Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Emang mesinnya kyk gimana ya bro, koq sampe bengkel2 di tiap daerah bisa menangani?
Kalo masalah partz nya gimana, apakah juga mudah didapat?
Bukannya lawan sepadan buat TLC tuh Hummer?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
@badak
mungkin maksud si nenggolan utk fj / hardtop, org2 di daerah masih familiar, dan mesinnya memang udah dari jaman dulu. Kbetulan di daerah mobil fj40 masih sering dipake.
bentuknya klasik masih bertahan smp skrg, jd gak heran kalo fj40 yg sudah dibangun kembali hrg nya bs mencapai lebih dari 140jt.
utk nyaman memang kurang, gw dulu pernah naik fj40 pp ke sumut. waktu itu malah jalanannya belm sebaik skrg2.
cuma kalo udah ke lc vx series, sebaiknya ya jgn asal bengkel aja..
Gw punya satu kang...thn 1964.
Mesin aselinya F udah uzur dan susah spare part nya jadi gw ganti mesin 2F.
Ada sedikit perbedaan antara fj40 produksi awal - 1974 dgn produksi 1975-1981 tapi tetap sama tangguhnya.
Mesin 2F 4200 cc memang peminum bensin sejati. Dalam kondisi mesin std 4x2 mode paling cman dapet 1:4.
Soal reliability gak usah ditanya. Baik mesin maupun kaki2. Kondisi mesin mati busi 2 buah, fj40 gw masih sanggup narik truk ps keluar dari lumpur.
Kelemahannya apa ya ? Paling yg sering jadi kendala hanya karburator kotor. Disemprot pake carb cleaner biasanya beres.
Kalo mau lebih enak, upgrade sistem pengapian dari platina ke cdi. Kalo punya dana lebih merk-merk terkenal bisa jadi pilihan kayak mallory atau DUI. Utk dana mepet bisa make porter atau cdi mobil lain yg disesuaikan dgn mesin 2f.
Utk penggemar diesel biasanya mesin truk keluarga toyota bisa jadi pilihan utk engine swap seperti 13b,14b, 13bt, 14bt. Utk dana lebih, mesin megacruiser 15bt atau mesin vx80 bisa dipasang di fj.
JAKARTA, KOMPAS.com  Toyota memperluas segmen sekaligus memperkuat pasar niaga dengan memboyong model baru pikap Land Cruiser tahun depan. Sasaran yang dituju pemimpin pasar otomotif nasional ini adalah perusahaan-perusahaan perkebunan, pertambangan, dan lainnya (fleet).
Jodjana Jody, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto200), mengatakan, harga komoditas unggulan terutama di sektor perkebunan dan pertambangan terus membaik akhir tahun ini. Artinya, sektor ini akan bergerak lebih cepat dan butuh transportasi baru. Ceruk ini coba dimanfaatkan oleh Toyota.
"Freeport Indonesia sekarang saja sudah menggunakan Land Cruiser pikap dan pasarnya memang ada. Kami akan memasukkan model ini CBU mulai tahun depan," ujar Jody di Jakarta, Selasa (28/12/2010) kemarin.
Toyota berencana memasukkan dua varian Toyota Land Cruiser (TLC), yakni model pikap dan station wagon. Di negeri asalnya, TLC membopong mesin bensin 4,5 liter dan diesel 4,2 liter yang masing-masing berpenggerak 4x4. Namun, belum ada penjelasan lebih lanjut terkait varian mesin mana atau harga unit.
Toyota sepertinya bakal memanfaatkan kerja sama bilateral Indonesia-Jepang yang terangkum dalam Indonesia-Japan Economic Partnership (IJ-EPA). Dalam perjanjian itu disebutkan, impor mobil berkapasitas 3.000 cc ke atas akan dibebaskan bea masuk alias nol persen.
bea masuk 0%? apakah harganya akan selevel hilux/fortuner?
seharusnya fitur luxnya akan jauh lebih sederhana, tp dengan kualitas engine dan drivetrain yg lebih badak dan baik...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
@akang :
F engine kapasitasnya 3800cc, 2F engine kapasitasnya 4200 cc.
F engine filter olinya terpisah dari blok mesin, 2F engine filter olinya spt mobil2 jaman sekarang.
F engine sistem karburatornya single barrel, 2F engine two barrel.
Sebenernya banyak bgt kesamaan antara F dan 2F sehingga cukup banyak jg parts yg interchangeable. F engine walaupun cc lebih kecil tapi torsinya sama dgn 2F. Yg lebih muda ada 3F engine yg punya cc lebih kecil jg tapi hp dan torsi lebih gede dari 2F. Sayangnya peak hp dan torsi 3F ada di rpm lebih tinggi sehingga lebih nyaman utk penggunaan di jln aspal.
Mesin diesel original buat BJ40 serinya 2B dan 3B. Kapasitasnya kalo ga salah sekitar 3000 cc 4 silinder. Cukup bertenaga kalo di bandingkan diesel nya bawaan CJ7.
