kualitas bensin premium semakin buruk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
kualitas bensin premium semakin buruk
Ada info di milis Baleno kalau kualitas bensin premium (yang tidak premium babar blas) semakin memburuk, merusak fuel pump . dua bulan lalu Baleno ane juga ganti fuel pump. kayaknya ini memang disengaja supaya pindah ke pertamax
agam
m: ajat sudrajat <[email protected]>
Date: Thu, 15 Jul 2010 08:52:45
To: <[email protected]>
Reply-To: [email protected]
Subject: [baleno] Ada apa dengan premium ..?
Sudah seminggu ini Baleno kesayangan dipake istri tercinta, barusan ketika
perjalanan pulang dari kantor kerumah dia telp, katanya mesin mobil sempat mati
3x dan ada gejala tersendat2 mungkin karena mobilnya matic jadi ngga begitu
terasa. Fuel pump mobil baru diganti 2bln lalu, Sy agak sedikit ngga yakin kalau
fuel pump nya yg kena so konsultasi dan diskusi dengan Om Marcel dari
Pancajulang dan hasilnya sungguh mencengangkan 2bln ini bengkel2 termasuk
Pancajulang dan TG panen penggantian fuel pump. Di TG aja 2 minggu ini total
sudah 8 Baleno yg kena, 6 dibenerin di TG dan 2 karena mogok dirumah, mereka
beli fuel pump nya aja. Blm yg telpon ada 3 org yg mengalami kasus sama dan
karena keterbatasan Sy ngga bisa bantu. Kemaren malem yg mogok karena fuel pump
dan dibawa ke TG mobil Timor, bulan kemaren Sy juga mengganti fuel pump 2 Estilo
dan 1 Genio. Dibengkel sebelah TG ada VW Carravele dan Nisan Terano yg mogok
gara2 fuel pump juga.
Di Panca Julang kata Marcel bulan ini aja ada 3 Escudo XL7 yg ganti fuel pump
padahal mobil ini termasuk yg bandel fuel pump nya. Belom lagi Baleno dan
Karimun. Yg luar biasa info dari Om Marcel stock fuel pump Karimun di Indomobil
kosong melongpong. Nah setelah dicermati ternyata hampir 99% mobil2 yg ganti
fuel pump itu menggunakan premium. Pertanyaannya ada apakah dengan premium..?
apakah hanya satu kebetulan saja 2bln terakhir ini puluhan mobil ganti fuel
pump..? sungguh hal yg ngga masuk akal kalau hanya kebetulan semata. Apalagi ada
kasus mobil yg baru ganti fuel pump assy SGP 1-2 bln eh skr dah mati lagi.
Sy hanya bisa menyarankan buat temen2 untuk sementara yg biasa pake premium
beralih dulu ke Pertamax atau bahan bakar dari produsen lain. Soalnya mobil2 yg
pake Pertamax keliatannya ngga ada masalah apa2. Percaya atau tidak itulah
kenyataannya, Sy tidak bilang kualitas premium jelek atau tidak bagus, cuman tau
deh ya mudah2an semua hanya kebetulan saja dan dua bulan ini memang bulan mati
fuel pump he he he.
Salam
Ajat
BCI 247
agam
m: ajat sudrajat <[email protected]>
Date: Thu, 15 Jul 2010 08:52:45
To: <[email protected]>
Reply-To: [email protected]
Subject: [baleno] Ada apa dengan premium ..?
Sudah seminggu ini Baleno kesayangan dipake istri tercinta, barusan ketika
perjalanan pulang dari kantor kerumah dia telp, katanya mesin mobil sempat mati
3x dan ada gejala tersendat2 mungkin karena mobilnya matic jadi ngga begitu
terasa. Fuel pump mobil baru diganti 2bln lalu, Sy agak sedikit ngga yakin kalau
fuel pump nya yg kena so konsultasi dan diskusi dengan Om Marcel dari
Pancajulang dan hasilnya sungguh mencengangkan 2bln ini bengkel2 termasuk
Pancajulang dan TG panen penggantian fuel pump. Di TG aja 2 minggu ini total
sudah 8 Baleno yg kena, 6 dibenerin di TG dan 2 karena mogok dirumah, mereka
beli fuel pump nya aja. Blm yg telpon ada 3 org yg mengalami kasus sama dan
karena keterbatasan Sy ngga bisa bantu. Kemaren malem yg mogok karena fuel pump
dan dibawa ke TG mobil Timor, bulan kemaren Sy juga mengganti fuel pump 2 Estilo
dan 1 Genio. Dibengkel sebelah TG ada VW Carravele dan Nisan Terano yg mogok
gara2 fuel pump juga.
Di Panca Julang kata Marcel bulan ini aja ada 3 Escudo XL7 yg ganti fuel pump
padahal mobil ini termasuk yg bandel fuel pump nya. Belom lagi Baleno dan
Karimun. Yg luar biasa info dari Om Marcel stock fuel pump Karimun di Indomobil
kosong melongpong. Nah setelah dicermati ternyata hampir 99% mobil2 yg ganti
fuel pump itu menggunakan premium. Pertanyaannya ada apakah dengan premium..?
apakah hanya satu kebetulan saja 2bln terakhir ini puluhan mobil ganti fuel
pump..? sungguh hal yg ngga masuk akal kalau hanya kebetulan semata. Apalagi ada
kasus mobil yg baru ganti fuel pump assy SGP 1-2 bln eh skr dah mati lagi.
Sy hanya bisa menyarankan buat temen2 untuk sementara yg biasa pake premium
beralih dulu ke Pertamax atau bahan bakar dari produsen lain. Soalnya mobil2 yg
pake Pertamax keliatannya ngga ada masalah apa2. Percaya atau tidak itulah
kenyataannya, Sy tidak bilang kualitas premium jelek atau tidak bagus, cuman tau
deh ya mudah2an semua hanya kebetulan saja dan dua bulan ini memang bulan mati
fuel pump he he he.
Salam
Ajat
BCI 247
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Menarik juga, kualitas premium antar daerah juga berbeda sepertinya. Di Bali sempet pake premium trus mobil sendat2 walaupun gak sampe mati - "wah gawat nih fuel pump mampus di Bali". Taunya coba isi di pom bensin yg lain yg lebih rame...ilang sendat2nya....
Pernah juga pagi2 baru start mesin bergetar hebat pagi2 (di Bali juga)...biarin sebentar trus stop/start lagi, hilang.
Indonesia Raya...
Pernah juga pagi2 baru start mesin bergetar hebat pagi2 (di Bali juga)...biarin sebentar trus stop/start lagi, hilang.
Indonesia Raya...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Harusnya untuk masalah seperti ini di investigasi lebih lanjut dulu... atau pake test mandiri..
Biar jangan fitnah gitu..
Biar jangan fitnah gitu..

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Thu Aug 20, 2009 10:06
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Selama ini isi premium di Pom baru sekitat pesing (daan mogot)...
Alhamdulillah ngga ada masalah...
Mode pengisian:
pagi hari
pengisian ulang BBM ga pernah kurang dari seperempat
di Pompa BBM yang itu2 aja (ga pindah2)..
Alhamdulillah ngga ada masalah...
Mode pengisian:
pagi hari
pengisian ulang BBM ga pernah kurang dari seperempat
di Pompa BBM yang itu2 aja (ga pindah2)..
Salam,
Endry
-Grease, Oil, Cleaner, Anti-Rust, Additive, Fire-Extinguisher- more info PM.
Endry
-Grease, Oil, Cleaner, Anti-Rust, Additive, Fire-Extinguisher- more info PM.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
soal bensin memang harus diakui kualitasnya jelek.
kayaknya ane kudu search thread soal membersihkan tangki bensin, filer bensin (ada nggak sih kayak filer diesel?), fuel pump.
btw, bro kuruma di blognya menulis soal membersihkan fuel pump santa fe
http://konefly.multiply.com/journal/ite ... _Fuel_Pump
DIY - Cleaning Filter Fuel Pump Jul 13, '10 7:50 PM
for everyone
Awal Bulan Juli kemaren, teman-teman di milis Otomotif banyak mengalami Permasalahan pada Fuel Pump, dimana kondisi awalnya speed tiba-tiba drop, meskipun gas sudah dibejek sampe mentok namun kendaraan seolah-olah tidak punya tenaga/ power dan akhirnya mati...saat di start lagi suara mesin tetap berputar dan kadang2 start ini berhasil dan kemudian bisa jalan lagi dengan kondisi yang tidak maksimal...kemudian kejadian akan seperti awal lagi....kendaraan akan mati...dan begitu seterusnya, sampai akhirnya kendaraan tidak bisa distart atau dinyalakan lagi.
