BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by frandika »

teunget wrote:waduuuuh....udah lama nih gak nongol di sini, sekalian mau curhat deh.....hehehehe....

hari ini kebo-ku menganiaya dompet-ku dengan suksesnya, tiba2 AC cuma keluar angin aja (kadang2 sih angin hangat, hahahah...), khusus om prandika dilarang ketawa....soalnya ni orang paling rajin japri2an ngingatin service AC sebelum jebol, hehehehe.....

setelah sehari sebelumnya dgn penuh kesadaran bawa ke bengkel dgn maksud service mesin rutin, dan bikin tu kebo jadi lbh "grenk".....tadi lgsg ngambek AC-nya, padahal (sumpah....beneran) hari sabtu besok niat service AC, akhirnya tadi siang dgn gagahnya menuju tukang AC, dan.....waduuuuh bin busyeeeet......vonisnya kipas AC (itu yg sebelah atas, klo menghadap mesin yg sebelah kiri) mati dan itu menyebabkan termostat jebol sama evaporator jebol, itung punya itung.....2 jutaan, hiks...hiks...(sumpah....aku langsung kebayang mukanya om prandika yang sdg terpingkal-pingkal ngetawain, hehehehe).

dgn sangat sopan, aku batalkan niat beresin AC di bengkel tsb, dan sambil gundah mengarahkan si kebo menuju bengkel yang biasa menangani dia dgn maksud mau curhat (soalnya dia udh menyatakan gak bisa service AC saat aku service mesin), akhirnya setelah cerita2 dan dia tanya ini-itu....keluarlah analisa dia, klo gitu kejadiannya bukan AC yg jebol, yuuuk kita bongkar kipasnya....singkatnya itu kipas memang jebol motornya, ehem....berhubung sdg mepet tu isi dompet dan gak mampu beli yg ori, akhirnya dipilihin oleh dia motor kipasnya camry yang 2nd, wiiiiih....bener2 sang penyelamat, setelah kipas nyala dengan gagah berani....diurut-urut ternyata cuma termostat aja yg jebol (uji coba pake blazer2 yg sedang nongkrong di sana), trus dikasi solusi pake termostat biasa seharga 40 rebon....dgn pesan klo udah ada duit gnti lagi dgn yg bagus/ori.

sekarang udh maknyus lagi si kebo, hanya aja....pake motor kipasnya camry bikin suhu mesin di atas 80 saat nyala AC dan bermacet ria plus terik matahari (di cockpit nunjukin 39 derajat suhu luar), sekitar 80 lebih satu strip kecil, tapi klo malam.....di bawah 80.

moral curhat :
Blazer klo mau murah bisa pake sparepart mobil lain.....namun berbanding lurus dgn itu....hasilnya tdk sebaik pake yang ori, trus jika sdh saatnya diservice....jangan ditunda-tunda, trus lagi....siap2 diketawain ama rekan2 lain, hehehehehe..... :upss:
:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_peace:
-------#BIC-701#--------
User avatar
borisraikkonen
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Sun May 23, 2010 18:10
Location: Jakarta Selatan, Pejaten

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by borisraikkonen »

Hampir mirip dengan mas frandika, tadinya saya ingin bawa kebo ke dukunnya, utk service...eh malah kejadian...kena kutuk seharian..
Awalnya sebelum brgkt kerja mau nyuci mobil dulu di cucian mobil, pas mau selesai, saya liat kok hazardnya nyala...wah gawat berarti dr td kepencet sm si tukang cucinya..bisa tekor deh aki..
eh bener kejadian, setelah bayar dan mau berangkat..mobil ga bisa nyala saat di starter...(kutukan pertama)
akhirnya nyari bengkel terdekat smbil jalan kaki, utk mancing aki, dapatlah satu montir yg berbaik hati mau bantu mancing aki...dan ternyata tidak nyala juga..beliau berasumsi mgkin fuel pumpnya yg udh kena...(duhh...yg bener aja...pdahal sebelumnya ga kenapa2 kok..dan asik2 aja..bensinpun msh banyak..bener ga sih dia...saya juga ga tau..hehehe)
akhirnya karena beliau gagal...saya coba cari telp2 bengkel yg bisa derek..kebetelan dapat satu...lokasinya di cimanggis kesonoan dikit..ya..agak dekeet dgn lokasi cucian mobil..jadi saya kepikiran ya udh mobil di derek ke bengkelnya dia aja...(dan ini adalah awal kutukan kedua...sialan seharusnya saya suruh derek ke dukunnya lngsung aja) begitu sampai di bgkel tsb. mobil di pancing dgn aki (aki apa saya ga tau, modelnya persegi panjang, tinggi,kurus) dan ternyata bisa nyala...(saya sedikit bernapas lega...)
setelah itu di poles dikit sm mekaniknya...karburartor di bersihkan,busi di bersihkan,cek kelistrikan (akhirnya lampu2 yg tadinya kadang mati kadang nyala...jadi nyala semua)
oke setelah itu selesai dan saya di kenai biaya 500rb..(hikss...)
saya batal kerja, akhirnya pergi ke tempat teman...saat perjalanan dari bgkel trsbut ke tempat teman saya...saya merasa ada yg aneh dgn si kebo..tuas persenelingnya bergetar sekali..dan gasnya tinggi sekali suaranya..lalu sesampainya di rumah teman, saya matikan mobil. pas mau pulang..JREEEEENGGGGG....inilah kutukan ke dua!
mobil ga mau nyala lagi saat di starter...! DAMMMNN...mau marah gue ke bengkelnya...cuma sayangnya,...itu udh jam 6 sore lewat...jd ga bisa di telp.lagi...sialan!
akhirnya telp. org rumah dan jadilah si kebo di tarik kijang yg mungkin memang inovator itu...(gimana ga inovator...kijang jadi narik kebo! buseeeeng!)
Pheeew....yah itulah kejadian yg saya alamin hari ini..seharian kaya kena kutuk..
kira2 kenapa ya kebo saya...smp sekarang dia tidak bisa nyala...hiks...
rencana nanti pagi, saya mau nelp tuh bengkel lagi nuntut tg jawabnya..suruh dtg kerumah smp tuh kebo nyala...begitu nyala lgsung saya bawa ke dukunnya deh di buncit..
pertanyaan saya, kira2 kenapa ya kebo saya...?
kondisi terakhir sebelum kena kutuk...asoy geboy mampus...cuma lampunya kadang ada yang mau nyala kadang ada yg mati...ga jelas.
kondisi terakhir setelah kena kutuk....
lampu nyala semua,alias berfungsi dengan baik,
mesin tdk mau nyala, meski sudah di starter...suara starternya pdhl msh bagus...(ga kaya suara starteran mobil yg akinya keok mampus...maunyala tapi segan...hehehe)
jadi kesannya ya kaya ga ada bensin yg naik..
lalu waktu dari bengkel gokil itu...tuas perseneling getar sekali...dan suara gas tinggi.

