perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
abay
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Jun 02, 2009 16:51
Location: KLa-10

perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by abay »

pagi SMers :big_peace:

Mohon pencerahannya
saya baru pakai isuzu panther GR 97 dan baru pertama pakai mobil solar.

saat masuk Gigi 1 lepas kopling lancar, saat masuk gigi 2 lepas kopling dibawah 1200 rpm kadang terasa getar. begitu juga untuk perpindahan gigi 3 lepas kopling di bawah 1500 rpm mobil terasa getar.
saat awal jalan pernah coba pakai gigi 2, klo saat lepas kopling di bawah 1500 rpm mobil terasa getar...
getaran mobil terasa pada saat perpindahan gigi-gigi rendah...dan kecepatan rendah.
jika sudah jalan >30 km/jam perpindahan gigi 4 atau 5 normal...


apakah ada yang rusak ??? untuk kopling, cover kopling & bearing release??
apakah pengaruh dari rusaknya karet dudukan mesin???
mohon petunjuknya untuk karakter perpidahan gigi mobil solar...

probelm lain;

saat isi full tank... jarum indikator melebihi batas F, herannya saat isi dari posisi tengah indikator BBM hanya perlu 100 rb (22,2L). kira2 yang ngaco jarum indikator atau pelampung solarnya?

kenapa untuk P/W sering macet ya??? dari motor atau saklarnya? terutama untuk naik...


bentar lagi waktunya ganti oli semua, kira2 rekomendasinya pakai apa?
mesin?
transmisi?
gardan?


sorry nih SMers klo banyak nanya....takut sesat :evil:


trims...
diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by diesel mania »

masalah sering getar saat perpindahan gigi kemungkinan bisa dari matahari atau per dari kampas koplingnya. Nanti di cek aja bisa kena salah satu, tapi kalo ganti matahari sekalian ganti aja kampas koplingnya.. sekalian turun transmisi.
kalo dari karet engine mounting biasanya getaran di bodynya lebih keras dari biasanya, n bisa diliat kasat mata kok,apakah karetnya udah mulai retak2 n udah gak kenyal lagi.
Masalah indikator solar memang rada2 aneh.. dari batas atas indikator F(Full) sampai dengan full tank itu bisa keisi 10 literan. tp begitu lewat garis F turunnya cepet bgt. klo dari garis tengah ke full tank isinya 22liter,brarti dari garis tengah ke F cuma keisi 10 literan,sisanya diatas garis F. Klo saya selalu isi fulltank begitu udh ke garis F saya isi 50 ribu masih dapet kembalian..
Power window emang suka berat naiknya kadang musti dibantu tangan,terutama yg dipintu tengah... mungkin aja karet2nya udah kaku jadi terlalu njepit kacanya.
He2..ternyata penyakitnya panther kotak emang mirip2 ya,kebetulan sy juga pake hisporty 99.
Diesel in my head
User avatar
abay
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Jun 02, 2009 16:51
Location: KLa-10

Re: perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by abay »

diesel mania wrote:masalah sering getar saat perpindahan gigi kemungkinan bisa dari matahari atau per dari kampas koplingnya. Nanti di cek aja bisa kena salah satu, tapi kalo ganti matahari sekalian ganti aja kampas koplingnya.. sekalian turun transmisi.
kalo dari karet engine mounting biasanya getaran di bodynya lebih keras dari biasanya, n bisa diliat kasat mata kok,apakah karetnya udah mulai retak2 n udah gak kenyal lagi.
Masalah indikator solar memang rada2 aneh.. dari batas atas indikator F(Full) sampai dengan full tank itu bisa keisi 10 literan. tp begitu lewat garis F turunnya cepet bgt. klo dari garis tengah ke full tank isinya 22liter,brarti dari garis tengah ke F cuma keisi 10 literan,sisanya diatas garis F. Klo saya selalu isi fulltank begitu udh ke garis F saya isi 50 ribu masih dapet kembalian..
Power window emang suka berat naiknya kadang musti dibantu tangan,terutama yg dipintu tengah... mungkin aja karet2nya udah kaku jadi terlalu njepit kacanya.
He2..ternyata penyakitnya panther kotak emang mirip2 ya,kebetulan sy juga pake hisporty 99.
trims infonya... klo udah turun transmisi buat ngecek mending skalian ganti ya...kira2 untuk harga mungkin ada yang tahu;
matahari?
kampas kopling?
release bearing?

wah udah jadi window by Power nih heheheheeh....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by DOHC »

wahh kayanya lagi demam kucing yahh.... laku bener nehh kucing2 tua.... :big_weee: :big_weee: :big_weee:

btw, ntuh ganti gigi di rpm sgitu rendah bukanya emang pasti geter yahh... di panther ane jg gt koq... kalo ganti gigi mendingan di rpm yg agak tinggian, at least diatas 2000 lahh.... apalagi kalo uda mau masuk gigi tinggi...

kalo soal indikator kayanya emang penyakit panther nehh... perna ane isi solar pas posisi jarum sedikittt di atas garis E... eh cuman masuk 39 liter doank... nah logh, bukanya tangki panther itu 55 liter yahh... masa sisa spare nya ampe 10an lebih liter gt... :e-think: :e-think: :e-think:

utk oli si kucing seh ane percayaken pada cap kerang dan kuda laut...
mesin ane pake shell rimula botol item, transmisi ama gardan pake shell spirax G 75W-90... kadang transmisi atau gardan jg pake pertamina meditran SX... :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:

btw kalo utk panther, ane saranin mendingan pake kopling yg asli OEM nya panther aja dahh... jgn yg macem2 sperti exedy atau merek apalah... emang sehh buatan OEM agak cepet aus tapi jauhhhh lebi empuk... kaga bikin betis kram kalo macet..... nahh kalo yg aftermarket gt, emang mereka awet banget tapi lama2 malah jadi keras tuh matahari nya... kalo macet sehh siapin koyo cabe dahh.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
handoko_1010
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Jun 22, 2010 13:14
Location: Depok City

Re: perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by handoko_1010 »

transmisi ama gardan pake shell spirax G 75W-90... kadang transmisi atau gardan jg pake pertamina meditran SX... :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:
om dohc, mana yg bener? di sebuah thread om dohc bilang oli transmisi kucing = oli mesinnya kucing, tapi kalo pake spirax itu bukannya sekelas sama pertaminax rored sae 90?

jujur nih om, kemarin gardan sama transmisi diisiin rored sae 90.

matur nuwun om...
I am dreaming of a Hino RK8 260 PS
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by DOHC »

gini om, si kucing itu emang aneh... utk oli transmisi itu emang bisa dipakein spirax, rored dkk yg sjenisnya atau bisa jg dipakein oli mesin nya... jadi bisa pake SAE 75W-90 atau bisa jg dipakein oli yg sama tingkatanya kaya mesin nya, misalnya SAE 15W-40.... mirip2 ama transmisi sedan2 jadul honda....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by Turboman »

handoko_1010 wrote: om dohc, mana yg bener? di sebuah thread om dohc bilang oli transmisi kucing = oli mesinnya kucing, tapi kalo pake spirax itu bukannya sekelas sama pertaminax rored sae 90?

jujur nih om, kemarin gardan sama transmisi diisiin rored sae 90.
Transmisi manual Panther mintanya oli dgn SAE spt oli mesin......monggo tengok di buku manual :mrgreen:

Solusi yg ekonomis = oli Trans Honda MTF
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: perpindahan gigi getar dan lain2 untuk panther

Post by Turboman »

abay wrote:pagi SMers :big_peace:

Mohon pencerahannya
saya baru pakai isuzu panther GR 97 dan baru pertama pakai mobil solar.

saat masuk Gigi 1 lepas kopling lancar, saat masuk gigi 2 lepas kopling dibawah 1200 rpm kadang terasa getar. begitu juga untuk perpindahan gigi 3 lepas kopling di bawah 1500 rpm mobil terasa getar.
saat awal jalan pernah coba pakai gigi 2, klo saat lepas kopling di bawah 1500 rpm mobil terasa getar...
getaran mobil terasa pada saat perpindahan gigi-gigi rendah...dan kecepatan rendah.
jika sudah jalan >30 km/jam perpindahan gigi 4 atau 5 normal...
Kalo getaran dari mesin coba cek : kondisi pompa injeksi / nozzle / Timing Gear / timing injeksi / celah katup.

Mesin Diesel = Torsi besar @ RPM rendah, justru ganti gigi @ RPM rendah mulus.

Btw kalo engine mounting dah jelek juga diganti aja semua + trans mountingnya.
* Bukan ajakan Beli *