya kerugiannya ngak beda jauh ama mobil macam innova G yang 2 tahun pertamanya aja udah pasti rugi lebih dari 60 juta ! Itulah advantagenya starting price RENDAH !
Jadi kalau takut ama resale value Mobcin, JANGAN beli mobcin yang MAHAL ! Di atas 200-250 juta gitu. Takutnya ruginya banyak. Tapi itu dia, kalau barunya udah rendah sekali, +- 130-140 juta, pasti minim ruginya. Liat aja mobil Korea yang juga imagenya belum kuat di Indonesia. Tipe murah seperti Picanto aja habis pakai berapa tahun, ruginya juga dikit kok !
Apalagi kalau rencana pakai 5 tahun, dan ANDAI KATA dugaan saya benar bahwa mobcin pabrik besar macam Geely (benar ngak mereknya ?) mutunya not bad, total depresiasinya seharusnya ngak besar sekali. Afer all, MPV cungkuo 140 juta, habis pakai 5 tahun, mungkin ngak nilainya sisa say tinggal 30-40 juta ? Ada ngak mobil Korea yang nilainya segitu ?
Andai kata benar rugi segitupun (100 juta), coba banding ama kalau beli innova G. Liat aja selisih nilai innova yang udah usia 5 tahun ama barunya. Gapnya berapa ?
Sekali lagi, use your logic. Mobil Korea aja yang udah tua, perhatiin deh. Asal udah nilainya +- 100 juta, berikutnya tiap tahun turunnya juga dikit. +- 5-10 juta setahun doang. MPV Cung Kuo ini andai kata barunya 130 juta. Worse case saya prediksi tahun pertama turun jadi say maybe 90 juta. Tahun ke 2 80 juta, tahun ke 3 75 juta, tahun ke 4 70 juta. Makin slow.
Decelerate. Ngak bakal accelerasi mendadak seperti toyota !
Coba yah, nanti saya coba cari data mobkas Cung Kuo yang udah jalan dulu seperti Cherry QQ. Kalau ternyata benar ngak ambles banget, UDAH PASTI MPV lebih BAGUS !
Karena sama sama Cungkuo, tau sendiri, MPV lebih di incar banding mobil kecil seperti Cherry QQ !
Jadi kalau QQ gituan not so bad, silahkan ambil MPV Cungkuo ! Asal ingat, pakainya agak lama baru kerugian jadi minim.
doq wrote:@TM:
point well taken, intinya ada kemungkinan merk2 china itu memiliki kualitas yg lbh baik dr sebelumnya khan? tp yg susah justru mengubah image yg terlanjur ada di kita, sy pribadi termasuk salah satu yg lumayan penasaran sm merk china, tp rasanya msh blom berani mengambil resiko utk coba2.................maklum aja, masalah uang msh menjadi problem yg cukup besar utk saya, dan d samping itu minimal pemakaian kendaraan buat sy adalah 5 tahun, suatu pertanyaan besar mengenai reabilitas merk cungkuo utk pemakaian long term. belom lagi klo suatu saat perlu utk dijual kembali.![]()
oom TM sendiri beranikah utk mencoba merk cungkuo?