apakah benar fuel pump? tp sebelumnya normal2 aja kok...
atau elktriknya ada yang korslet?
atau kabel businya bocor?
atau aki nya yg lemah gara2 pas di cuci hazardnya nyala terus?

mohon saran pendapat dan solusi dari rekan2 sekalian dan para dukun kebo...hehehe
trims ya...doakan semoga besok di bawa ke dukunnya langsung sembuh dan kaga nguras dompet...hehehehe,...masih awal bulan cuy...ga lucu banget lgsg tepos dompet...hehehe

Salam kebo'ers....nguoooooo (*bunyi kebo - mode on)
Boris #BIC1037#
-Blazer SLi 2.2 Light Compressor-
LONG LIVE THE BLAZER
User avatar
Spun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by Spun »

borisraikkonen wrote:Hampir mirip dengan mas frandika, tadinya saya ingin bawa kebo ke dukunnya, utk service...eh malah kejadian...kena kutuk seharian..
Awalnya sebelum brgkt kerja mau nyuci mobil dulu di cucian mobil, pas mau selesai, saya liat kok hazardnya nyala...wah gawat berarti dr td kepencet sm si tukang cucinya..bisa tekor deh aki..
eh bener kejadian, setelah bayar dan mau berangkat..mobil ga bisa nyala saat di starter...(kutukan pertama)
akhirnya nyari bengkel terdekat smbil jalan kaki, utk mancing aki, dapatlah satu montir yg berbaik hati mau bantu mancing aki...dan ternyata tidak nyala juga..beliau berasumsi mgkin fuel pumpnya yg udh kena...(duhh...yg bener aja...pdahal sebelumnya ga kenapa2 kok..dan asik2 aja..bensinpun msh banyak..bener ga sih dia...saya juga ga tau..hehehe)
akhirnya karena beliau gagal...saya coba cari telp2 bengkel yg bisa derek..kebetelan dapat satu...lokasinya di cimanggis kesonoan dikit..ya..agak dekeet dgn lokasi cucian mobil..jadi saya kepikiran ya udh mobil di derek ke bengkelnya dia aja...(dan ini adalah awal kutukan kedua...sialan seharusnya saya suruh derek ke dukunnya lngsung aja) begitu sampai di bgkel tsb. mobil di pancing dgn aki (aki apa saya ga tau, modelnya persegi panjang, tinggi,kurus) dan ternyata bisa nyala...(saya sedikit bernapas lega...)
setelah itu di poles dikit sm mekaniknya...karburartor di bersihkan,busi di bersihkan,cek kelistrikan (akhirnya lampu2 yg tadinya kadang mati kadang nyala...jadi nyala semua)
oke setelah itu selesai dan saya di kenai biaya 500rb..(hikss...)
saya batal kerja, akhirnya pergi ke tempat teman...saat perjalanan dari bgkel trsbut ke tempat teman saya...saya merasa ada yg aneh dgn si kebo..tuas persenelingnya bergetar sekali..dan gasnya tinggi sekali suaranya..lalu sesampainya di rumah teman, saya matikan mobil. pas mau pulang..JREEEEENGGGGG....inilah kutukan ke dua!
mobil ga mau nyala lagi saat di starter...! DAMMMNN...mau marah gue ke bengkelnya...cuma sayangnya,...itu udh jam 6 sore lewat...jd ga bisa di telp.lagi...sialan!
akhirnya telp. org rumah dan jadilah si kebo di tarik kijang yg mungkin memang inovator itu...(gimana ga inovator...kijang jadi narik kebo! buseeeeng!)
Pheeew....yah itulah kejadian yg saya alamin hari ini..seharian kaya kena kutuk..
kira2 kenapa ya kebo saya...smp sekarang dia tidak bisa nyala...hiks...
rencana nanti pagi, saya mau nelp tuh bengkel lagi nuntut tg jawabnya..suruh dtg kerumah smp tuh kebo nyala...begitu nyala lgsung saya bawa ke dukunnya deh di buncit..
pertanyaan saya, kira2 kenapa ya kebo saya...?
kondisi terakhir sebelum kena kutuk...asoy geboy mampus...cuma lampunya kadang ada yang mau nyala kadang ada yg mati...ga jelas.
kondisi terakhir setelah kena kutuk....
lampu nyala semua,alias berfungsi dengan baik,
mesin tdk mau nyala, meski sudah di starter...suara starternya pdhl msh bagus...(ga kaya suara starteran mobil yg akinya keok mampus...maunyala tapi segan...hehehe)
jadi kesannya ya kaya ga ada bensin yg naik..
lalu waktu dari bengkel gokil itu...tuas perseneling getar sekali...dan suara gas tinggi.

