wongpantai wrote:Risol1 wrote:Kalo mau keliatan WAHHH (mobil kondangan) di level harga segitu sih mending ambil mercedes 300E thn 92-93an yg terawat, atau kalo dapet yg E220/E320 thn 03-05 (tapi IMO tetep lebih reliable mesin 300E daripada E320). Mercy tipe ini udah terkenal engga rewel, sparepart banyak dan masih terjangkau (u/ ukuran eropa), dan yg pasti modelnya masih cantik......kalo kondangan pake W124 sih udah pasti lewat lah mobil2 jepang jadul macam corabs/accord/cronos.
walau ktanya reliable kalo uda ampir kepala 2 msh bisa dkatakan demikian?
u/ merc C180 apa cukup bandel dan murah s.part?soalnya dg duit yg sama dpet taun lebih muda+model lebih fresh mas risol
PASTI ada part(s) yg perlu diganti kalo beli mobil yg udah hampir 2 dekade, itu udah kaya hukum alam lah. Kecuali kalo mas Wong beli dari kenalan yg rajin ngerawat/hobi mercedes antik.
Namanya mobil kalo umur udah 20 thn gak mungkin seperti mobil baru yg 5 tahun pertama boleh dibilang minim perawatan/penggantian parts.
IMO untuk mobil2 umur segitu, LEBIH PENTING faktor ketersediaan spare parts dan juga harga spare part yg terjangkau DIBANDINGKAN faktor reliability, karena mobil yg terkenal reliable pun kalo udah umur segitu pasti udah mulai minta ganti parts.
Soalnya kalo beli mobkas itu (terutama dari umum, bukan bekas teman/saudara), ibaratnya kaya crapshoot, kita engga tau pasti kondisinya kaya gimana, apa yg musti diganti bbrp bulan lagi dll.......Cuma test drive bbrp menit aja gak bisa jamin mobkas tsb bakal gak ngerongrong.
Jadi kalo ane boleh saran, mending mindsetnya diganti dulu kalo udah siap beli mobil mewah tahun lawas. Jangan mengharap mobil yg gak rusak atau gak ganti parts, melainkan cari tau dulu gampang nggak dapetin parts nya, berapa harga partsnya, bisa ngga saya pasang sendiri atau perlu montir yg spesialis buat servis, dll....
Balik lagi ke Benz, 300E itu terkenal lebih reliable, lebih murah dan gampang cari parts nya DIBANDING mercedes lain (terutama yg baru2). IMO selain karena mobil ini dirancang dan dibuat pada saat puncak quality Mercedes waktu itu, juga karena ni mobil masih belum terlalu canggih fitur2nya. Contohnya: Karena gak ada airbag dan abs berarti sensor2 2 fitur tsb gak mungkin rusak kan, dsb.
Kalo C180 muncul dimasa kualitas mercedes udah mulai jatuh. Yg terutama masalah dari C180 adalah masalah wiring harnessnya yg gampang rusak (kalo gak salah karena kepanasan), akibatnya elektroniknya/sensor2nya banyak yg ngaco. Nah sekarang Mas Wong kalo mao C180 mulai cari tau di dealer/penggemar Mercy di Jogja apa aja kelemahannya, betulinnya gimana, dll
C180 modelnya memang lebih manis (lebih baru), bensin juga mungkin lebih irit, fitur2 yg jauh lebih banyak, tapi terkenal lebih "rewel" dibanding 300E.
wongpantai wrote:
kalo diliat dari ga ngrong2 duit dan u/ jangka panjang, mana yg lebih reliable mas2 sekalian(diurutkan)?
-E300 92/93
-C180 94/95
-Corabs 97/98
-kia Carens LS 00/01
-blazer montera 00-03
-chev optra 03
-cedric & crown 04 "ex TAKSI"
Sekali lagi gak ada yg tau hasil pastinya di lapangan gimana karena beli mobkas itu banyak faktor yg menentukan (terutama dari pengguna sebelumnya), chev optra yg tahunnya lebih muda kalo dipakenya kasar mungkin lebih rewel dibanding kalo beli C180 yg simpenan, gitu lho.
Tapi kalo cuma liat data reliability, dari list itu saya mungkin masih pegang merek2 jepang tua atau chev optra (karena lebih muda tahunnya), walaupun mobil2 ini juga udah mulai ngerongrong kali.
Itu crown ex silver bird modelnya bukan kaya crown royal yg banyak beredar di jalanan om Wong, modelnya beda sama sekali alias gak ada mewah2nya. Itu crown comfort yg kaya taksi di Singapore.
Makanya saya bilang kemaren yg om Wong cari itu apa? Minim Maintenance atau Gengsi (tampang keren, fitur banyak, mewah)?
Dengan uang yg terbatas kita harus pilih mana prioritas kita. Kalo saya dengan uang tsb bakal pilih mobil yg minim maintenance aja, karena harga (yg ditentukan oleh pasar) ini "adil", gak ada mobil yg mewah dan perawatan minim (aka tahun muda) bisa dibeli dengan harga yg relatif murah
Happy Hunting Om!