Perlakuan thd aki & embel2nye....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
panther itu emang bikin yg punya nya jatuh hati kalo uda make.... perna denger dari sales panther jg katanya rata2 yg beli panther itu bukan pemakai baru, tapi para pemakai panther jg sblom nya... alasan nya pun jg macem2, ada yg demen irit nya, spare part KW an berlimpah, torsi galak di putaran bawah.. dll...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
cring cring cring! jkt bali hanya 44rb rupiah saja! (jaman taun 90an)DOHC wrote:panther itu emang bikin yg punya nya jatuh hati kalo uda make.... perna denger dari sales panther jg katanya rata2 yg beli panther itu bukan pemakai baru, tapi para pemakai panther jg sblom nya... alasan nya pun jg macem2, ada yg demen irit nya, spare part KW an berlimpah, torsi galak di putaran bawah.. dll...
baaaaaaaaaaaaaaaaaaa!


-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Nov 25, 2008 3:41
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
salam kenal,
newbie mau nanya nih
mobil ane all new jazz 2008, belum pernah ganti accu dari beli.
sepertinya udah mulai soak accu nya
rencananya mau ganti. mohon saran ganti accu donk
-apa perlu naikin ah nya(standard 35ah klo gak salah), tujuannya agar klo ac nyala gak bikin lampu redup.
-apa perlu beli semacam volt stabilizator (klo gak salah pivot raizin, atau ada yg lebih murah?)
sekalian klo mau ganti accu dimana ya, yg terjamin dan gak di bohongi (lokasi ane di jkt barat)
thanks berat
newbie mau nanya nih
mobil ane all new jazz 2008, belum pernah ganti accu dari beli.
sepertinya udah mulai soak accu nya
rencananya mau ganti. mohon saran ganti accu donk
-apa perlu naikin ah nya(standard 35ah klo gak salah), tujuannya agar klo ac nyala gak bikin lampu redup.
-apa perlu beli semacam volt stabilizator (klo gak salah pivot raizin, atau ada yg lebih murah?)
sekalian klo mau ganti accu dimana ya, yg terjamin dan gak di bohongi (lokasi ane di jkt barat)
thanks berat

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
rasanya ga pas kalo saya welcoming to SM, zpot14... join nya udah lama... hahahaha, posting baru sekarang...
aki boleh saja diupgrade menjadi 45 atau 60 misalnya... tapi dilihat dulu, tergantung pemakaian.. kira2 sesuaikan amper yg akan dipilih dengan keperluan. tidak ada gunanya menaikan amper jika akhirnya akan mubazir.
penggunaan volt stabilizer, itu tergantung masing2... jika memang pengen, ya silahkan.. tapi jika bro tanya ke saya, ada fungsinya atau tidak... saya jawab ada! lumayan buat gaya...
ya, beda kalo koh sjamsul yg jawab ya... silahkan langsung beli aki dari koh sjamsul. karena beliau salah satu penyalur utama aki dan professor aki di SM. hehe!

aki boleh saja diupgrade menjadi 45 atau 60 misalnya... tapi dilihat dulu, tergantung pemakaian.. kira2 sesuaikan amper yg akan dipilih dengan keperluan. tidak ada gunanya menaikan amper jika akhirnya akan mubazir.
penggunaan volt stabilizer, itu tergantung masing2... jika memang pengen, ya silahkan.. tapi jika bro tanya ke saya, ada fungsinya atau tidak... saya jawab ada! lumayan buat gaya...

ya, beda kalo koh sjamsul yg jawab ya... silahkan langsung beli aki dari koh sjamsul. karena beliau salah satu penyalur utama aki dan professor aki di SM. hehe!

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Aki buat jazz kyk nya cukup 35 ampere aja, agak mubazir dinaekkin kecuali ada peralatan elektronik kyk power&lampu2. Aki standard jazz 32aH, dinaekkin sesuai dudukan lg bisa 35 ato 38 ampere. Di atas itu kyk nya harus mengubah dudukan aki. Aki nya awet brp taon om? Dr pengalaman saya aki buat jazz rata2 cmn awet 1,5-2th ya. Bagaimana dgn pemilik jazz lainnya?
Menurut saya, volt stabilizer mubazir kl tdk memakai peralatan electric.

Menurut saya, volt stabilizer mubazir kl tdk memakai peralatan electric.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
rasanya dudukan aki ga perlu dirubah sih... ada kok yg pas... hehe! kalo std upgrade sih ke 45amper saja.. sudah lebih dari cukup. kalo tidak upgrade, juga ga masalah... toh std pemakaian sehari2 kan...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
hallo, salam kenal kembali bro.......zpot14 wrote:salam kenal,
newbie mau nanya nih
mobil ane all new jazz 2008, belum pernah ganti accu dari beli.
sepertinya udah mulai soak accu nya
rencananya mau ganti. mohon saran ganti accu donk
-apa perlu naikin ah nya(standard 35ah klo gak salah), tujuannya agar klo ac nyala gak bikin lampu redup.
-apa perlu beli semacam volt stabilizator (klo gak salah pivot raizin, atau ada yg lebih murah?)
sekalian klo mau ganti accu dimana ya, yg terjamin dan gak di bohongi (lokasi ane di jkt barat)
thanks berat
ane coba jawab pertanyaan nt ya:
1. nampaknya ga perlu deh, buat naikin ampernya, krn tempatnya yg terbatas.....
2. no comment.....
beli aki dimana ajah, selama akinya dari merk yg bagus..... misalkan klo nt beli merk GS, pastikan yg keluaran astra otoparts..... jangan yg diluar itu.......
Ada baiknya nt menambahkan kabel ground..... krn kabel ground aslinya cuma sepotong ajah..... jadi tambahkan 2 kabel masa, yg satu dari aki ke bodi samping, yg satunya ke mesin......
trus klo bisa plastik penutup bodi akinya dilepas aja, krn akan membuat aki menjadi lbh panas (bodinya)......
smoga bermanfaat...........
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ane khawatir, klo dikasih comment, ntar ada nyang protes.........poeticmind wrote:jiaaah... no.2 no comment katanya...