apakah benar fuel pump? tp sebelumnya normal2 aja kok...
atau elktriknya ada yang korslet?
atau kabel businya bocor?
atau aki nya yg lemah gara2 pas di cuci hazardnya nyala terus?

mohon saran pendapat dan solusi dari rekan2 sekalian dan para dukun kebo...hehehe
trims ya...doakan semoga besok di bawa ke dukunnya langsung sembuh dan kaga nguras dompet...hehehehe,...masih awal bulan cuy...ga lucu banget lgsg tepos dompet...hehehe

Salam kebo'ers....nguoooooo (*bunyi kebo - mode on)
Wah... turut sedih om kebonya ngambek... share dikit, beberapa minggu yang lalu kebo saya sering mati di jalan ternyata ada socket fuelpump yang kendor... di kencengin dikit sama dukunnya udah beres... mau saya bayar gak boleh... bayangkan kalo bukan di dukunnya... bisa ngerembet ke yang lain2 tuh... gak kebayang berapa yang mesti di rogoh dari dompet...

AC jg gitu... saya bawa ke dukun kebo ternyata bocor cuma di seal-nya doang... cuma ganti seal sama isi freon udah beres.... malahan sampe sekarang saya belum bayar... hihihihih... :upss:

Intinya, kalo ada apa2 mendingan jangan tanggung2... daripada dibawa ke dukun abal2 ato malah dukun cabul, mending bawa ke dukun kebonya langsung... lebih tenang, bisa sekalian ngobrol2 dengan sesama penunggang kebo dan bisa ngembat barang2 buat nasis-in kebo... :P
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride... :big_exellent:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by maskopat »

om borisraikkonen, ane gak pernah pake dan miara kebo.
tapi kalo abis dicuci dan mesin gak bisa nyala, bisa jadi masalah di kelistrikan. kemungkinan besar di CDI nya om.
kalo blazer sudah pake ECU, bisa jadi ECU nya kena.
nyuci mobil gak gampang om, apalagi sampe mesin. syerem... :frm_bang_head:

kalo SL ane, biasanya di coil dan platina. tinggal disemprot pake udara dari kompresor bertekanan tinggi, dan ditunggu kering, langsung greng. tapi kan ini SL, mobil yang gak ada teknologi rumit...

semoga membantu... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by zweifellos »

maskopat wrote:om borisraikkonen, ane gak pernah pake dan miara kebo.
tapi kalo abis dicuci dan mesin gak bisa nyala, bisa jadi masalah di kelistrikan. kemungkinan besar di CDI nya om.
kalo blazer sudah pake ECU, bisa jadi ECU nya kena.
nyuci mobil gak gampang om, apalagi sampe mesin. syerem... :frm_bang_head:

kalo SL ane, biasanya di coil dan platina. tinggal disemprot pake udara dari kompresor bertekanan tinggi, dan ditunggu kering, langsung greng. tapi kan ini SL, mobil yang gak ada teknologi rumit...

semoga membantu... :big_peace:
kalo nyuci mobil memang ga boleh nyuci mesinnya (nyemprot air ke dalam kap depan) ya om (untuk mobil bensin dan diesel)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
borisraikkonen
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Sun May 23, 2010 18:10
Location: Jakarta Selatan, Pejaten

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by borisraikkonen »

whuaaa....hari ini gagal ke dukun kebo...alhasil...kebo tetap di lapangan merumput...hiks..kasihan liatnya...di taruh gitu aja di lapangan deket rumah, habisan si kijang bisanya narik smp situ, ga mungkin di tarik smp masuk garasi...ga muat, ke cuali di dorong...tp ga kuat sebab ada tanjakannya utk msuk ke garasi..hiks...sedihnya...
bener banget om, lain kali saya hanya akan bawa ke dukunnya langsung...tapi kemrin itu darurat banget sih...memang sangat di sesalkan ketika ada mobil derek, seharusnya saya minta di derek ke dukunnya aja, kemrin saya mikirnya klo di derek ke dukunnya agak jauh sih..hufhh...ya sudahlah..tadi istri saya sudah telp.ke mbah dukun, dan beliau bilang mau datang kerumah klo ga malam ini besok..
(duhh...siapin sajennya apaan ya nanti...hehehe)

soal cuci menyuci mobil...ya..mngkin si om bener jga, saya juga curiganya ada yg korslet dan nyebar jadinya...sebab pas di cuci itu hazardnya nyala terus...walau memang nyucinya ga pake buka kap mesin, tp bisa aja air masuk melalui celah2nya..(hiks...jadi teringat...nyesel juga nyuci disitu, sbab biasanya bukan nyuci disitu..hufhh) semoga aja kelistrikannya saja yg perlu di rapihkan...ga smp fuel pump...sebab ternyata pas telp dukun, beliau bilang, klo starternya nyala bagus tp mesin ga mau nyala kemungkinan fuel pump...hhuuuuuu...sereem...tapi ya gpp juga sih mgkin memnag fuel pumpnya juga udh mesti di ganti..smg setelah di ganti mobil jd tambah jreenng! tarikannya dan yg ptg perfomancenya stabil.

