Car Detailing Lounge - PART 06

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by vigoderoza »

KIOS3R wrote:pertanyaan udh dijawab di thread satunya ya oom,,,
kalo masalah velg, coba pake metal polish punya mothers, atau coba buka site nya mothers, gw lupa apa yang direkomend untuk velg krom
Wahh iya ya om,,, maap.. waktu nulis di tret ini belon ngintip ke tret yg satunya... :mrgreen:
poeticmind wrote:watermark di chrome? ane sih pake sanpoly... murah meriah.
Pake Sanpoly aman tu om buat chrome?? ga bikin chrome-nya keangkat kan? kalo aman si mantapp tuh murmer.... heheee...
trademarks wrote:
walaupun saya newbie tp coba bantu kasih jawab ya :frm_shock:
step2 setelah cuci
WASHING (dicuci 2 bucket method) - Clay & bug tar remover (Clay untuk mengangkat kotoran yg tidak terangkat dengan mencuci shampoo biasa + bug n tar remover buat aspal2 ama getah pohon + ee burung), udah ada clay belum pak? - TAPING (bagian2 mobil yg rawan kena obat poles diberi masking tape biar ga kerja 2x - WETSANDING, apabila ada goresan yg dalam bisa diatasi dgn wetsanding grit 1500 lanjut ke grit 2500/3000 / wetsanding digosok 1 arah dengan disemprotkan lubricant berupa air - lanjut COMPOUNDING untuk menghilangkan bekas wetsanding / heavy defect (contoh : megs 105, Ultimate Compound, #85, dll dengan menggunakan media mesin rotary / DA. klo dgn tangan gak recommended deh.. pegelnya ga masuk akal, saya udah coba soalnya hasilya pun ga memuaskan malah bikin muntab haha:D) - POLISHING (contoh : megs 205, 3m ultra fina, swirlx, dsb dengan media DA/rotary saya sarankan memakai DA [personal preference] ) - lanjut ke Waxing (collinite915,P21s,Nxt,dsb) setelah di swipe test (dites pake jari wax nya udah kering atau belum) trus di buffing (dilap waxnya) - lanjut ke final inspection bisa dgn Last touch megs atau UQD (ultimate quick detailing), dsb

semoga membantu dan mencerahkan
Trims :ngacir: :ngacir:
Nahh,, sekarang si keadaan cat mobilnya masih lumayan mulus om,, umurnya jg masih 6 bulan... :mrgreen: paling ada swirl, waterspot ama baret2 alus aja dikit sihh.... belum pernah di-clay, Tapping, wetsanding & compound sama sekali... untuk ngilangin swirl ama baret halus itu mesti di-polish ya? pake obat apa yg maknyuss buat mobil item, tapi harganya jg yg bersahabat.... :mrgreen: Trus Wax Bilt Hamber AutoBalm ini bagus ga sih sebenernya? proteksinya kira2 berapa lama ya om? hasilnya si gloss kinclong bangett.... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Trus bedanya DA sama Rotary itu apa ya omm? DC utk yg starter buat Nubie kyk ane ini kira2 berapa ya?
Satu lg untuk moles Jok kulit itu bagusnya pake obat apa ya? dan caranya tinggal digosok2 aja kan ya ke joknya? ga spt wax yg ada poles n buffing?

Thanks a bunch..... :thanks:
trademarks
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Sep 05, 2010 16:00

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by trademarks »

johansandjaja wrote:
trademarks wrote:
johansandjaja wrote:mau tanya nih, soal carlack, kan ada 2 jenis, yg kuning & merah, kalo kuning dilabelnya dikatakan untuk pertama kali, sptnya karena mengandung cleaner juga yah? untuk yg kedua kali & seterusnya baru pake yg merah (pure sealant). Nah, kalo habis claying, lalu polish dengan swirlx, terus langsung pake carlack merah boleh enggak? atau tetap harus pake yg kuning dulu?

Trus lagi browsing2 ketemu sealant FK1000p, ada yg udah pernah pake? dengan carlack bagusan mana? atau ada rekomendasi sealant yg lain? thanks.
bantu jawab ya..
Duraglosss mantap!!! kebetulan mau nyetok bulan depan nih.. mau titip?
carlack kuning = AIO
carlack merah = sealant
FK 1000 = blom pernah pake

mending abis pake yg kuning lsg timpuk yg merah.. atau abis swirlx lsg timpuk merah :glodak:
thanks bro trademark buat masukkannya, jadi tar experiment swirlx + carlack merah deh, gimana nih PM saya kok gak dibales, hehehe
maaf pak johan kelupaan nih.. :(
btw sudah saya bales pmnya. thank you & Happy detailing
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

wah ternyata ada yg pmakai carlack jg dsini selaen ane... ehehehehe... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
johansandjaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun May 23, 2010 14:28