-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
wkwkwkwkwk!sjamsul wrote:ane khawatir, klo dikasih comment, ntar ada nyang protes.........poeticmind wrote:jiaaah... no.2 no comment katanya...![]()
![]()
....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Para senior, mohon bantuannya nih tentang aki mobil Kijang diesel kapsul saya.
Akinya baru diganti bulan 3 tahun ini.
Dari model N70 menjadi N70S, kondisi mobil seminggu sekali dipergunakan selebihnya diam dan alarm menyala.
Sekitar 2 atau 3 minggu yg lalu, mobil distarter tidak kuat. Bunyi terakhir pada saat di starter adalah ctek..ctek..
Kemudian aki dicopot lalu disetrum ulang.. Setelah di strum ulang, di test langsung jreng.. Sekali starter langsung nyala.. Setelahnya mobil lebih rajin saya panasi sekitar 1 atau 2 hari sekali selama kurang lebih 2-3 menit. Jika dipanasi selisih 1 hari, starter yg kedua kali baru mesin menyala.
Dan td malam, saat saya mencoba menstarter, kejadian tersebut terulang kembali, tidak kuat untuk menyala dan bunyi ctek..ctek.. pada saat saya paksa starter.. kalau test klakson, lampu, semuanya bisa nyala dengan normal.
Mohon bantuannya, apakah masalah di aki ataukah di dinamo startert atau pada pengisian aki?
Thanx
Akinya baru diganti bulan 3 tahun ini.
Dari model N70 menjadi N70S, kondisi mobil seminggu sekali dipergunakan selebihnya diam dan alarm menyala.
Sekitar 2 atau 3 minggu yg lalu, mobil distarter tidak kuat. Bunyi terakhir pada saat di starter adalah ctek..ctek..
Kemudian aki dicopot lalu disetrum ulang.. Setelah di strum ulang, di test langsung jreng.. Sekali starter langsung nyala.. Setelahnya mobil lebih rajin saya panasi sekitar 1 atau 2 hari sekali selama kurang lebih 2-3 menit. Jika dipanasi selisih 1 hari, starter yg kedua kali baru mesin menyala.
Dan td malam, saat saya mencoba menstarter, kejadian tersebut terulang kembali, tidak kuat untuk menyala dan bunyi ctek..ctek.. pada saat saya paksa starter.. kalau test klakson, lampu, semuanya bisa nyala dengan normal.
Mohon bantuannya, apakah masalah di aki ataukah di dinamo startert atau pada pengisian aki?
Thanx
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Saya coba bantu setau saya ya bro..newcity_vtec wrote:Para senior, mohon bantuannya nih tentang aki mobil Kijang diesel kapsul saya.
Akinya baru diganti bulan 3 tahun ini.
Dari model N70 menjadi N70S, kondisi mobil seminggu sekali dipergunakan selebihnya diam dan alarm menyala.
Sekitar 2 atau 3 minggu yg lalu, mobil distarter tidak kuat. Bunyi terakhir pada saat di starter adalah ctek..ctek..
Kemudian aki dicopot lalu disetrum ulang.. Setelah di strum ulang, di test langsung jreng.. Sekali starter langsung nyala.. Setelahnya mobil lebih rajin saya panasi sekitar 1 atau 2 hari sekali selama kurang lebih 2-3 menit. Jika dipanasi selisih 1 hari, starter yg kedua kali baru mesin menyala.
Dan td malam, saat saya mencoba menstarter, kejadian tersebut terulang kembali, tidak kuat untuk menyala dan bunyi ctek..ctek.. pada saat saya paksa starter.. kalau test klakson, lampu, semuanya bisa nyala dengan normal.
Mohon bantuannya, apakah masalah di aki ataukah di dinamo startert atau pada pengisian aki?
Thanx
Sepengetahuan saya gak ada aki tipe N70S, mungkin yg dimaksdu NS70 ya?
Kalo dr N70 jadi NS70 berarti daya aki dikurangi, karena N70 berarti 70A, dan NS70 adalah 65A. Tapi walopun hanya 65A, sebenernya masih cukup kuat untuk Kijang diesel. Dilihat dr umur akinya yg baru sekitar 5bln, kecil kemungkinan masalah ada pada akinya. Karena separah apapun merk aki nya, biasanya msh sanggup idup dlm wkt 5bln saja. Perkiraan saya mungkin masalah ada pada pengisian aki, atau bisa juga klem aki yg kurang kuat menempel di pole aki. Coba dikencangin dl klem akinya, trz dicek ketinggian air nya, , kalo tidak bisa baru di cek kabel2nya.
Btw, apa sudah di cek dgn menggunakan aki mobil lain?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Setauku jazz mentok di 35A om poet.poeticmind wrote:rasanya dudukan aki ga perlu dirubah sih... ada kok yg pas... hehe! kalo std upgrade sih ke 45amper saja.. sudah lebih dari cukup. kalo tidak upgrade, juga ga masalah... toh std pemakaian sehari2 kan...
di atas itu kyk nya kabel nya tidak cukup, alias kurang panjang.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
bisa sampai 55A kok, dak... ukuran aki 45 dan 55 sama, dari 35 ke 45-55 dudukan aki masih bisa, kabel dibenahin sedikit dari cable ties nya. hanya beda beberapa cm aja...BADAK wrote:Setauku jazz mentok di 35A om poet.poeticmind wrote:rasanya dudukan aki ga perlu dirubah sih... ada kok yg pas... hehe! kalo std upgrade sih ke 45amper saja.. sudah lebih dari cukup. kalo tidak upgrade, juga ga masalah... toh std pemakaian sehari2 kan...
di atas itu kyk nya kabel nya tidak cukup, alias kurang panjang.
ini yg saya lakuin di beberapa mobil jazz ya...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Hmmm..aku blm pernah nyoba pake aki yg dimensi 45A/55A.
Cuman pernah gantiin jazz adikku n sekilas aku liat kabel nya cukup pendek, jd agak pesimis bisa dipasang aki dimensi 45A apa tidak.
Tapi kalo situ udah pernah nyoba ya brarti aku yakin pasti bisa.
Oiya om poet, dr beberapa orang yg pernah ke lapak saya kyknya rata2 aki untuk jazz hny mampu bertahan 2thn saja. Jarang yg bisa lebih dr 2th. Apakah pernah menemui yg bisa bertahan lama?
Cuman pernah gantiin jazz adikku n sekilas aku liat kabel nya cukup pendek, jd agak pesimis bisa dipasang aki dimensi 45A apa tidak.
Tapi kalo situ udah pernah nyoba ya brarti aku yakin pasti bisa.
Oiya om poet, dr beberapa orang yg pernah ke lapak saya kyknya rata2 aki untuk jazz hny mampu bertahan 2thn saja. Jarang yg bisa lebih dr 2th. Apakah pernah menemui yg bisa bertahan lama?

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
aki std jazz atau sudah diganti? kalo std jazz rata2 2tahun, memang... ini jazz lama ya, kalo all new saya belum tahu sampai berapa lama, karena baru ada 2orang yg ganti belum lama ini dengan alasan 'merek' aki.
std jazz masih aki basah... saya kira kenapa hanya bertahan 2tahun karena si pemakai mobil jarang mengecek air aki, sehingga seringkali sel2 dalam nya tidak terendam dengan sempurna. nah, ini kadang yg menjadi sebab utama aki tidak awet. malah saya kira bukan hanya di jazz saja, avanza xenia dan beberapa mobil suzuki pun sama saja.
makanya dengan alasan air aki, banyak pemilik mobil minta ke saya utk diganti aki MF. padahal menurut saya, aki basah atau kering ya sama2 saja..asal kita sering cek air aki (pada aki basah).
anehnya, justru di honda fit (cbu nya jazz), rata2 pemakaian 3tahun. padahal sama2 menggunakan aki basah. kalo saya lihat, aki yg digunakan (aki asli dari sononya ya...) berbeda dengan aki jazz disini. ntah, mungkin lebih bagus? hehehe...
Lucunya, utk beberapa mobil toyota cbu, akinya pun merek toyota... kalo saya perhatikan, itu sama modelnya dengan GS.
oya, menyambung pertanyaan ente... aki jazz, ada yg bertahan lebih dari 3tahun, punya sodara saya, diganti dulu tahun 2006 oleh saya menggunakan aki basah GForce. awal 2010 saya ganti lagi menggunakan MF Gforce NS60L 45ampere.
std jazz masih aki basah... saya kira kenapa hanya bertahan 2tahun karena si pemakai mobil jarang mengecek air aki, sehingga seringkali sel2 dalam nya tidak terendam dengan sempurna. nah, ini kadang yg menjadi sebab utama aki tidak awet. malah saya kira bukan hanya di jazz saja, avanza xenia dan beberapa mobil suzuki pun sama saja.
makanya dengan alasan air aki, banyak pemilik mobil minta ke saya utk diganti aki MF. padahal menurut saya, aki basah atau kering ya sama2 saja..asal kita sering cek air aki (pada aki basah).
anehnya, justru di honda fit (cbu nya jazz), rata2 pemakaian 3tahun. padahal sama2 menggunakan aki basah. kalo saya lihat, aki yg digunakan (aki asli dari sononya ya...) berbeda dengan aki jazz disini. ntah, mungkin lebih bagus? hehehe...
Lucunya, utk beberapa mobil toyota cbu, akinya pun merek toyota... kalo saya perhatikan, itu sama modelnya dengan GS.
oya, menyambung pertanyaan ente... aki jazz, ada yg bertahan lebih dari 3tahun, punya sodara saya, diganti dulu tahun 2006 oleh saya menggunakan aki basah GForce. awal 2010 saya ganti lagi menggunakan MF Gforce NS60L 45ampere.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Nah, aku setuju kl salah satu alasan terbesar aki jazz jrg yg bisa awet lbh dr 2th, krn aki nya lupa ditambahkan air. Dengan kata lain, aki jazz penguapan air nya lbh tinggi drpd mbl lainnya. Makanya kmrn aku gantiin pny cust dgn tipe hybrid yg lbh sedikit penguapan air nya. Kalo tipe MF bagiku krg worthed dgn harganya.
Ini aku lg melakukan uji coba 2 aki, tipe biasa & hybrid mana yg lebih awet. waktu pemakaian sama, dipasang pd mbl yg sama.
Ini aku lg melakukan uji coba 2 aki, tipe biasa & hybrid mana yg lebih awet. waktu pemakaian sama, dipasang pd mbl yg sama.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
klo penyakitnya spt itu saat distarter, kemungkinan besar adalah pada dinamo starternya ato bendix nya..... nt tinggal servis aja dinamo starternya.....atau klo ga mau repot, tinggal tambahkan relay starter...... biasanya masalah selesai.......newcity_vtec wrote:Para senior, mohon bantuannya nih tentang aki mobil Kijang diesel kapsul saya.
Akinya baru diganti bulan 3 tahun ini.
Dari model N70 menjadi N70S, kondisi mobil seminggu sekali dipergunakan selebihnya diam dan alarm menyala.
Sekitar 2 atau 3 minggu yg lalu, mobil distarter tidak kuat. Bunyi terakhir pada saat di starter adalah ctek..ctek..
Kemudian aki dicopot lalu disetrum ulang.. Setelah di strum ulang, di test langsung jreng.. Sekali starter langsung nyala.. Setelahnya mobil lebih rajin saya panasi sekitar 1 atau 2 hari sekali selama kurang lebih 2-3 menit. Jika dipanasi selisih 1 hari, starter yg kedua kali baru mesin menyala.
Dan td malam, saat saya mencoba menstarter, kejadian tersebut terulang kembali, tidak kuat untuk menyala dan bunyi ctek..ctek.. pada saat saya paksa starter.. kalau test klakson, lampu, semuanya bisa nyala dengan normal.
Mohon bantuannya, apakah masalah di aki ataukah di dinamo startert atau pada pengisian aki?
Thanx
smoga bermanfaat...........
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ane udah coba, dak... aki biasa sama MF sama keawetan nya... wkwkwkwk!
kalo soal mana yg lebih bagus, itu sih terserah masing2... mau pake yg mana yo monggo2 wae...

kalo soal mana yg lebih bagus, itu sih terserah masing2... mau pake yg mana yo monggo2 wae...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
koh sjam... bener ga sih, ada yg mengatakan kalo mobil diesel makan aki jika tidak dipakai beberapa hari dibanding mobil bensin? maksudnya jika mobil bensin langsung bisa jreng, sedangkan mobil diesel selalu seperti kehabisan / lemah aki...?
saya selalu ditanya begini, jawaban saya biasanya begini (sok tau...) : ahhhh ga ada itu! sama aja...
saya selalu ditanya begini, jawaban saya biasanya begini (sok tau...) : ahhhh ga ada itu! sama aja...


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Trz hasilnya? Untuk merk apa?poeticmind wrote:ane udah coba, dak... aki biasa sama MF sama keawetan nya... wkwkwkwk!![]()
kalo soal mana yg lebih bagus, itu sih terserah masing2... mau pake yg mana yo monggo2 wae...
Yg saya test adl tipe konvensional dgn hybrid om. Hybrid lain dgn MF, krn MF pake gel padat. Kalo hybrid sama kyk aki konvensional, pake air zuur. Hny kandungan Pb & Ca nya berbeda. Pada tipe hybrid kandungan Ca lbh tinggi, makanya penguapan air lbh rendah.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
maksudnya, aki air sama MF... sama2 hasilnya. kalo aki air sama hybrid belum pernah compare nih... jarang yg minta hybrid. kebanyakan langsung minta MF atau stay di aki biasa.
ane test utk aki biasa VS aki MF di merek GForce. maap, bukan promosi ya ini... cuma ane punya cinta pribadi sama GForce.
ane test utk aki biasa VS aki MF di merek GForce. maap, bukan promosi ya ini... cuma ane punya cinta pribadi sama GForce.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Kalo aki basah vs kering menurutku lbh worthed basah. Dgn selisih harga ckp banyak, hny beda dlm pengisian air. Lagian kita mengisi air jg bukannya tiap hari. selain itu aki kering kurang tahan thd panas, jd gak heran kl byk mbl jepang pake aki kering krg awet.poeticmind wrote:maksudnya, aki air sama MF... sama2 hasilnya. kalo aki air sama hybrid belum pernah compare nih... jarang yg minta hybrid. kebanyakan langsung minta MF atau stay di aki biasa.
ane test utk aki biasa VS aki MF di merek GForce. maap, bukan promosi ya ini... cuma ane punya cinta pribadi sama GForce.
Skrg yg aku test aki hybrid, yg katanya perpaduan antara aki basah & kering, tp harga plg murah diantara kedua tipe tsb.
Wah smp cinta merk itu, jgn2 prnh dpt bonus tour ke LN ya

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Dak, masak sih aki hybrid lebih murah dari aki basah biasa?BADAK wrote:Kalo aki basah vs kering menurutku lbh worthed basah. Dgn selisih harga ckp banyak, hny beda dlm pengisian air. Lagian kita mengisi air jg bukannya tiap hari. selain itu aki kering kurang tahan thd panas, jd gak heran kl byk mbl jepang pake aki kering krg awet.poeticmind wrote:maksudnya, aki air sama MF... sama2 hasilnya. kalo aki air sama hybrid belum pernah compare nih... jarang yg minta hybrid. kebanyakan langsung minta MF atau stay di aki biasa.
ane test utk aki biasa VS aki MF di merek GForce. maap, bukan promosi ya ini... cuma ane punya cinta pribadi sama GForce.
Skrg yg aku test aki hybrid, yg katanya perpaduan antara aki basah & kering, tp harga plg murah diantara kedua tipe tsb.
Wah smp cinta merk itu, jgn2 prnh dpt bonus tour ke LN ya




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
bener om..... di mbl ane juga gitu..... berhubung ane ga tiap hari pake itu mbl, saat distarter, ga langsung idup mesinnye. Jadi mesti beberapa kali starter, baru bisa idup....... ane ga tau apakah ane jarang serpis injektornye ato apa gitu.... tp yg pasti buat ane ga masalah, selama msh bisa distarter n mesin bisa idup, wlp harus beberapa kali starternye.......poeticmind wrote:koh sjam... bener ga sih, ada yg mengatakan kalo mobil diesel makan aki jika tidak dipakai beberapa hari dibanding mobil bensin? maksudnya jika mobil bensin langsung bisa jreng, sedangkan mobil diesel selalu seperti kehabisan / lemah aki...?
saya selalu ditanya begini, jawaban saya biasanya begini (sok tau...) : ahhhh ga ada itu! sama aja...
ma kasih yeeeeeeeeeeeee...................



