aro wrote:nah bener ane pake sekring itu bro, di bagian atas ada tulisan 25 .
apakah 25 ini adalah ampere ato cuma kode??
pny bro accswiftura tulisannya brapa di atas sekring?
soalnya dulu ane beli tu sekring, pas bengkelnya ke habisan stok yg ORI , adae yg tak pake sekarang.
eh bro, identifikasi arang dinamo habis diliat darimananya y? dinamo ane dulu juga ga mampu ngidupin mesin,
untung sama pemilik yg pertama langsung di ganti sama dinamo tigi nya dia, langsung cesplenggg...
pake kiproknya tigi bro teuku, cm 200an. cm klo g salah konektor di kiprok tigi ada 3 sedangkan pny swift cm 2 , gak tau gimana carae mekanikku ngakalinnya, tp sampe skrg fine2 sazaaaa
buset 25 ...

, itu amperenya Gan. hati2 ntar jebol sel akinya klo dipasang setelah aki. kiproknya juga klo sekring yg antara aki & kiprok saat ada konslet.
spul juga bisa kena loh, misal klo ada beban berat, biasanya salah satunya konslet, klo aki dah ga mampu nangani beban berat lewat kiprok spul turun tangan, klo beban terus mbebanin spul terus lama2 menjadi panas tuh spul, misalkan si kiprok masih mampu dilewati arus gede(ampere kiprok lebih gede dibandingkan kemampuan spul) spul akan semakin panas dan meleleh lapisan kawat emailnya spul setelah bugil tuh kawat email bersentuhan deh terus jeduarrrrrrrrrrr.....
sekring pipih paling kecil 10 ampere, aku belum pernah lihat di bawah 10 ampere. makanya sekring buat lampu2 & saklar pakai yg tabung, khusus sekring pusat pakai pipih.
cari di toko elektronik pasti ada itu sekring, klo ga ya di bengkel mobil.
pengalaman pernah putus sekring pusat gara2 switch rem depan nyenggol stang mogok deh motor jadinya, makanya di switch depan ditaro sekring.
di switch rem kaki juga pernah konslet gara2 pakai punya family hond*. kata toko spare part klo spare part kelistrikan klo misal pakai yamah* bisa mending pakai punya yamah*. bahan atumnya tahan panas & ga mudah meleleh.
identifikasi arang dinamo mau benar2 ga kerja (mau minta ganti), caranya pas diklik start ada bunyi bendik cetak..cetak.. terus dinamo mau muter ga jadi kaya keberatan. nah pas ga jadi coba matikan kunci kontak terus selah pakai kick starter (tujuannya biar dinamo muter & ngepas arang ke penghubung spul dinamo). setelah itu nyalakan kunci kontak terus pencet tombol start. klo misalkan mesin bunyi tapi dinamonya agak lama berarti gejala arang mau minta diganti.
klo pengin pasti pas ga mau muter dinamo ya bongkar jok & tangki terus ambil obeng, tempelkan di kutub2 bendik, klo dinamo tetap diam seribu bahasa berarti minta ganti arang.
iya pakai kiprok tige* bagus, ada sensor tegangannya. Klo dilihat dari spul swift , swift cocoknya pakai kiprok thunde* karena ada 3 kelompok spull menyatu di dalam satu spul & titik atau ujung yg menyatu tidak menyentuh massa, klo pakai kiprok tige* berarti harus modif spull di dalamnya biar kepakai semua kelompok spul2nya, klo pengin ga bongkar spull di dalam berarti harus nganggurin salah satu kelompok spul
klo kiprok tige* udah fullwave tapi masih 2 fase, sedangkan thunde* 125 dan happy swift juga fullwave tapi 3 fase alias punya swift lebih halus gelombang listriknya ketimbang tige*
