Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Jul 14, 2010 21:12
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
hi guys. baru dapet pajeronya hari ini. buju buset tarikan bawah nya super boyo yah guys ? terus isi pake solar biasa bole gak siH?? thankss..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
utk tarikan bawah udah ada tips nya, bro..baca2 halaman sebelumnya.. n, boleh pake solar biasa kok.. 


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Tue Apr 27, 2010 23:57
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
@ om hansen merendah terus.......jangan2 dikampung suka ngeber ps sampai 205 km/jam.....
@ om calz........kalau standard yachhh gitu ???? kutik trus ........nanti rasakan tarikannya.......maknyusss.....
Belajar dari suhu kita.......om hansen.....sama om golf........????? sippp
@ om calz........kalau standard yachhh gitu ???? kutik trus ........nanti rasakan tarikannya.......maknyusss.....
Belajar dari suhu kita.......om hansen.....sama om golf........????? sippp
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
mesin baru.......kinerja optimal nanti selepas 5000 Kmcalz wrote:hi guys. baru dapet pajeronya hari ini. buju buset tarikan bawah nya super boyo yah guys ? terus isi pake solar biasa bole gak siH?? thankss..
Kalo mau sedikit enak = olinya ganti pake yg bagusan, 15W-40 Diesel, isi oli 80% level F aja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
om turbo, kalo yg 80% level F tsb ane perna baca di forum sebelah katanya buat ipah bensin yahh... atau cara tsb jg berlaku utk smua mobil




numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Berlaku utk semua jenis mesinDOHC wrote:om turbo, kalo yg 80% level F tsb ane perna baca di forum sebelah katanya buat ipah bensin yahh... atau cara tsb jg berlaku utk smua mobil![]()
![]()
bahkan yg saya dengar kalo pihak pabrikan mobil hendak melakukan uji test Fuel Cons, oli hanya diisi sedikit di atas batas E.......cerita seorang teman yg pernah bekerja di konsultant Otomotif di Jerman.
tapi kalo utk daily driving, jumlah oli yg sedikit berisiko membuat oli lebih cepat panas, makanya batas yg kompromistis di 80% level F aja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Kalo Oli yg paling bagus apa yah bro?Turboman wrote:mesin baru.......kinerja optimal nanti selepas 5000 Kmcalz wrote:hi guys. baru dapet pajeronya hari ini. buju buset tarikan bawah nya super boyo yah guys ? terus isi pake solar biasa bole gak siH?? thankss..
Kalo mau sedikit enak = olinya ganti pake yg bagusan, 15W-40 Diesel, isi oli 80% level F aja.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Kalo utk break in pake yg mineral based aja cukup......mineral based yg bagus macam Mobil Delvac MX / CAT DEO 15W-40 / FK Massimo Diesel Dash 10W-30peter79 wrote: Kalo Oli yg paling bagus apa yah bro?
Kalo selepas 5000 Km bisa pakai yg Semi or Full Synth.
Utk Full Synth Diesel di Indo yg paling superior so far ada Amsoil Series 3000 HDD 5W-30, ada Royal Purple 10W-40.......lalu ada Mobil Delvac 1 SAE 5W-40.
Utk lengkapnya bisa liat2 :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
Oli2 Full Synth yg comply ke Long Life std spt MB 229.5 / 229.3 or at least ACEA B4 juga bisa digunakan utk Diesel CRD
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
Btw konon akhir tahun akan masuk :
- Shell Rimula R6 Full Synth 10W-40 MB 228.5
- Selenia Urania 5W-30 Full Synth MB 228.5 (baru rumour)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Aug 04, 2010 12:09
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
mo nanya nih, newbies dari surabaya
gue punya PS baru pasang powerplug 1 minggu. menurut saya performa cukup naik ( belum test dyno mahal). filter udara sdh pake pnya K&N tapi exhaust system masih standard. Masih pikir2 mo ganti downpipe karena denger di downpipe ori PS ada cat. conv. nya lagian masih 2500KM ntar rewel garansinya.
pertanyaannya :
apa perlu ganti down pipe ? karena kalo menurut bbrp blogging, piggyback powerplug itu tidak meningkatkan performa secara extreeme jadi boleh ganti downpipe boleh ndak. apa betul?
kalo cat conv dilepas ada pengaruh kemesin ndak ? karena ada pendapat bahwa cat conv memberi input ke ECU untuk campuran udara:solar.. kalo dilepas bisa bikin lampu engine check hidup terus. apa betul ?
pertanyaan lain:
saya punya turbo timer otomatis yg bisa ngatur lama idle mesin. cuman kadang ndak masuk akal, jalan kota2 aja kadang dia minta idle > 5 mnt... padahal jalan ndak sampe 80KM/h dan ndak kebut2an. apa turbo timernya mabok ??

