f10a wrote:
Nanya lg om, mobil temen ane pernah ga' mau distart pagi, lampu di dasbord gambar aki mati. Akhirnya dbawa ke bengkel (bkn langganannya, krn penuh) pakai jump start. Sama bengkel divonis aki soak, pcuma distroom. Trus dia beli aki basah baru, langsung "greng". Nginep semalem, paginya "KO" lg. Dbawa ke bengkel langganannya, dicek lbh lanjut & tnyata yg "KO" alternatornya, bkn akinya. Ganti alternator& aki lama dstroom, smp skarag msh "greng" smua. Aki yg br beli tsb (keadaan hbs stroom), dia simpan dg cara:
1. menguras isi air aki
2. kmudian dibiarkan kosong tanpa ada air aki
Apa cara tsb bener (mksud ane apa klo nyimpen aki baru sperti kondisi milik tmn ane dg cara sperti itu)?
Kira2 aki itu msh bsa brfungsi baik'ga? krn dia nyimpan dg cara itu udh lama (lebih dr 1 th)
Klo mau "ngecas" aki tsb lg, hrs diisi air aki zuur (tutup merah) / yg biru?
Maturnuwun
hmmm.... nampaknya kurang bener bro. Yg namanya aki basah, sekali diisi harus dipake terus.....jadi klo ada 2 aki spt itu, sebaiknya dipake bergantian, misalkan aki pertama dipake 1 bulan, kmd aki yg kedua sebulan juga dst.....
menurut perkiraan ane aki tsb dah rusak, wlp ga dipake, krn dah pernah diisi....... Nah untuk memastikannya ga ada salahnya dicoba dulu, misalkan aki diisi lagi pake accu zuur (tutup merah), jangan yg biru, krn yg biru itu biasanya hanya dipake buat nambah klo cairan di akinya berkurang......setelah diisi lalu di charge..... klo bisa arus pengisiannya jangan terlalu besar, misalkan 5 amper, tp waktunya minimal 24 jam.......
Pada saat aki di charge, diperhatikan apakah bodi aki menjadi panas berlebihan atau hangat aja.... klo terjadi panas berlebihan, sebaiknya proses charge dihentikan..... krn aki dah rusak, tp klo cuma hangat2 aja, teruskan....... sambil setiap sekitar 4 jam diperiksa kondisi airnya, (pake hydrometer) apakah berada antara putih n ijo atau di merah.......posisi yg bagus adalah antara garis putih n ijo...... klo kurang dari itu bearti stroom belum penuh......
smoga bermanfaat.........