Btw...ane butuh pendapat kawan2 nih,...harga tanduk kebo berapaan ya (klo yg ori, kaya model LT)
sebab ada yang nawari tanduk ori dari LT bekas, tp masih bagus dan rapih bgt...lengkap dgn braket2nya dan baut2 orinya hehehe..
dia bilang hrganya 1,2jt...kira2 kemahalan atau worthed ya??

tengkyuuu.....salam kebo....nguuooooo (*bunyi kebo -mode on-)
Boris #BIC1037#
-Blazer SLi 2.2 Light Compressor-
LONG LIVE THE BLAZER
User avatar
bendhot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Feb 08, 2010 23:26

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by bendhot »

bendhot wrote:Maaf om, kok gambarnya gak nongol yak.... :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Horee....nongol juga ahkirnya... :big_peace: :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Benny/926/Ngayogyakartohadinigrat
Kebo coklat mata mengkilat
yeha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 28, 2009 16:05

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by yeha »

bendhot wrote:
bendhot wrote:Maaf om, kok gambarnya gak nongol yak.... :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Horee....nongol juga ahkirnya... :big_peace: :big_peace:


habis pulang dr jatim.....lanjutin bburu tanduk ya Om
ato sekalian pasang ARB model aja Om.....gak tahu asli rakitan sapa
n jgn lupa photo2na

salam

yeha-mediun
yeha bic986 ae
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by teunget »

zweifellos wrote:
maskopat wrote:om borisraikkonen, ane gak pernah pake dan miara kebo.
tapi kalo abis dicuci dan mesin gak bisa nyala, bisa jadi masalah di kelistrikan. kemungkinan besar di CDI nya om.
kalo blazer sudah pake ECU, bisa jadi ECU nya kena.
nyuci mobil gak gampang om, apalagi sampe mesin. syerem... :frm_bang_head:

kalo SL ane, biasanya di coil dan platina. tinggal disemprot pake udara dari kompresor bertekanan tinggi, dan ditunggu kering, langsung greng. tapi kan ini SL, mobil yang gak ada teknologi rumit...

semoga membantu... :big_peace:
kalo nyuci mobil memang ga boleh nyuci mesinnya (nyemprot air ke dalam kap depan) ya om (untuk mobil bensin dan diesel)?
Klo kata dukunnya sih boleh om (ini ngomongin blazer ya....tapi kayaknya sama juga utk mobil lain), tapi cuma siram biasa aja.....jangan disemprot dgn air bertekanan tinggi, beda halnya dengan mobil2 yang tidak rumit urusan kelistrikannya kyk kata om kopat, tapi gak tau juga deh.....hehehehe....asal jeplak aja nih soalnya.

pernah salah satu rekan di sini, mencuci mesinnya dgn air bertekanan tinggi....dan hasilnya si blazer langsung "pincang" mesinnya, konon menurut mekaniknya memang kena ECU-nya, sehingga ECU-nya dibersihin dan diurut ulang, setelah itu normal lagi.
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by maskopat »

itu lah sebabnya ane suka mobil tua.... easy maintenance.. :e-whistle:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
yeha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Dec 28, 2009 16:05

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by yeha »

krn banyak sistem kelistrikan di ruang mesin, mending tuk mbersihin mesin cukup dilap-lap aja......syukur2 yg ngelap suster2 yg halus tangannya...
ato klo mo kinclong bener, mending turunin mesin....cuci.....pasang lagi.....dijamin ciamik dan mesti rekomendet
ya ga Om????
salam


yeha - mediun



-----------
teunget wrote:
zweifellos wrote:
maskopat wrote:om borisraikkonen, ane gak pernah pake dan miara kebo.
tapi kalo abis dicuci dan mesin gak bisa nyala, bisa jadi masalah di kelistrikan. kemungkinan besar di CDI nya om.
kalo blazer sudah pake ECU, bisa jadi ECU nya kena.
nyuci mobil gak gampang om, apalagi sampe mesin. syerem... :frm_bang_head:

kalo SL ane, biasanya di coil dan platina. tinggal disemprot pake udara dari kompresor bertekanan tinggi, dan ditunggu kering, langsung greng. tapi kan ini SL, mobil yang gak ada teknologi rumit...

semoga membantu... :big_peace:
kalo nyuci mobil memang ga boleh nyuci mesinnya (nyemprot air ke dalam kap depan) ya om (untuk mobil bensin dan diesel)?
Klo kata dukunnya sih boleh om (ini ngomongin blazer ya....tapi kayaknya sama juga utk mobil lain), tapi cuma siram biasa aja.....jangan disemprot dgn air bertekanan tinggi, beda halnya dengan mobil2 yang tidak rumit urusan kelistrikannya kyk kata om kopat, tapi gak tau juga deh.....hehehehe....asal jeplak aja nih soalnya.

