Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
KIOS3R wrote:nah, ane setuju sama bro mario,,,
kompresi 1:9 menurut ane pas pake oktan 88an, tp pas dihajar oktan 92 apalagi 95, malah boyo...
ane perna iseng, majuin timing delco ampe mentok, tetep gak enak pake oktan 92 apalagi 95, pake premium udah gelitik,,, so ane pake premium + OB
nahlo, kok ente tanya kenapa ente yang benerin sendiri broo??? hehehehehehehe
wkwkwk, ane nanya selain masalah bensin yang sesuai spec bro,,,
jadi menurut ane, dengan pakai bensin sesuai spec, itu dampaknya baik banget, dan berlaku vice versa, kalo pake bensin gak sesuai spek (mau kelebihan oktan or kekurangan oktan) pasti ada dampak buruknya, begono...
kalo mobil diatas taon 2005 dilarang pake oktan rendah, orang yg punya mobil kompresi rendah kaya ane musti gimana ya?
ane udah mentokin delco aja masih kurang pas untuk oktan 92, apalagi yang udah distributorless
masa suzuki carry,karimun 1000cc taun 2007 harus pake pertamax ga boleh premium sdangkan toyota fortie 2700cc, alphard 3000cc, mercedes s600, bmw 760i tahun 2004 boleh?????
hehehe cuma sbg bandingan bukan acuan
Last edited by ak4ng on Fri Sep 17, 2010 16:18, edited 1 time in total.
DOHC wrote:susuki karimun estilo yg uda diswap enjin pake J24B....
eeh ada calon momod
mobil ane standar chiong, yg ga standar cm air filter aja ane ganti pake open air...
ga percaya aku itu standard...
ak4ng wrote:masa suzuki carry 1000cc taun 2007 harus pake pertamax ga boleh premium sdangkan toyota fortie 2700cc, alphard 3000cc, mercedes s600, bmw 760i tahun 2004 boleh?????
@ akang : nah itu dia kang,,, tp kalo harrier emang boleh premium ya, setau yang ane baca sih kompresinya 1:8sekian
@ chiong : lha kok gak percaya? liat ndiri sini ke bandung oh ya, selain air filter juga knalpot udah ga standar
Sebenernya yg dibatasi
Premium aja ato
Solar subsidi termasuk?
Kalo liat pengalaman lama, minyak diganti tabung gas 3kg, sempat kacau
Harga minyak mahal, tabung gas langka.
Nah konversi premium ke pertamax skalanya lebih besar dr kasus tabung gas, pertamina bisa?
Kalo sampe solar subsidi jg dibatasi, apa pertamina jg bisa sediain solar non subsidi dimana2?
Katanya oktober dah mau dijalanin, brarti tinggal beberapa hari lg, emang sudah ada persiapan penyediaan pertamax/solar subsidi dibanyakin? Kota sekelas bdg aja solar nonsubsidi blom pernah liat ada dimana
evolution21 wrote:Sebenernya yg dibatasi
Premium aja ato
Solar subsidi termasuk?
Kalo liat pengalaman lama, minyak diganti tabung gas 3kg, sempat kacau
Harga minyak mahal, tabung gas langka.
Nah konversi premium ke pertamax skalanya lebih besar dr kasus tabung gas, pertamina bisa?
Kalo sampe solar subsidi jg dibatasi, apa pertamina jg bisa sediain solar non subsidi dimana2?
Katanya oktober dah mau dijalanin, brarti tinggal beberapa hari lg, emang sudah ada persiapan penyediaan pertamax/solar subsidi dibanyakin? Kota sekelas bdg aja solar nonsubsidi blom pernah liat ada dimana
Kok meragukan sekali yah
like this bro...
solar non subsidi di pom dago atas ada, tapi katanya cm ada sekian galon, soalnya nggak laku, belinya pun harus jerigenan, bukan pake pompa bensin.
pertamina coba maen ke pulau belitung deh, disana cari premium legal aja susah, apalagi pertamax (musti beli premium di pengecer, 1 liter berkisar antara 7rb sampe 14ribu, tergantung tempat pembelian n waktu pembelian juga)
kalo solar sehh kayanya kaga om... scara populasi diesel itu ga sebanyak mobil pribadi... dan biasanya populasi diesel itu majority nya buat kendaraan2 penggerak ekonomi... jadi yahh subisdi jg ga masalah buat mereka...
@ om kopat : wakakakak,, lha duite udah abis buat beli marmut om lagian ane bukan orang berduit juga yg bisa gonta ganti mobil seenaknya (sambil ngelirik si nes mumpung orangnya gak ada )
tp ya mo gimana lagi, pemerintah maunya udah begitu,,, mau didemo juga ngga ngaruh, pasti ada iming - iming lainnya yang tampak menggiurkan sehingga perhatian teralih.
moga moga aja pengalihan dana subsidi bbm ini ngalir ke yang lebih bermutu, misalnya sekolah gratis n bagus, or rumahsakit gratis yang layak...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
maskopat wrote:om kios3r, kalo nanti dibatasi, om ganti mobil aja, dari marmut ke kijang innova... jadi bisa pake ron 92/95...
apa yg membuat kebijakan gak ngerti mesin ya? ratio kompresi 1 : 8 dikasih pertamax sama aja pemborosan.
pertamax hanya u/ mobil yg ratio kompresinya 1 : 9 s/d 1 : 10. berarti masyarakat diminta untuk mengganti kendaraannya dg yg baru agar bisa pake pertamax (misal : yg punya karimun gen 1 suruh ganti dg inova). duite sopo?
btw, dah nemu artikel yg menyatakan bahwa akan dilakukan perubahan pada mulut nozel premium.
saya kutip dari koran Media Indonesia edisi rabu 15 sept'10
......Dispenser premium di SPBU kelak akan diisi dengan pertamax. Demikian pula slang dispenser juga akan diubah. "Slang premium akan dibuat lebih besar sehingga mobil-mobil baru yang mulut tangkinya lebih kecil tidak akan bisa diisi dengan premium.".....
Kalo melihat tujuan dari pemerintah, yang diinginkan biar BBM bersubsidi ga semakin lama semakin banyak yang makai sampai melebihi (secara besar) dari kuota di APBN. Tentulah pemerintah melihat mana yang banyak pemakaiannya. Jadi menurut saya, kenapa bensin subsidi yang dibatasi karena mungkin itu yang paling menyedot dari total bbm bersubsidi selain juga mesti diingat faktor mobil2 pribadilah yang make bensin, kalo solar umumnya dipake mobil2 non-pribadi (truk, bus, angkutan dsb.).
Mengenai rasio kompresi yang katanya kalo rendah lebih baik bensin, ya kok semuanya disalahkan ke pemerintah? Kenapa ga ada porsi kesalahan buat pembuat mobil? Mestinya mereka tau, itu mobil harganya berpuluh-puluh juta (harga MINIMALnya) DAN mereka tau bbm di kita itu mayoritas bersubsidi. Loh kok malah bikin mobil spesifikasi kaya gitu? Apa mau mendukung menghabiskan bbm bersubsidi dipake orang2 yang berduit?
Kita juga mesti proporsional dalam melimpahkan kesalahan dari suatu masalah. Bukan ujung2nya pemerintah yang salah segala-galanya.
Jadi yang saya liat : BBM bersubsidi ingin dibatasi biar ga jauh melebihi dari anggaran yang udah ditetapkan di APBN. Efeknya mestinya, yang mampu janganlah dipake BBM bersubsidi itu kecuali memang terpaksa (ga ada yang ngejual). Itu kan bersubsidi. Kalo mampu beli mobil berpuluh-puluh sampe ratusan juta, mestinya memikirkan juga uang buat bahan bakar itu mobil.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
@ zweyfellows : IMHO...
saya setuju dg rencana pemerintah u/mengurangi konsumsi premium yg notabene peruntukannya kurang tepat. yg saya kurang setuju adalah pembatasan tsb berdasarkan tahun pembuatan. sedangkan sepengetahuan saya, masih ada mobil yg buatan tahun 2005 keatas yg lebih cocok menggunakan premium. misal : karimun gen 1, carry futura, dll. kalau masalah ratio kompresi mesin, saya yakin para perancang mesin sudah menghitung secara akurat mengenai rasio kompresi mesin kendaraan tsb.
lantas kira2 gimana ya teknis pelaksanaan di spbu untuk memilah mana yg berhak subsidi atau tidak ??
apakah dengan cara :
1. menunjukan stnk setiap mengisi bbm
2. menggunakan sistem stiker atau peneng di plat nomer mobil2 yang berhak bbm subsidi
3. ataukah sekalian saja pemerintah mengeluarkan plat nomer dng warna berbeda, atau ciri unik khusus mbl pribadi yg berhak subsidi
gimana tuh...??
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro