Gundala08 wrote:
Salam kenal Bro.
waktu ke hyundai pondok indah ngantri gak bro ?. kemarin saya kesana, rencana mo general cek-up seperti saran dari kawan-kawan disini tapi akhirnya gak jadi. ngantrinya panjang banget. rencana sabtu mau nyoba lagi.
BTW Bro sekalian. semenjak kemarin saya susah banget masukin porsneling ke gigi mundur. tadi pagi malah hampir gak bisa. sarannya donk klo ada kawan-kawan yang pernah mengalami hal yang sama
inoz wrote:
bro gundala
masalah itu kayaknya sdh aus kampas koplingnya, jadi gak mau masuk persneling mundurnya, ane pernah di kijang begitu... klo
emang dolo sebelum diganti suka gitu slip... kadang klo maju juga gak masuk2...ke gigi berikutnya..
belum bisa dipastiin kampas kompling ya bro?. klo gigi majunya sih aman bro, belum ada gejala slip. hanya gigi mundurnya aja yang susah di masukin dan tuas porsnelingnya musti di sentak dulu baru mau masuk.
Kuruma wrote:
Dulu ane juga kayak gitu bro....setelah ganti olie perseneling ... lumayan tuh bagus...dan memang narik tuasnya harus perlahan2, jangan terlalu dipaksa....!!
Sudah pasti nginep bro, apalagi hari libur...saran ane jumat...sisanti dititipin...sabtu baru ambil dan konsultasi....tapi coba hub SA PI Pak Andri 72895555..untuk konfirmasi booking atau saat yg tepat untuk kesana, sekalian konsultasi masalah...!!
oli transmisi baru diganti bro. kemarin pake shell type

lupa type nya. klo di inepin kasian bro. nanti klo bobo yg selimutin si santi siapa donk..

nanti kalo ke Bengkel, sekalian diperiksakan pak...
tapi...analisa global aja:
- kalau terdengar suara mendengung dan berat oper, oli transmisinya jelek dan mgkn ga cocok viskositasnya, untuk santi, pakai 75/90 atau lihat manual, dulu pernah pake yg 90, giginya susah masuk, dan di gigi tertentu ada suara mendengung...
- kemungkinan tuas dan mekanisme penggeraknyanya bermasalah...ini termasuk masalah ringan
- matahari dan koplingnya aus...tapi kalo ini, biasanya bermasalah di semua gigi
- fork-nya juga bermasalah...
nah....ini worst scenario-nya
- sinkromesh-nya (syncromesh) kena... gejala lain kalo syncromesh-nya kena, kalau oper gigi dan posisinya ga masuk "sempurna", bisa bikin gigi lompat sendiri ke netral...
- gear/mata di gigi yg bersangkutan (di kasus ini gigi mundur) sudah aus/ompong..
kalau syncromesh-nya kena, barangnya sih (relatif) murah....tapi.... kalau mau pasang itu musti turunin dan bongkar transmisi, jadi, harganya bisa imbang dengan ongkos kerjanya
tips supaya awet:
- ganti teratur oli transmisi (santi saya tiap 2x ganti oli mesin, jadi sekitar 10.000 km sekali ganti oli transmisi)
- pakai oli bermutu, dan yg jelas, speknya cocok (terutama visko-nya)
- saat oper gigi, lepaskan pedal gas dan injak penuh sampe mentok pedal koplingnya...lepas perlahan lahan tapi jangan ditahan..
- pastikan operan gigi masuk "penuh"... karakter santi, tuas main persnelingnya jauh, misalkan dibanding kijang... jadi kalo biasa nyetir kijang, pertama bakal agak kagok dgn jarak main tuas gigi santi
- saat oper maju ke mundur atau sebaliknya, pastikan mobil berhenti dulu 1-3 detik, dan pastikan tuas mampir di posisi netral selama 1 detikan (posisi kopling diinjak)