gue punya PS baru pasang powerplug 1 minggu. menurut saya performa cukup naik ( belum test dyno mahal). filter udara sdh pake pnya K&N tapi exhaust system masih standard. Masih pikir2 mo ganti downpipe karena denger di downpipe ori PS ada cat. conv. nya lagian masih 2500KM ntar rewel garansinya.
pertanyaannya :
apa perlu ganti down pipe ? karena kalo menurut bbrp blogging, piggyback powerplug itu tidak meningkatkan performa secara extreeme jadi boleh ganti downpipe boleh ndak. apa betul?
kalo cat conv dilepas ada pengaruh kemesin ndak ? karena ada pendapat bahwa cat conv memberi input ke ECU untuk campuran udara:solar.. kalo dilepas bisa bikin lampu engine check hidup terus. apa betul ?
pertanyaan lain:
saya punya turbo timer otomatis yg bisa ngatur lama idle mesin. cuman kadang ndak masuk akal, jalan kota2 aja kadang dia minta idle > 5 mnt... padahal jalan ndak sampe 80KM/h dan ndak kebut2an. apa turbo timernya mabok ??

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Thanks bro atas penjelasannyaTurboman wrote:Kalo utk break in pake yg mineral based aja cukup......mineral based yg bagus macam Mobil Delvac MX / CAT DEO 15W-40 / FK Massimo Diesel Dash 10W-30peter79 wrote: Kalo Oli yg paling bagus apa yah bro?
Kalo selepas 5000 Km bisa pakai yg Semi or Full Synth.
Utk Full Synth Diesel di Indo yg paling superior so far ada Amsoil Series 3000 HDD 5W-30, ada Royal Purple 10W-40.......lalu ada Mobil Delvac 1 SAE 5W-40.
Utk lengkapnya bisa liat2 :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
Oli2 Full Synth yg comply ke Long Life std spt MB 229.5 / 229.3 or at least ACEA B4 juga bisa digunakan utk Diesel CRD
http://mesin-diesel.dinogroups.com/dlin ... w0JzDJvpPa
Btw konon akhir tahun akan masuk :
- Shell Rimula R6 Full Synth 10W-40 MB 228.5
- Selenia Urania 5W-30 Full Synth MB 228.5 (baru rumour)

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
http://www.youtube.com/watch?v=XRt6m4shVck
liat deh video di atas...
keren abis dan pembuatan pajero sport bener2 di perhitungkan banget baik dari segi design dll nya..
liat deh video di atas...
keren abis dan pembuatan pajero sport bener2 di perhitungkan banget baik dari segi design dll nya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
iya om kerogawa. ada satu lagi tuh yang lebih lengkap tentang PS. lupa apa saya pernah sharing sini apa ga.
cocok bgt itu kalimat terakhir di video youtube yg om posting : High Speed Offroader
itulah yang jadi pembeda PS dari yang lain di kelasnya sesama offroader. ini mobil offroader yang juga bisa diajak kencang.
cocok bgt itu kalimat terakhir di video youtube yg om posting : High Speed Offroader
itulah yang jadi pembeda PS dari yang lain di kelasnya sesama offroader. ini mobil offroader yang juga bisa diajak kencang.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Setelah Ganti Down pipe Super Flow 2,5" dan replacement Filter K&N akselerasi di RPM rendah jadi entengan...
Selanjutnya pasang Powerlab, tapi stock lagi kosong di Jkt
Selanjutnya pasang Powerlab, tapi stock lagi kosong di Jkt

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Dec 28, 2004 7:53
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
btw, setelah gw baca2, banyak pemilik pajero sport yang baru dapet mobilnya disni, melakukan modifikasi, walau hanya kecil2an, seperti ring@westgate, dan tambah powerplug. yang jadi pertanyaan saya, kalau kita modifikasi ke mesin kecil2an gini, warranty resmi yang di berikan, tetap berlaku, atau void?
tolong di maklumkan, ane baru order, sembari nunggu, ane cari2 informasi dulu, apa yg bisa saya lakukan, tanpa merusak garansi resmi.
thx ya.
tolong di maklumkan, ane baru order, sembari nunggu, ane cari2 informasi dulu, apa yg bisa saya lakukan, tanpa merusak garansi resmi.
thx ya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
saya pernah tanya ke dealer bdg, katanya selama bukan modif extreem tidak masalah... tapi ini di bdg ya.. 
turbo timer pun kan modif tambahan, mereka malah menyarankan sebaiknya pake... hehe!

turbo timer pun kan modif tambahan, mereka malah menyarankan sebaiknya pake... hehe!

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Thu Apr 22, 2010 14:57
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
modif kecil2x-an jg gw lakukan, tp hanya modifikasi dengan tujuan membuat PS lebih nyaman dengan kondisi bisa dikembalikan ke kondisi awal tanpa harus repot ke bengkelvashx wrote:btw, setelah gw baca2, banyak pemilik pajero sport yang baru dapet mobilnya disni, melakukan modifikasi, walau hanya kecil2an, seperti ring@westgate, dan tambah powerplug. yang jadi pertanyaan saya, kalau kita modifikasi ke mesin kecil2an gini, warranty resmi yang di berikan, tetap berlaku, atau void?
tolong di maklumkan, ane baru order, sembari nunggu, ane cari2 informasi dulu, apa yg bisa saya lakukan, tanpa merusak garansi resmi.
thx ya.
jadi pasang powerplug/piggybank yg gak pakai potong kabel, pasang ring wastegate, ganti filter udara dll semua dengan kondisi bisa kembaliin/copot/pasang sendiri kalau mau claim garansi ke bengkel resmi ( kalau pasang atau copot modifikasi tsb selalu saya perhatiin sendiri sekalian belajar kalau balikin ke kondisi awalnya)
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Aug 29, 2010 15:01
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Salam Kenal Pak
saya pakai PS A/T 4x2 kira-kira 3 bulanan
Mau Curhat dulu...
awalnya saya paka mobil ini stress banget, mulai dari anti karat dari dealernya (semarang) yang gak rapi, terus dashboard yang bunyi kalau jalan gelombang (padahal 75% jalan di semarang bergelombang), lampu belakang ngembun
Tapi sekarang semua problem sudah teratasi
Dan saya lebih menikmati naik PS daripada Fortuner
O ya, mau tanya pak gimana cara mengatasi bunyi jedug kalau kita jalan pelan, dan tiba2 giginya turun dari 3 ke 2?
sama oli apa yang kira-kira 1 level diatas HX7 diesel yang cocok untuk PS ? soalnya fortuner saya uda pakai HX7 dan biasa2 aja...hehehe

saya pakai PS A/T 4x2 kira-kira 3 bulanan
Mau Curhat dulu...

awalnya saya paka mobil ini stress banget, mulai dari anti karat dari dealernya (semarang) yang gak rapi, terus dashboard yang bunyi kalau jalan gelombang (padahal 75% jalan di semarang bergelombang), lampu belakang ngembun

Tapi sekarang semua problem sudah teratasi

Dan saya lebih menikmati naik PS daripada Fortuner



O ya, mau tanya pak gimana cara mengatasi bunyi jedug kalau kita jalan pelan, dan tiba2 giginya turun dari 3 ke 2?
sama oli apa yang kira-kira 1 level diatas HX7 diesel yang cocok untuk PS ? soalnya fortuner saya uda pakai HX7 dan biasa2 aja...hehehe

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Ternyata pasang downpipe effectnya tidak begitu berasa ketimbang standard di RPM Bawah.
Kemarin barusan ke Phoenix R lokasi di Graha Auto Center utk:
1. Pasang AAI Pre Turbo
2. Ganti Selang Westgate dan Pasang Ring di Westgate
3. Pasang Ground Wire di 3 titik
4. Poles Throttle Body
Hasilnya luar biasa, tarikan awal jauh lebih responsif, tidak terasa kalo bawa mobil diesel, tarikannya seperti mobil bensin!!!
Pas bawa di tol lari 100 km/jam, pas mau kickdown, responnya cepat sekali, tau2 sudah 140 km/jam,pokoknya napasnya enteng!!!!
Downpipe 2.5 inch kurang besar ternyata, disarankan pak Andreas ganti yg 3 inch
Trims bro Turboman atas info dan sarannya
Kemarin barusan ke Phoenix R lokasi di Graha Auto Center utk:
1. Pasang AAI Pre Turbo
2. Ganti Selang Westgate dan Pasang Ring di Westgate
3. Pasang Ground Wire di 3 titik
4. Poles Throttle Body
Hasilnya luar biasa, tarikan awal jauh lebih responsif, tidak terasa kalo bawa mobil diesel, tarikannya seperti mobil bensin!!!
Pas bawa di tol lari 100 km/jam, pas mau kickdown, responnya cepat sekali, tau2 sudah 140 km/jam,pokoknya napasnya enteng!!!!
Downpipe 2.5 inch kurang besar ternyata, disarankan pak Andreas ganti yg 3 inch

Trims bro Turboman atas info dan sarannya

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Mantaappppppeter79 wrote: Downpipe 2.5 inch kurang besar ternyata, disarankan pak Andreas ganti yg 3 inch![]()
DP 2,5" kalo utk daily Driving / banyak maen di RPM rendah aja mestinya dah cukup pak, asal yg penting bikinannya bagus / tekukannya mulus / nggak ada nekuk bersiku en flange yg menghadap ke Turbo-nya cukup lebar utk mengakomodasi gas buang yg keluar dr Wastegate.
Kalo mau coba improve :
Pipa belakang sesudah muffler dibesarkan 1/4"......misalnya aslinya 2 1/4" then bikin jadi 2,5"
Percobaan saya di Ipah D4 D sih tarikan tengah mulai dr 1800 RPM sampe atasnya lebih enak.....buat di 4D56 Di-D mestinya efeknya mirip.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
pipa belakang setelah muffler mananya bro??? maksudnya setelah colector pipenya??
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Barusan sudah diganti ke 3 inch bro merk SAKI downpipe n front pipenya, karena rencana kedepan mau pasang DMS dan mau naikin Boostnya kalo 2,5 inch kata pak Andreas kekecilan...Turboman wrote: Mantaappppp
DP 2,5" kalo utk daily Driving / banyak maen di RPM rendah aja mestinya dah cukup pak, asal yg penting bikinannya bagus / tekukannya mulus / nggak ada nekuk bersiku en flange yg menghadap ke Turbo-nya cukup lebar utk mengakomodasi gas buang yg keluar dr Wastegate.
Kalo mau coba improve :
Pipa belakang sesudah muffler dibesarkan 1/4"......misalnya aslinya 2 1/4" then bikin jadi 2,5"
Percobaan saya di Ipah D4 D sih tarikan tengah mulai dr 1800 RPM sampe atasnya lebih enak.....buat di 4D56 Di-D mestinya efeknya mirip.
Kata Pak Andreas kalo sudah ganti yg 3 inch downpipenya, dia mau tambahin semacam AAI preturbo lagi biar supply udara lebih banyak.
Saya ada pasang Tail pipe stainless orisinil Mitsubishi, kalo mau besarin pipa belakang muffler 1/4" apakah tail pipenya bisa dipakai lagi?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
Pipa sesudah muffler ke ujung belakang (Tail pipe)golfpunk wrote:pipa belakang setelah muffler mananya bro??? maksudnya setelah colector pipenya??
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
1. wah wah........btw gimana resultnya dibanding DP 2,5" ?peter79 wrote: 1. Barusan sudah diganti ke 3 inch bro merk SAKI downpipe n front pipenya, karena rencana kedepan mau pasang DMS dan mau naikin Boostnya kalo 2,5 inch kata pak Andreas kekecilan...
2. Kata Pak Andreas kalo sudah ganti yg 3 inch downpipenya, dia mau tambahin semacam AAI preturbo lagi biar supply udara lebih banyak.
3. Saya ada pasang Tail pipe stainless orisinil Mitsubishi, kalo mau besarin pipa belakang muffler 1/4" apakah tail pipenya bisa dipakai lagi?
2. AAI Pre Turbo type cebol udah cukup pak, gak perlu tambah apa2 lagi.
3. Besarin pipa antara Tail pipe ke muffler. Tail Pipe orisinil Mitsu yg dimaksud itu Exhaust Tip atau apa ya ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Jul 26, 2010 5:36
Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI)
1. Sebenernya kemarin habis dari phoenix yg bawa supir, jadi cuma dia yg tau perbedaannya, nanti coba saya tanyakan perbedaan 2.5" dan 3.0" hehehe...Turboman wrote: 1. wah wah........btw gimana resultnya dibanding DP 2,5" ?
2. AAI Pre Turbo type cebol udah cukup pak, gak perlu tambah apa2 lagi.
3. Besarin pipa antara Tail pipe ke muffler. Tail Pipe orisinil Mitsu yg dimaksud itu Exhaust Tip atau apa ya ?
2. Kemarin sih pak Andreas saranin pasang lagi yg panjang ato apa lah namanya.
Sempet liat Innova yg sudah dioprek abis2an yg juara 3 drag race di PRJ, dlmnya ternyata ada banyak AAInya, ada 4 biji filternya kecilnya...
3. Sori yg dimaksud exhaust tip bro, masih bisa dipake nga yah? kalo ganti pipa 1/4" lebih besar?