Dari kondisi diatas, dapat saya deskripsikan bahwa kondisi pertama kemungkinan Filter Fuel Pump Mampet, selanjutnya akibat dipaksa untuk berjalan maka supply bensin bensin yang masuk sangat sedikit sedang gas diinjak dengan maksimal, akibatnya pompa dipaksa untuk mensupply bensin dari tanki, padahal kondisi bensin didalam impeler pompa sangat sedikit yang diakibatkan filter yang mampet/clogging. Akibatnya Ruang didalam pompa akan panas, dan terjadi kavitasi. Hal inilah yang menyebabkan pompa bensin Fuel Fump jadi Rusak alias koitttt.
Kalau sudah seperti ini, maka kendaraan sudah tidak bisa dinyalakan lagi, dan tentu saja kendaraan harus di derek untuk dibawa kebengkel terdekat, bisa dibayangkan akan keluar biaya yang cukup besar untuk ongkos derek, ongkos bengkel dan tentunya ongkos penggantian spare part.
Untuk itulah beberapa hari yang lalu saya lakukan pemeriksaan terhadap Fuel Pump kendaraan saya, walaupun belum pernah saya menangani permasalahan Fuel pump ini dan belum pernah pula membongkarnya, tetapi dengan literatur yang ada saya bisa membayangkan bentuk Fuel pump seperti apa, sehingga saya beranikan diri untuk mencobanya, dan ternyata memang tidak sulit alias gampang.
Hal yang perlu kita siapkan bila akan membersihkan Filter Fuel Pump :
A. Alat / Tool yang digunakan :
1. Obeng Plus
2. Obeng Minus
3. Kunch Sock 8mm
4. Kunci Pas/ ring 10 mm
5. Kunci Pas & kunci Ring ukuran 14 mm
6. Kable Jumpper 2 pcs
7. Contact Cleaner
8. Sikat Gigi Halus
9. Ditergen secukupnya
10. Kain Lap bersih
11. White Marker/ atau indikasi penandaan
12. Ember
B. Poin Persiapan :
1. Parkirkan kendaraan ditempat yang teduh dan usahakan lantai tidak berdebu
2. Matikan Kunci Mobil hingga benar benar Off
3. Angkat/ buka jok kursi sebaris dengan tanki bensin
4. Buka Cover pelastik Kursi dengan Obeng Plus lalu tarik hingga karpet kelihatan
5. Buka/lepas ke dua Baud bagian dalam kursi dengan kunci Pas/ Ring ukuran 14 mm
6. Tutup Kembali Jok kursi ketempatnya
7. Buka/ lepas kedua baud bagian depan bawah dengan kunci Ring/ Pas ukuran 14mm
8. Tundukkan sandaran kursi lalu angkat serta geser kursi kearah bagasi belakang secara perlahan2.
9. Buka Karpet yang berbentuk sobekan persegi dan disanalah lokasi cover fuel pump berada.
C. Poin Pelepasan Fuel Pump :
1. Buka Cap Mesin lalu Lepas terminal Positif Battery dengan kunci ring/pas 10mm atau lepas fuse didalam cabin
2. Angkat tuas pembuka cover bensin dibawah kursi serta lepas cap bensin dengan tujuan agar tekanan/ kevakuman didalam tanki sama dengan udara luar.
3. Buka Cover/ Penutup Fuel Pump dengan obeng plus
4. Beri Indikasi pada tube/ selang saluran bensin Inlet, Outlet & return dengan cara yg menurut anda mudah ( kalau saya menggunakan white marker dengan tanda I , II dan III ).
5. Lepas Cable socket dengan cara menekan lock hendle kemudian tarik perlahan2 hingga terlepas lalu rapihkan posisi cable dan cover fuel pump.
6. Rapihkan dan pinggirkan 3 tube/ selang kearah dalam hingga tidak mengganggu saat pelepasan fuel pump nanti.
7. Lepas 12 Baud Pengikat pada Frame Fuel pump dengan kunci sock 8mm dan pelepasan baud secara beseberangan ( jangan menggunakan obeng plus karena akan membuat baud rusak, posisi baud sangat kencang )
8. Angkat Fuel pump setengahnya lalu secara perlahan putar 90 derajat, pastikan posisi pelampung dan Filter bisa melewati lubang/ hole framenya Fuel Pump.