pernah salah satu rekan di sini, mencuci mesinnya dgn air bertekanan tinggi....dan hasilnya si blazer langsung "pincang" mesinnya, konon menurut mekaniknya memang kena ECU-nya, sehingga ECU-nya dibersihin dan diurut ulang, setelah itu normal lagi.
yeha bic986 ae
User avatar
bendhot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Feb 08, 2010 23:26

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by bendhot »

teunget wrote:
zweifellos wrote:
maskopat wrote:om borisraikkonen, ane gak pernah pake dan miara kebo.
tapi kalo abis dicuci dan mesin gak bisa nyala, bisa jadi masalah di kelistrikan. kemungkinan besar di CDI nya om.
kalo blazer sudah pake ECU, bisa jadi ECU nya kena.
nyuci mobil gak gampang om, apalagi sampe mesin. syerem... :frm_bang_head:

kalo SL ane, biasanya di coil dan platina. tinggal disemprot pake udara dari kompresor bertekanan tinggi, dan ditunggu kering, langsung greng. tapi kan ini SL, mobil yang gak ada teknologi rumit...

semoga membantu... :big_peace:
kalo nyuci mobil memang ga boleh nyuci mesinnya (nyemprot air ke dalam kap depan) ya om (untuk mobil bensin dan diesel)?
Klo kata dukunnya sih boleh om (ini ngomongin blazer ya....tapi kayaknya sama juga utk mobil lain), tapi cuma siram biasa aja.....jangan disemprot dgn air bertekanan tinggi, beda halnya dengan mobil2 yang tidak rumit urusan kelistrikannya kyk kata om kopat, tapi gak tau juga deh.....hehehehe....asal jeplak aja nih soalnya.

pernah salah satu rekan di sini, mencuci mesinnya dgn air bertekanan tinggi....dan hasilnya si blazer langsung "pincang" mesinnya, konon menurut mekaniknya memang kena ECU-nya, sehingga ECU-nya dibersihin dan diurut ulang, setelah itu normal lagi.
Kemaren waktu mo nyuci di daerah Wiyung juga hampir jadi korban...tak bilang mesin dibersihin...eh, mo maen semprot aja. Untung masih tak awasin... :twisted:
Om Yeha...pengennya tambah tanduk aja, biar wajah tetep ori...heheheh.
Benny/926/Ngayogyakartohadinigrat
Kebo coklat mata mengkilat
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by zweifellos »

teunget wrote:
zweifellos wrote:
maskopat wrote:om borisraikkonen, ane gak pernah pake dan miara kebo.
tapi kalo abis dicuci dan mesin gak bisa nyala, bisa jadi masalah di kelistrikan. kemungkinan besar di CDI nya om.
kalo blazer sudah pake ECU, bisa jadi ECU nya kena.
nyuci mobil gak gampang om, apalagi sampe mesin. syerem... :frm_bang_head:

kalo SL ane, biasanya di coil dan platina. tinggal disemprot pake udara dari kompresor bertekanan tinggi, dan ditunggu kering, langsung greng. tapi kan ini SL, mobil yang gak ada teknologi rumit...

semoga membantu... :big_peace:
kalo nyuci mobil memang ga boleh nyuci mesinnya (nyemprot air ke dalam kap depan) ya om (untuk mobil bensin dan diesel)?
Klo kata dukunnya sih boleh om (ini ngomongin blazer ya....tapi kayaknya sama juga utk mobil lain), tapi cuma siram biasa aja.....jangan disemprot dgn air bertekanan tinggi, beda halnya dengan mobil2 yang tidak rumit urusan kelistrikannya kyk kata om kopat, tapi gak tau juga deh.....hehehehe....asal jeplak aja nih soalnya.

pernah salah satu rekan di sini, mencuci mesinnya dgn air bertekanan tinggi....dan hasilnya si blazer langsung "pincang" mesinnya, konon menurut mekaniknya memang kena ECU-nya, sehingga ECU-nya dibersihin dan diurut ulang, setelah itu normal lagi.
wah itu mobil kalo abis masuk ke daerah perkebunan, sampe di kota dicuci full ama bagian dalam kap depan (ga fokus ke titik tertentu, cuman liat mana yang kotor) soalnya lumpur juga masuk ke dalam kap (moncong depan). nyuci mobilnya termasuk bagian kap pake aer semprot. :roll:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by teunget »

zweifellos wrote: wah itu mobil kalo abis masuk ke daerah perkebunan, sampe di kota dicuci full ama bagian dalam kap depan (ga fokus ke titik tertentu, cuman liat mana yang kotor) soalnya lumpur juga masuk ke dalam kap (moncong depan). nyuci mobilnya termasuk bagian kap pake aer semprot. :roll:
om zwei....kapan rencana kopdar SM di medan lagi? klo ada rencana kabari jauh2 hari ya....mana tau pas bisa kabur ke medan ikutan ngumpul, hehehehe.....
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by zweifellos »

teunget wrote:
zweifellos wrote: wah itu mobil kalo abis masuk ke daerah perkebunan, sampe di kota dicuci full ama bagian dalam kap depan (ga fokus ke titik tertentu, cuman liat mana yang kotor) soalnya lumpur juga masuk ke dalam kap (moncong depan). nyuci mobilnya termasuk bagian kap pake aer semprot. :roll:
om zwei....kapan rencana kopdar SM di medan lagi? klo ada rencana kabari jauh2 hari ya....mana tau pas bisa kabur ke medan ikutan ngumpul, hehehehe.....
wah blom tau om. yg barusan ga tau jadi apa ga. korlapnya om abu2 tuh.

kalo rame seru tuh.

maaf out of topic nih.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by maskopat »

sori OOT.. untuk om teunget dan om zweifellos, bukannya besok ada yang kawinan rekan SM di medan? katanya sekalian gathering SM medan...

