Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
AD74YA wrote:@fortunerman: gila ford focus ampun dah.... masih ente pelihara aja... udah jelas uang jajan nya nggak normal...
I love my Focus hehe. Itu cuman nanya2 iseng aja ama SA nya kok...ane gak ganti fuel pump. Cuman kalo kena...ya begitulah
Mobil Jepang yg sekelas belum bisa bikin rasa kokoh kaya tank...ama Corolla mah jauh bener, terasa driving a cheap car (walaupun much more reliable). Belum ngomong handlingnya...belum rasa bantingan Euronya (firm tp tetap enak). Jadi yah, beda enaknya - peace of mind vs driving enjoyment.
Spare part mahal kan bukan salah mobilnya...salah FMI yg males cari supplier lokal atau yg lebih deket. Kalo semua di impor dr ntah berantah...ya begitulah. Lagian ini mobil nggak laku (di Indonesia), berat juga FMI kalo harus cari supplier lokal hanya untuk segelintir pemiliknya.
Nggak semuanya mahal juga kok...brake pad 600...Camry 700an, Fortie juga 600an...nggak tau Corolla brp. Saringan udara 250 ribu...wajar2 aja sepertinya kalo yg fast moving.
Ah nggak sejauh itu juga kalau sama Corolla.. kalau sama civic nah iya setuju... Sama altis bedanya cuma di suspensi empuknya bedanya.. masalah rigidity (atau kalo kata favorit bro naldo = Solid -meskipun saya gak gitu ngerti maksud solid itu apa) aku rasa sama2 aja ya..
Focus yang saya ingat itu bantingannya cenderung firm ya, setir ringan.. Gue rasa sih bisa di dapat dengan gini:
1. Beli all new corolla 2.0 (est. 380 juta)
2. Beli Eibach Pro-Kit (est 3 juta)
3. Beli Stabilizer atas bawah, depan belakang. (est 2 juta)
Ya kalo fast moving wajar ya.. tapi ga masuk akal itu komponen lain.. belum lagi nanti kalo Ac kena, dan lain2.. intinya 5 years.. ganti baru?
Corolla kalo di geber getaran mesin terasa buzzy (getaran kecil) di setir. Corolla sama sekali tidak fun to drive (memang tidak dirancang buat fun, tapi alat transportasi yg bisa dihandalkan)...beda sama Civic/Focus. Kalo soal setir ringan...Corolla rajanya, gak ada kayanya mobil lebih ringan dr Corolla. Terlaluuuu ringan...
Rasa "teutonic" German feel Ford Focus...beda dgn rasa Jepun - mungkin itu maksud si naldo. Itu sih udah lumrah..."German car feel"...cari aja di google.
Mungkin ini lebih jelas...ttg ciri2 mobil dr dua kubu ini
German cars: very solid, very stable at high speeds, suspension tuned for handling, generally spartan interior designs, sometimes cutting edge features, can have reliability issues after several years of use - > 10 years, cost a lot to maintain - expensive parts
Japanese cars: solid, extremely reliable, suspensions can be tuned to soft american to firm german taste, usually more dressed up interiors, many state of the art features and sometimes catching the world off-guard with new technology, typically VERY, VERY reliable for years and years, cheap on maintenance
Bukan itu aja...rasanya tetap lebih "solid" mobil Eropa. Penjelasan kenapanya gak tau..ntah apa alasan teknisnya.
Rasa solid bukan berarti lebih reliable lho ya Corolla lebih reliable, lebih kenceng, lebih irit.
Baca aja deh review2 steering feelnya Corolla
Soal lebih worth it yg mana...kalo baru, sekarang, ya mendingan Corolla lah. Focus udah jadul dr 2005 masih basically gitu2 aja. Corolla udah ganti 7-speed CVT. Kalo new Focus vs New Corolla keluar nanti, baru fair lagi.
Ini interior Focus 2005...mau adu sama Corolla 2010 skrg juga boleh
Focus Ghia (tipe paling tinggi) 2005 sih begini semua. Taun2 berikutnya setelah facelift ganti coklat semua kalo gak salah. Tuning suspensi torsion beam sulit dijadikan seperti full independent, apalagi one of the best handling Belum steering Corolla yg terkenal ngawang dan tidak komunikatif. Belum dual-zone AC nya...belon electric seatnya.
Quality
A slightly incongruous mix of really posh materials and pretty damn cheap ones, the Focus is nonetheless very well made. This second generation car has plenty of Germanic feel in the touch points and will surely last.
Handling
Few mid-sized hatches come close to the Ford Focus in terms of its lithe, responsive chassis and quick, informative steering.
poeticmind wrote:bukan, itu memang karena busa peredam yg tidak akan hilang baunya... saran saya, dibawa ke toko intrerior atau audio, diganti peredam nya.
memang caranya agak repot, yaitu melepas karpet dan mengganti peredam bawah nya. tapi cara ini cukup oke... saya sering juga mengganti peredam bawah karena kebanjiran... nah, sama saja. air banjir itu cukup bau, dan susah hilang nya serta susah kering dari busa peredam. kadang2 sudah kering pun masih bau comberan...
saya rasa kadang2 susah utk claim, karena mereka pun ga punya gantinya. atau mereka merujuk ke toko interior juga akhirnya. anggap saja ini lagi sial... lebih enak dibawa sendiri ke toko interior/audio mobil, sekalian saja ditambah peredaman nya. ga seberapa kok harganya...
Rencananya memang begitu om kl memang ngak bisa diganti karpetnya tp kemarin SA beres Hondanya masih tetap bilang barangnya ada termasuk busa peredamnya dimana dia yang akan beresin nantinya.
Sekedar sharing kemarin kan ke salon lagi untuk bersihin interior semuanya termasuk plafon ternyata yg paling bau itu ternyata bagian depan kabin karena bentuk kabin Freed di bagian belakang lebih tinggi dibandinkan depan sehingga bensin ngumpul di depan. dan yg lebih parah payung yg ada di mobil sampai ikut bau juga.Oh ya hasil bersihin interior udah jauh berkurang (bisa dikatakan hilang) karena kemarin sy minta di pel lagi kabinnya sambil periksain sumber baunya sekalian kasih kopi untuk netralin baunya.
Sekarang lagi pikir maslahnya jika memang diganti baru bagaimana kl hasil pasngnya nanti ngak rapi dan ada refference tempat pasang karpet yang bagus termasuk peredamnya. Thx
AD74YA wrote:@fortunerman: gila ford focus ampun dah.... masih ente pelihara aja... udah jelas uang jajan nya nggak normal...
I love my Focus hehe. Itu cuman nanya2 iseng aja ama SA nya kok...ane gak ganti fuel pump. Cuman kalo kena...ya begitulah
Mobil Jepang yg sekelas belum bisa bikin rasa kokoh kaya tank...ama Corolla mah jauh bener, terasa driving a cheap car (walaupun much more reliable). Belum ngomong handlingnya...belum rasa bantingan Euronya (firm tp tetap enak). Jadi yah, beda enaknya - peace of mind vs driving enjoyment.
Spare part mahal kan bukan salah mobilnya...salah FMI yg males cari supplier lokal atau yg lebih deket. Kalo semua di impor dr ntah berantah...ya begitulah. Lagian ini mobil nggak laku (di Indonesia), berat juga FMI kalo harus cari supplier lokal hanya untuk segelintir pemiliknya.
Nggak semuanya mahal juga kok...brake pad 600...Camry 700an, Fortie juga 600an...nggak tau Corolla brp. Saringan udara 250 ribu...wajar2 aja sepertinya kalo yg fast moving.
like this... sekali2 punya mobil yang sesuai hasrat....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan wrote: Tuning suspensi torsion beam sulit dijadikan seperti full independent, apalagi one of the best handling
Yah ngapain ngubah sampe base nya kan... kita cukup ngubah dari stiffness khas toyota, sama kekakuan body nya lewat per/coilover + body stabilizer.. cuman feel aja.. at least mendekati lah
maskopat wrote:
like this... sekali2 punya mobil yang sesuai hasrat....
ini om FM kalo ngasih komentar tentang focus, koq ane jadi pengen bawa ya...?
bukannya nggak boleh oom, focus mobil yang sangat bagus kok.. saya sendiri suka banget sama focus.. cuman ya perawatannya harganya parts nggak normal secara ga bisa subtitusi juga.. harus lewat FMI...
lagian masalah interior sebenernya udah diluar konteks since yang diomongin adalah suspensi
makanya pengen coba cari pendapat.. bisa nggak solutif aja ...kalo mau mobil paling ga murah perawatan + handling mirip2 focus (ya handling lah yang jadi patokan.. kita ngomongin focus) bisa nggak ya.. gitu lho.. cuma cari pendapat... masukan doang...
FortunerMan wrote: Tuning suspensi torsion beam sulit dijadikan seperti full independent, apalagi one of the best handling
Yah ngapain ngubah sampe base nya kan... kita cukup ngubah dari stiffness khas toyota, sama kekakuan body nya lewat per/coilover + body stabilizer.. cuman feel aja.. at least mendekati lah
maskopat wrote:
like this... sekali2 punya mobil yang sesuai hasrat....
ini om FM kalo ngasih komentar tentang focus, koq ane jadi pengen bawa ya...?
bukannya nggak boleh oom, focus mobil yang sangat bagus kok.. saya sendiri suka banget sama focus.. cuman ya perawatannya harganya parts nggak normal secara ga bisa subtitusi juga.. harus lewat FMI...
lagian masalah interior sebenernya udah diluar konteks since yang diomongin adalah suspensi
makanya pengen coba cari pendapat.. bisa nggak solutif aja ...kalo mau mobil paling ga murah perawatan + handling mirip2 focus (ya handling lah yang jadi patokan.. kita ngomongin focus) bisa nggak ya.. gitu lho.. cuma cari pendapat... masukan doang...
Focus asik kok.. TD aja oom psikopat
sip, nanti maen ke dealer ford dah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan wrote: Tuning suspensi torsion beam sulit dijadikan seperti full independent, apalagi one of the best handling
Yah ngapain ngubah sampe base nya kan... kita cukup ngubah dari stiffness khas toyota, sama kekakuan body nya lewat per/coilover + body stabilizer.. cuman feel aja.. at least mendekati lah
maskopat wrote:
like this... sekali2 punya mobil yang sesuai hasrat....
ini om FM kalo ngasih komentar tentang focus, koq ane jadi pengen bawa ya...?
bukannya nggak boleh oom, focus mobil yang sangat bagus kok.. saya sendiri suka banget sama focus.. cuman ya perawatannya harganya parts nggak normal secara ga bisa subtitusi juga.. harus lewat FMI...
lagian masalah interior sebenernya udah diluar konteks since yang diomongin adalah suspensi
makanya pengen coba cari pendapat.. bisa nggak solutif aja ...kalo mau mobil paling ga murah perawatan + handling mirip2 focus (ya handling lah yang jadi patokan.. kita ngomongin focus) bisa nggak ya.. gitu lho.. cuma cari pendapat... masukan doang...
Focus asik kok.. TD aja oom psikopat
sip, nanti maen ke dealer ford dah...
ampun DJ... mau langsung inden.......
review nya bang!
ilhami wrote:kok mobil polisi mewah banget ya om? padahal jarang kejar-kejaran sama penjahat disini
biar keliatan asik kali.. hehe.. we know lhar... Focus, Mazda6... what else?...
ilhami wrote:ford focus itu sedan ya om? Pernah saya lihat sedan polisi warna oranye...itu ford focus ya?
Iya itu Ford Focus, ada hatchback ada sedan. Kalo di luar negeri ada wagon, ada convertible. Yg orange sepertinya Ghia juga (versi paling tinggi pake electric seat).
Skrg di Indonesia mobil polisi yg warna abu2 juga ada - tp rada cupu peleknya kekecilan. Ini bukan Ghia..dalemnya gak semewah yg orange.
Saya juga bingung kenapa polisi pake Ford Focus banyak bener...it's not cheap to maintain, not the fastest, mintanya oktan 95, tidak paling irit. Mungkin karena Densus 88 banyak sumbangan dr Amerika...jadi untuk membalas budi...dipakelah merek dr sono - isu nya sih begitu - benernya gak tau.
Andrian wrote:itu mobil polisi oranye kalo gak salah yang nongkrong di kedutaan-kedutaan ya?
Biasanya begitu. Di depan JIS Pondok Indah juga suka nangkring. Yg ane bingung...waktu di terminal Ubung Denpasar (terminal bus), ane liat juga nangkring tuh Focus orange.
Bro2 di SM, tau ga sih product Griffon Hot Pills, tadi liat2 di ace hardware sepertinya product menarik juga ya, meskipun bahasa leaflet nya veri indonesia sungguh kampungan hehe..
tau, ane pernah liat, pernah pake, ada yg merah ada yg kuning...dujlu ane pake yg kuning di escudo ane, tp byk yg menyarankan jgn pake......ya gak pake lagi deh
FortunerMan wrote: Iya itu Ford Focus, ada hatchback ada sedan. Kalo di luar negeri ada wagon, ada convertible. Yg orange sepertinya Ghia juga (versi paling tinggi pake electric seat).
Skrg di Indonesia mobil polisi yg warna abu2 juga ada - tp rada cupu peleknya kekecilan. Ini bukan Ghia..dalemnya gak semewah yg orange.
Saya juga bingung kenapa polisi pake Ford Focus banyak bener...it's not cheap to maintain, not the fastest, mintanya oktan 95, tidak paling irit. Mungkin karena Densus 88 banyak sumbangan dr Amerika...jadi untuk membalas budi...dipakelah merek dr sono - isu nya sih begitu - benernya gak tau.
di indo kan gt,
Mobil yang kurang terjual dipasaran, dijadikan mobil polisi.
Banyak mobil polisi Ford. Gak cuma Focus tapi juga Ranger dll. Kantor pemerintah yg lain juga banyak pakai Escape, Ranger dan Everest. Itu semua tergantung bagaimana perusahaan tsb bisa memberikan penawaran dan "penawaran" yang baik. Umumnya emang perusahaan yang overstock barang (alias kurang laku) akan lebih agresif.
Lumayanlah Ford Focus daripada dulu patroli polisi pakai Kia Carens. Malu lagi udah bintang satu masih harus pakai Kia Shuma.
ada yang pake PIVOT 3D ga disini?
Gw baru pasang hari senin kemarin,
kalo di set ke EC5 (yg paling ekonomi), mobil berasa sangat berat, seperti mesin 1000cc, tp bensin sangat irit.
tp kalo di set ke SP7 (sport paling tinggi), mesin galak banget, kayak pake mobil 2000cc, injek dikit langsung ngacir.
ilhami wrote:ford focus itu sedan ya om? Pernah saya lihat sedan polisi warna oranye...itu ford focus ya?
Iya itu Ford Focus, ada hatchback ada sedan. Kalo di luar negeri ada wagon, ada convertible. Yg orange sepertinya Ghia juga (versi paling tinggi pake electric seat).
Skrg di Indonesia mobil polisi yg warna abu2 juga ada - tp rada cupu peleknya kekecilan. Ini bukan Ghia..dalemnya gak semewah yg orange.
Saya juga bingung kenapa polisi pake Ford Focus banyak bener...it's not cheap to maintain, not the fastest, mintanya oktan 95, tidak paling irit. Mungkin karena Densus 88 banyak sumbangan dr Amerika...jadi untuk membalas budi...dipakelah merek dr sono - isu nya sih begitu - benernya gak tau.
bener nih om.
sayangnya pengadaan di Indonesia itu lebih melihat harga saja bukan biaya/cost.
kalau di negara yg sudah mapan, atau di swasta, kan dilihat Total Cost of Ownership, mulai dari acquisition costs, price, operating costs, sampai disposal costs. kalau yang dilihat cuma price, ya yg ngasih paling murah yang diambil, padahal jatuhnya daam 10 tahun masa pakai, akan terasa mahalnya.
tapi kalau TCO dipertimbangkan bener, jangan2 mobil2 polisi nanti cuma AvanzaXenia saja hahaha