Om turboman,
Saya baru balik dar beres mitsubishi di jl. panjang.
Rencananya mau suruh mengendurkan baut di wastegate nya.
Tapi sama teknisinya dibilangin jangan ditambah ring lagi.
Takut nanti mesin terlalu panas, piston bisa terlalu panas, dll...
Intinya mereka nggak "approved" untuk ditambahin ring@wastegate.
Apakah benar yang di sampaikan oleh teknisinya beres ?
Apakah emang ada efek negatifnya dari penambahan ring@wastegate ?
Mohon pencerahannya, om.
Thanks'.[/quote]
Om Veyron, mohon ijin memberikan tanggapan...
Semua bentuk modifikasi aftermarket, sudah pasti tidak disarankan oleh ATPM/ Beres, bahkan seringkali diHARAMKAN.
Misalnya ganti velg, pasti tidak disarankan karena nanti mempengaruhi umur ball joint.
Upgrade stereo, pasti tidak disarankan karena bisa mempengaruhi sistim kelistrikan mobil.
Begitu juga modifikasi mesin pasti juga tidak direkomendasikan oleh ATPM/ Beres karena akan mempengaruhi usia pakai mesin. Meski komentar ini ada benarnya, tapi sebenarnya tergantung modifikasi apa dan seberapa jauh modifikasi tersebut dilakukan.
Penambahan ring wastegate adalah modifikasi ringan yang akan menghasilkan peningkatan boost turbo secara minimal. Sama seperti banyak hal, sebenarnya kalau dilakukan tanpa kebablasan hasilnya lebih banyak positif ketimbang negatif. Seperti om Turboman pernah sampaikan, menambah 2 ring (+/- 2mm total) masih cukup aman, meski banyak rekan-rekan lain yang menggunakan 3 ring tanpa masalah.
Yang perlu diperhatikan adalah jika kita meminta lebih dari kendaraan, kendaraan juga harus dirawat lebih. Jadi pastikan menggunakan bahan bakar yang bagus, aditif berkualitas, dan pelumas yang bagus juga. Niscaya umur pakai kendaraan anda akan sama panjang atau bahkan lebih panjang dari yang dirancang oleh ATPM.
Baut yang dibutuhkan untuk Pajero Sport adalah baut dengan kepala torx T25 (kalau tidak salah baut ukuran

. Untuk ringnya sendiri, pemasangannya akan lebih mudah jika menggunakan ring untuk baut ukuran 10.
Mohon masukan dari rekan-rekan lain yang sudah pengalaman pasang ring wastegate.[/quote]
Thanks' for the tips.
BTW, setelah pasang PP hari jumat kemarin, mobil makin enak tarikannya, terutama untuk rpm di atas 2000.
Untuk rpm di bawah 2000, turbo lag nya masih ada, walaupun agak mendingan setelah dipasang PP.
Makanya untuk mengatasi tarikan di rpm rendah kan solusinya penambahan ring @wastegate itu.