*ok, lanjut lagi bahas blazer... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
blazerholic
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jun 26, 2010 14:15
Location: Bintaro

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by blazerholic »

Salam kenal para senior,

mau curhat neh sebagai penunggang Kebo yg baru 3 minggu
tadi malam Kebo ane Montera 2000 mendadak gak mau di-stater

awalnya, pas nunggu makanan dibungkus
nyalain lampu kabin utk baca sekitar 10-15 menit (posisi mesin mati)
trus pas mau cabut, mesin gak mau idup
saat kunci kontak diputar, tidak ada suara cek...cek...cek... seperti kalau aki soak

langsung panik dan berkeringat deh....
coba nyalain lampu depan, eh...masih menyala terang
dicoba lagi stater, tetep gak mau idup n gak ada bunyi cek...cek... saat di-stater

akhirnya minta bantuan mas-mas yg jualan kaki lima utk dorong
(gile butuh lima orang dorong Kebo 2,5 ton)
akhirnya melenguh juga si Kebo...jreng...jreng...

di jalan semper kena macet...udah deg-deg-deg aja neh takut mati
ternyata sampai rumah lancar gak ada masalah
oya, posisi selama jalan AC nyala

mohon bantuan para senior di dunia per-Blazer-an
kira-kira masalah ini karena aki-nya dah soak atau ada masalah lain ya?


sempet telpon temen yg pernah pakai Blazer
katanya aki-nya soak dan perlu diganti
dia nyaranin pakai Delkor yg 65 Ampere (standar Blazer katanya 55 Ampere)

menurut para senior, kalau memang perlu ganti aki, sebaiknya pakai merk apa
dan apakah tidak berpengaruh buruk jika pakai ampere yg lebih besar
oya, skalian minta info kisaran harga aki Blazer.

makasih banyak atas bantuan para senior
maaf jika curhatnya terlalu panjang

agung,
yg br pakai kebo 3 minggu
User avatar
Spun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by Spun »

@om teunget : bukannya ICM yang beresiko rusak ya om? Setau saya ECU kebo ada di balik dashboard? CMIIW

@om blazerholic : salam kenal om... Voltase di dashboard berapa volt? Kalo mesin akan nyala dan udah nyala? Kemungkinan emang accu, awal beli kebo saya jg sempet ngalamin hal yang sama.
Accu sekitar 600-900rban kalo gak salah... Tergantung tipe dan merk... Jangan kapok pake kebo ya? Hehehe
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride... :big_exellent:
User avatar
blazerholic
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jun 26, 2010 14:15
Location: Bintaro

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by blazerholic »

Makasih banyak informasinya Om Spun
pokoknya gak kapok dah pakai Blazer
mobil yahud ini Kebo
he he he he
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Sat Jan 10, 2009 18:35
Location: Banda Aceh

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by teunget »

Spun wrote:@om teunget : bukannya ICM yang beresiko rusak ya om? Setau saya ECU kebo ada di balik dashboard? CMIIW
ntu die om yang aku juga heran, cuma aku gak mau debat hal itu sama mekaniknya (lagian bukan mekanik langgananku juga....hehehehe), soalnya ntu mekanik kagak ada nyentuh2 ECU yang di bawah dashboard kiri, yang penting blazer temen itu nyala normal lagi, namanya aja bukan dukun kebo beneran die-nya om....hehehehe....
zweifellos wrote: wah blom tau om. yg barusan ga tau jadi apa ga. korlapnya om abu2 tuh.

kalo rame seru tuh.

maaf out of topic nih.
maskopat wrote:sori OOT.. untuk om teunget dan om zweifellos, bukannya besok ada yang kawinan rekan SM di medan? katanya sekalian gathering SM medan...

*ok, lanjut lagi bahas blazer... :big_peace:
hehehehe....OOT sikit kn gak apa2 ya om, serius terus ngurusin mesin pusing juga....
blazerholic wrote: awalnya, pas nunggu makanan dibungkus
nyalain lampu kabin utk baca sekitar 10-15 menit (posisi mesin mati)
trus pas mau cabut, mesin gak mau idup
saat kunci kontak diputar, tidak ada suara cek...cek...cek... seperti kalau aki soak

langsung panik dan berkeringat deh....
coba nyalain lampu depan, eh...masih menyala terang
dicoba lagi stater, tetep gak mau idup n gak ada bunyi cek...cek... saat di-stater
salam kenal juga om agung...

setuju dengan om spun....kyknya memang akinya tuh, pernah kejadian sama mobil tetangga (klo gak salah daewoo espero) kagak bisa start juga tapi lampu2 nyala terang, awalnya gak "ngeh" klo itu "salah" aki-nya, setelah ku usulkan pake aki kebo-ku (dan aki dia test di kebo-ku), ternyata di kebo-ku aki-nya dia naik 11-an volt dan saat distart lgsg drop ke 0 (klo di mobil dia masing ada gejala start, menandakan klo di kebo kita butuh power besar saat start awal....eh, bener gak ya? hehehe....suka asal jeplak nih), giliran mobilnya dia lgsg grenk (pake aki kebo-ku), dengan lega akhirnya setelah tukaran aki lagi didorong tuh espero dan grenk lagi.

betewe....aku pake aki calcium 65 A kok om, dan gak ada masalah....kata dukunnya sih makin tinggi makin baik apalagi klo beban kelistrikannya juga tinggi (sound, power, lampu2 tambahan, dll), paling2 juga harga belinya aja yg makin tinggi....CMIIW
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
blazerholic
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jun 26, 2010 14:15
Location: Bintaro

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by blazerholic »

makasih banyak om teunget atas sharing pengalamannya
sungguh mencerahkan dan menghilangkan bimbang hati (melo banget seh.... he he he)

tadi siang sudah mampir ke pusat onderdil palmerah jkt
dapet aki Amaron Pro 66 Ampere
katanya aki kering buatan India ini yahud

dipasang langsung greng....greng....
semoga tahan lama dan makin greng neh si Kebo
uhuiiiiiiiiiiiii.................
User avatar
borisraikkonen
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Sun May 23, 2010 18:10
Location: Jakarta Selatan, Pejaten

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by borisraikkonen »

Holaaa Halooo...kesatria kebo sebangsa dan setanah air...
hohoho....kebo ku sepertinya sudah kembali sehat..sekarang dia segar dan semangat lagi kalau diajak mbajak sawah...hehehe...

Tadi siang dukunnya langsung, datang kerumah jauh2 dari wr.buncit ,pake kelewatan dulu dan kena macet dulu lagi...(waduuuhh maaf banget ya mbah duukuuunn :big_peace: )...alhasil saya jemput dulu...jadi grogi...mengiring mobil mbah dukun dg blazer blazeriannya yang gagah bertuliskan "service car"...hehehe...gilee service car'nya pake blazer blazerian bo! hehehe
alhasil si kebo di ganti fuelpump'nya...sambil panas2an di lapangan penuh rumput..hehehe bener2 kebo da ah...benerinnya aja di lapangan yg bnyk rumptnya..
akhirnya setelah di ganti dg fuelpump yg baru, si kebo yg tdnya terkulai lemas,langsung bangkit berdiri sambil ngangkat ke dua kakinya dan teriak....nguooooooooooOOOO!!!!! (buseehh itu kebo apa kuda...ya namanya juga kebo ajaib! :big_slap: hehehehehe...) setelah saya coba...wowww...maangstav bro!

Pheww...pengalaman dah...lain kali bila ada apa2 sekalipun urgent2 bgt, lebih baik diusahakan di tangani dukunnya langsung...kalo dipikir2 ongkos pertama (pas nih mobil mogok di jalan dan di derek ke bengkel apa tau di cimanggis, udah nyala, eh abis itu ga bisa nyalaaa lagi...smp skrg bisa nyala setelah di sembur sm dukunnya..) bisa buat nambahin berobatnya si kebo ke dukun...sialan...sia2 500 rebu lebih cuma buat nyala sesaat satu kali perjalanan doang dan langsung mati total begitu mobil di matiin...hiiksss....sedih bgt klo inget itu :frm_bang_head: ...

Tapi ya sudahlah...yg ptg sekarang si kebo udh jauh lebih baik....even dari pertama saya beli keadaannya masih jauh lebih baik lg yg sekarang...jadi makin penasaran nih kebo kalau sehat 100% gimana ya performanya..??hehehe :e-think:
Hari senin, harus mnyambangi markas sang dukun lagi di buncit utk medical cek up..hehehe

Bwt om blazerholic..
Selamat ya klo kebonya udh sehat lagi...kejadian situ sama sini hampir sama sebenernya..saat di starter mesin ga mau hidup, padahal bunyi starter tdk seperti bunyi aki yang sudah lemah...kalau pada kasus saya, kudu ganti fuel pump...sebenarnya gejala sprti itu sdh ada sejak saya beli pertama kali, namun wktu itu mobil masih bisa nyala setelah di coba starter berkali kali meskipun kadang kudu didorong pake 5 orang atau lebih tentunya...lalu kadang normal lagi (gmpang di starter)...akhirnya mungkin ini final'nya udh sama sekali ga bisa nyala,walau di pancing pk aki lain...jd harus gnti fuelpump.
mungkin bisa di coba, utk amannya bawa ke dukun dan cek fuelpumpnya om...atau mulai nabung2 aja dulu...hehehehe

And the last think i wanna say is...
Many many thanks with my respect for Mbah Dukun 'Superintendence of Mentari Motor and team :frm_salut: ...keep up the good work and good service... :frm_tumbleft: hopefully more advance and keep growing for the best in everything :off_team: ..and i'm sorry for the inconvenience (in machetz case and khelewatans jauh case and puanash case...hehehe :big_slap: )
*ini pertamakali pengalaman saya merasakan pelayanan service terbaik...sekelas auto 20@0 saja belum bisa sperti ini*

Salaam kebo....nguooooOOOO!! (*bunyi kebo yg udah sehat - mode on-) :multi:
Boris #BIC1037#
-Blazer SLi 2.2 Light Compressor-
LONG LIVE THE BLAZER
User avatar
blazerholic
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jun 26, 2010 14:15
Location: Bintaro

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by blazerholic »

salam kenal om borisraikkonen,

selamat ya...Kebo sudah melenguh lagi he he he
perjuangannya luar biasa
n salut pelayanan mbah dukun yg yahud

infonya om borisraikkonen berguna sekali itu
semoga Kebo ku gak sampai kena fuelpump nya

perlu segera medical check up neh dalam waktu dekat
biar hati gak dag dig dug he he he he

salam per-Kebo-an
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by riadi33b »

borisraikkonen wrote:Holaaa Halooo...kesatria kebo sebangsa dan setanah air...
hohoho....kebo ku sepertinya sudah kembali sehat..sekarang dia segar dan semangat lagi kalau diajak mbajak sawah...hehehe...

Tadi siang dukunnya langsung, datang kerumah jauh2 dari wr.buncit ,pake kelewatan dulu dan kena macet dulu lagi...(waduuuhh maaf banget ya mbah duukuuunn :big_peace: )...alhasil saya jemput dulu...jadi grogi...mengiring mobil mbah dukun dg blazer blazeriannya yang gagah bertuliskan "service car"...hehehe...gilee service car'nya pake blazer blazerian bo! hehehe
alhasil si kebo di ganti fuelpump'nya...sambil panas2an di lapangan penuh rumput..hehehe bener2 kebo da ah...benerinnya aja di lapangan yg bnyk rumptnya..
akhirnya setelah di ganti dg fuelpump yg baru, si kebo yg tdnya terkulai lemas,langsung bangkit berdiri sambil ngangkat ke dua kakinya dan teriak....nguooooooooooOOOO!!!!! (buseehh itu kebo apa kuda...ya namanya juga kebo ajaib! :big_slap: hehehehehe...) setelah saya coba...wowww...maangstav bro!

Pheww...pengalaman dah...lain kali bila ada apa2 sekalipun urgent2 bgt, lebih baik diusahakan di tangani dukunnya langsung...kalo dipikir2 ongkos pertama (pas nih mobil mogok di jalan dan di derek ke bengkel apa tau di cimanggis, udah nyala, eh abis itu ga bisa nyalaaa lagi...smp skrg bisa nyala setelah di sembur sm dukunnya..) bisa buat nambahin berobatnya si kebo ke dukun...sialan...sia2 500 rebu lebih cuma buat nyala sesaat satu kali perjalanan doang dan langsung mati total begitu mobil di matiin...hiiksss....sedih bgt klo inget itu :frm_bang_head: ...

Tapi ya sudahlah...yg ptg sekarang si kebo udh jauh lebih baik....even dari pertama saya beli keadaannya masih jauh lebih baik lg yg sekarang...jadi makin penasaran nih kebo kalau sehat 100% gimana ya performanya..??hehehe :e-think:
Hari senin, harus mnyambangi markas sang dukun lagi di buncit utk medical cek up..hehehe

Bwt om blazerholic..
Selamat ya klo kebonya udh sehat lagi...kejadian situ sama sini hampir sama sebenernya..saat di starter mesin ga mau hidup, padahal bunyi starter tdk seperti bunyi aki yang sudah lemah...kalau pada kasus saya, kudu ganti fuel pump...sebenarnya gejala sprti itu sdh ada sejak saya beli pertama kali, namun wktu itu mobil masih bisa nyala setelah di coba starter berkali kali meskipun kadang kudu didorong pake 5 orang atau lebih tentunya...lalu kadang normal lagi (gmpang di starter)...akhirnya mungkin ini final'nya udh sama sekali ga bisa nyala,walau di pancing pk aki lain...jd harus gnti fuelpump.
mungkin bisa di coba, utk amannya bawa ke dukun dan cek fuelpumpnya om...atau mulai nabung2 aja dulu...hehehehe

And the last think i wanna say is...
Many many thanks with my respect for Mbah Dukun 'Superintendence of Mentari Motor and team :frm_salut: ...keep up the good work and good service... :frm_tumbleft: hopefully more advance and keep growing for the best in everything :off_team: ..and i'm sorry for the inconvenience (in machetz case and khelewatans jauh case and puanash case...hehehe :big_slap: )
*ini pertamakali pengalaman saya merasakan pelayanan service terbaik...sekelas auto 20@0 saja belum bisa sperti ini*

Salaam kebo....nguooooOOOO!! (*bunyi kebo yg udah sehat - mode on-) :multi:
servic car nya ikutan ke BSK .....tgl 2-4 juli yll

maaf nebeng lapaknya ya brow......barangkali ada yg minat
cekidot : http://www.mobil123.com/listing-mobil_b ... 07-id.html
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ST .
User avatar
borisraikkonen
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Sun May 23, 2010 18:10
Location: Jakarta Selatan, Pejaten

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 03

Post by borisraikkonen »

Btw...saya mau nanya, ada nggak kebo kawan2 sekalian yang di kasih minum nano energizer?
saya mau nanya gimana reviewnya? kira2 perbandingannya takaran yang di tuang kan ke mesin blazer berapa ya?
saya udh jejelin kijang minum nano, tapi untuk kebo saya msh belum tau...mohon share ya..
trims...
Boris #BIC1037#
-Blazer SLi 2.2 Light Compressor-
LONG LIVE THE BLAZER