Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
@tuff : kalo sekarang gak ganti2 lagi sih om. awalnya ni motor pake castrol power one. trus sempet pake top 1. tapi cuma 2 kali. trus balik lagi ke castrol, sekarang da 1/2 taon pake shell adv. kemaren ceritanya olinya kehabisan stok. mw coba motul duitnya kurang. terpaksa pake repsol. gitu lho om ceritanya.
btw, kalo sampe sludge, part apa aja yg dihajar? kemungkinan terburuk akibat sludge apa bisa sampe rontokin mesin? mohon pencerahannya om.
btw, kalo sampe sludge, part apa aja yg dihajar? kemungkinan terburuk akibat sludge apa bisa sampe rontokin mesin? mohon pencerahannya om.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
mesran super tu emang speknya bisa untuk kopling basah, jadi kalo motor jadul (supra, grand, vega, shogun lama, gl, tiger, megapro, dll) bisa pake itu. tapi oli sekarang beda formulasinya, yang penting kalo untuk motor kopling basah harus sesuai. kalo pake formulasi khusus mobil, pasti selip terutama kalo mesin dah panas. kalo dipake biasa, gak terasa. tapi coba, di putaran atas, di top gear. ditekan koplingnya, gas ditarik penuh, terus dilepas lagi koplingnya. kalau oli bagus langsung diam, rpm kembali ke semula, motor menhghentak, tapi kalo oli gak sesuai, pasti mesin rpmnya naik meski ntar balik lagi ke rpm semula (catatan, kondisi kopling masih bagus).sjamsul wrote:elama ini sih ga pernah terjadi tuh........ krn ane udah pernah coba berbagai macam oli mobil ke spd mtr........ yg penting specnya aja sesuai peruntukkannya, maksudnya oli mobil yg buat mesin klo dipake pada mesin spd motor itu ga masalah, misalkan mtr bebek pake oli mobil mesran super sae 20W-50.....
kalo matik, gak masalah pake oli motor ato mobil, yang penting spek kekentalannya sesuai.
sludge jarang kebentuk kalo oli secara periodik diganti, apalagi pada motor yang 2000-4000 km diganti. paling ada sedikit yang kaya gel di dasar mesin, itu juga ikut terbuang biasanya ketika ganti oli. kalo oli dipake terus2an, n cuma ditambah kalo berkurang, nah pasti kebentuk sludge. rata2 dialami pemilik kendaraan umum yang males ganti oli, cuma nambahin volume oli yang nguap aja. oli merk tertentu kalo diperlakukan kaya gini ada yang sedikit sludgenya, ada juga yang parah, silakan liat forum2 lain, byk yang mengatakan oli A paling cepat bikin sludge, oli B.... dst,
jika ada sludge, untuk sepeda motor yang pertama terserang komponen di kepala silinder, seperti camshaft dan rocker arm, trus sering overheat, n selanjutnya pompa oli cepat aus,
untuk mesin bawah relatif aman, coz motor umumnya pake ball ato needle bearing, jadi tetep bisa kemasukan oli. piston juga relatif aman, karena pelumasannya terbantu percikan komponen disekitarnya.
beda dengan mobil, bantalannya menggunakan metal, n mensyaratkan oli encer agar mampu mengisi celah antara metal dengan crank journal ato crank pin. kalo sampe mampet, ya udah, silakan turun mesin, undersize,
kalo cari yang paling sedikit tingkat pemalsuannya, pake idemitsu aja. ni oli dh teruji, harga bersahabat, n belum banyak ato malah belum ada palsunya. banyak macamnya, n gampang diperoleh. n jgn lupa, hbs pake oli, dirusak kemasannya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
@cloud: thanks infonya bro... berarti intinya kembali ke interval pergantian oli ya bro.




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
Tuh, ahlinya dah bersabda. Ganti oli berikutnya pake AHM ah. Tapi rada khawatir juga, soalnya SAE10W30.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
- Location: Where the sunshine on me...
