Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
poeticmind wrote:koh sjam... bener ga sih, ada yg mengatakan kalo mobil diesel makan aki jika tidak dipakai beberapa hari dibanding mobil bensin? maksudnya jika mobil bensin langsung bisa jreng, sedangkan mobil diesel selalu seperti kehabisan / lemah aki...?
saya selalu ditanya begini, jawaban saya biasanya begini (sok tau...) : ahhhh ga ada itu! sama aja...
bener om..... di mbl ane juga gitu..... berhubung ane ga tiap hari pake itu mbl, saat distarter, ga langsung idup mesinnye. Jadi mesti beberapa kali starter, baru bisa idup....... ane ga tau apakah ane jarang serpis injektornye ato apa gitu.... tp yg pasti buat ane ga masalah, selama msh bisa distarter n mesin bisa idup, wlp harus beberapa kali starternye.......
ma kasih yeeeeeeeeeeeee................... .... ......
poeticmind wrote:koh sjam... bener ga sih, ada yg mengatakan kalo mobil diesel makan aki jika tidak dipakai beberapa hari dibanding mobil bensin? maksudnya jika mobil bensin langsung bisa jreng, sedangkan mobil diesel selalu seperti kehabisan / lemah aki...?
saya selalu ditanya begini, jawaban saya biasanya begini (sok tau...) : ahhhh ga ada itu! sama aja...
bener om..... di mbl ane juga gitu..... berhubung ane ga tiap hari pake itu mbl, saat distarter, ga langsung idup mesinnye. Jadi mesti beberapa kali starter, baru bisa idup....... ane ga tau apakah ane jarang serpis injektornye ato apa gitu.... tp yg pasti buat ane ga masalah, selama msh bisa distarter n mesin bisa idup, wlp harus beberapa kali starternye.......
ma kasih yeeeeeeeeeeeee................... .... ......
Terima kasih atas jawaban dari para senior.
Sebelumnya saya ralat, akinya ktnya yg seukuran dengan aki L300.
Malam ini baru dapat pinjaman aki baru untuk di test...
Kalau untuk kekencangan klem di kepala aki saya rasa sih sdh cukup kencang...
Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?
poeticmind wrote:maksudnya, aki air sama MF... sama2 hasilnya. kalo aki air sama hybrid belum pernah compare nih... jarang yg minta hybrid. kebanyakan langsung minta MF atau stay di aki biasa.
ane test utk aki biasa VS aki MF di merek GForce. maap, bukan promosi ya ini... cuma ane punya cinta pribadi sama GForce.
Kalo aki basah vs kering menurutku lbh worthed basah. Dgn selisih harga ckp banyak, hny beda dlm pengisian air. Lagian kita mengisi air jg bukannya tiap hari. selain itu aki kering kurang tahan thd panas, jd gak heran kl byk mbl jepang pake aki kering krg awet.
Skrg yg aku test aki hybrid, yg katanya perpaduan antara aki basah & kering, tp harga plg murah diantara kedua tipe tsb.
Wah smp cinta merk itu, jgn2 prnh dpt bonus tour ke LN ya
Dak, masak sih aki hybrid lebih murah dari aki basah biasa?
Iya sen, ini tipe hybrid dr salah satu merk aki terkenal di indo. tau lah yg aku maxud. selisih dr tipe konvensional mayan loh, bisa sekitar goban. nah, dgn hrg lbh murah, penguapan air sedikit (low maintenance), ada indikator nya, brarti ini aki yg plg worthed menurutku. makanya tinggal hasil test umur aja apakah bisa lbh awet dr tipe konvensional & MF. kl tryt awet, aku kasi buat tipe ini.
Tapi hybrid yg aku test bukan yg ada air zuur lgsg dr pabrik, tp diisikan dr toko lho. jd bnr2 sama kyk tipe konvensional hny kandungan plat nya yg berbeda.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Hansen wrote:
Dak, masak sih aki hybrid lebih murah dari aki basah biasa?
Iya sen, ini tipe hybrid dr salah satu merk aki terkenal di indo. tau lah yg aku maxud. selisih dr tipe konvensional mayan loh, bisa sekitar goban. nah, dgn hrg lbh murah, penguapan air sedikit (low maintenance), ada indikator nya, brarti ini aki yg plg worthed menurutku. makanya tinggal hasil test umur aja apakah bisa lbh awet dr tipe konvensional & MF. kl tryt awet, aku kasi buat tipe ini.
Tapi hybrid yg aku test bukan yg ada air zuur lgsg dr pabrik, tp diisikan dr toko lho. jd bnr2 sama kyk tipe konvensional hny kandungan plat nya yg berbeda.
