Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
eclo5 wrote:Maaf2 mxdnya bukan oli transmisi tapi oli power steering, bener seperti yg suhu m4rio udh jelaskan,,jd ane yg ga tau dan orang ditoko oli sok tau jg masukin oli atf ke tempat oli kopling.
Keesokan harinya ane bawa ke bengkel krn power steering msh berat ternyata klo jazz itu udh bukan fluida tp sudah elektrik dan akhirnya dikuras dengan oli kopling dot3 cm memang karetnya sudah melar mpe gontok2an buat masukinnya. Orang bengkel nyuruh buat ganti master kopling. Makanya saya tanya ma suhu2 sini apa sampe segitunya mst ganti master kopling.
Hari ini saya konfirm lagi ke bengkel resmi (baru tanya2 doang c blm di cek) ktnya klo gada masalah seperti ngeplos ato olinya bocor brrt gda masalah di master koplingnya dan tidak perlu ganti.
nah ada yang ane bingungin lagi nih di sini.
1. untuk kalimat "Keesokan harinya ane bawa ke bengkel krn power steering msh berat ternyata klo jazz itu udh bukan fluida tp sudah elektrik dan akhirnya dikuras dengan oli kopling dot3 cm memang karetnya sudah melar mpe gontok2an buat masukinnya. kok kuras oli kopling pake gontok2an masukin seal ya?? setau ane kalo kuras oli kopling cukup buka baut nepel bawah, ampe olinya ngalir terus, sambil di isi terus dari atas pake oli baru, buat mencegah kejebaknya angin, sampai warna oli yang ngalir di nelep kaliper bawah warnanya bening oli baru, trus tutup deh.
2. untuk kalimat "jd ane yg ga tau dan orang ditoko oli sok tau jg masukin oli atf ke tempat oli kopling." kenapa gk minta tanggung jawab ma bengkel yang kemaren salah isi bro???
bro tinggal di daerah mana ya??
Last edited by m4rio on Sat Feb 12, 2011 14:20, edited 2 times in total.
DOHC wrote:kalo kejadian kecampur gt sebenernya gpp koq kalo cuman sebentar... dulu jg perna kejadian di mobil ane sendiri soalnya.... sopir kantor sok pinter maen nambah2 in minyak kopling pake minyak rem scara warna nya sama2 merah... dan stelah dikuras gpp koq mobil nya.... cuman yahh asal jgn kelamaan aja.. sbisa mungkin secepet nya dikuras...
klep, minyak kopling sama minyak rem kan sama.
eitt... sorry mar... salah ketik gara2 keasikan baca.... maksud ane minyak rem ama minyak atf buat power steering... jadi yg buat kopling itu dimasukin minyak ATF... scara tuh si atf sisa waktu ane servis PS nya si panther...
kayanya kalo kuras kopling, selaen buka nepel bawah... jg musti dikocok2 pedal nya mar... kalo ga ntuh minyak kopling ga kluar donk ketahan ama seal didalem master kopling nya...
DOHC wrote:kayanya kalo kuras kopling, selaen buka nepel bawah... jg musti dikocok2 pedal nya mar... kalo ga ntuh minyak kopling ga kluar donk ketahan ama seal didalem master kopling nya...
kyknya gk usah klep, coba aja deh, ente buka nepel master bawah, pasti bakalan kosong tuh reservoir minyak koplingnya.
DOHC wrote:kayanya kalo kuras kopling, selaen buka nepel bawah... jg musti dikocok2 pedal nya mar... kalo ga ntuh minyak kopling ga kluar donk ketahan ama seal didalem master kopling nya...
kyknya gk usah klep, coba aja deh, ente buka nepel master bawah, pasti bakalan kosong tuh reservoir minyak koplingnya.
masa seh mar... di panther ane dulu kaga tuh.... musti dikocok2 dulu pedal nya baru kluar....
DOHC wrote:kayanya kalo kuras kopling, selaen buka nepel bawah... jg musti dikocok2 pedal nya mar... kalo ga ntuh minyak kopling ga kluar donk ketahan ama seal didalem master kopling nya...
kyknya gk usah klep, coba aja deh, ente buka nepel master bawah, pasti bakalan kosong tuh reservoir minyak koplingnya.
masa seh mar... di panther ane dulu kaga tuh.... musti dikocok2 dulu pedal nya baru kluar....
saya tau maksudnya, ...
seperti saya om waktu cek olie yang ada di masing masing tabung, ada olie yang sudah berwarna item trus saya menganalisa ini olie apa ( power stering, Olie rem, olie Persneling, olie dlll) hampir salah analisis. olie persneling saya kira olie rem untung belum sempat saya ganti. parah tuh kalo salah analisis... setelah dilacak di mbah google ternyata itu olie persneling. ditabung tertulis dot3. mobil ane kijang 97
DOT 3 itu spesifikasi untuk oli yang berfungsi di sistem hydraulic seperti rem dan kopling.
Oli persneling tidak pakai "tabung". Kalau matik ada dipstick-nya, kalau manual seperti di '97 Kijang, hanya bisa dicek di gearbox.
Kalau tidak mengerti soal oli2, harap mobil dibawa ke bengkel dengan reputasi bagus. Pengisian oli/fluid dengan spesikasi salah membawa konsekuensi sangat besar.
PS - Thread sudah 3 tahun umurnya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Lucu juga baca ceritanya diatas nih hihi....
Setau ane minyak rem kan nyerap air dan korosif, kalo salah dimasukin ke oli gear atau transmisi powersteering, bisa ngerusak krn sifat korosifnya, harus diflushing kali yah, ga sampe diganti master kopling segala...kan ?