egon wrote:bro2 kayanya velg belum dibahas yah?
velg apa yang recommended untuk garok tanah ato velg tipe yang gimana yang tahan siksaan??

klw bicara yang "paling bagus" sih yg paling sip yang bahan billet, biasanya buatan AS, macam mickeythompson ARW,Walker Evans dll gtu..ini kuatt dan ringan cuma yah harganya jgn di tanya.. 1 biji bisa di atas 2jt yg non baedlock dan klw saya pribadi sih ga tega pelk 2jt> lebih d rendem2 di lumpur apalgi di gesek kebatu meskipun kuat juga.. hahaha...
pelek walker evans di luarnya aja ud $325/pc blm ongkir kesini haha..
alternatifnya pakai pelek kaleng oem mobil... yg paling populer dri taft yg "dobel pinggang" maksudnya lekuk nya ada 2 jadi lebih lebar,walau pun tetep hanya sekitar 15x7, sedangkan yg biasa 15x6, pelek jimun dll jg ok walau lebarnya skitar itu jg.klw pcd toyota 139x6 biasanya sih yg bagus dri nissan patrol modelnya kya L-star, atw dri VX standar, umm dri blazer jg klw g salah ada yg kaleng. klw 114x5 cherokee yg popular copotan TJ sahara dan country tp harganya rada mahal ini sih.. lebarnya 15x7
umumnya pelek kaleng lebarnya hanya <7" tp keuntungan pelek kaleng bisa di modif tu pelek, mulai dri di lebarin ganti PCD, sampai pasang beadlock... selain itu kuat ga bakal pecah, paling penyok, dan klw penyok bisa di ketok kembali ke bentuk asal..
tp kelemahannya klw uda di oprek gini akibatnya tu pelek jd sulit di balance apalgi yg pakai baedlock.. jd klw sudah di modif2 gini peleknya uda aja buat di pasang ban Xtremen yg turun bwat oprut aja hehe.. bukan bwat di aspal.. selain itu bobotnya cukup berat, walau pun terus terang klw uda di tempel di mobil sih g bgtu kerasa yah... kerasanya waktu masang ban aja hehe..
selain yang copotan mobil,dulu ada L-star ini juga terbuat dari kaleng dan di andalkan untuk oprut, skrng mulai ada lagi aftermarket taiwan yg buat pelek kaleng gini... mulai dri yg model L-star sampai American Wheel.. ini juga bisa di andalkan jauh lebih kuat dri yg alloy
selain pelek kaleng yg bisa di andalkan pelek alloy tp yg OEM bawaan mobil, memang lebar dan offsetnya biasanya standar juga, tp biasanya jauh lebih kuat dibanding pelek2 alloy yg lokal atw taiwan... dan tetep lebih ringan di banding kaleng, biasanya klw pakai ban besar sering mentok klw belok ngakalin pling di pasang adapter aja..
klw pelek replika yg alloy kebanyakan mending di hindarin tapi bukan bearti semua g baik yah..., biasanya mudah sekali pecah dan baret.... memang selama g kontak sama batu sih aman aja... tp bgtu kena batu langsung deh bocel hehe... untungnya ban SUV kan besar2 jd jarang langsung nyium ke pelek... hehe gw pke "dick cepek" replika skrang baut2 hiasanya uda hilang 3 biji... ck ckck.. blm baret2nya haha..
klw kepaksanya pke pelek replika alloy gini satu satunya jalan ya hars menilai dri fisik model dan harganya... mungkin kya ukuran bibirnya mungkin lebih ideal yg ada aksesoris beadlocknya, lalu spokenya yg tebel2.. hehe...
smoga membantu
