Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Toyota Kijang dan Isuzu Panther sudah dari dulu jadi seteru di pasar. Tak disangsikan, minat terhadap minibus bermesin diesel cukup tinggi di musim hujan (dan banjir) seperti saat ini. Alasan andal menerobos banjir dan perawatan yang lebih praktis jadi daya tarik bagi konsumen. Meski masih ada Mitsubishi Kuda, namun karena pihak Kramayudha Tiga Berlian Motors (ATPM Mitsubishi) tak mampu menyediakan unit tes, komparasi hanya antara Kijang Innova vs Panther. Tim OTOMOTIF foto:Reza
METODE TES
Unit yang dicoba merupakan varian teratas yang bertransmisi manual dari tiap merek. Toyota Kijang Innova Diesel V dan Isuzu Panther LS Turbo. Semuanya akan diuji berbagai sub-uji, performanya, akomodasi terhadap pengemudi dan penumpang serta teknologi yang diusungnya.
Tiap pengujian akan diberi nilai dengan skala 1 hingga 5 dan kemudian dikalikan dengan bobot berdasarkan skala espektasi konsumen terhadap sebuah mobil. Misal Performa berbobot 10, akomodasi 8, teknologi 6.
PERFORMA
Pada pengujian akselerasi (0-100 km/jam) Isuzu Panther mengungguli Innova, dengan waktu 17,44 detik, sedangkan Innova dari berhenti perlu berlari 18,63 detik hingga jarum berada di angka 100 km/jam. Tetapi, ketika berakselerasi dalam jarak cukup panjang (402 m) maupun akselerasi pertengahan 40-80 km/jam, Innova berada di depan Panther.
Dipilih transmisi manual, agar performa perpindahan persnelingnya bisa dirasakan OTOMOTIF. Keduanya menunjukkan kemampuan yang setara, pengoperasian lancar, perpindahan pun mudah.
Soal kestabilan tak seimbang seperti performa transmisi. Meski keduanya memiliki gejala body roll khas mobil berbodi tinggi dan besar, Panther sedikit goyang ketika dikebut di tiap tikungan sirkuit Sentul, dibanding Innova.
Perbedaan mencolok juga tampak ketika dilakukan pengereman. Jarak pengereman 100-0 km/jam, membuktikan Innova yang dilengkapi ABS lebih unggul, berhenti dalam jarak 43,0 meter. Sedangkan Panther membutuhkan jarak 50,1 m.
Buat konsumsi solar tak terpaut angka terlalu jauh. Meski Innova berteknologi commonrail, seliter solar diminum untuk jarak 15,5 km, sedikit lebih irit dibanding Panther, dengan perbandingan 1 liter untuk jarak 14,7 km.
AKOMODASI
Cukup terlihat sangat jelas, fitur dalam kabin Innova lebih lengkap dan berkesan modern ketimbang Panhter. Pengatur suhu dengan tampilan digital yang mirip sedan, serta beberapa fitur lain layaknya sebuah mobil mewah, membuat Innova menonjol dalam perolehan angka kualitas kabin.
Head unit double DIN Innova masih memberikan kesempatan penikmat suara dari pita kaset untuk mendengar lagu kesukaannya, selain CD dan radio. Sementara Panther memberi pilihan CD dan radio saja.
Begitu pula kualitas suara yang dihasilkan. Innova memberikan kejernihan suara lewat tweeter di ujung pilar A yang lebih dekat dengan telinga. Sedangkan tweeter Panther ada di panel door trim.
Bila dibandingkan secara fitur, head unit keduanya sama baik. Sekadar catatan, head unit Panther yang dicoba OTOMOTIF memakai Clarion, sementara versi 'jualan' pakai Kenwood.
Ketika duduk di bangku pengemudi, baik Innova dan Panther memberikan kenyamanan setara. Hal ini mengindikasikan nilai ergonomis keduanya sama baik.
Sedangkan bagi penumpang, jok Innova terasa lebih nyaman. Kondisi di barisan paling belakang dengan daya tampung tiga orang, penumpang Panther lebih leluasa dibanding Innova yang nyaman ketika hanya diisi dua orang.
Saat dipergunakan sebagai pengangkut barang, daya tampung Panther lebih luas, karena kursi belakang benar-benar bisa dilepas, sedangkan Innova masih menyisakan kursi yang dilipat pada sisi belakangnya.
TEKNOLOGI
Meski keduanya memiliki turbo, Innova unggul dengan distribusi solar model commonrail. Pengukuran dengan dB meter, mesin Kijang terdengar lebih halus. Berkat teknologi commonrail, Innova hanya menunjukkan angka 47 dB saat idle, sedangkan Panther 54 dB. Sayang, teknologi throttle by wire Innova kurang menguntungkan saat berakselerasi sesuai keinginan kaki pengemudi. Ada jeda antara injakan pedal dengan spontanitas tarikan mobil.
Sementara mesin Panther lebih terasa responsif dari putaran bawah hingga pertengahan. Walau ketika diajak berakselerasi jarak jauh atau melintas cepat di jalan lurus, dipaksa puas berada di belakang Innova.
Soal transmisi, keduanya memiliki kemampuan dan teknologi sama. Pengoperasiannya mudah dan berlangsung cepat tanpa hambatan. Tak sama ketika berbicara teknologi rem. Pengurang laju Innova selangkah di depan Panther dengan mengadopsi perangkat ABS (Antilock Brake System) di keempat rodanya.
Begitu pula suspensi Innova yang mengandalkan per keong yang memiliki bantingan lembut tetapi stabil layaknya sedan. Lebih unggul dibanding sang Macan Kumbang yang tetap memakai per daun di belakang dan torsion bar di depan. Setir? Sama-sama bundar, sama-sama memiliki power steering, hingga keduanya memiliki nilai sama.
KESIMPULAN
Secara keseluruhan, Kijang Innova Diesel V lebih unggul dibanding Isuzu Panther LS Turbo. Tetapi Kijang Innova diesel manual tipe V yang berbanderol Rp 210 juta (on the road Jakarta), tak melulu meraih angka lebih besar dibanding Isuzu Panther LS turbo yang dilego Rp 174,2 juta (on the road Jakarta). Memang, meski sepintas spesifikasi keduanya identik, akhirnya harga yang 'berbicara'.
METODE TES
Unit yang dicoba merupakan varian teratas yang bertransmisi manual dari tiap merek. Toyota Kijang Innova Diesel V dan Isuzu Panther LS Turbo. Semuanya akan diuji berbagai sub-uji, performanya, akomodasi terhadap pengemudi dan penumpang serta teknologi yang diusungnya.
Tiap pengujian akan diberi nilai dengan skala 1 hingga 5 dan kemudian dikalikan dengan bobot berdasarkan skala espektasi konsumen terhadap sebuah mobil. Misal Performa berbobot 10, akomodasi 8, teknologi 6.
PERFORMA
Pada pengujian akselerasi (0-100 km/jam) Isuzu Panther mengungguli Innova, dengan waktu 17,44 detik, sedangkan Innova dari berhenti perlu berlari 18,63 detik hingga jarum berada di angka 100 km/jam. Tetapi, ketika berakselerasi dalam jarak cukup panjang (402 m) maupun akselerasi pertengahan 40-80 km/jam, Innova berada di depan Panther.
Dipilih transmisi manual, agar performa perpindahan persnelingnya bisa dirasakan OTOMOTIF. Keduanya menunjukkan kemampuan yang setara, pengoperasian lancar, perpindahan pun mudah.
Soal kestabilan tak seimbang seperti performa transmisi. Meski keduanya memiliki gejala body roll khas mobil berbodi tinggi dan besar, Panther sedikit goyang ketika dikebut di tiap tikungan sirkuit Sentul, dibanding Innova.
Perbedaan mencolok juga tampak ketika dilakukan pengereman. Jarak pengereman 100-0 km/jam, membuktikan Innova yang dilengkapi ABS lebih unggul, berhenti dalam jarak 43,0 meter. Sedangkan Panther membutuhkan jarak 50,1 m.
Buat konsumsi solar tak terpaut angka terlalu jauh. Meski Innova berteknologi commonrail, seliter solar diminum untuk jarak 15,5 km, sedikit lebih irit dibanding Panther, dengan perbandingan 1 liter untuk jarak 14,7 km.
AKOMODASI
Cukup terlihat sangat jelas, fitur dalam kabin Innova lebih lengkap dan berkesan modern ketimbang Panhter. Pengatur suhu dengan tampilan digital yang mirip sedan, serta beberapa fitur lain layaknya sebuah mobil mewah, membuat Innova menonjol dalam perolehan angka kualitas kabin.
Head unit double DIN Innova masih memberikan kesempatan penikmat suara dari pita kaset untuk mendengar lagu kesukaannya, selain CD dan radio. Sementara Panther memberi pilihan CD dan radio saja.
Begitu pula kualitas suara yang dihasilkan. Innova memberikan kejernihan suara lewat tweeter di ujung pilar A yang lebih dekat dengan telinga. Sedangkan tweeter Panther ada di panel door trim.
Bila dibandingkan secara fitur, head unit keduanya sama baik. Sekadar catatan, head unit Panther yang dicoba OTOMOTIF memakai Clarion, sementara versi 'jualan' pakai Kenwood.
Ketika duduk di bangku pengemudi, baik Innova dan Panther memberikan kenyamanan setara. Hal ini mengindikasikan nilai ergonomis keduanya sama baik.
Sedangkan bagi penumpang, jok Innova terasa lebih nyaman. Kondisi di barisan paling belakang dengan daya tampung tiga orang, penumpang Panther lebih leluasa dibanding Innova yang nyaman ketika hanya diisi dua orang.
Saat dipergunakan sebagai pengangkut barang, daya tampung Panther lebih luas, karena kursi belakang benar-benar bisa dilepas, sedangkan Innova masih menyisakan kursi yang dilipat pada sisi belakangnya.
TEKNOLOGI
Meski keduanya memiliki turbo, Innova unggul dengan distribusi solar model commonrail. Pengukuran dengan dB meter, mesin Kijang terdengar lebih halus. Berkat teknologi commonrail, Innova hanya menunjukkan angka 47 dB saat idle, sedangkan Panther 54 dB. Sayang, teknologi throttle by wire Innova kurang menguntungkan saat berakselerasi sesuai keinginan kaki pengemudi. Ada jeda antara injakan pedal dengan spontanitas tarikan mobil.
Sementara mesin Panther lebih terasa responsif dari putaran bawah hingga pertengahan. Walau ketika diajak berakselerasi jarak jauh atau melintas cepat di jalan lurus, dipaksa puas berada di belakang Innova.
Soal transmisi, keduanya memiliki kemampuan dan teknologi sama. Pengoperasiannya mudah dan berlangsung cepat tanpa hambatan. Tak sama ketika berbicara teknologi rem. Pengurang laju Innova selangkah di depan Panther dengan mengadopsi perangkat ABS (Antilock Brake System) di keempat rodanya.
Begitu pula suspensi Innova yang mengandalkan per keong yang memiliki bantingan lembut tetapi stabil layaknya sedan. Lebih unggul dibanding sang Macan Kumbang yang tetap memakai per daun di belakang dan torsion bar di depan. Setir? Sama-sama bundar, sama-sama memiliki power steering, hingga keduanya memiliki nilai sama.
KESIMPULAN
Secara keseluruhan, Kijang Innova Diesel V lebih unggul dibanding Isuzu Panther LS Turbo. Tetapi Kijang Innova diesel manual tipe V yang berbanderol Rp 210 juta (on the road Jakarta), tak melulu meraih angka lebih besar dibanding Isuzu Panther LS turbo yang dilego Rp 174,2 juta (on the road Jakarta). Memang, meski sepintas spesifikasi keduanya identik, akhirnya harga yang 'berbicara'.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther

Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther


Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
kalo ga salah lbih irit phanter deh?!?!?!?!BADAK wrote:Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Coba dilihat lg om, artikel diatas mengatakan innova diesel 1lt bisa 15,5km, sedangkan panther "hanya" 14,7km. Hmm...ini metode pengetesannya kyk gmn ya. aku yg ada kedua mobil ini aja gak prl smp ngukur scr detail udah merasakan kl innova diesel lebih boros..ak4ng wrote:kalo ga salah lbih irit phanter deh?!?!?!?!BADAK wrote:Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther![]()
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
wah...innova diesel lebih irit dari panther??? gak salah tuh ???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Saya juga pake Innova D4D, kemaren dari villa melati mas pulang ke cideng, perjalanan pulang pas di serpongnya kadang santai kadang geber, pas masuk tol banyak truk jadi banyak gebernya buat overtaking, sampe dirumah cek MID 1:12
Mesin semua standard hanya pasang GC dan ganti Air filter, Diesel saya pake Shell, tapi enaknya mobil ini kalo mau overtaking gak perlu injek gas dalam-dalam.
Mesin semua standard hanya pasang GC dan ganti Air filter, Diesel saya pake Shell, tapi enaknya mobil ini kalo mau overtaking gak perlu injek gas dalam-dalam.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
6 th yg lalu saat tret ini dibuat msh banyak yg membandingkan innova diesel & new panther. skrg udah jarang yg membandingkan, soalnya panther udah terlihat kalah telak. selain itu udah mulai muncul banyak pesaing di segmen ini.
tapi bagi saya mesin panther termasuk mesin legendaris, setara dgn mesin L300 diesel yg smp skrg ttp banyak digunakan.
Bravo si kucing garong
tapi bagi saya mesin panther termasuk mesin legendaris, setara dgn mesin L300 diesel yg smp skrg ttp banyak digunakan.
Bravo si kucing garong

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
bahkan ane pun masih menggunakan mesin L300 diesel..... 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Gw jg sen. Bener2 salut ama mesin L300 ini. tiap hari dipake angkut beban berat tp gak pernah bikin kantong jebol. bener2 mbl yg kuat. Gak heran bisa bertahan puluhan tahun. Cuman gw penasaran neh, knapa koq ligh truck Daihatsu Delta yg pake mesin taft bisa keok?Hansen wrote:bahkan ane pun masih menggunakan mesin L300 diesel.....