9. Gunankan kain lap bersih untuk menampung ceceran bensin yang keluar dari fuel pump
10. Tutup Hole Frame fuel pump dengan Plastik dan pastikan kondisinya aman dan tidak kemasukan material asing.
D. Pembersihan Filter dan Fuel Pump
1. Lepas Gasket dari Fuel Pump dan bersihkan
2. Lepas Filter bagian bawah dengan menggunakan obeng Minus secara pelahan2 ( angkat/ congkel bagian lock pinnya di ketiga posisi dan angkat perlahan2 )
3. Rendam Filter Fuel Pump dengan diterjen secukupnya dan biarkan selam 15 menit.
4. Bersihkan Variable resistor pelampung dengan contact cleaner
5. Periksa socket Cable dan lakukan cleaning juga dengan contact cleaner.
6. Bersihkan permukaan Fuel Pump dengan kain lap bersih.
7. Setelah Filter direndam 15 menit lalu sikat permukaan filter dengan sikat gigi halus hingga benar benar bersih.
8. Keringkan Filter Fuel pump dan setelah kering rendam kembali dengan bensin lalu bersihkan kembali dengan sikat halus.
9. Pasang Kembali Filter fuel pump pada tempatnya.
E. Pengetesan Fuel Pump
1. Tegakkan Posisi Fuel pump
2. Beri Supply Tegangan 12 volt dengan cara mengkonek dgn kabel sesaat dan pastikan Fuel pump bekerja ( hati-hati semprotan sisa bensin yg ada didalam Fuel pump ).
3. Kalau Fuel pump bekerja berarti kondisi fuel pump masih bagus.
F. Pemasangan dan Starting Engine
1. Pasang kembali Gasket Frame Fuel pump yang sudah dibersihkan ( pastikan posisi gasket tidak terbalik )
2. Lakukan kebalikan step 8 s/d step 1 pada poin pelepasan.
3. Setelah Fuel Pump terpasang, biarkan selama 5-10 menit agar supaya bensin benar2 masuk kedalam pompa dan ruang pompa dipenuhi oleh bensin ( untuk menghindari kavitasi ).
4. Nyalakan Kunci di posisi ON dan biarkan selama 1 menit
5. Start Engine dan pastikan kondisi benar benar menyala dan biarkan kondisi mesin Idle untuk beberapa saat, bila kondisi Idle sudah normal tekan gas perlahan2 hingga putaran mesin benar-benar normal.
6. Test running kendaraan kita sambil mengamati kondisi tarikan mesin dijalan raya.....mantabs khan...????
7. Kalau sudah benar-benar normal jangan lupa pasang kembali Kursi yang dilepas tadi.
Selamat mencoba dan semoga SOP ini bermanfaat
Tangerang, 13 Juli 2010
Wasalam,
kayaknya ane kudu search thread soal membersihkan tangki bensin, filer bensin (ada nggak sih kayak filer diesel?), fuel pump.
btw, bro kuruma di blognya menulis soal membersihkan fuel pump santa fe
http://konefly.multiply.com/journal/ite ... _Fuel_Pump
DIY - Cleaning Filter Fuel Pump Jul 13, '10 7:50 PM
for everyone
Awal Bulan Juli kemaren, teman-teman di milis Otomotif banyak mengalami Permasalahan pada Fuel Pump, dimana kondisi awalnya speed tiba-tiba drop, meskipun gas sudah dibejek sampe mentok namun kendaraan seolah-olah tidak punya tenaga/ power dan akhirnya mati...saat di start lagi suara mesin tetap berputar dan kadang2 start ini berhasil dan kemudian bisa jalan lagi dengan kondisi yang tidak maksimal...kemudian kejadian akan seperti awal lagi....kendaraan akan mati...dan begitu seterusnya, sampai akhirnya kendaraan tidak bisa distart atau dinyalakan lagi.
Dari kondisi diatas, dapat saya deskripsikan bahwa kondisi pertama kemungkinan Filter Fuel Pump Mampet, selanjutnya akibat dipaksa untuk berjalan maka supply bensin bensin yang masuk sangat sedikit sedang gas diinjak dengan maksimal, akibatnya pompa dipaksa untuk mensupply bensin dari tanki, padahal kondisi bensin didalam impeler pompa sangat sedikit yang diakibatkan filter yang mampet/clogging. Akibatnya Ruang didalam pompa akan panas, dan terjadi kavitasi. Hal inilah yang menyebabkan pompa bensin Fuel Fump jadi Rusak alias koitttt.
Kalau sudah seperti ini, maka kendaraan sudah tidak bisa dinyalakan lagi, dan tentu saja kendaraan harus di derek untuk dibawa kebengkel terdekat, bisa dibayangkan akan keluar biaya yang cukup besar untuk ongkos derek, ongkos bengkel dan tentunya ongkos penggantian spare part.
Untuk itulah beberapa hari yang lalu saya lakukan pemeriksaan terhadap Fuel Pump kendaraan saya, walaupun belum pernah saya menangani permasalahan Fuel pump ini dan belum pernah pula membongkarnya, tetapi dengan literatur yang ada saya bisa membayangkan bentuk Fuel pump seperti apa, sehingga saya beranikan diri untuk mencobanya, dan ternyata memang tidak sulit alias gampang.
Hal yang perlu kita siapkan bila akan membersihkan Filter Fuel Pump :
A. Alat / Tool yang digunakan :
1. Obeng Plus
2. Obeng Minus
3. Kunch Sock 8mm
4. Kunci Pas/ ring 10 mm
5. Kunci Pas & kunci Ring ukuran 14 mm
6. Kable Jumpper 2 pcs
7. Contact Cleaner
8. Sikat Gigi Halus
9. Ditergen secukupnya
10. Kain Lap bersih
11. White Marker/ atau indikasi penandaan
12. Ember
B. Poin Persiapan :
1. Parkirkan kendaraan ditempat yang teduh dan usahakan lantai tidak berdebu
2. Matikan Kunci Mobil hingga benar benar Off
3. Angkat/ buka jok kursi sebaris dengan tanki bensin
4. Buka Cover pelastik Kursi dengan Obeng Plus lalu tarik hingga karpet kelihatan
5. Buka/lepas ke dua Baud bagian dalam kursi dengan kunci Pas/ Ring ukuran 14 mm
6. Tutup Kembali Jok kursi ketempatnya
7. Buka/ lepas kedua baud bagian depan bawah dengan kunci Ring/ Pas ukuran 14mm
8. Tundukkan sandaran kursi lalu angkat serta geser kursi kearah bagasi belakang secara perlahan2.
9. Buka Karpet yang berbentuk sobekan persegi dan disanalah lokasi cover fuel pump berada.
C. Poin Pelepasan Fuel Pump :
1. Buka Cap Mesin lalu Lepas terminal Positif Battery dengan kunci ring/pas 10mm atau lepas fuse didalam cabin
2. Angkat tuas pembuka cover bensin dibawah kursi serta lepas cap bensin dengan tujuan agar tekanan/ kevakuman didalam tanki sama dengan udara luar.
3. Buka Cover/ Penutup Fuel Pump dengan obeng plus
4. Beri Indikasi pada tube/ selang saluran bensin Inlet, Outlet & return dengan cara yg menurut anda mudah ( kalau saya menggunakan white marker dengan tanda I , II dan III ).
5. Lepas Cable socket dengan cara menekan lock hendle kemudian tarik perlahan2 hingga terlepas lalu rapihkan posisi cable dan cover fuel pump.
6. Rapihkan dan pinggirkan 3 tube/ selang kearah dalam hingga tidak mengganggu saat pelepasan fuel pump nanti.
7. Lepas 12 Baud Pengikat pada Frame Fuel pump dengan kunci sock 8mm dan pelepasan baud secara beseberangan ( jangan menggunakan obeng plus karena akan membuat baud rusak, posisi baud sangat kencang )
8. Angkat Fuel pump setengahnya lalu secara perlahan putar 90 derajat, pastikan posisi pelampung dan Filter bisa melewati lubang/ hole framenya Fuel Pump.
9. Gunankan kain lap bersih untuk menampung ceceran bensin yang keluar dari fuel pump
10. Tutup Hole Frame fuel pump dengan Plastik dan pastikan kondisinya aman dan tidak kemasukan material asing.
D. Pembersihan Filter dan Fuel Pump
1. Lepas Gasket dari Fuel Pump dan bersihkan
2. Lepas Filter bagian bawah dengan menggunakan obeng Minus secara pelahan2 ( angkat/ congkel bagian lock pinnya di ketiga posisi dan angkat perlahan2 )
3. Rendam Filter Fuel Pump dengan diterjen secukupnya dan biarkan selam 15 menit.
4. Bersihkan Variable resistor pelampung dengan contact cleaner
5. Periksa socket Cable dan lakukan cleaning juga dengan contact cleaner.
6. Bersihkan permukaan Fuel Pump dengan kain lap bersih.
7. Setelah Filter direndam 15 menit lalu sikat permukaan filter dengan sikat gigi halus hingga benar benar bersih.
8. Keringkan Filter Fuel pump dan setelah kering rendam kembali dengan bensin lalu bersihkan kembali dengan sikat halus.
9. Pasang Kembali Filter fuel pump pada tempatnya.
E. Pengetesan Fuel Pump
1. Tegakkan Posisi Fuel pump
2. Beri Supply Tegangan 12 volt dengan cara mengkonek dgn kabel sesaat dan pastikan Fuel pump bekerja ( hati-hati semprotan sisa bensin yg ada didalam Fuel pump ).
3. Kalau Fuel pump bekerja berarti kondisi fuel pump masih bagus.
F. Pemasangan dan Starting Engine
1. Pasang kembali Gasket Frame Fuel pump yang sudah dibersihkan ( pastikan posisi gasket tidak terbalik )
2. Lakukan kebalikan step 8 s/d step 1 pada poin pelepasan.
3. Setelah Fuel Pump terpasang, biarkan selama 5-10 menit agar supaya bensin benar2 masuk kedalam pompa dan ruang pompa dipenuhi oleh bensin ( untuk menghindari kavitasi ).
4. Nyalakan Kunci di posisi ON dan biarkan selama 1 menit
5. Start Engine dan pastikan kondisi benar benar menyala dan biarkan kondisi mesin Idle untuk beberapa saat, bila kondisi Idle sudah normal tekan gas perlahan2 hingga putaran mesin benar-benar normal.
6. Test running kendaraan kita sambil mengamati kondisi tarikan mesin dijalan raya.....mantabs khan...????
7. Kalau sudah benar-benar normal jangan lupa pasang kembali Kursi yang dilepas tadi.
Selamat mencoba dan semoga SOP ini bermanfaat
Tangerang, 13 Juli 2010
Wasalam,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Ane dapet info dari teman2 pengguna mobil Korea/KOI, bahwa dibengkel2 resmi juga banyak keluahan dan masalah tentang Fuel Pump, jadi dari pada kejadian ya, mendingan ane coba2 untuk cleaning Filter FP sendiri....hasilnya memang sangat dekil ( dibuktikan air sisa diterjen kuning/ keruh ).
Btw, sop diatas untuk Hyundai santa fe ya bro...!!
Btw, sop diatas untuk Hyundai santa fe ya bro...!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Buset dibbersihkan pake deterjen bro FPnya ga rusak tuh..??



RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Buset dibbersihkan pake deterjen bro FPnya ga rusak tuh..??![]()
![]()
Ngak lah bro,....



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
MAYDAY..MAYDAY..Saatnya kita beralih ke bensin non subsidi..
Kalo ga mau fuel pump rusak..
http://oto.detik.com/read/2010/07/19/12 ... obil-resah
http://oto.detik.com/read/2010/07/19/13 ... pump-jebol
Kayaknya secara tidak langsung PERTAMINA mengakui kualitas premium ga ada jaminan..soalnya masih ada pemain2 nakal yg suka mengoplos premium..Tapi bensin non subsidi apa sudah ada jaminan bebas kotoran??





Kalo ga mau fuel pump rusak..


http://oto.detik.com/read/2010/07/19/12 ... obil-resah
http://oto.detik.com/read/2010/07/19/13 ... pump-jebol
Kayaknya secara tidak langsung PERTAMINA mengakui kualitas premium ga ada jaminan..soalnya masih ada pemain2 nakal yg suka mengoplos premium..Tapi bensin non subsidi apa sudah ada jaminan bebas kotoran??


RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
kok gak ada berita angkot yg ganti FP yah..?
Semuanya mobil pribadi...
Semuanya mobil pribadi...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
mungkin saja ada....tapi mereka kan pd umumnya (krn rutininitas di jalan raya) jarang mengikuti komunitas maya seperti milis atau forum seperti user mbl pribadi, jadi informasinya blm kt dapatkan....Dogies wrote:kok gak ada berita angkot yg ganti FP yah..?
Semuanya mobil pribadi...
IMHO
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
atau bisa jg ini cuman akal2an dari pihak pemerintah yg kerja sama ama bengkel agar jualan pertamax nya laku dan pihak beres bisa lepas tanggung jawab garansi kalo fuel pump rusak..... perasaan yg namanya premium uda dipake dari jaman kuda gigit besi lancar2 aja tuh... apalagi jaman dulu kan kualitas bensin blom sebaek skrg... lagian kalo emang premium ampe segitu bikin rusak nya (bikin umur fuel pump cuman bertahan beberapa bulan doank) ntuh sopir2 taksi gmana donk, rugi lah kalo tiap bulan musti nombokin ganti fuel pump yg mahal... bener2 ga masuk akal... plg cuman mampet doank kali, dibersihin filter nya jg beres... dulu ferio ane uda jalan 100 rebu km lebi ga masalah koq fuel pump nya dicekokin premium...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
dan berita dr milis diatas, saya perhatikan yg ganti fuel pump itu rata2 mobil yg sudah berumur diatas 5 tahun..... 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
aneh yah kak, koq mobil2 jaman dulu kuat2 smua... kalo mampet plg cuman tinggal di bersihin doank trus greng lagi...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
SL ane rasanya belum pernah ganti fuel pump deh...
I love carburetor...
I love carburetor...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
nah tuh pengguna mobil tuir uda buktikan... kayanya ini cuman akal2an pemerintah ama beres doank biar pake pertamax..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
makanya jadi samar...apakah krn kualitas bbm yg buruk...atau memang karena lifetime pompa itu yg udah habis....sebab mobil2 yg disebut diatas rata2 kan udah diatas 5 thn...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
mungkin saja ada....tapi mereka kan pd umumnya (krn rutininitas di jalan raya) jarang mengikuti komunitas maya seperti milis atau forum seperti user mbl pribadi, jadi informasinya blm kt dapatkan....
IMHO[/quote]
IMHO:
Kemungkinan ada SPBU yg mulai maen2 lagi dgn oplosan (bisa dgn berbagai modus). Krn biasanya angkot, taksi & kendaraan umum lainnya hanya akan mengisi di SPBU yg ok (bisa di jln yg dilalui trayek mereka atau yg mereka sdh tau). Tau sendirilah tuh kendaraan umum tiap hari jalan berapa km, kalo semua premium busuk, merekalah yg paling cepat ganti (bisa seminggu sekali...).
Atau....? hehehehehehe...
IMHO[/quote]
IMHO:
Kemungkinan ada SPBU yg mulai maen2 lagi dgn oplosan (bisa dgn berbagai modus). Krn biasanya angkot, taksi & kendaraan umum lainnya hanya akan mengisi di SPBU yg ok (bisa di jln yg dilalui trayek mereka atau yg mereka sdh tau). Tau sendirilah tuh kendaraan umum tiap hari jalan berapa km, kalo semua premium busuk, merekalah yg paling cepat ganti (bisa seminggu sekali...).
Atau....? hehehehehehe...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Baca beritanya di detik, bbrp mobil keluaran 2010 juga mengalami hal yang sama. Bahkan ada armada taksi yang ganti fuel pump 3x dalam 2 minggu.
Code: Select all
http://oto.detik.com/read/2010/07/19/111940/1401841/640/20-member-karimun-club-fuel-pump-bermasalah
http://oto.detik.com/read/2010/07/19/120217/1401938/640/fuel-pump-rusak-pengguna-mobil-resah
http://oto.detik.com/read/2010/07/19/101917/1401789/640/bbm-berkualitas-jelek-diduga-rusak-fuel-pump-mobil
http://oto.detik.com/read/2010/07/19/161321/1402255/640/komponen-fuel-pump-hancur-jadi-bubur
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
kayaknya fuel pump harus pake jet pump neh...
biar lumpur2 yang ngalir, tetap bisa lewat... tinggal pasang filter kasar sebelum jet pump, dan filter halus setelah jet pump...

biar lumpur2 yang ngalir, tetap bisa lewat... tinggal pasang filter kasar sebelum jet pump, dan filter halus setelah jet pump...

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
Jangankan premium, dulu grandis ane yg selalu isi pertamax aja bisa ampe mogok di jalan gara2 pompa bensin kemasukan kotoran......




-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
mitsu sekarang... rewel.. banyak maunya. BBM harus RON 91, bensin harus bersih banget.. kalo gak, bawel deh... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kualitas bensin premium semakin buruk
behh... mending beli mobil jadul aja lahh... lebi kuat smua...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24