@Billy
Hilux yg mana? Hilux d cab atau hilux s cab ?
Tapi kalo ngeliat sejarah LC di Indo, kayaknya susah mau dibikin murah.
Pickup seharga 350 jt up ? Kayaknya masih cukup mahal utk kelas perkebunan.
cokino wrote:@Billy
Hilux yg mana? Hilux d cab atau hilux s cab ?
Tapi kalo ngeliat sejarah LC di Indo, kayaknya susah mau dibikin murah.
Pickup seharga 350 jt up ? Kayaknya masih cukup mahal utk kelas perkebunan.
3ltr dcab 4x4 dunk bos... yg scab sih sama bj40 aja masih mahalan bj40 haha..
d luar konon yg swagon harganya selevel prado wkekeke.... tp gtw tuh dgn "pajak 0%"nya dan pajak khusus untuk pickup yg g mengikat kapasitas mesin ntah segimana bisa di teken harganya.. hehe mungkin enginenya 1HZ 4.2ltr itu jg ud cukup sih...
versi paling atasnya pke engine 1VD-FTV V8 twin turbo 4.5 crd sama dgn VX200 nyam nyam... kyanya varian ini yg selevel dgn prado harganya kli yah..
bwat fleet tujuannya bro d pertambangan dll klw harganya g terlalu jauh dgn dcab, bisa ancaman serius bwat pasar fleet dcab macam triton dll hehe.... mungkin kenyamanan kalah, tp soal badak dan kemampuan jauuh..
Last edited by billyd1773dz on Wed Dec 29, 2010 15:10, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
btw kemarin deket rumah gw ada pajero gen2 ngumpul banyak bngt... tp kyanya sih bukan klub atw apa soalnya beberapa hari diem drumah situ....bsknya ilang semua, kyanya di siapin bwat di bawa kmn deh.. hehe
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
LC70 ini bakal saingan dengan hilux dong ya?
gak kemahalan kalo masuk ke indonesia?
tapi kalo dari ketangguhan, sepertinya LC70 ini LC yang tertangguh yang ada di jalur produksi sekarang... cmiiiw...
dugaan ane sih, LC70 ini akan head to head dengan defender... karena lawan imbangnya sekarang tinggal defender doang nih... sekali lagi cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Toyota Land Cruiser Pickup yang lebih dikenal panggilan LC75 kini mendapat mesin baru V6, menggantikan mesin lama enam silinder segaris yang legendaris di kalangan tuner di kawasan Timur Tengah. Dengan mesin baru, pickup ini kini punya nama baru yaitu LC79.
Ini perubahan besar setelah facelift besar-besaran tahun 2008 yang menghapus fender besar peninggalan era 60-an.
Mesin lama berkapasitas 4.5 liter enam silinder terkenal karena daya tahannya sehingga jadi pilihan banyak orang untuk mengarungi gurun-gurun paling kering di kawasan itu. Namun seiring perubahan jaman, mesin ini dinilai konsumsi bahan bakarnya dinilai tidak sebanding dengan tenaga yang dihasilkannya.
Toyota menggantinya dengan mesin 4.0 liter V6 yang juga dipakai Toyota Fortuner. Tentu saja karena penggunaannya berbeda, mesin ini di arahkan untuk menghasilkan torsi lebih besar karena harus mengangkut beban berat. Dari pengujian Toyota, mesin ini memproduksi daya maksimal 228hp dan torsi puncak 360Nm. Jika dibandingkan langsung dengan produksi mesin lama, perbedaannya tidak signifkan. Mesin lama memproduksi daya maksimal 220hp sementara torsinya lebih besar yaitu mencapai 384Nm. Mengapa begitu? Karena memang bukan itu tujuan utama dari penggantian mesin. Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi bahan bakarnya. Dan faktanya, mesin baru diperkirakan lebih hemat 20%!
Untuk memberi alternatif lain, Toyota menyediakan mesin 4.2 liter enam silinder segaris diesel yang memproduksi 131hp dan torsi 285Nm.
Differential depan dan belakang di hubungkan dengan differential lock yang bisa dipilih secara elektronik mana yang akan di kunci, gardan belakang atau gardan depan dan belakang. Heavy duty suspension terdiri dari per daun di roda belakang dan coil spring di depan. Pickup ini juga bisa melakukan pemindahan sistem pengerak menjadi 4WD pada saat mobil sedang melaju tidak perlu harus berhenti dulu. Kemampuan ini dikenal dengan sebutan shift-on-the-fly.
Selain menyediakan versi short wheelbase dengan 3 pintu yang dikenal sebagai Capsula Wagon dan dipasarkan di Oman, Land Cruiser pickup juga menyediakan versi long-wheel base lima pintu yang disebut juga LC76. Versi ini banyak dipasarkan di Australia.