Siiip dak, tapi koq yg ane liat di pasaran malah sebaliknya ya? aki dengan merk sama, jenis aki basah lebih murah sedikit (goban gitu deh) daripada yg jenis hybrid nya
Btw aki GS hybrid kan ada 2 jenis tuh dak, yg hijau (standard) dan merah (High CCA) ... bedanya apa toh dak?
newcity_vtec wrote:
Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?
newcity_vtec wrote:
Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?
Thanx
Langsung ke koh sjamsul... Beliau akan bantu.
tergantung lokasinye om..... klo lokasi beliau di luar betawi, ane ragu, apakah bisa bantu beliau......
Mau report sedikit.
Setelah aki diganti dgn aki baru GS Hybrid ukuran 65 A, starter langsung menyala.
Tidak ada jeda sama sekali.
Kira2 penyakitnya apa ya?
Pak Sjamsul lokasinya dimana nih Pak? Saya di Jakarta Barat juga nih.
Jadi bisa sekalian cek.
Thanx
newcity_vtec wrote:Mau report sedikit.
Setelah aki diganti dgn aki baru GS Hybrid ukuran 65 A, starter langsung menyala.
Tidak ada jeda sama sekali.
Kira2 penyakitnya apa ya?
Pak Sjamsul lokasinya dimana nih Pak? Saya di Jakarta Barat juga nih.
Jadi bisa sekalian cek.
Thanx
kira2 penyakitnya di aki bro.....tp ga ada salahnya nt periksa dinamo starternya.....sebelon penyakit spt sebelumnya nimbul lagi....
btw mbl nt keluaran th berapa ya...
lokasi kite sama bro.....nt tinggalin no. tlp aja via pm.... nanti ane hubungi.....tp ane cuma bisa bantu cek aki aja ya.......
Hansen wrote:
Dak, masak sih aki hybrid lebih murah dari aki basah biasa?
Iya sen, ini tipe hybrid dr salah satu merk aki terkenal di indo. tau lah yg aku maxud. selisih dr tipe konvensional mayan loh, bisa sekitar goban. nah, dgn hrg lbh murah, penguapan air sedikit (low maintenance), ada indikator nya, brarti ini aki yg plg worthed menurutku. makanya tinggal hasil test umur aja apakah bisa lbh awet dr tipe konvensional & MF. kl tryt awet, aku kasi buat tipe ini.
Tapi hybrid yg aku test bukan yg ada air zuur lgsg dr pabrik, tp diisikan dr toko lho. jd bnr2 sama kyk tipe konvensional hny kandungan plat nya yg berbeda.
Siiip dak, tapi koq yg ane liat di pasaran malah sebaliknya ya? aki dengan merk sama, jenis aki basah lebih murah sedikit (goban gitu deh) daripada yg jenis hybrid nya
Btw aki GS hybrid kan ada 2 jenis tuh dak, yg hijau (standard) dan merah (High CCA) ... bedanya apa toh dak?
Memang sen, untuk aki GS tipe hybrid lbh mahal. Tp untuk kompetitornya mlh lbh murah, tp beda air zuur. Merk ini yg lg aku uji coba.
GS hybrid coklat setauku diberi nama High CCA soalnya pny kemampuan cold cranking ampere lbh tinggi. tp krn aplikasinys tdk cocok untuk iklim indo maka jarang ada yg jual.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
mbl ane keluaran th 97, bearti cuma beda 2 taon ama mbl ane......
klo dah joss, bearti dah ok dong... tp ga ada salahnya klo nt pas ada waktu, periksa pengisiannya...... biar lbh meyakinkan gitu..... jadi tinggal cari bengkel alternator terdekat...ok....
newcity_vtec wrote:
Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?
Thanx
Langsung ke koh sjamsul... Beliau akan bantu.
tergantung lokasinye om..... klo lokasi beliau di luar betawi, ane ragu, apakah bisa bantu beliau......
sama2 jkt barat, koh... ente coba aja tanya... siapa tau malah tetangga sekomplek ?
kalo ane mikirnya gini tentang rubah aki : ember 1 liter ( aki lama ) dan ember 2 liter ( aki baru ) nah biarpun di isi dengan air keran yang keluar misalnya 1 liter/ menit. nah aki ember yang kapasitasnya udah 2 liter kgk bakalan penuh, karena selama mobil jalan beban kelistrikan juga pasti digunakan, ya buat ac, lampu2, tape, dll. jadi dengan kapasaitas keran 1 liter/menit gk kekejar buat penuhinnya. jadi kalo mau katanya selain aki di gedein alternator juga harus di rubah ke yang lebih besar juga...