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Please pada sadar ya sekarang trend mesin bukan sekedar irit dan kuat, tapi pada jumlah karbon yang dihasilkan--semakin sedikit semakin environment friendly.


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
hayooo siapa nih yg pake panther.........esh wrote:Please pada sadar ya sekarang trend mesin bukan sekedar irit dan kuat, tapi pada jumlah karbon yang dihasilkan--semakin sedikit semakin environment friendly.

kabooooerrrrr sejauh jauhnya...........................




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Lho bukannya kandungan timbal pada mesin bensin lebih berbahaya drpd asap mesin diesel?
Asap L300 & panther mmg hitam, tp karbon yg dihasilkan gak se-DANGER timbal dr mesin bensin.
Coba lihat di berita, sering kejadian orang tewas krn terperangkap di dalam mobil dlm keadaan mesin menyala, Dan bisa dipastikan, itu semua mobil bensin BUKAN mobil diesel

Asap L300 & panther mmg hitam, tp karbon yg dihasilkan gak se-DANGER timbal dr mesin bensin.
Coba lihat di berita, sering kejadian orang tewas krn terperangkap di dalam mobil dlm keadaan mesin menyala, Dan bisa dipastikan, itu semua mobil bensin BUKAN mobil diesel

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
dak, mungkin yg dimaksud om esh itu bukan emisi gas buang mobil diesel vs bensin... tetapi diesel konvensional vs diesel modern, dimana emisi gas buang diesel modern (common rail) jauh lebih bersih daripada diesel jadul..BADAK wrote:Lho bukannya kandungan timbal pada mesin bensin lebih berbahaya drpd asap mesin diesel?![]()
Asap L300 & panther mmg hitam, tp karbon yg dihasilkan gak se-DANGER timbal dr mesin bensin.
Coba lihat di berita, sering kejadian orang tewas krn terperangkap di dalam mobil dlm keadaan mesin menyala, Dan bisa dipastikan, itu semua mobil bensin BUKAN mobil diesel
CMIIW ah...


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Oh gitu ya Sen think:
Cuman masalah nya ada di ATPM donk knapa koq memasang harga tinggi untuk mobil diesel modern.
Pengen jg sih beli Captiva Diesel kyk om esh. Tapi msh ngumpulin duit dulu
Cuman masalah nya ada di ATPM donk knapa koq memasang harga tinggi untuk mobil diesel modern.
Pengen jg sih beli Captiva Diesel kyk om esh. Tapi msh ngumpulin duit dulu

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Gak banyak yg lebih memilih kucing garong drpd ipah D4D. Aku salah satunya, lebih suka kucing garong drpd Ipah
Ipah bagiku body nya trll gendut, kyk mobil bapak2.

Ipah bagiku body nya trll gendut, kyk mobil bapak2.

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Sun Sep 05, 2010 5:08
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
Buat dalkot pake panther..
Lukot pake D4D..
@Bro badak : emang daihatsu delta msh ada unit baru?
Lukot pake D4D..
@Bro badak : emang daihatsu delta msh ada unit baru?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
@BADAK: maksud saya marilah kita menyesuaikan cara pandang kita sesuai dengan perkembangan mesin saat ini. Walaupun pemerintah kita serta mayoritas konsumen di negara kita belum peduli mengenai hal ini, tetapi sebagai komunitas pemerhati otomotif idealnya kita memiliki pola pemikiran yang lebih maju. No offense.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
@5758: udah gak ada bro. makanya heran, kl mmg mesinnya kuat knapa kalah bersaing dgn merk lain.
@esh: siap komandan
@esh: siap komandan

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36
Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!
kayaknya lebih iritan apanja donk kang..... pokoknya apanja is da bess lahhh kangak4ng wrote:kalo ga salah lbih irit phanter deh?!?!?!?!BADAK wrote:Wah baru baca komparasi antara innova diesel V dgn new panther LS.
Kalo dr semua segi kyk nya innova diesel lebih unggul drpd panther. Tapi jangan lupa juga perbedaan harga yg cukup banyak antara keduanya. Yang saya heran, apa bener innova diesel lebih irit drpd panther![]()