^^
ow 1GR-FE? menarik nih jd bnyk toyota yg pke mesin itu.. dri fjcruiser sampe prado haha.... sukses juga tu mesin.
tp tetep demen yg diesel ane sih haha.. klw dieselnya 4.2ltr 131hp beati mungkin 1HZ non turbo non ecu "non ribet",tempel turbo biar stara VX80 nyam nyam....
head to headnya klw defender jarang d pke di tambang yah.. g tw knp.. lebih bnyk malah d pke hobbys dan instansi tertentu kyanya di indo juga jarang sih pkenya dcab hehe... mungkin memang realiblenya masih kalah dri toyota baik durabilitas dan maintenace....
ummm mestinya lebih murah dri defy sih.. "mustinya yah" soalnya cbu dri jepang yang "katanya" bea 0% karna import dri jepang, maksudnya apa yah? ada yg tw?
klw saingan dgn hilux.. ummm 70 ada dcabnya g yah? klw tdk kyanya g akan saling makan, lagian orang yg ga tw pasti milih hilux secara lebih nyaman ifs, fitur juga lebih mewah, bentuk lebih manis,engine lebih kuat (klw iya 1hz) hehe... bisa juga karna hilux blm bisa nyaingin triton dan ranger d pasar fleet jadi dia masukin senjata pamungkasnya... ckckck ntar nissan masukin patrol rame dah.. haha
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Modifikasi lain adalah crane untuk menarik peralatan berat sampai 3 ton, mesin diesel 3.0 D-4D tetap standar namun menggunakan bahan bakar jet 1A, oli khusus, suspensi depan dan belakang, sistem pemanas, bumper khusus, dan ban berukuran besar.
Ke kutub utara body suspensi di modif...tapi mesin standar.
Penasaran...
Kira-kira perkebunan dan pertambangan mana yah di daerah gw yg tega nyemplungin pickup seharga 400an jt ke lokasi buat angkut2, secara Triton gls dan ranger xlt 3 ltr aja masih masuk ke lv manager.
btw kemarin deket rumah gw ada pajero gen2 ngumpul banyak bngt... tp kyanya sih bukan klub atw apa soalnya beberapa hari diem drumah situ....bsknya ilang semua, kyanya di siapin bwat di bawa kmn deh.. hehe
wah, kayaknya buat dibawa ke kebon tuh.. udah makin jarang gen 2 sekarang..
Modifikasi lain adalah crane untuk menarik peralatan berat sampai 3 ton, mesin diesel 3.0 D-4D tetap standar namun menggunakan bahan bakar jet 1A, oli khusus, suspensi depan dan belakang, sistem pemanas, bumper khusus, dan ban berukuran besar.
Ke kutub utara body suspensi di modif...tapi mesin standar.
hehe iya 1kd juga...penerus 1kz-te mantaap... bru bisa nyicip 1kz-tenya nih...
itu untuk katagori engine canggih tp tetep klw durable lebih demen 1HZ uda lebih dri 20thn masih eksis dan jauh lebih simple...
btw ntu uda pke bahan bakar jet pakai pemanas solar kyanya bukan standarnya deh..btw memang mesin std bisa langsung di masukin bahan bakar jet? ini diesel kan? boil bensin yg pke avgas juga bru optimal klw uda masuk oprekan berat kompresi tinggi ecu jg hrs di rubah.. gtw klw diesel bru denger nih.. mungkin aditif biar g beku kli yah...
hehe marketingnya bikin artikel suka ada ada aja.. haha tp keren tu dandananya yah... 38" hmmmm
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
cokino wrote:Penasaran...
Kira-kira perkebunan dan pertambangan mana yah di daerah gw yg tega nyemplungin pickup seharga 400an jt ke lokasi buat angkut2, secara Triton gls dan ranger xlt 3 ltr aja masih masuk ke lv manager.
Btw...bentuknya koq kayak kijang lama ya ?
ni di papua om
staternya bisa jadi lebih mahal tp umur pakainya bisa 2x lipat dcab dll..... hehe
hehe
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
haha cucok om.. bwat di jadiin angkot haha.. apalg yg pintunya geser tuh maknyuss...
skrng di bandung RS mana gtu ambulancenya pke LC70 di atas.. dasyat pisan.... sering lihat hehe...
tp klw yg facelift gtu blm ada yah di sini?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
@billy
Kalo yg wagon sihh...discovery dan vx100 jg ada yg buat perkebunan. Terakhir malah H3 ada yg buat kekebun, tapi kan yg make boss2nya minimal general manager lah. Maksud ane...itukan LC pickup, biasanya pickup identik dipake oleh low level management.
Di kabupaten muba sumsel ada jg ambulance nya yg make lc70 mesin diesel. Malah rumah sakit kusta disini make lc70 yg bensin. Muanteb minumnya....hahahaha
@gmx
Iya boss...gen2 sekarang mulai banyak berkeliaran didaerah gw baik utk tambang dan kebun. Memang lebih manteb gen2 daripada d cab buat masuk lumpur asal kuat ngasi minumnya aja. Terakhir gw coba full 4LLc sekitar 1:3 - 1:4 lah.