ungg kurang tau nih ya klo d mesin motor, tp klo di mobil, bahkan dlm keadaan default dr pabrikpun (mostly) tanpa oil cooler................
spt yg kta tau, system mesin mobil tentunya lbh rumit dr mesin motor, dan mereka tdk memakai piranti tsb.........
ada beberapa pengecualian, yakni pada mesin2 turbo high boost, atau korekan yg (lumayan) ekstrim, barulah d butuhkan perangkat tambahan oil cooler yg memang d karenakan kondisi kerja mesin cukup ekstrim berikut hawa panas yg dihasilkan, sehingga d perlukan pendingin oli
so imho, utk mesin2 dalam kondisi standar yg mana memang tdk menghasilkan panas berlebih, rasanya penambahan piranti ini cm waste of money aja.........................
blom lg resiko2 negatif yg d sebutkan oom2 d atas
imho lg, dr pada nambah oil cooler, mendingan dana nya utk yg lain, yg memang jelas2 terbukti dpt meningkatkan kemampuan mesin e.g: bore up, pnp, ganti karbu dll
cmiiw yah