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
TUFF Stough wrote:Pertanyaan yang dijawab sendiri.KIOS3R wrote:wiw pake zymol, katanya nggak mau pake oli mahal![]()
@ om Tuff : btw knp bisa sludge om? kalo nggak dicampur bukannya gpp ya? even ada beberapa oli yang boleh dicampur, atau sludge karena bentrok aditiv nya?Sludge itu cuma contoh ekstrimnya aja. Selama gonta-gantinya masih dalam batas kewajaran, harusnya butuh waktu yang lama untuk jadi sludge. Kalo sering gonta-ganti oli, baiknya durasi penggantian filter oli juga dipercepat.
Motor ane sekarang masih pake Castrol yang iklannya CR7, belum 2000km tapi performanya biasa2 ajah. Masih nyari2 juga neh.
wekekek,, kan cm berdasar logika asal asalan saya aja bro,,,
kalo masalah ganti filter sih tiap ganti oli saya pasti ganti filter

sbenernya ane gak mau sih ganti2 oli, tp apa daya, suka gatel kalo liat orang jual bodo, pasti beli, akhirnya mo nyari yg sama malah susah,,, mungkin kalo oli dirumah udh abis, bakal stay pake 1 merk yang belom ane tentukan apa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
kan kgk semua motor punya filter oli yang terpisah kyk mobil gitu... jadi gmn dnk tuh????
kalo pun ada setau ane harus buka bagian kanan mesin ( sebelah pedal rem belakang )
kalo pun ada setau ane harus buka bagian kanan mesin ( sebelah pedal rem belakang )
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
@Mario, untuk produk suzuki kayaknya filter olinya ada di luar, jadi gak perlu buka mesin segala. Hanya saja untuk shogun yg baru, pemasangannya rawan terbalik karena antara sisi satu dan lainnya relatif mirip. Bukan begitu om stuff 

...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
eNeR wrote:@Mario, untuk produk suzuki kayaknya filter olinya ada di luar, jadi gak perlu buka mesin segala. Hanya saja untuk shogun yg baru, pemasangannya rawan terbalik karena antara sisi satu dan lainnya relatif mirip. Bukan begitu om stuff
kalo suzuki yang lama kyknya masih belom deh..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
thanks bro buat penjelasannya...... ane jadi nambah elmu nih.......Cloud wrote:mesran super tu emang speknya bisa untuk kopling basah, jadi kalo motor jadul (supra, grand, vega, shogun lama, gl, tiger, megapro, dll) bisa pake itu. tapi oli sekarang beda formulasinya, yang penting kalo untuk motor kopling basah harus sesuai. kalo pake formulasi khusus mobil, pasti selip terutama kalo mesin dah panas. kalo dipake biasa, gak terasa. tapi coba, di putaran atas, di top gear. ditekan koplingnya, gas ditarik penuh, terus dilepas lagi koplingnya. kalau oli bagus langsung diam, rpm kembali ke semula, motor menhghentak, tapi kalo oli gak sesuai, pasti mesin rpmnya naik meski ntar balik lagi ke rpm semula (catatan, kondisi kopling masih bagus).sjamsul wrote:elama ini sih ga pernah terjadi tuh........ krn ane udah pernah coba berbagai macam oli mobil ke spd mtr........ yg penting specnya aja sesuai peruntukkannya, maksudnya oli mobil yg buat mesin klo dipake pada mesin spd motor itu ga masalah, misalkan mtr bebek pake oli mobil mesran super sae 20W-50.....
kalo matik, gak masalah pake oli motor ato mobil, yang penting spek kekentalannya sesuai.
sludge jarang kebentuk kalo oli secara periodik diganti, apalagi pada motor yang 2000-4000 km diganti. paling ada sedikit yang kaya gel di dasar mesin, itu juga ikut terbuang biasanya ketika ganti oli. kalo oli dipake terus2an, n cuma ditambah kalo berkurang, nah pasti kebentuk sludge. rata2 dialami pemilik kendaraan umum yang males ganti oli, cuma nambahin volume oli yang nguap aja. oli merk tertentu kalo diperlakukan kaya gini ada yang sedikit sludgenya, ada juga yang parah, silakan liat forum2 lain, byk yang mengatakan oli A paling cepat bikin sludge, oli B.... dst,
jika ada sludge, untuk sepeda motor yang pertama terserang komponen di kepala silinder, seperti camshaft dan rocker arm, trus sering overheat, n selanjutnya pompa oli cepat aus,
untuk mesin bawah relatif aman, coz motor umumnya pake ball ato needle bearing, jadi tetep bisa kemasukan oli. piston juga relatif aman, karena pelumasannya terbantu percikan komponen disekitarnya.
beda dengan mobil, bantalannya menggunakan metal, n mensyaratkan oli encer agar mampu mengisi celah antara metal dengan crank journal ato crank pin. kalo sampe mampet, ya udah, silakan turun mesin, undersize,
kalo cari yang paling sedikit tingkat pemalsuannya, pake idemitsu aja. ni oli dh teruji, harga bersahabat, n belum banyak ato malah belum ada palsunya. banyak macamnya, n gampang diperoleh. n jgn lupa, hbs pake oli, dirusak kemasannya.
btw ane mau sdikt nanya nih, di mtr bebek yg ane pake, saat pindah dari gigi 3 ke 4 dg rpm yg cukup tinggi, mtr ga mau melaju (untuk beberapa saat), setelah itu baru mau melaju lg... Apakah ini yg disebut slip ?. Mohon pencerahannya.......thanks.....
Catatan:
oli mesin pake Motul yg ada tulisan Jaso..... yg katanya khusus buat sepeda motor.........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
Lhah, om sjam, kok kaSusnya sama dgku, kadang kalo digas malah berhentisjamsul wrote:thanks bro buat penjelasannya...... ane jadi nambah elmu nih.......Cloud wrote:mesran super tu emang speknya bisa untuk kopling basah, jadi kalo motor jadul (supra, grand, vega, shogun lama, gl, tiger, megapro, dll) bisa pake itu. tapi oli sekarang beda formulasinya, yang penting kalo untuk motor kopling basah harus sesuai. kalo pake formulasi khusus mobil, pasti selip terutama kalo mesin dah panas. kalo dipake biasa, gak terasa. tapi coba, di putaran atas, di top gear. ditekan koplingnya, gas ditarik penuh, terus dilepas lagi koplingnya. kalau oli bagus langsung diam, rpm kembali ke semula, motor menhghentak, tapi kalo oli gak sesuai, pasti mesin rpmnya naik meski ntar balik lagi ke rpm semula (catatan, kondisi kopling masih bagus).sjamsul wrote:elama ini sih ga pernah terjadi tuh........ krn ane udah pernah coba berbagai macam oli mobil ke spd mtr........ yg penting specnya aja sesuai peruntukkannya, maksudnya oli mobil yg buat mesin klo dipake pada mesin spd motor itu ga masalah, misalkan mtr bebek pake oli mobil mesran super sae 20W-50.....
kalo matik, gak masalah pake oli motor ato mobil, yang penting spek kekentalannya sesuai.
sludge jarang kebentuk kalo oli secara periodik diganti, apalagi pada motor yang 2000-4000 km diganti. paling ada sedikit yang kaya gel di dasar mesin, itu juga ikut terbuang biasanya ketika ganti oli. kalo oli dipake terus2an, n cuma ditambah kalo berkurang, nah pasti kebentuk sludge. rata2 dialami pemilik kendaraan umum yang males ganti oli, cuma nambahin volume oli yang nguap aja. oli merk tertentu kalo diperlakukan kaya gini ada yang sedikit sludgenya, ada juga yang parah, silakan liat forum2 lain, byk yang mengatakan oli A paling cepat bikin sludge, oli B.... dst,
jika ada sludge, untuk sepeda motor yang pertama terserang komponen di kepala silinder, seperti camshaft dan rocker arm, trus sering overheat, n selanjutnya pompa oli cepat aus,
untuk mesin bawah relatif aman, coz motor umumnya pake ball ato needle bearing, jadi tetep bisa kemasukan oli. piston juga relatif aman, karena pelumasannya terbantu percikan komponen disekitarnya.
beda dengan mobil, bantalannya menggunakan metal, n mensyaratkan oli encer agar mampu mengisi celah antara metal dengan crank journal ato crank pin. kalo sampe mampet, ya udah, silakan turun mesin, undersize,
kalo cari yang paling sedikit tingkat pemalsuannya, pake idemitsu aja. ni oli dh teruji, harga bersahabat, n belum banyak ato malah belum ada palsunya. banyak macamnya, n gampang diperoleh. n jgn lupa, hbs pake oli, dirusak kemasannya.
btw ane mau sdikt nanya nih, di mtr bebek yg ane pake, saat pindah dari gigi 3 ke 4 dg rpm yg cukup tinggi, mtr ga mau melaju (untuk beberapa saat), setelah itu baru mau melaju lg... Apakah ini yg disebut slip ?. Mohon pencerahannya.......thanks.....
