dohc, giliran kamu harus maju kok ngak maju ? Kamu kan juga dari dulu yang bilang, hitung resale value ngak boleh patokannya DULU beli berapa, karena faktor INFLASI !
Contoh m90 sendiri. Lu dulu beli yaris 145 jt, sekarang kalau jual 130 jt. Jadi menurut lu wah cuman turun 15 juta. FYI, dulu tahun 07 orang beli Grand Livina sekitar 138-150 jutaan tergantung versi. Hari ini kalau mereka jual, nilainya malah ngak turun, malah tetap sekitar +- 140-150+ jutaan tergantung versi. Jadi boleh ngak bilang wah para pemakai Grand Livina dulu tahun 07 sama sekali TIDAK RUGI malah bisa jadi untung tipis ?
Jelas keliru ! Karena SEKARANG, kalau mereka jual mau beli Grand Livina BARU, emang 140-150 juta dapat ? Liat aja pricelistnya. Udah range 170-200 jutaan tergantung variant.
Sama ama kasus yaris lu. Sekarang lu jual 130 juta. Coba ke toyota, bilang, hey, saya pencinta toyota habis. Kasih lah saya harga yaris baru terbaik. Perlu nombok berapa duit ?
Jadi jelas siapa yang perlu nombok paling dikit, juga dari segi persentasi paling rendah nomboknya, ya dialah yang resale valuenya paling kuat. Malah kalau ada mobil 07 yang hari ini bekasnya SAMA ama pricelist SEKARANG, dialah juaranya. Tapi TIDAK ADA. Coba cari.
Volume TIDAK ada kaitannya ama resale value. Semua tergantung demand dan supply. Liat aja crv. Volumenya memang besar banding SUV lain, tapi resale valuenya juga ngak terlalu kuat. Ini bukan black campaign. Check sendiri, harga crv baru berapa sekarang, yang tahun 08 tinggal berapa. Hitung sendiri perlu nombok berapa kalau mau beli lagi yang baru. Bandingkan ama misalnya X-Trail baru.
Seperti kasus mobil classic. Kenapa ada tipe tertentu malah nilainya naik ? Meskipun volume kecil dan udah ngak di jual ? Karena demand jauh LEBIH dari supply. Tiap bulan laku berapa ? ENOL. Udah ngak di produksi, tapi di pasar second, ratio demand dan supply yang tentukan tinggi atau rendah nilai bekasnya.
Cuman memang XR ngak selaris Grand Livina, karena mayoritas orang mending nombok dikit dapat versi 3 baris, iritnya ngak beda jauh, tapi toh peminatnya tetap ada. Dan sangat mungkin ratio demand jauh lebih dari supply, jadi nilai bekasnya tetap kuat. Lebih kecil volumenya bukan berarti ngak ada yang mau. Sebab ada orang yang rasa tidak perlu 3 baris dan rasa 2 baris seperti XR sudah cukup. Lebih gampang masuk garasi, parkir, lebih irit dikit, lebih terjangkau etc....
Grand Livina ngak usah di bilang. Lebih kuat lagi nilai jual kembalinya banding XR dan X-Gear. Apalagi nanti saat premium di larang.
Jadi vonis tetap : Secara SAH dan MEYAKINKAN Livina XR lebih KUAT banding yaris nilai jual kembalinya.
Kecuali lu mau ngotot abaikan INFLASI. Kalau gitu coba sekarang lu jual yaris lu 130 juta. Ada ngak dealer toyota yang mau jual lu yaris BARU dengan harga 145 juta ? Gitu aja.
Mau banding ? Silahkan. Tapi jelas harus lampirkan BUKTI baru. Kalau ngak, pasti di tolak MA.
M-90 wrote:Toyotaman wrote :
"Jadi boleh di vonis : yaris secara SAH dan MEYAKINKAN nilai jual kembalinya jauh lebih buruk banding seri Livina ! "
Ane bingung cara itung depresiasi Bro Toyotaman, Ane cuba itung depresiasi versi ane sbb :
Ane juga pemilik Yaris E A/T tahun 2007 bulan Agustus. Pd saat beli pricelistnya 156 jt, tp ane dpt discount 9 jt sehingga cost ane pd saat beli jadi Rp 145 jt. Saat ini harga pasaran Yaris E A/T tahun 2007 +/- 130 jt atau telah berkurang nilainya sebesar 15 jt. Dengan umur Yaris ane skrng 3,5 tahun atau rata2 depresiasi per tahun adalah 4,28 jt/tahun (15 jt/3,5 tahun) atau rata2 sebesar 4,2% per tahun (4,28 jt/145 jt). Mobil dgn umur < 5 thn dgn depresiasi spt itu bagi ane sdh menunjukkan resale value yg baik.
Makanya itungan depresiasi Bro Toyotaman terasa aneh bagi ane. Coba belajar ilmu ekonomilah. Yg namanya depresiasi itu itu dihitung berdasarkan peneurunan nilai aset dibanding dengan nilai bukunya yaitu cost pembelian pd saat terjadi bukan berdasarkan nilai baru dari aset tsb saat ini spt itungan Bro Toyotaman.
Livina XR waktu pertamakali launch tahun 2008 seingat ane harganya lebih mahal dari Yaris type E, tp sekarang harga Yaris E lebih mahal dari Livina XR, tp penjualan LIVINA XR nggak pernah mengalahkan Yaris, sudah lebih murah KAGAK LAKU. Yaris masuk Top Ten penjualan mobil nasional pd tahun 2010 lalu, rangking Livina XR berapa ? Saat ini cuma ANJ yg bisa mengalah penjualan Yaris di kelasnya
Jadi boleh di vonis : Yaris secara sah dan meyakinkan jauh LEBIH LAKU dibanding Livina XR.
Kalo Bro Toyotaman klaim Livina XR resale value lebih bagus, kenapa Livina XR NGGAK LAKU ???
Salam Damai & Jabat Erat,
M-90