Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Cuma mau menjelaskan fitur aneh aja, bro. Sering terkait dengan budaya stempat yang lain dengan budaya kita.
Contohnya, tempat duduk belakang tengah di Subaru MY 2011 bisa dilipat tanpa perlu melipat tempat duduk kiri kanan. Maksudnya untuk tempat alat ski. Fitur ini niru SAAB dan Volvo. Gak gitu manfaat di Indonesia.
Yang saya binun fitur ini : lampu dashboard (spidometer) nyala terus. Dulu nyala seiring menyalakan lampu luar aja. Sekarang tiap bulan ada aja kejadian malam2 lampu depan lupa dinyalakan. Apalagi kalau lewat jalan yg lampu penerangannya bagus.
asudarsono wrote:Cuma mau menjelaskan fitur aneh aja, bro. Sering terkait dengan budaya stempat yang lain dengan budaya kita.
Contohnya, tempat duduk belakang tengah di Subaru MY 2011 bisa dilipat tanpa perlu melipat tempat duduk kiri kanan. Maksudnya untuk tempat alat ski. Fitur ini niru SAAB dan Volvo. Gak gitu manfaat di Indonesia.
Yang saya binun fitur ini : lampu dashboard (spidometer) nyala terus. Dulu nyala seiring menyalakan lampu luar aja. Sekarang tiap bulan ada aja kejadian malam2 lampu depan lupa dinyalakan. Apalagi kalau lewat jalan yg lampu penerangannya bagus.
kalo speedo yang seperti itu bukannya namanya optitron ya pak?...
Optitron itu benernya cuma estetika aja, terlihat lebih bagus dan menarik, terus juga bisa dijadikan bagian dari lighting sequence mobil . Ada juga mobil mewah yang ga ikut pake optitron (BMW E90 misalnya)... Untuk mobil yang pake optitron biasa untuk lampu kota ada indikatornya (gambar 2 lampu saling berlawanan arah ke kiri dan ke kanan). Dibiasakan lihat indikator itu aja, gw udah 3 taun pake mobil yang ada optitronnya, sekarang udah terbiasa kok
Kalo masuk terowongan gelap dan parkiran bawah tanah, dengan Optitron gak perlu hidupin lampu kecil untuk melihat indikator2. Atau kalo sore nanggung, terang gak gelap juga nggak - tapi di dalam mobil udah remang2, tidak sulit melihat speedometer. Sangat berguna.
FortunerMan wrote:Kalo masuk terowongan gelap dan parkiran bawah tanah, dengan Optitron gak perlu hidupin lampu kecil untuk melihat indikator2. Atau kalo sore nanggung, terang gak gelap juga nggak - tapi di dalam mobil udah remang2, tidak sulit melihat speedometer. Sangat berguna.
Ini sih bukan fitur aneh, sudah lumrah.
Wah, gw baru tau optitron manfaatnya seperti ini, tapi kalo dilogika lagi, umumnya kan kalo masuk terowongan pasti nyalain lampu kecil agar mobil kita bisa terlihat oleh kendaraan lain, jadi otomatis backlight speedometer ikut nyala biarpun ga pake optitron. Tapi gw suka optitron semata karena faktor estetikanya aja sih .
Peraturan resminya kalo gak salah, kalo masuk terowongan harus hidupkan lampu hazard, bukan lampu kecil. Sama seperti di lapangan parkir bawah tanah...optitron berguna sekali...
FortunerMan wrote:Peraturan resminya kalo gak salah, kalo masuk terowongan harus hidupkan lampu hazard, bukan lampu kecil. Sama seperti di lapangan parkir bawah tanah...optitron berguna sekali...
Wah, kalo itu salah besar bro FM. Hazard cuma boleh dinyalakan dalam keadaan bahaya
Di bagian what to do nya ada tulisan "TURN ON YOUR HEADLIGHTS"
Terus kalo dicari, hazard hanya boleh dinyalakan kalau ada bahaya, your car is disabled, atau kalau ada antrian kendaraan (supaya mobil di belakang melambatkan lajunya). Menjalankan mobil dengan hazard menyala kalau tidak ada bahaya apapun adalah salah di peraturan negara manapun, terutama di jalan multi-lane, karena hazard menyala menyebabkan pengemudi tidak bisa memberi tanda ketika akan berpindah jalur. Di Indonesia banyak yang salah kaprah seperti ini, waktu hujan nyalain hazard, waktu konvoi nyalain hazard, itu yang harus diluruskan
Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
FortunerMan wrote:Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
Kalau saya terlalu gelap, biasanya buka panoramic roof. Di parkiran kalau mau jalan, biasanya saya dim sebentar. Terutama kalau di wilayah lobi (naik turunin penumpang). Juga pakai sein ke kanan (atau ke kiri)
Last edited by asudarsono on Mon Sep 27, 2010 10:31, edited 1 time in total.
FortunerMan wrote:Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
ckk.....si oom ini payah ahh.....ky orang baru aja d SM wkwkwkwkwk
di terowongan tol outer ring yg arah ke PI jg ada tulisannya klo d suruh nyalain lampu waktu d dalem terowongan kok oom
..............................
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
FortunerMan wrote:Salah ya? abis pada begitu kalo di Indonesia - kirain beneran peraturannya begitu wakakakakaka...
Saya gak pernah ngikutin sih...kecuali pake mobil ane yg gak ada optitron...lain kali nggak lagi deh...
Tapi di parkiran bawah tanah sih...berguna optitron...biarpun ada lampu di parkirannya, di dalem mobil tetap gelap...
ckk.....si oom ini payah ahh.....ky orang baru aja d SM wkwkwkwkwk
di terowongan tol outer ring yg arah ke PI jg ada tulisannya klo d suruh nyalain lampu waktu d dalem terowongan kok oom
..............................
Namanya juga ujian SIM nyontek kiri kanan...maklum lah
ammophobia wrote:Optitron itu benernya cuma estetika aja, terlihat lebih bagus dan menarik, terus juga bisa dijadikan bagian dari lighting sequence mobil . Ada juga mobil mewah yang ga ikut pake optitron (BMW E90 misalnya)... Untuk mobil yang pake optitron biasa untuk lampu kota ada indikatornya (gambar 2 lampu saling berlawanan arah ke kiri dan ke kanan). Dibiasakan lihat indikator itu aja, gw udah 3 taun pake mobil yang ada optitronnya, sekarang udah terbiasa kok
SALAH
FortunerMan wrote:Kalo masuk terowongan gelap dan parkiran bawah tanah, dengan Optitron gak perlu hidupin lampu kecil untuk melihat indikator2. Atau kalo sore nanggung, terang gak gelap juga nggak - tapi di dalam mobil udah remang2, tidak sulit melihat speedometer. Sangat berguna.
kl aturan lampu hazard di parkiran basement ?
gw pikir itu mobil2 yg vallet parking aja
tp emg optitron ngebantu bgt, bg gw sih
dlm kondisi apapun lampu meters terangnya sama
Tergantung desainer mobilnya aja sih kalo ane bilang.
Kalo untuk mobil2 yg udah pake auto headlights sih optitron jadinya cuma kosmetik biasa karena kalo mobil masuk terowongan atau basement, headlightsnya otomatis nyala dan lampu2 di dashboard/meter clusternya juga ikutan nyala. Nissan jadul ane aja udah ada ni auto headlights.
Selain keunggulan optitron, ada juga kelemahannya spt kata bro Asudarsono......orang2 yg gak biasa jadi bisa lupa nyalain headlights karena dashboardnya udah terang hehehe......
Yg terang kan cuman instrument cluster aja bro...tombol ac, radio...semua masih gelap biasa jadi sulit juga gak tau lampu udah hidup atau belon.
iya juga kalo udah ada auto headlights emang jadi kosmetik aja. Tapi kalo parkiran bawah tanah yg terang,,,apa iya nyala tuh lampu...soalnya sinar lampu ada, tapi di dalem mobil tetep gelap. Belon pernah ngetes Altis kakak yg udah auto headlight di bawah mall...
optitron ga selalu jadi standar mobil baru... tergantung masing2 design pabrikan. buat saya sendiri optitron ga terlalu penting... speedo juga cuma diliat bensin udah abis belum, wkwkwkwk! lain nya, yaaaa buat menuh2in dash saja. mau gelap mau terang, sami mawon...
poeticmind wrote:optitron ga selalu jadi standar mobil baru... tergantung masing2 design pabrikan. buat saya sendiri optitron ga terlalu penting... speedo juga cuma diliat bensin udah abis belum, wkwkwkwk! lain nya, yaaaa buat menuh2in dash saja. mau gelap mau terang, sami mawon...
hehe, maap wong kampung...
kalo ane mah cuman tempratur dan RPM doang... biar gak ngelewatin red line...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
poeticmind wrote:optitron ga selalu jadi standar mobil baru... tergantung masing2 design pabrikan. buat saya sendiri optitron ga terlalu penting... speedo juga cuma diliat bensin udah abis belum, wkwkwkwk! lain nya, yaaaa buat menuh2in dash saja. mau gelap mau terang, sami mawon...
hehe, maap wong kampung...
kalo ane mah cuman tempratur dan RPM doang... biar gak ngelewatin red line...
gampang... ente pasang beeper di rpm, pas mau red line kan nge-beep... kayak elsape ane dulu...
lagian SL masa pake redline...
Ini emang bukan fitur aneh, cuman nggak kebayang kalau sensor-nya error, bisa2 berakselerasi sendiri... dan jangan dipakai di jalan depan pasar... rem otomatis akan terus bekerja
PARIS, KOMPAS.com  Generasi ketujuh Volkswagen Passat hadir di ajang Paris Motor Show. Selain peningkatan kualitas, desain, performa, dan kenyamanan, Passat terbaru dengan mesin diesel TDI 1,6L ini diklaim merupakan generasi dengan konsumsi bahan bakar paling efisien.
Mesin bertenaga 105 PS ini memiliki paket BlueMotion yang menawarkan modifikasi aerodinamika, teknologi Stop/Start, dan pengisian ulang baterai regeneratif. Hasilnya, konsumsi bahan bakar yang mencapai 24,8 km/liter dengan emisi CO2 hanya 109 g/km atau lebih efisien 18 persen dibanding generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan untuk menempuh jarak 1.600 km dengan tangki diesel terisi penuh.
Mesin diesel lainnya TDI 2.0 L dengan pilihan output tenaga 140 PS dan 170 PS.
Sementara untuk mesin bensin, ada beberapa pilihan, mulai dari TSI 1,4 L bertenaga 122 PS dengan konsumsi bahan bakar 17,2 km/liter dengan emisi CO2 138 g/km. Kemudian ada TSI 1,8 L bertenaga 160 PS, TSI 2,0 L bertenaga 210 PS, dan V6 3,6 L yang bertenaga 300 PS. Semua pilihan mesin tersebut dapat dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis berkopling ganda (DSG), sekaligus differential elektronik XDS yang untuk pertama kalinya tersedia bagi Passat.
Tak hanya soal efisiensi, penampilan Passat juga mendapat sentuhan lebih khas sesuai garis desain VW saat ini. Gril-nya tampil menarik dengan lampu utama yang mirip model-model terbaru VW dan memiliki jajaran lampu siang LED di bagian bawah. Di bagian belakang, lampu dengan sentuhan aksen krom berpadu serasi dengan desain sedan khas VW.
Penumpang mendapat tempat duduk dengan pemanas, bahkan kursi pijat jika diinginkan. Passat menjadi semakin mewah dengan beberapa sentuhan milik Phaeton di dashboard, termasuk penggunaan jam analog. Sayangnya, beberapa bagian lain hanya mendapat sedikit sentuhan dari generasi sebelumnya.
Fitur keselamatan yang menjadi salah satu poin keunggulan Passat adalah sistem rem otomatis yang merupakan bagian dari automatic distance control. Pada kecepatan 30 km/jam atau kurang, secara otomatis mobil akan melakukan pengereman saat mendeteksi ada pejalan kaki ceroboh di depan mobil. Fitur ini juga akan membuat mobil berakselerasi spontan untuk menghindari tabrakan belakang, saat sistem memperhitungkan terdapat ruang yang cukup untuk menghindar di bagian depan.
VW Passat mulai dijual pertengahan Oktober dengan pengiriman pertama ke konsumen pada Januari 2011.
Enjoying life in the slow lane and driving in the sport+ mode