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by johansandjaja »

DOHC wrote:wah ternyata ada yg pmakai carlack jg dsini selaen ane... ehehehehe... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
hehehe.. kemarin baru beli bro, gimana bro DOHC reviewnya? dari sisi glossy, wetlook, durability, kemudahan apply+buff, dll. Ada saran kombine yg baik untuk topping dengan carlack? Asumsi untuk mobil warna cerah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

mobil warna cerah yahh... kalo pendapat ane yg nubie ini.. warna cerah itu mah ga usa pake macem2... wax biasa aja uda mengkilap... tapi jgn minta deep gloss atau istilah2 keren master detailing sini...

carlack yahh... sejauh yg ane make sehh lumayan koq, durability jg ok, ane cuci 2 atau 3 kali sehabis lapis carlack, masi terasa licin... ketahanan kilap nya jg ok, diatas wax biasa pastinya... cuman kalo mo cari kilap yg ampe deep atau gloss banget sehh jelas ini bukan obat nya... biasa ane pake ini obat, dipoles aja tipis2 jg uda cukup, diemin 1 jam... lalu di gosok.. nah ini yg paling bikin pegel soalnya biasanya lumayan nguras tenaga.. makanya ane blg oles dan bikin layer yg tipis aja... itu uda cukup koq...ga beda antara mo pakein obat banyak2 atau dikit2... yg ada kalo kebanyakan malah bikin susah nge buff nya...

btw, usahakan kalo lg ngebuff di ruangan terbuka yahh... soalnya debu nya kmana2... agak kurang baik kalo terhirup...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
johansandjaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun May 23, 2010 14:28

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by johansandjaja »

DOHC wrote:mobil warna cerah yahh... kalo pendapat ane yg nubie ini.. warna cerah itu mah ga usa pake macem2... wax biasa aja uda mengkilap... tapi jgn minta deep gloss atau istilah2 keren master detailing sini...

carlack yahh... sejauh yg ane make sehh lumayan koq, durability jg ok, ane cuci 2 atau 3 kali sehabis lapis carlack, masi terasa licin... ketahanan kilap nya jg ok, diatas wax biasa pastinya... cuman kalo mo cari kilap yg ampe deep atau gloss banget sehh jelas ini bukan obat nya... biasa ane pake ini obat, dipoles aja tipis2 jg uda cukup, diemin 1 jam... lalu di gosok.. nah ini yg paling bikin pegel soalnya biasanya lumayan nguras tenaga.. makanya ane blg oles dan bikin layer yg tipis aja... itu uda cukup koq...ga beda antara mo pakein obat banyak2 atau dikit2... yg ada kalo kebanyakan malah bikin susah nge buff nya...

btw, usahakan kalo lg ngebuff di ruangan terbuka yahh... soalnya debu nya kmana2... agak kurang baik kalo terhirup...
thanks bro buat tipsnya, bisa tahan berapa lama bro, untuk apply carlack berikutnya? Asumsi untuk daily driver + selalu ditimpa matahari + hujan baik rumah maupun kantor. Atau ada cara untuk kita lakukan test sendiri untuk mengetahui indikasi proteksinya sudah mulai tidak ada?

jadi penasaran, kalo mau dapetin deep gloss di mobil cerah emangnya tahap2nya apa aja nih. Mohon petunjuknya dari suhu2 disini. thanks.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

ane sih biar maen aman nya tiap 6 bulan skali apply carlack... trus stiap sbulan skali pakein wax... bisa turtle wax, atau kit gold...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
KIOS3R
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Sat Jun 07, 2008 16:55
Location: Where the sunshine on me...

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by KIOS3R »

Carlack pake tiap hari g masalah siong, tau sendiri polusi indo kaya apaan...
Ane juga pake kok spray sealant carlack, wkwkwk
Wanna show off ??? Check this out
http://www.youtube.com/watch?v=W4NH3xb71AU
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

mahal kres soalnya... gilee.. yg 300 ml aja skrg uda 150an rebu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by Hansen »

Udah lama nih ga pake carlack... ntar next time detailing mau pake carlack akh.. :ngacir:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

ahh carlack mahh level nubie siong... :ungg: :ungg: :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by Hansen »

Gileee carlack dibilang nubie...:e-clap: brarti amunisi nt yg level non-nubie apa donk chiong.. :e-think: :e-think: :e-think:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

ahh ane kan nubie... jadi yah amunisi ane cuman carlack doank siong... itu aja jarang2 dipake... sering nya cuman Kit yg gold doank... mo beli turtle wax, rasa2 nya koq ga worth it yahh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
johansandjaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun May 23, 2010 14:28

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by johansandjaja »

DOHC wrote:ane sih biar maen aman nya tiap 6 bulan skali apply carlack... trus stiap sbulan skali pakein wax... bisa turtle wax, atau kit gold...
Ok, thank bro DOHC, terus untuk dapatin deep glossnya utk mobil cerah gimana yah?
johansandjaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun May 23, 2010 14:28

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by johansandjaja »

oh iya, tanya lagi nih. Untuk mobil baru, setelah proses clay, sy rencananya pakai swirlx, nah ini kan sebagai cleaner tapi juga bisa untuk baret halus. Jadi applynya untuk seluruh body (sebagai cleaner), atau hanya apply dibagian2 yg ada swirlnya saja (melalui inspeksi). Terus apply swirlx dilakukan dengan tanpa tekanan / sedikit tekanan / sekuat tenaga yah? thanks.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by poeticmind »

vigoderoza wrote: Pake Sanpoly aman tu om buat chrome?? ga bikin chrome-nya keangkat kan? kalo aman si mantapp tuh murmer.... heheee...
aman... apalagi velg, chrome nya lebih kuat. dan itu masalahnya hanya waterspot kan? ngapain pake obat mahal2? sanpoly aja... coba dulu dibelakang velg, pengalaman saya sih aman2 aja.
baru setelah bersih, silahkan pake chrome polish mahal...kalo mau. meski buat saya chrome polish murah juga sama aja hasilnya sama yg mahal...
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

johansandjaja wrote:
DOHC wrote:ane sih biar maen aman nya tiap 6 bulan skali apply carlack... trus stiap sbulan skali pakein wax... bisa turtle wax, atau kit gold...
Ok, thank bro DOHC, terus untuk dapatin deep glossnya utk mobil cerah gimana yah?
ini biar rekan master detailer nya aj deh yg jawab... bro kioser, om nescafe, dkk.... :upss: :upss: :upss:
johansandjaja wrote:oh iya, tanya lagi nih. Untuk mobil baru, setelah proses clay, sy rencananya pakai swirlx, nah ini kan sebagai cleaner tapi juga bisa untuk baret halus. Jadi applynya untuk seluruh body (sebagai cleaner), atau hanya apply dibagian2 yg ada swirlnya saja (melalui inspeksi). Terus apply swirlx dilakukan dengan tanpa tekanan / sedikit tekanan / sekuat tenaga yah? thanks.
buset.. mobil baru uda di clay, emang nya ngaruh yahh.. :e-think: :e-think: :e-think: btw, pendapat nubie doank neh.. daripada pake swirl x apa kaga mendingan di polish aja (step 1 nya meguairs atau mothers) cukup gt, scara mobil masi baru gt... :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
johansandjaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun May 23, 2010 14:28

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by johansandjaja »

DOHC wrote: buset.. mobil baru uda di clay, emang nya ngaruh yahh.. :e-think: :e-think: :e-think: btw, pendapat nubie doank neh.. daripada pake swirl x apa kaga mendingan di polish aja (step 1 nya meguairs atau mothers) cukup gt, scara mobil masi baru gt... :e-think: :e-think: :e-think:
Kata byk orang, mobil baru kemungkinan besar justru musti diclay, karena mobil baru belum ada proteksi, hanya ada clearcoat, sedangkan setelah paskah penyemprotan mobil tsb smp diterima customer bisa jadi byk hal yg dapat menyebabkan kondisi permukaan clearcoat tidak sama spt semula / terjadi defect ringan. Makanya asumsi nanti pas mobil datang mau diinspeksi dulu, apakah terdapat overspray, bugs, tar, metal shavings(raildust, breakdust, industrial fallout), dll. Nah bisa jadi juga ada swirl halus, makanya sy mau apply swirlx, dan juga sebagai cleaner. Makanya sy tanya untuk swirlx apakah diapply seluruh body atau hanya bagian yg mengalami swirl halus. Dan bagaimana cara apply swirlx? Tanpa tekanan / sedikit tekanan / sekuat tenaga / lihat kondisi (bila tidak ada swirl cukup di oleskan, tapi bila ada swirl agak ditekan sesuai tingkatan swirlnya). Binun nih.... hehehe....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

hmm.. nubie coba sumbang pendapat yahh... pendapat ane sehh kayanya ga perlu ampe pake swirl X sgala kalo cuman buat bersihin "oxidasi" yg ditakuti swaktu penyimpanan di showroom ampe ke tangan anda... cukup pake polish yg ringan2 aja... banyak yg blg sehh pake step 1 nya mothers atau meguairs.. tapi kalo bagi ane yg nubie ini, aio macam autoglym atau bahkan carlack aja uda cukup "membersihkan" koq....

apalagi mobil2 baru2 gt sparah2 nya swirl jg masi minim banget, kcuali nt punya mata elang macam detailer2 SM sini, nahh itu laen crita dehh... :upss: :upss: :upss: kilap doank bagi mereka ga cukup itu, baru kluar dari pabrik aja uda musti langsung di clay dll ama mereka.... :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
trademarks
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Sep 05, 2010 16:00

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by trademarks »

DOHC wrote:hmm.. nubie coba sumbang pendapat yahh... pendapat ane sehh kayanya ga perlu ampe pake swirl X sgala kalo cuman buat bersihin "oxidasi" yg ditakuti swaktu penyimpanan di showroom ampe ke tangan anda... cukup pake polish yg ringan2 aja... banyak yg blg sehh pake step 1 nya mothers atau meguairs.. tapi kalo bagi ane yg nubie ini, aio macam autoglym atau bahkan carlack aja uda cukup "membersihkan" koq....

apalagi mobil2 baru2 gt sparah2 nya swirl jg masi minim banget, kcuali nt punya mata elang macam detailer2 SM sini, nahh itu laen crita dehh... :upss: :upss: :upss: kilap doank bagi mereka ga cukup itu, baru kluar dari pabrik aja uda musti langsung di clay dll ama mereka.... :upss: :upss: :upss:
sekadar sharing:
saya baru ambil mobil toyota 1 bulan lalu tuh pak.. tapi saya liat di showroom mereka membersihkannya pake kanebo / chamois2 dll dan setelah mobil tiba di rumah, saya coba koreksi pake lampu mettahallide (dengan mata biasa lho pak bukan mata elang :p) alhasil ternyata swirl sudah lumayan banyak.. so.. menurut saya baru tidak menjamin pak.. perlu dikoreksi lagi dari pihak pembeli (kita) karena dari pihak showroomnya pasti lebih fokus mengucurkan dananya ke bidang penjualan mobilnya bukan ke arah salonnya, jadi kurang diperhatikan (khusus beli mf + obat2 salon dll kan butuh dana lumayan).. CMIIW.

Semoga sharing saya bisa membantu :snipersmile:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

wihh maen nya kelas berat... pake lampu2 sgala... ane yg nubie mahh ga ikutan dehh.. :upss: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by Hansen »

Selesai juga bermain dengan carlack... :upss: :upss: :upss:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by poeticmind »

trademarks wrote:
DOHC wrote:hmm.. nubie coba sumbang pendapat yahh... pendapat ane sehh kayanya ga perlu ampe pake swirl X sgala kalo cuman buat bersihin "oxidasi" yg ditakuti swaktu penyimpanan di showroom ampe ke tangan anda... cukup pake polish yg ringan2 aja... banyak yg blg sehh pake step 1 nya mothers atau meguairs.. tapi kalo bagi ane yg nubie ini, aio macam autoglym atau bahkan carlack aja uda cukup "membersihkan" koq....

apalagi mobil2 baru2 gt sparah2 nya swirl jg masi minim banget, kcuali nt punya mata elang macam detailer2 SM sini, nahh itu laen crita dehh... :upss: :upss: :upss: kilap doank bagi mereka ga cukup itu, baru kluar dari pabrik aja uda musti langsung di clay dll ama mereka.... :upss: :upss: :upss:
sekadar sharing:
saya baru ambil mobil toyota 1 bulan lalu tuh pak.. tapi saya liat di showroom mereka membersihkannya pake kanebo / chamois2 dll dan setelah mobil tiba di rumah, saya coba koreksi pake lampu mettahallide (dengan mata biasa lho pak bukan mata elang :p) alhasil ternyata swirl sudah lumayan banyak.. so.. menurut saya baru tidak menjamin pak.. perlu dikoreksi lagi dari pihak pembeli (kita) karena dari pihak showroomnya pasti lebih fokus mengucurkan dananya ke bidang penjualan mobilnya bukan ke arah salonnya, jadi kurang diperhatikan (khusus beli mf + obat2 salon dll kan butuh dana lumayan).. CMIIW.

Semoga sharing saya bisa membantu :snipersmile:
hahaha iya kalo kelas toyota/honda/suzuki dll... beda kalo kelas mobil minimal 2M keatas, keluar udah sama paket detailing. :)
nah coba tanya si nescafe, dia banyak diminta ngerjain mobil baru keluar showroom tuh... :mrgreen:
Image
johansandjaja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sun May 23, 2010 14:28

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by johansandjaja »

poeticmind wrote: hahaha iya kalo kelas toyota/honda/suzuki dll... beda kalo kelas mobil minimal 2M keatas, keluar udah sama paket detailing. :)
nah coba tanya si nescafe, dia banyak diminta ngerjain mobil baru keluar showroom tuh... :mrgreen:
Iya, kemana nih suhu nes, di tunggu bimbingannya nih. :e-pray:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Car Detailing Lounge - Part 06

Post by DOHC »

Hansen wrote:Selesai juga bermain dengan carlack... :upss: :upss: :upss:
yg merah atau kuning siong ?? :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: