Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hai brader2 SM.,
mohon dberi pencerahan n share pengalaman di jalanan tentang safety driving and riding untuk ane yang newbie ini untuk keselamatan pribadi dan pengguna jalan yang lain.,terutama jalanan di jakarta yang udah bener2 crowded ini menyambung juga dari http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =25&t=7899
menurut ane sih, boleh kenceng asal tahu situasi. serta tahu kemampuan dan karakteristik kendaraan yg kita bawa.
jgn lupa selalu memberi tanda kalau mau belok/menepi. yang terpenting, selalu gunakan helm (bagi motor) dan pasang safety belt (pada mobil). jgn terima telp atau sms pada saat mengendarai kendaraan.
Masalahnya interpretasi "tau situasi" org itu berbeda beda. Ada yg bilang ngebut di malam hari = tau situasi, Ada yg bilang di tol sepi = tau situasi. Ada yg bilang....deket rumah, tau daerah = tau situasi.
Yg pasti2 aja - mau kebut2an di sirkuit. Itu namanya jagoan beneran.
Setuju banget om Fm.. Pokoknya turuti saja semua rambu2 dan aturan berlalu lintas. Paling enggak hati akan damai. Tapi di indon kadang susah. Contoh yang ngeri,Mau berhenti kasih jalan penyeberang jalan di zebracross, tapi dari belakang malah kasih klakson, atau dari kiri motor nyrobot kenceng. Kan bahaya banget buat yang nyebrang.Susah juga.. Polisi mulu yg disalah2in kalau mau nilang...
Knalpot wrote:Setuju banget om Fm.. Pokoknya turuti saja semua rambu2 dan aturan berlalu lintas. Paling enggak hati akan damai. Tapi di indon kadang susah. Contoh yang ngeri,Mau berhenti kasih jalan penyeberang jalan di zebracross, tapi dari belakang malah kasih klakson, atau dari kiri motor nyrobot kenceng. Kan bahaya banget buat yang nyebrang.Susah juga.. Polisi mulu yg disalah2in kalau mau nilang...
bener bro. tadi pagi ane ngalamin tuh. berenti ngasih jalan buat penyebrang jalan malah diklaksoning panjang dari belakang.
malah ane yg disundul dr belakang. motor gak rusak sih cuma sewotnya itu.
yg penting sih selalu waspada. karena di jakarta kan padatnya udah semakin parah. klo mobil vs mobil sih masih keliatan. nah klo lawannya itu motor. 1 detik sebelumnya ga keliatan di spion, tiba2 nongol di samping
egon wrote:adakah tips2 menangani 'blindspot' d spion?
kl untk di tol yg safety tuh macam mana ya?
studi kasus d cikampek deh kan dsitu semrawut ya.,
kalo ane meminimalisir blind spot di spion selalu atur posisi spion semaksimal mungkin ke arah luar, jadi kita hanya melihat bagian belakang mobil kita sedikitttttttt sekali.
kalo spion dalem ane pake spion tambahan yang lebih gede tapi kacanya rata alias bukan cekung to cembung )
Disamping setelan kaca spion seperti si mario. saya juga sebisa mungkin nggak bikin sudden move - misalnya mau ganti jalur - pelan2 gantinya. Jadi kalau toh ada motor nongol dari ntah mana....dia sempet liat dan klakson kita. Memang jadi kaya org jompo nyetirnya - tapi drpada pindah tiba2 gesit kaya kancil, motor gak sempet bereaksi...brakkkk...
waah mantap2 ni ngejelasinya..thx mate
jd pd dasarnya gerakanya harus predictable sm pengguna lainya kah?kl ada saat kita membuat sudden movement darurat adakah cara yg safe?
egon wrote:adakah tips2 menangani 'blindspot' d spion?
kl untk di tol yg safety tuh macam mana ya?
studi kasus d cikampek deh kan dsitu semrawut ya.,
kalo ane meminimalisir blind spot di spion selalu atur posisi spion semaksimal mungkin ke arah luar, jadi kita hanya melihat bagian belakang mobil kita sedikitttttttt sekali.
kalo spion dalem ane pake spion tambahan yang lebih gede tapi kacanya rata alias bukan cekung to cembung )
kalo ane malah suka yang cembung om... lebih luar pandangan.. ruang samping mobil masih dapat terlihat dengan cermin cembung ini... yang pasti objek di cermin akan lebih kecil...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
klu ane bykan pake spion, mirror dan feeling. trutama di toll. misal di belakang ada mobil x (kliatan di mirror/spion), selama mobil itu blum nyusul, berarti mobil itu bisa berubah2 posisinya. klu mobil td mendadak hilang dr mirror/spion, biasanya klu ga melambat ya malah mw menyusul. jika saat itu ane mw pindah jalur, biasanya dikit2 masuknya supaya mobil yg "hilang" td bisa lewat dulu. krn umumnya mobil "hilang" dr mirror/spion krn mw overtaking.