Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mau tanya ni Rekans,, Ane pake Ipah VVTi A/T 2010 udah jalan 12 ribu Km.... Awal2 sampe 5000 km si BBM pake Oplosan Premium sama Pertamax 92... Lewat 5000 Km sampai sekarang pakai Pertamax 92 Terus.... Kondisi mobil sudah pakai Piggyback Dastek Q... sekarang ini dirasakan kalau lg jalan siang2 panas2 disekitaran 2000 RPM suka terdengar bunyi ngelitik/knocking...
Kira2 sudah harus di Carbon Clean/Engine Conditioning ndak ya? atau cuma perlu di re-tune aja ya Dasteknya? pertimbangannya kalau di re-tune dasteknya timing pengapiannya harus dimundurin dong ya? Jd mengurangi performance tarikannya.....
Menurut RR lebih baik CC/EC atau re-tune dastek aja ya? Mohon petunjuk Suhu2 disini......
bukannya si dasteknya biasa punya beberapa setingan pengapian yang disesuaikan ama bensin yg dipakai ya.
jadi misalkan pake premium tinggal pindahin ke settingan premium dsb
aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...
makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..
Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak
scorpio wrote:bukannya si dasteknya biasa punya beberapa setingan pengapian yang disesuaikan ama bensin yg dipakai ya.
jadi misalkan pake premium tinggal pindahin ke settingan premium dsb
di mobil TS ada settingan seperti itukah??
Ada Om... tapi kan ane pake BBM nya yg Ron 92 terus.... udh ga pernah pake Ron 88 lg..... MAP skrg yg dipake si udh sesuai dgn BBm yg dipake... dan ngelitiknya cuma disekitaran RPM 2000 aja.... justru di RPM 1000 - 2000 ga ngelitik....
AD74YA wrote:aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...
makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..
Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak
CMIIW
Busi ane udah pake Denso Irridium om,, Air filter JFC,, sama CAI....
Oya? Jd ga disarankan dong pake piggyback untuk Long Life mesinnya ya?
Kalau Timing pengapian disekitaran 2000 RPM nya bisa dimundurin tapi kan ya?
sedangkan mengenai CC/EC berarti tidak disarankan ya untuk mileage 12000 km ini ya om?
AD74YA wrote:aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...
makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..
Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak
CMIIW
Busi ane udah pake Denso Irridium om,, Air filter JFC,, sama CAI....
Oya? Jd ga disarankan dong pake piggyback untuk Long Life mesinnya ya?
Kalau Timing pengapian disekitaran 2000 RPM nya bisa dimundurin tapi kan ya?
sedangkan mengenai CC/EC berarti tidak disarankan ya untuk mileage 12000 km ini ya om?
Tune up biasanya dilakukan kalo udah 30ribu keatas, dan Carbon clean biasanya lewat 50 ribu atau 5 tahun lebih..
Betul piggyback sebenrnya memperpendek komponen mesin standar karena pengapian dan segala macam sudah di set secara presisi..
Kalau sudah ganti businya coba bersihkan air filternya... Modelnya JFC open air atau replacement?
AD74YA wrote:aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...
makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..
Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak
CMIIW
Busi ane udah pake Denso Irridium om,, Air filter JFC,, sama CAI....
Oya? Jd ga disarankan dong pake piggyback untuk Long Life mesinnya ya?
Kalau Timing pengapian disekitaran 2000 RPM nya bisa dimundurin tapi kan ya?
sedangkan mengenai CC/EC berarti tidak disarankan ya untuk mileage 12000 km ini ya om?
Tune up biasanya dilakukan kalo udah 30ribu keatas, dan Carbon clean biasanya lewat 50 ribu atau 5 tahun lebih..
Betul piggyback sebenrnya memperpendek komponen mesin standar karena pengapian dan segala macam sudah di set secara presisi..
Kalau sudah ganti businya coba bersihkan air filternya... Modelnya JFC open air atau replacement?
Replacement om... terakhir dicuci sekitar 5000 km yg lalu barengan ama ganti oli... pas di 4000 km udh ane puter si biar kotornya rata.. emang udh mulai kotor, tapi masih bisa tembus cahaya kok kalo dilihat... emang kalo filter kotor bisa jd penyebab ngelitik juga ya?
"Replacement om... terakhir dicuci sekitar 5000 km yg lalu barengan ama ganti oli... pas di 4000 km udh ane puter si biar kotornya rata.. emang udh mulai kotor, tapi masih bisa tembus cahaya kok kalo dilihat... emang kalo filter kotor bisa jd penyeba. ngelitik juga ya?"
Nah ini baru.. Semua optimal tapi ngelitik... Bbm bagus berarti fuel pump sehat.. Lagian masih 12 ribu..
Hmm.. Coba saya sercing2 dulu ya...
Airfilter kotor, busi aus, sulfur bbm tinggi, semua bisa bikin ngelitik..
Ane coba pantau seminggu ini dulu deh.... kalau memang ternyata masi ngelitik ane mau coba re-tune dastek nya dulu aja kali yee,, minta dimundurin timing pengapian disekitar 2000 RPM nya...
vigoderoza wrote:Ane coba pantau seminggu ini dulu deh.... kalau memang ternyata masi ngelitik ane mau coba re-tune dastek nya dulu aja kali yee,, minta dimundurin timing pengapian disekitar 2000 RPM nya...
Nanti ane report disini lg deh kelanjutannya...
Thanks Bro AD74YA untuk input2nya....
Hoo sama2 oom sori blom bisa bantu banyak.. coba saya tanya sama temen2 di forum2 luar siapa tau bisa bantu ya..