m4rio wrote:kalo ane mikirnya gini tentang rubah aki : ember 1 liter ( aki lama ) dan ember 2 liter ( aki baru ) nah biarpun di isi dengan air keran yang keluar misalnya 1 liter/ menit. nah aki ember yang kapasitasnya udah 2 liter kgk bakalan penuh, karena selama mobil jalan beban kelistrikan juga pasti digunakan, ya buat ac, lampu2, tape, dll. jadi dengan kapasaitas keran 1 liter/menit gk kekejar buat penuhinnya. jadi kalo mau katanya selain aki di gedein alternator juga harus di rubah ke yang lebih besar juga...
semoga bener.. hehehehe
bisa bener, bisa juga kurang bener mar..... tergantung besarnya beban yg dipake n pemakaian mobilnya.....
dlm perumpamaan yg nt dapet, bisa dibenarkan klo arus yg dipake stabil, tp yg perlu nt ingetin adalah antara jalan siang n malem khan berbeda.... jadi saat jalan siang hari, lampu besar khan ga dipake, jadi kelebihan daya alternator bisa dipake buat ngisi aki.......tul ga ?....
Nah, yg paling bener menurut ane sih, adalah dg cara mengukur pengisian akinya saat semua peralatan dipake..... klo menurut pengukuran alat tsb, kapasitas alternator masih mencukupi, mk ga perlu pake ganti alternator segala, mengingat harga alternator yg ori ga murah loh......sedangkan klo pake yg kw, kualitasnya meragukan.............
m4rio wrote:kalo ane mikirnya gini tentang rubah aki : ember 1 liter ( aki lama ) dan ember 2 liter ( aki baru ) nah biarpun di isi dengan air keran yang keluar misalnya 1 liter/ menit. nah aki ember yang kapasitasnya udah 2 liter kgk bakalan penuh, karena selama mobil jalan beban kelistrikan juga pasti digunakan, ya buat ac, lampu2, tape, dll. jadi dengan kapasaitas keran 1 liter/menit gk kekejar buat penuhinnya. jadi kalo mau katanya selain aki di gedein alternator juga harus di rubah ke yang lebih besar juga...
semoga bener.. hehehehe
bisa bener, bisa juga kurang bener mar..... tergantung besarnya beban yg dipake n pemakaian mobilnya.....
dlm perumpamaan yg nt dapet, bisa dibenarkan klo arus yg dipake stabil, tp yg perlu nt ingetin adalah antara jalan siang n malem khan berbeda.... jadi saat jalan siang hari, lampu besar khan ga dipake, jadi kelebihan daya alternator bisa dipake buat ngisi aki.......tul ga ?....
Nah, yg paling bener menurut ane sih, adalah dg cara mengukur pengisian akinya saat semua peralatan dipake..... klo menurut pengukuran alat tsb, kapasitas alternator masih mencukupi, mk ga perlu pake ganti alternator segala, mengingat harga alternator yg ori ga murah loh......sedangkan klo pake yg kw, kualitasnya meragukan.............
sjamsul wrote:mar, ane ga ngarti arti kata 'emank om....'...... maksudnya apakah setuju ato gimana gituuuu......
maksudnya setuju om...
jadi kalo gtiu kalo mau naikin kapasitas aki kalo gk mau ampe ganti alternator gk boleh terlalu jauh dari aki standard om???????
ga juga mar, tergantung beberapa hal :
1. apakah tempat akinya mencukupi..... klo mencukupi ato nt mau memindahkan tempat akinye, mk aki dg kapasitas maksimal, misalkan 200 amper juga ga masalah..... (misalkan aki tsb diletakkan di bagasi).....
2. apakah kantongnye ga teriak..... krn aki dg kapasitas yg lbh besar, harganya relatip lbh mahal.....
3. apakah cara pake akinye bener....... maksudnya apakah saat aki msh baru, diperlakukan dg bener, misalkan (spt yg ane sering tulis).... sebelon dipake (aki baru), mk sebaiknya disetroom dulu ampe full..... baru dipake, spy aki bisa lbh panjang umurnye......
4. dll......
sjamsul wrote:@mario:
mar, klo msh ada pertanyaan lainnya, tulis aja yah, nanti malem akan ane coba jawab.....krn ane mo keliling dulu, cari makanan.... ok.....
koh... di bandung ada makanan enak nih... kayaknya ente pasti pas selera nya.
sjamsul wrote:@mario:
mar, klo msh ada pertanyaan lainnya, tulis aja yah, nanti malem akan ane coba jawab.....krn ane mo keliling dulu, cari makanan.... ok.....
koh... di bandung ada makanan enak nih... kayaknya ente pasti pas selera nya.
bukannya ga mau om..... tp macetnya ga nahannnnn....... ....