Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Barusan mobil saya menerobos genangan air setinggi hampir 1 ban, mobil bisa melalui genangan air dengan selamat, namun tak lama kemudian
saya merasa power jadi agak berkurang dan mesin menjadi agak bergetar, sesudah 20 menit perjalanan saya parkir di hypermart
Sesudah parkir saya menemukan bahwa kipas radiator berhenti berkerja dan keluar asap banyak sekali (tapi bukan dari radiator) , temperatur mesin oke karena masih banyak air di radiator ... sumber asap arahnya dari timing chain (ini bukan lokasi persis, cuma arahnya dari bawah timing chain)
Nah kenapa bisa keluar asap + mesin agak bergetar plus power loss? solusinya gimana? apakah ada konslet? Kalau kasus begini fatal ga?
itu dari panas body engine yg kena air... dan power loss itu kemungkinan dari air yg masuk ke pembakaran atau saringan udara.
itu asap dari bawah timing chain? coba lihat kembali apa ada altenator disana?
caranya, idle up di dataran yg kering... tunggu 10-15menit sampai mesin normal kembali. jika masih tidak normal, matikan mesin dan periksa semua kabel2 busi dan saringan udara, basah atau tidak...
eh, sori... mobilnya apa ya? jika masih menggunakan karbu/distributor, buka dan keringkan dengan lap kering atau tisu mobil.
jangan lupa, lebih baik cek ke bengkel langganan setelahnya/keesokan nya.. terutama bagian gearbox, fatal kalo sampai air masuk bercampur dengan oli.
radiator basah kuyup karena menerjang banjir, wajar... kipas radiator mati karena radiator dingin. nah sudah dicoba cara yg saya bilang? 15menit idle up?
kalo setelah 15menit kipas radiator tidak jalan, artinya ada yg konslet. ini tidak ada cara lain, mobil tidak bisa dijalankan.. bahaya akan overheat. coba cek dulu fuse/sekering yg ada di cabin mesin, cek saja semua kalo2 ada putus..diganti. biasanya pada cover sekering ada spare dari pabrikan.
jika setelah 15menit engine terasa normal, digas tidak ada kendala ajaib apa2... artinya kemungkinan hanya kebasahan/terendam air. tapi tetep mohon di cek ke bengkel esok hari ya oom...
note: jika distater berkali2 engine tidak mau nyala, jangan dipaksa... lebih baik titip ke satpam atau petugas parkir gedung.
kipas radiator mati bisa karena memank kondisi mesin lgi dingin jadi gk berkerja, bisa juga konslet kali ya brooo.....
kalo asap mungkin dari knalpot n exhaust dari kondisi kerendem basah bgt, nah setelah keluar dari genangan exhaust n knalpot menjadi panas jadi air yang bikin basah exhaust n knalpot pada nguap gitu...
besok to kapan, coba aja saran yang di bilang broo poeticmind yaitu nyalakan kondisi idle sambil liat kipas menyala apa kgk, n tetep pantau jarum penunjuk suhu engine... kalo normal ya berarti ok gk da masalah..
ama coba check oli mesin bro... sapa tau kemasukan air.. kalo bisa sih ganti oli semua...
ini sih analisa ane aja, kalo salah ya dimaapin ya....
Oh ya ada fenomena menarik, pas udah sampe parkiran saya gas mesoin dalam posisi netral hingga rpm 5-6 ribu selama semenit, hasilnya keluar asap banyak sekali .......... kalo rpm cuma 1-2 keluar asepnya dikit aja
setelah mesin digeber, masih berasap kah?
kalau iya, kemungkinan ada rembes oli di piston dan silinder.
kalau tidak, kemungkinan asap itu sisa uap air yang terbakar. bisa dibedakan dari baunya knalpot. kalo baunya tajem, kemungkinan oli yang terbakar... cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
wah.....klo seandainya ada air yg masuk ke mesin (entah dr saringan udara atau celah apapun), apa ga berbahaya menyalakan mesin selama beberapa menit begitu bapak2?
kemungkinan water hammer nya cukup besar donk??
keliatannya lbh baik cek kondisi oli mesin dulu, apakah ada air yg masuk??
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
kalo uap air, maksudnya hanya 1-5 tetes harusnya gak masalah ya. emang akan mempengaruhi kinerja mesin. kalo banyak jadi water hammer.
kalo 1-5 tetes, paling tenaga ngempos, dan air lama2 akan menguap.
tapi lebih aman bawa ke bengkel langganan aja.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
masuk ke oli sih kecil banget kemungkinannya. tapi kalo masuk ke ruang bakar, bisa aja. karena masuk dari air intake.
bisa jadi sih di kasus ini lumayan banyak air yang masuk ke ruang bakar.
btw, kondisi terakhir mobil om cowcool gimana nih? ada update gak om?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:setelah mesin digeber, masih berasap kah?
kalau iya, kemungkinan ada rembes oli di piston dan silinder.
kalau tidak, kemungkinan asap itu sisa uap air yang terbakar. bisa dibedakan dari baunya knalpot. kalo baunya tajem, kemungkinan oli yang terbakar... cmiiw.
Kan dibilang asapnya dari kap / depan mesin om ? Btw berani jg ya, nerobos banjir smp satu ban dgn grandis ? Matik pula. Kalau baunya spt oli kebakar & asapnya berwarna, ngeri jg.. Mending di bawa ke bengkel.. Soalna kalau power loss & mesin bergetar padahal kondisi mbl diam jangan2 udah ke kompresinya..
ups, ane maen tebak aja... waktu gas digeber sampe 5-6rb RPM, keluar asap dari mana ya? dari knalpot atau dari ruang mesin? ane tadi ngiranya dari knalpot... ups... sorri... bisa salah kasih info...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
karena itu matic, seperti saya bilang diatas... cek ke bengkel utk gearbox nya, kadang itu kemasukan air, ganti full oli matic nya. itu lebih fatal kalo dibiarkan.
power loss itu ada kemungkinan karena pembakaran yg ga bener, karena air/embun masuk dari intake. cukup di idle up saja biasanya hilang.
Oya, di transmisi matic seperti yg pak peot sebutkan biasanya terdapat lubang breather jadi kalo air yg diterjang cukup tinggi bakal beresiko kemasukan air
Malam Minggu kemarin saya juga kejebak banjir di depan Indosiar, lumayan juga sekitar 40 cm-an. Sedan di depan saya mogok, alhamdulillah saya pake GL matic masih bisa nyebrang dengan selamat. Hingga kini juga gak ada pengaruhnya ke mesin. Kalau gak kejebak di jalur busway, pasti saya minggir dulu nungguin air turun. Di lajur biasa tinggi air sepinggang orang dewasa, ngeri juga bulan juli masih ada banjir di jakarta.