Catatan:
oli mesin pake Motul yg ada tulisan Jaso..... yg katanya khusus buat sepeda motor.........
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
ya itu selip tapi masih dalam batas toleransi, ntar mau jalan lagi. kalo kelamaan mesin meraung tapi enggak jalan2 ya itu selipnya harus dicek di sekitar kopling (kalo spek oli sesuai). rata2 motor sekarang emang gitu, misal jupiter z yang baru, cuma dikit kampasnya (2), n pake diafragma pula, jadi gak segalak jupiter z lama yang kampasnya lebih banyak n pake pegas spiral.sjamsul wrote:btw ane mau sdikt nanya nih, di mtr bebek yg ane pake, saat pindah dari gigi 3 ke 4 dg rpm yg cukup tinggi, mtr ga mau melaju (untuk beberapa saat), setelah itu baru mau melaju lg... Apakah ini yg disebut slip ?. Mohon pencerahannya.......thanks.....
kalo untuk honda, supra 125 agak sedikit selipnya, begitu pula yang 110, relatif bagus. suzuki generasi shogun 110 sering selip, generasi smash n shogun 125 felatif bagus. motor sport relatif bagus semua, hanya kalo pas panas, beberapa ada yang mengeluhkan sedikit selip (ketika habis melepas kopling di rpm tinggi pada top gear), seperti tiger, pulsar, n scorpio, n kemungkinan bisa juga untuk yang lain, tapi masih dalam batas toleransi.
kalo di kopling ganda bebek, emang biasanya ada jeda seperti selip kopling, soalnya mekanisme pembalik penekan koplingnya murni mengandalkan pegas, jadi kekuatan pegas ada batasnya (berjeda), beda dengan yang murni ditarik tangan (full clutch), langsung bisa lengket ketika melepas tuas kopling.
kalo mau meningkatkan performa, bisa dengan memperkeras per spiral/diafragma. untuk harian cukup diganjal ring 1-2 mm, yang penting masih ada batas main pernya. bisa juga pake aftermarket ato produk racing, ato kanibal dari motor lain. kalau pake kampas n pelat racing, per harus lebih keras, pake per yang racing juga. tarikan lumayan bagus, namun penekanan persneling jadi lebih keras.
per pembalik di tuas persneling juga dibuat lebih keras agar hasil lebih maksimal, caranya bisa dengan diganti ato cara murah, cukup dengan membengkokkan ujungnya sehingga lebih terpuntir (lebih keras).
tapi buat harian sih, standar sudah cukup, lagipula kalo mo buat kenceng2an ngapain pake motor standar, gak ada yang kencang kalo diliat dari potensi tenaga yang bisa dihasilkan. kalo mo kencang, sekalian aja dirombak n turun di sirkuit,
toh jalanan bukan ajang kebut2an, ratusan ribu nyawa melayang karena kecelakaan lo, melebihi perang, hiii.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
^^
thanks bro buat penjelasannya......
thanks bro buat penjelasannya......

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
mungkin ada yg ga bener ner........eNeR wrote: Lhah, om sjam, kok kaSusnya sama dgku, kadang kalo digas malah berhenti

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Jan 11, 2011 0:41
- Location: Bandung
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
Pake Oli F8 Nano Technology ajaeNeR wrote:Sudah lama nih gak maen disini, hehehe
langsung aja dah, ni aku mo minta bantuan pada kalian semua, oli motor yg bagus merk apa ya?
untuk info, sebelumnya aku memakai oli shell adv vsx 10-40, nah apesnya aku kena tipu oli palsu (udah kukonfirmasikan ke shell). Kan pastinya ada rasa trauma kan? Maka dari itu aku mo ganti oli yg paling jarang dipakai (gak pasaran gt) tp yg bagus. Nah kira-kira ada yg punya ide gak? Kalo aku kepengennya nyoba silkolene, kira2 bagus gak?
