Tentang Inreyen dan Kondisi Mesin Speda Motor
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Fri Jul 16, 2004 2:40
Tentang Inreyen dan Kondisi Mesin Speda Motor
Hampir 1 bulan lebih saya memiliki speda motor Honda karisma X 15 D, melalu forum ini saya ingin menanyakan beberapa hal :
1. Mohon penjelasannya mengenai inreyen.
2. Anjuran pabrik selama masa garansi (pertama) adalah 500 km baru diperiksa kembali ke bengkel, kenapa harus demikian?, apakah ada yg perlu distel kembali ?
3. Kenapa perpindahan gigi dari 1 ke 2 karisma agak susah ? Bagaimana mengatasinya ?
4. Mesin pertama kali dihidupkan (keadaan masih dingin) suara halus dan putarannya normal, setelah dipakai bepergian dan sdh panas suara tidak sehalus waktu pertama kali dihidupkan dan putaran mesin jadi cepat.
5. Setelah diservice yang pertama (500 km) bunyi mesin jadi agak kasar, apakah ini normal?.
Sebagai orang awam yang kurang megerti soal mesin, mungkin rekan-rekan bisa menjelaskannya dan memberikan saran yang terbaik agak mesin selalu dalam kondisi prima.
Terima kasih
1. Mohon penjelasannya mengenai inreyen.
2. Anjuran pabrik selama masa garansi (pertama) adalah 500 km baru diperiksa kembali ke bengkel, kenapa harus demikian?, apakah ada yg perlu distel kembali ?
3. Kenapa perpindahan gigi dari 1 ke 2 karisma agak susah ? Bagaimana mengatasinya ?
4. Mesin pertama kali dihidupkan (keadaan masih dingin) suara halus dan putarannya normal, setelah dipakai bepergian dan sdh panas suara tidak sehalus waktu pertama kali dihidupkan dan putaran mesin jadi cepat.
5. Setelah diservice yang pertama (500 km) bunyi mesin jadi agak kasar, apakah ini normal?.
Sebagai orang awam yang kurang megerti soal mesin, mungkin rekan-rekan bisa menjelaskannya dan memberikan saran yang terbaik agak mesin selalu dalam kondisi prima.
Terima kasih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Re: Tentang Inreyen dan Kondisi Mesin Speda Motor
Saya coba deh, bro flick. Temen2 CMIIW, ya.flick3r wrote: 1. Mohon penjelasannya mengenai inreyen.
2. Anjuran pabrik selama masa garansi (pertama) adalah 500 km baru diperiksa kembali ke bengkel, kenapa harus demikian?, apakah ada yg perlu distel kembali ?
3. Kenapa perpindahan gigi dari 1 ke 2 karisma agak susah ? Bagaimana mengatasinya ?
4. Mesin pertama kali dihidupkan (keadaan masih dingin) suara halus dan putarannya normal, setelah dipakai bepergian dan sdh panas suara tidak sehalus waktu pertama kali dihidupkan dan putaran mesin jadi cepat.
5. Setelah diservice yang pertama (500 km) bunyi mesin jadi agak kasar, apakah ini normal?.
1. Inreyen / Running in adalah proses di mana mesin harus dijalankan selama beberapa lama agar komponen2 bisa lebih pas.
2. Karena oli untuk inreyen adalah oli khusus yang berfungsi agar komponen2 yang ada bisa terkikis dengan benar dan lebih pas.
3. Sebagai sesama pemilik karisma, kalau saya bilang sih hanya karena rasio girnya aja. Gir 1nya pendek banget, dan gir 2 nya sedang. Tapi, kalau susah masuknya, lama2 juga semakin lancar, kok.
4. Maksud bro ini idle-nya? Kalau mesinnya didiamkan? Mungkin coba dicek aja di bengkelnya.
5. Nggak. Mungkin dicek ke bengkelnya aja lagi.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Re: Tentang Inreyen dan Kondisi Mesin Speda Motor
[quote="flick3r"
4. Mesin pertama kali dihidupkan (keadaan masih dingin) suara halus dan putarannya normal, setelah dipakai bepergian dan sdh panas suara tidak sehalus waktu pertama kali dihidupkan dan putaran mesin jadi cepat.
[/quote]
ini hal yang wajaar bukan pada kharisma aja, semua motor juga begitu, dimana pada saat udah berjala lama...rpm akan naik dgn sendirinya pada saat stasioner....dibandingkan waktu pagi hari / mesin massih dingin, karena pada saat panas, pelumasan mesin lebih bagus daripda mesin masih dingin...dgn pelumasan yang sdh bagus, dgn sendirinya tingkat gesekan akan mengecil dan berpengaruh ddgn kenaikan rpm sedikit..... dan dgn sendirinya juga suara mesin juga berubah..
4. Mesin pertama kali dihidupkan (keadaan masih dingin) suara halus dan putarannya normal, setelah dipakai bepergian dan sdh panas suara tidak sehalus waktu pertama kali dihidupkan dan putaran mesin jadi cepat.
[/quote]
ini hal yang wajaar bukan pada kharisma aja, semua motor juga begitu, dimana pada saat udah berjala lama...rpm akan naik dgn sendirinya pada saat stasioner....dibandingkan waktu pagi hari / mesin massih dingin, karena pada saat panas, pelumasan mesin lebih bagus daripda mesin masih dingin...dgn pelumasan yang sdh bagus, dgn sendirinya tingkat gesekan akan mengecil dan berpengaruh ddgn kenaikan rpm sedikit..... dan dgn sendirinya juga suara mesin juga berubah..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
"2. Karena oli untuk inreyen adalah oli khusus yang berfungsi agar komponen2 yang ada bisa terkikis dengan benar dan lebih pas'"
apakah pernyataan diatas berarti mesin memang sengaja dirusak(dikikis) karena ada pengikisan
apakah pengikisan ini akan terus terjadi selama masa inreyen
dan apakah memang perlu sekali adanya pengikisan
sedangkan motor Jupiter MX sekarang katanya pake diasil untuk bahannya.
mohon maaf jika ada kesalahan penulisan istilah, masih awam soalnya
apakah pernyataan diatas berarti mesin memang sengaja dirusak(dikikis) karena ada pengikisan
apakah pengikisan ini akan terus terjadi selama masa inreyen
dan apakah memang perlu sekali adanya pengikisan
sedangkan motor Jupiter MX sekarang katanya pake diasil untuk bahannya.
mohon maaf jika ada kesalahan penulisan istilah, masih awam soalnya
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
inreyen dengan benar...sabar...dan hati-hati bakal membuat mesin kuat dan awetindy wrote:Menurut saya tetap perlu karena didalam mesin bukan hanya silinder saja yang butuh inreyen (jadi MX tetap saja butuh).
Dan pengalaman membuktikan inreyen dengan benar...sabar...dan hati-hati bakal membuat mesin kuat dan awet.
bisa minta tolong diklarifikasikan nggak gimana cara inreyen yang benar dan hati-hati itu seperti apa ya?
soalnya saya masih awam tentang inreyen
ada temen yang bilang harus digeber biar nggak lemot ada jg yang bilang nggak boleh digeber.
Jadi bingung nih...
mohon pencerahan dari yang lebih tahu duluan...
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sat Jul 02, 2005 13:15
Alooo... saya pernah tau soal inreyen utk motor baru yamaha... kurang lebih begini: Sebelum 500 km pertama kecepatan tidak melebihi 60 kpj dan tidak terus menerus 60 kpj (harus kurang maksudnya) dan tidak membuka gas lebih dari 50 % terus menerus, dan utk 1500 km pertama gas tidak melebihi 75% terus menerus.. Utk motor lain kayaknya bisa diterapkan yah.... 
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
jangan lha...dimana2 hukum alamnya ada..yg namanya barang baru jangan langsung digeber...kalo merawanin anak orang juga gak bisa langsung maen geber kan? bisa lecet 'silindernya', 'piston' bro juga bisa lecet2....
itu yg elastis lho, apalagi yg keras macam logam??? kebayang khan???
itu yg elastis lho, apalagi yg keras macam logam??? kebayang khan???
Just Call Me Nichol !!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Wah jangan-jangan "piston" nya bung nichol dah lecet-lecet nih...?? Udah ampe kapalan belum....?? he..he,...he...nichol wrote:jangan lha...dimana2 hukum alamnya ada..yg namanya barang baru jangan langsung digeber...kalo merawanin anak orang juga gak bisa langsung maen geber kan? bisa lecet 'silindernya', 'piston' bro juga bisa lecet2....
itu yg elastis lho, apalagi yg keras macam logam??? kebayang khan???


Dulu pertama inreyen pakai Suzuki Satria.
1. 500 km pertama max 60 km/jam, tidak berboncengan.
2. Sampai 2.500 km kurang dari 80 % bukaan gas. Sampai grip gasnya
dikasih tanda pake tip-ex.
3. Usahakan merata pada semua gigi jangan hanya 4,5,6 saja yang sering
dipake.
4. Jalankan normal pada rpm sewajarnya.
Kadang kala ada yang tidak disebutin di buku panduan motor. Tapi di buku servis (buat mekanik disebutin)
Tidak ada salahnya mengkopi buku servis karena amat berguna saat membongkar-pasang motor.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
Kilomoter berapa ya? motor bisa dipake boncengan.
kadang malu juga dicegat dijalan pas waktu pulang, ada yang minta numpang, tapi masih sayang ma kondisi motor.
karena nggak tahu kapan ni bisa diboncengin..
trims atas infonya
kadang malu juga dicegat dijalan pas waktu pulang, ada yang minta numpang, tapi masih sayang ma kondisi motor.
karena nggak tahu kapan ni bisa diboncengin..
trims atas infonya
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00