
Mungkin udah ada bro2 yg tahu kalau sebenarnya ANHC itu bukan 1st choice aku soalnya dulu I sebenarnya inden Fiesta 1.6 Sport putih tapi berhubung masalah delay inden yg sekarang isu2nya bisa mencapai Januari 2011, I memutuskan untuk batal inden karena I ngga bisa kebayang kalau sekarang aja Ford kewalahan menangani permintaan konsumen bagaimana nanti kalau Fiesta penyakit2nya udah mulai nongol.
Eniwei, I pesan ANHC crystal black pearl type E (versi RS nya ANHC) manual (bolak balik dari silver ke merah ke biru ke abu2 trus ke hitam...



Overall, I sangat puas dan tidak menyesal sama sekali membatalkan inden Fiesta Sport nya karena mobil ini juga fun to drive ditambah ruang kabin yg lapang dan jaringan beres yg luas. I akan berikan poin2 aja yah biar lebih gampang mengenai positif dan negatif nya ANHC:
Positif:
- Model luar galak apalagi warna hitam. Tampang depannya seakan2 mengatakan kepada anda: "Hey, bodi gue boleh cilik tapi cilik2 cabe rawit." Yg I paling suka itu tampang depan yg mirip Accord Euro & Odyssey. I dapet impression seakan2 nih mobil kalau manusia itu kayak Accord yg masih remaja, kalau udah dewasa yah jadi Accord yg sekarang


- Fun to drive: lincah dan enak diajak belok2 tapi mungkin feelingnya ngga se sporty Jazz atau Mazda 2 tapi tetap saja ngga beda jauh dan I yakin rata2 orang pasti akan tersenyum lebar ngajak ANHC jalan2 karena faktor fun to drive nya masih tinggi tapi ingat ya, ini masih sebuah city car jadi jangan harap BMW M3 atau Nissan GTR handling, tapi untuk sebuah city car I rasa sudah sangat bagus. Mesinnya suka diajak nge-rev dan manual shifter nya mulus dan mudah dioperasikan. Sayang bukan 6 speed.

- Space di dalam sangat lapang untuk sebuah city car. I tingginya 181 cm jadi posisi kursi harus agak ke belakang tapi teman2 I yg tinggi nya 170an masih bisa duduk dengan nyaman di belakang I. Bagasi juga besar, malah terbesar di kelasnya.
- Cukup irit namun bertenaga: MID ANHC menyatakan konsumsi BBM terbaik selama ini yg I pernah capai adalah 1:11.3 (kebanyakan constant speed terutama di jalan tol) dan yg terburuk adalah 1:7 (macet).
- Mesin halus dan responsif dan suka diajak nge-rev, tetap enak dibawa walaupun AC lagi digeber. Untuk sebuah city car, soal tenaga pasti puas dehh. Dibandingkan dengan Fiesta yg I tes drive pas IIMS bedanya mayan jauh tuh, tapi beda mesin ya jadi ga bisa di compare head to head juga.
- 5 speed shifter nya mulus dan enak untuk dioperasikan.
- Build quality nya typical Honda: rapi, solid, top markotooooop!
- Setirnya mantap: selain tilt & telescopic, kalau low speed kayak mau parkir itu enteng, kalo lagi kenceng2 kayak di jalan tol jadi lebih firm sehingga memberikan driving confidence.
- Sistem audio standar (untuk tipe E yah, ga tau yg tipe S) termasuk OK banget, apalagi kalau udah diganti2.

- Fitur reclining seat belakang yang headrest nya juga bisa naik turun, cukup mudah dioperasikan dan memungkinkan anda mengatur sandaran kursi belakang. Juga bisa dilipat total supaya space bagasi makin besar.
- Front seat nya berkesan sporty karena "membungkus" tubuh jadi pas belok2 badan ga lari kemana2 hehehe.
- Kualitas jok standar (untuk tipe E), walaupun fabric, termasuk bagus dan saya dengar malah tahan basah.
Negatif:
- Fitur termasuk "kosong", apalagi untuk harganya yg termasuk tinggi. Sekarang udah ada spion lipat elektrik tapi waduh masa pertama kali keluar ga ada fitur ini? Dari hal kecil seperti tiada adanya vanity mirror sampai hal agak besar seperti fog lamp belum standar, ini gimana sih Honda

- Ada hubungan dengan poin diatas yaitu fitur active safety nya sebatas ABS, EBD dan BA.
- Kualitas interior agak campur aduk tetapi secara keseluruhan untuk sebuah merek Honda agak mengecewakan. Ngga berharap kualitas Lexus atau Audi tetapi untuk harga segitu harusnya bisa jauh lebih baik. Contoh, material interior pintu samping masih menggunakan plastik keras.
- Maklum karena mobil bermesin 1500cc jadi kalo diatas 100km/h agak lebih pelan naik kecepatannya. Plus, kalau mobil sudah diisi lebih dari 2 orang mesinnya berasa bekerja lebih keras tapi masih dalam batas toleransi buat I.
- I masih bisa terima kalau harga segini mobil belum ada jok kulit tapi paling ngga setirnya dibungkus kulit kek, masak Rush dapet (walaupun tipe tertentu) ANHC ga dapet.
- AC nya perlu sedikit digeber kalau sudah lama dibawah terik matahari, jadi kasihan juga kayaknya sama penumpang belakang. Ga kebayang kalo ga pake v-kool gimana...
- Desain interior, walaupun cukup baik, masih kurang menarik dan kurang matching sama design eksterior nya yg sudah "naik kelas". Mungkin yg memberi kesan sedikit murahan itu selain material interior, design knop AC nya yg terkesan murahan dan masih metode putar a la Avanza. At least desain steering wheel nya cakep kayak model Civic punya.
- Blind spot ANHC cukup buruk, I harus rajin celingak celinguk untuk memastikan ga ada motor ugal2an yg main asal samber kanan kiri.
- Bantingan suspensi cukup keras tapi masih cukup enak dan mudah ditoleransi karena setting suspensi lebih ke arah keseimbangan antara kenyamanan dan sporty.
Untuk sementara, ini saja yg I bisa contribute ke review ANHC, maklum masih baru jadi kalau ada yg bisa ditambah pasti I tambah lagi. Untuk sementara, I sudah foto2 ANHC nya beserta aksesoris2 yg sudah terpasang selama ini. Mohon maaf kalau foto2nya ngga begitu berkualitas, kan I ga tau apa2 soal seni berfoto