Makasih sebelumnya

Nano adalah satu bagian dari satu miliar. Satu nanometer sama dengan satu per miliar meter. Ukuran anggaran 4 kali lebih besar dari ukuran 1 atom dan 1000 kali lebih kecil dari sehelai rambut manusia.
Ilmu Teknologi Nano
Ilmu Teknologi Nano telah menukar revolusi ilmu. Ilmu Teknologi Nano telah menukar hampir semua bidang perobatan,automobil hingga objek di luar imajinasi kita. Terdapat banyak informasi dan penelitian tentang teknologi nano yang bisa didapatkan di berbagai website aplikasinya dalam dunia perobatan,automobil dan berbagai produk.
Untuk Motor :
8 Keunggulan U.S.A Nano Technology Oli Motor F8
1. Mesin motor lebih mudah dihidupkan dalam kondisi suhu dingin
2. Memberikan perlindungan mesin lebih optimal
3. Menurunkan suhu mesin dalam waktu 15 menit
4. Mampu bertahan pada suhu panas
5. Meningkatkan tenaga motor hingga 97% dalam waktu 15 menit
6. Bisa digunakan hingga jarak tempuh 5000 km (tergantung pada cara pemakaian kendaraan)
7. Bisa menghemat bahan bakar kendaraan
8. Mengurangi suara bising kasar akibat gesekan mesin hanya dalam waktu 3 menit
Untuk Mobil :
8 Keunggulan U.S.A Nano Technology Oli MOBIL F8
1. Umur pelumas lebih tahan 3-4 kali dari pelumas biasa,Jarak ganti oli bisa sampai 15.000 km.
2. Menghemat bahan bakar minyak
3. Membersihkan deposit kerak carbon, memberikan perlindungan 5 kali lebih optimal dibanding oli biasa dari keausan mesin.
4. Menurunkan emisi gas buang
5. Meningkatkan tenaga mesin dalam waktu 15 menit
6. Mengurangi kebisingan
7. Temperatur mesin lebih dingin
8. Aman dan ramah lingkungan
Klo mau pesen PM aja ya

mari kita Hijaukan Bumi ini
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
petronas mach-5 (harusnya buat mobil)
tapi perasaan lebih enak daripada syntium-nya
terakhir udah pake motul 5100, bandel.
oli mahal bukan jaminan, misalnya motul 300v, gak cocok untuk dipake harian.
tapi perasaan lebih enak daripada syntium-nya
terakhir udah pake motul 5100, bandel.
oli mahal bukan jaminan, misalnya motul 300v, gak cocok untuk dipake harian.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
Kalo tinggal di Jkt, beli oli Sh*ll bisa di SPBUnya langsung. Jadi engga kena kepalsuan...eh...kena oli palsu....
Yang ane agak heran, pernah nih motor bebek ane ngga ganti oli 7000km, kbtln pas make Sh*ll Adv Ultra. Waktu sekira 1000 km menjelang km 7000, dari arah dalam posisi pangkal drive sprocket, ada suara kletek2 gitu kalo rpm idle en mesin mulai panas.
Habis itu, ane ganti End*ro 4T Racing. Kletek2nya mulai muncul kalo mesin udh panas waktu dipanasin pagi2... Sumbernya masih sama....posisi standar tengah. Trus bunyi kalo idle tapi standar samping..
Kenapa ya?
Yang ane agak heran, pernah nih motor bebek ane ngga ganti oli 7000km, kbtln pas make Sh*ll Adv Ultra. Waktu sekira 1000 km menjelang km 7000, dari arah dalam posisi pangkal drive sprocket, ada suara kletek2 gitu kalo rpm idle en mesin mulai panas.
Habis itu, ane ganti End*ro 4T Racing. Kletek2nya mulai muncul kalo mesin udh panas waktu dipanasin pagi2... Sumbernya masih sama....posisi standar tengah. Trus bunyi kalo idle tapi standar samping..
Kenapa ya?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Thu Feb 26, 2009 3:43
- Location: Jakarta
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
Tetep Shell - beli di SPBU (eh memang tinggal dimana?)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 147
- Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
jupiter z '08 pake yamalube yg gold minta ganti pd 1000km+ trs ganti ke castrol power1 minta ganti jg 1000km+
skr pake motul 5100 uenak tenan sampe 2000km blm minta ganti...
skr pake motul 5100 uenak tenan sampe 2000km blm minta ganti...
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Jun 23, 2011 0:45
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
permisi saya newbie disini dan sekalian numpang tanya kalo oli buat motor matik yg bagus apa yah...??
enak buat harian ama touring
enak buat harian ama touring

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
coba liat aja anjuran di buku serpisnya bro..... merk apapun ga masalah, yg penting gantinya teratur n kekentalannya sesuai dg anjuran pabrik.....WilmanMx wrote:permisi saya newbie disini dan sekalian numpang tanya kalo oli buat motor matik yg bagus apa yah...??
enak buat harian ama touring

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
Yang ane bold....AbahF8 wrote:
Pake Oli F8 Nano Technology aja![]()
Untuk Motor :
8 Keunggulan U.S.A Nano Technology Oli Motor F8
1. Mesin motor lebih mudah dihidupkan dalam kondisi suhu dingin
2. Memberikan perlindungan mesin lebih optimal
3. Menurunkan suhu mesin dalam waktu 15 menit
4. Mampu bertahan pada suhu panas
5. Meningkatkan tenaga motor hingga 97% dalam waktu 15 menit
6. Bisa digunakan hingga jarak tempuh 5000 km (tergantung pada cara pemakaian kendaraan)
7. Bisa menghemat bahan bakar kendaraan
8. Mengurangi suara bising kasar akibat gesekan mesin hanya dalam waktu 3 menit
Klo mau pesen PM aja ya
5000 km itu batas maksimum atau tolerance +/- ?
Saya pakai adv Ultra untuk Revo100cc, bisa sampai 7000 - 8000 km, kondisi sering berpanas2 en bermacet sinting a la Jakarta...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
mau nanya oli f8 itu:
3. menurunkan suhu panas dalam waktu 15 menit maksudnya bagaimana? suhu nya turun ke berapa?
5. Meningkatkan tenaga motor hingga 97% dalam waktu 15 menit, mohon penjelasan. apa tenaga nya jadi bagus cuma utk 15min atau nunggu 15min lalu tenaga nya nambah 97%? 97% dari hitungan horsepower atau gimana?
3. menurunkan suhu panas dalam waktu 15 menit maksudnya bagaimana? suhu nya turun ke berapa?
5. Meningkatkan tenaga motor hingga 97% dalam waktu 15 menit, mohon penjelasan. apa tenaga nya jadi bagus cuma utk 15min atau nunggu 15min lalu tenaga nya nambah 97%? 97% dari hitungan horsepower atau gimana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
Saya pernah motor mogok, nggak bisa di start. Menurut mekanik kompresi hilang.
dibuka, sekeliling kepala piston ada sludge coklat kentel. Di kepala piston ada kerupuk keperakan...carbon yang tebal.
itu karena bensin eceran tercampur minyak tanah, atau olinya yang jelek?
dibuka, sekeliling kepala piston ada sludge coklat kentel. Di kepala piston ada kerupuk keperakan...carbon yang tebal.
itu karena bensin eceran tercampur minyak tanah, atau olinya yang jelek?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Tolong bantu pilih oli buat motor
IMO, carbon tebal itu gara2 sampeyan selalu isi premium.ilhami wrote:Saya pernah motor mogok, nggak bisa di start. Menurut mekanik kompresi hilang.
dibuka, sekeliling kepala piston ada sludge coklat kentel. Di kepala piston ada kerupuk keperakan...carbon yang tebal.
itu karena bensin eceran tercampur minyak tanah, atau olinya yang jelek?
Kalau timbul sludge, itu karena demen gonta ganti oli, tapi interval penggantiannya jarang jarang ganti...
CMIIW yaa....!

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "