Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dino_lowrider wrote:Force majeur itu nggak melulu karena bencana alam.
Seperti ane copas dari link sbb:
Seingat gw,
Untuk menetapkan sebuah kasus force majeur harus ada pernyataan resmi dari Pemerintah yang berkuasa dan pihak asuransi ataupun warranty punya pegangan/kekuatan hukum dari sana untuk menghadapi konsumen.
Kalau kasus skr ini serba tidak jelas.
bener. untuk bencana alam misalnya, harus ada keppres dulu yg mentarakan sbg daerah bencana, dan baru dari sana klaususl force majeur bisa berlaku: pengadaan tanpa melalui tender, dsb
arry_b wrote:Gemas dengernya, malah nantang begitu...profesionalkah nantang menantang spt itu..? bukannya instropeksi, investigasi ke dalam baru bersuara. Tau apa orang yang duduk manis di ruang ber AC soal kejadian lapangan..? kayanya seneng denger laporan AIS aja tuh ..(asal ibu senang) ..saya doakan mudah2an liberalisasi sektor retail bbm berjalan sampai ke daerah2 lain, shg konsumen punya pilihan..huh.. hidup shell, petronas, total...!! lebarkan sayap kalian ke se antero negeri biar konsumen mempunyai pilihan terbaiknya..
menantang dalam hal mempertahankan fakta yang dimilikinya wajar lah itu, ga ada hubungannya ama profesional atau gak. kecuali nantang buat berantem.
nah sekarang udah ada belum yang uji kualitas bensin dari sample2 saat dimana banyak fuel pump rontok? cuman itu alasan ilmiah yang bisa jadi patokan. kalo ga ya sama aja dengan menuduh tanpa ada bukti. fuel pump rontok ga bisa dijadiin bukti. kalo nuduh tanpa bukti tentu jadi fitnah. seperti kata pepatah, fitnah lebih kejam dari pembunuhan.
jadi wajar reaksi orang nomor satu di pertamina seperti itu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Lihat di laporan rcti. Warna premium saat ini suspect penyebab rontoknya FP , lebih pekat/gelap daripada premium biasanya.
Ratusan Taksi GAMYA di jakarta , rusak FP masal , bersamaan.
tadi sore sambil jalan2 liat beberapa spbu pertamina sepi....saya jg isi shell antrian bareng sm beberapa taksi....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
ane denger dari beberapa pengemudi taksi. katanya, di pool mereka, hampir tiap hari ada 2-3 taksi yang ganti EFP...
mereka sudah melakukan komplain ke produsen BBM. si produsen bilang produk ATPM yang bermasalah. ngeles mode on...
tentang kasus om kesha, bisa minta alasan ke HPM kenapa menolak garansi. kalau emang karena alasan BBM bermasalah, minta bukti otentik bahwa BBM itu bermasalah. toh kita pake produk BBM yang ada di pasaran biasa yang sudah standar industri. dan seperti saran yang lain, kasus ini belum tentu bisa dibilang sebagai force majeur.
btw, produk BBM ini ada SNI nya gak ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
apakah penyebabnya hanya bad batch saja, mudah2an batch yg jelek sudah habis, dan batch baru sudah ok
ane biasa isi shell super extra + premium 50:50, lusa udah mo isi bensin lagi neh, bingung musti isi apa.
waktu 2 pengisian yg lalu (2 minggu lalu), memang boil ane rada dikit mbrebet
tapi pengisian terakhir (minggu lalu), performa mesin sdh lebih baik
apakah ini pertanda premium jeleknya sudah habis dipasaran?
kemaren isi shell super terasa ngacirrr....FC 1:9 (MID), sore ini isi pertamax dan terasa tarikan rada ngedrop...FC jg melorot jadi 1:8.2 (MID). rute sama2 dalkot dan rame lancar......
kok beda euy.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
om kesha,
temen ogut akhirnya beli 250rb tuh..
mungkin iya soketnya beda tapi harusnya sich gak rumit rubahnya, tapi jumat sore dikabarin honda ud ada fp nya, jadi sabtu dipasangin yg ori..n yg penting gratis tuh..
kena ongkos aja 220rb katanya krn montir dtg..
kalo kerusakan sebelum senin harusnya msh di garansi krn memo pemberitahuan ke dealer itu tertanggal senin kalo gak salah..
temen ogut waktu itu baru pulang dari luar kota minta supir jempet ke airport, gak tahunya mbl gak bisa nyala (untung jg yah, jd rusaknya pas ud di rmh)..
tks infonya
kesha wrote:
teddym wrote:om kesha,
kok dari foto 2 fp itu gak sama?apa krn salah satu ud di bongkar?
ini tinggal plug n play gak rubah soket?
montirnya bkn montir beres honda yah
beli dmn harga segitu, ori atau bukan, merk apa..
temen beli di atrium ditawarin 350rb, jd takut beli dia..maklum cewek nich..
sama takut jg garansi nya hilang gak yah..sekalian mau klaim fp nya
kesha wrote:om Teddy, FP jazz dan FP freed itu benar2 sama, yg di foto itu ada FP copotan dari Honda Jazz IDSI 2 th lalu, sewaktu Jazz saya di vonis harus ganti FP yg ternyata masih bagus.
Dulu belinya kalo ga salah Rp.650 rb.
Bro Teddy, itu foto Fuel Pumpnya sama persis, yg satu punya Freed, yg lainnya punya Jazz.
Trus yg di foto itu montir Beres nya Honda, lihat aja seragamnya dan mobil CRV Honda Service di background dan moncong mobil Freed gw, sepertinya jelas kan....?
Untuk Fuel Pump yg Rp.350 rb, sepertinya gw ga yakin, td gw sempat main ke PMK, ada diberi tau fuel pump merk (lupa), bentuknya mirip/sama dgn FP, tp socketnya kecil, jd ga bisa dipasang kecuali modif socketnya, harganya Rp.175 rb.
Tp 2 thn yg lalu gw beli FP harganya Rp.650rb atau Rp.700rb.
jalu wrote:kemaren isi shell super terasa ngacirrr....FC 1:9 (MID), sore ini isi pertamax dan terasa tarikan rada ngedrop...FC jg melorot jadi 1:8.2 (MID). rute sama2 dalkot dan rame lancar......
kok beda euy.....
Nah itu yg saya juga rasakan om jalu. Padahal secara teori RON mereka sama. tapi kenapa di tarikan beda?
Jangan2 bener kata temen saya. ''Pertamax rasa premium''
jalu wrote:kemaren isi shell super terasa ngacirrr....FC 1:9 (MID), sore ini isi pertamax dan terasa tarikan rada ngedrop...FC jg melorot jadi 1:8.2 (MID). rute sama2 dalkot dan rame lancar......
kok beda euy.....
Nah itu yg saya juga rasakan om jalu. Padahal secara teori RON mereka sama. tapi kenapa di tarikan beda?
Jangan2 bener kata temen saya. ''Pertamax rasa premium''
Benar saya juga merasa seperti itu, sudah gitu harga Shell Super dengan RON 92, lebih murah daripada harga Pertaman dengan RON yg sama.
Untuk iritnya, di bar average honda Freed, pakai Shell lebih irit daripada Pertamax.
teddym wrote:om kesha,
temen ogut akhirnya beli 250rb tuh..
mungkin iya soketnya beda tapi harusnya sich gak rumit rubahnya, tapi jumat sore dikabarin honda ud ada fp nya, jadi sabtu dipasangin yg ori..n yg penting gratis tuh..
kena ongkos aja 220rb katanya krn montir dtg..
kalo kerusakan sebelum senin harusnya msh di garansi krn memo pemberitahuan ke dealer itu tertanggal senin kalo gak salah..
temen ogut waktu itu baru pulang dari luar kota minta supir jempet ke airport, gak tahunya mbl gak bisa nyala (untung jg yah, jd rusaknya pas ud di rmh)..
tks infonya
Om Teddy, saya rasa merubah socket itu mungkin berbahaya, karena salah2 bikin dan tidak rapat socketnya socket tsb berpotensi mengeluarkan percikan api, pdhal Fuel Pump tsb ada di dalam tanki bensin.
Jadi mirip bom waktu, kuatirnya sewaktu2 tanki bensin tsb meledak..
teddym wrote:om kesha,
temen ogut akhirnya beli 250rb tuh..
mungkin iya soketnya beda tapi harusnya sich gak rumit rubahnya, tapi jumat sore dikabarin honda ud ada fp nya, jadi sabtu dipasangin yg ori..n yg penting gratis tuh..
kena ongkos aja 220rb katanya krn montir dtg..
kalo kerusakan sebelum senin harusnya msh di garansi krn memo pemberitahuan ke dealer itu tertanggal senin kalo gak salah..
temen ogut waktu itu baru pulang dari luar kota minta supir jempet ke airport, gak tahunya mbl gak bisa nyala (untung jg yah, jd rusaknya pas ud di rmh)..
tks infonya
Om Teddy, saya rasa merubah socket itu mungkin berbahaya, karena salah2 bikin dan tidak rapat socketnya socket tsb berpotensi mengeluarkan percikan api, pdhal Fuel Pump tsb ada di dalam tanki bensin.
Jadi mirip bom waktu, kuatirnya sewaktu2 tanki bensin tsb meledak..
Nompang komen,
Justru salah satu tujuan FP posisinya dalam tanki bensin supaya lebih aman Om (dibanding FP diluar tanki). Karena oksigen nggak ada (atau terlalu sedikit) jadi nggak ada kebakaran walaupun misalnya ada percikan api. Buktinya, dah banyak FP yg gosong tapi belum ada yg meledak kan ? Semoga tidak.
om Uch, moga2 seperti itu ya..
cuma kemarin konsultasi dengan temen yg jago electrik, pendapat dia begitu, ada bahaya percikan api jika merubah socket.
Copas dari milist blazer (dah seijin yg penulis). Catatan :
1. Walaupun penulisnya nguli di Kilang Pertamina Cilacap, tulisan ini adalah tulisan pribadi. Bukan atas nama Pertamina.
2. Tulisan ini dipost di milist blazer. Tips no. 2 (ttg penggunaan oli 2T) belum tentu cocok/rekomended buat mobil lain.
Mumpung sedang hangat permasalahan Fuel Pump, berikut cerita yang mungkin saja bermanfaat.
Secara spesifikasi, bensin jaman dulu dengan bensin sekarang tidak jauh beda. Perbedaan terjadi pada kandungan sulfur dan kandungan TEL saja. Bensin jaman sekarang jauh lebih baik dari sisi kandungan sulfur dibanding jaman dulu, sehingga lebih ramah terhadap logam (logam tidak mudah berkarat).
Dari sisi ilmu korosi, sulfur tidak akan merusak / bereaksi dengan logam selama sulfur tidak bercampur dengan air (water). Campuran sulfur dan air akan membentuk larutan H2SO4 yang bersifat asam dan sangat merusak logam.
Dari mana asalnya sulfur dan air dalam bensin? Sulfur merupakan materi yang selalu ada dalam minyak bumi / minyak mentah. Dengan peralatan yang modern kandungan sulfur dalam bensin dapat ditekan seminimum mungkin. Dikilang Cilacap, seharinya dapat menghasilkan sulfur sekitar 20.000 liter sufur cair.
Berbeda dengan sulfur, air dalam bensin justru berasal dari kontaminasi dengan udara luar. Air yang berasal dari minyak bumi sudah hilang karena terpanaskan selama proses pemurnian bensin/premium. Premium dalam tanki terkontaminasi dengan air terjadi karena proses penguapan dan penyusutan sebagai berikut:
1. Pada saat siang hari (temperatur lebih tinggi) premium dalam penyimpanan menguap dan keluar melalui lubang yang sudah disiapkan. sehingga tidak ada udara dan uap air yang masuk.
2. Pada saat malam hari (temperatur lebih rendah) volume premium menyusut dan uap premium mengembun, akibatnya akibatnya tekanan di dalam tanki lebih rendah dari udara luar. Sehingga udara luar yang banyak mengandung uap air (apalagi pas musim hujan) terhisap ke dalam tanki dan membentuk air. Kejadian ini berulang setiap hari.
Tanki disini tidak terbatas pada tanki di pabrik dan Spbu saja, tapi tanki mobil / motor juga terjadi fenomena yang sama.
Air merupakan kunci terjadinya proses korosi. Tanpa ada sulfur pun air dapat mengakibatkan korosi, karena sifat air yang elektrolit (menghantar listrik). Jika dtambah sulfur, maka proses korosi terjadi lebih cepat.
Semakin besar ruang kosong di dalam tanki, maka proses pembentukan air semakin cepat. karena jumlah udara yang masuk ke dalam tanki juga semakin besar.
TEL adalah bahan tambahan yang berfungsi untuk menaikkan angka oktan dalam premium. TEL terbuat dari timbal (logam berat) yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Salah satu sifat TEL yang menguntungkan adalah, timbal membatu pelumasan pada daerah yang dialiri TEL tersebut. Makanya jarang terjadi kerusakan pada perlengkapan yang berhubungan dengan premium.
Sejalan dengan tuntutan ramah lingkungan, sudah lebih dari 5 tahun ini TEL tidak digunakan lagi sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan angka oktan. Sebagai penggantinya adalah HOMC (High Octane Mogas Component).
HOMC bersifat sama dengan premium, sehingga di dalam premium sekarang ini tidak ada lagi kandungan pelumas yang membatu menjaga komponen mesin. Sehingga komponen mesin menjadi lebih rentan rusak, jika material yang digunakan sama atau lebih rendah dari sebelumnya.
Kerusakan Fuel Pump terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:
1. Kualitas material (terutama poros) yang kurang baik / tidak tahan korosi. Hal ini terjadi karena tuntutan pasar akan harga murah.
2. Premium yang tidak mengandung pelumas mengakibatkan komponen leb ih cepat aus.
3. Produk karat (dari truk tanki > SPBU > tanki kendaraan) mengakibatkan saringan cepat mampat / pluging, dan jika terbawa ke dalam pompa akan merusak komponen pompa.
4. Pendinginan Fuel Pump tidak / kurang baik karena pompa tidak terendam sempurna dalam premium. Biasanya karena terlalu sering membiarkan premium dalam level yang minimum.
Untuk menghindari kerusakan fuel pump, berikut beberapa tips yang dapat dipakai:
1. Usahakan untuk selalu menjaga premium dalam tanki pada posisi full. Hal ini dimaksudkan untuk:
a. Menjaga pendinginan Fuel Pump dalam kondisi bagus.
b. Mengurangi ruang kosong dalam tanki sehingga jumlah udara + uap air yang masuk ke tanki juga sedikit.
2. Menambahkan pelumas 2T (dua Tak) untuk memperbaiki kandungan pelumas yang sudah tidak ada dalam premium. JANGAN gunakan oli 2T sintetik, GUNAKAN oli 2T MINERAL. Takaran sekitar 50 cc per 50 liter premium.
3. Ganti filter bensin secara rutin.
4. Kuras tanki premium setahun sekali.
5. Gunakan Fuel Pump original (dengan asumsi kualitas material original bagus).
Wah capek ya bacanya...
Bagi yang ingin diskusi lebih lanjut silahkan japri
Semoga bermanfaat
Nompang komen,
Justru salah satu tujuan FP posisinya dalam tanki bensin supaya lebih aman Om (dibanding FP diluar tanki). Karena oksigen nggak ada (atau terlalu sedikit) jadi nggak ada kebakaran walaupun misalnya ada percikan api. Buktinya, dah banyak FP yg gosong tapi belum ada yg meledak kan ? Semoga tidak.
Nompang komen,
Justru salah satu tujuan FP posisinya dalam tanki bensin supaya lebih aman Om (dibanding FP diluar tanki). Karena oksigen nggak ada (atau terlalu sedikit) jadi nggak ada kebakaran walaupun misalnya ada percikan api. Buktinya, dah banyak FP yg gosong tapi belum ada yg meledak kan ? Semoga tidak.
Kalau tangki bensin pas kosong, masih kerendem?
ya itu dia, kemarin kesimpulan temen saya jg begitu, sangat beresiko jika memodifikasi socket fuel pump.
Kecuali di solder langsung?
Daripada tiap hari deg2an duduk diatas bom waktu, mendingan cari aman aja lah, pake FP originalnya.
Yah...iyalah om. kalo dibanding originalnya satu set sih dah pasti lebih rekomended originalnya Om.
Point saya masalah tangki terbakar/meledak. Fp yg di dalam tanki lebih aman dibanding FP yg diluar tanki, kalo misalnya ada percikan api/korslet di fuel pump. Walaupun tangkinya kosong. Kecuali tangkinya bocor, udara/oksigen bebas terhisap dari luar. Analoginya, salah satu cara matiin kompor terbakar/meleduk ? Cukup dengan menutupkan karung goni basah untuk menutup/mengisolasi kompor dengan udara bebas.
walaah.. koq jauh banget analoginya kompor mleduk. Mesin mobil aja kalo supply udaranya mampet, mesin jadi brebet mati hidup mati hidup. Padahal bbmnya sudah dikabutkan, dikompres, suhu ruang bakar sudah naik ke 70-90 derajat, tetap aja nggak mau terbakar/meledak dipantik ama busi... (kalo saluran udara mampet)
Di mobil ane, pertamax vs shell super juga lebih irit shell super, saya sudah buktikan sendiri
Malah shell super extra + premium (50:50) aja masih lebih irit dari pertamax. Bingung kan?
Ini semua pengalaman sendiri, bukan maen asbun (asal bunyi)
apa karena pertamax itu dicampurkan bio fuel (biopertamax), kan bio fuel lebih rendah tingkat bakarnya. Sedangkan shell bukan bio fuel?
sblumnya kalo pake pertamax vs shell rasanya beda2 tipis....tapi kali ini kenapa jd beda banget ya.......skrg pake pertamax rasanya sama aja kyk pake premium....
mungkinkah itu krn ulah spbu nakal yg mengisi tangki pendam pertamax dng premium...? mengingat skrg orang2 lbh memilih pertamax, jd mereka mencuri kesempatan dng menjual premium via dispenser pertamax....??
ini cuma opini aja....bisa saja keliru.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
kalau gw memang terasa beda banget, bar average di mobil jauh lebih bagus dari pada pake Pertamax, suara mesin juga lebih halus.
mungkin Pertamax itu Premium yg di kasih pewarna biru hehe..